Jalan Jajan Hemat

Tempat Wisata di Bangkok (Thailand)

Bangkok lebih dikenal sebagai wisata belanja, artikel sebelumnya dapat dibaca di sini. Namun selain belanja, ada juga tempat wisata yang sayang kalau dilewati saat Anda berkunjung ke Bangkok.

Grand Palace
Adalah sebuah tempat WAJIB jika Anda datang ke Bangkok, foto dengan latar belakang pagoda di Grand Palace seakan menjadi tanda bahwa Anda sudah ke Bangkok 🙂 Istana ini mulai didirikan sejak 1782 saat pemerintahan King Rama I. Beberapa perluasan dan penambahan bangunan dilakukan sejalan bertambahnya waktu. Namun saat ini, istana ini tidak ditinggali oleh Raja Thailand, namun tempat ini masih digunakan untuk acara keagamaan dan juga untuk beberapa petugas pemerintahan.

Halaman Grand Palace

Di salah satu kuil ini terdapat patung Budha Emerald, dimana pengunjung boleh masuk namun tidak boleh mengambil foto di dalamnya. Dan karena ini merupakan tempat ibadah, maka pengunjung wajib menggunakan pakaian sopan, tidak menggunakan celana pendek, kaos tanpa lengan, dsb.

Area Grand Palace ini sangat luas, dan cenderung ramai dikunjungi wisatawan maupun umat yang ingin beribadah. Jika Anda datang dengan tour, pastikan tidak terpisah dari rombongan, karena sulit mencari orang di tempat ini. Cuaca pada umumnya terik, jadi bersiaplah untuk berkeringat. Bagi yang senang mengambil foto atau diambil foto (narsis), tempat ini banyak spot yang menarik.

Phra Thinang Chakri Maha Prasat

Salah satu bangunan di Grand Palace

Ornamen bangunan di Grand Palace

Grand Palace
Na Phra Lan Road, Phra Borom Maha Ratchawang, Phra Nakhon, Bangkok
Jam operasional : 08.30 – 15.30
Tiket masuk : Baht 400 (Grand Palace, Vimanmek Mansion Museum, The Royal Thai Decoration and Coin Pavilion)

 

Wat Arun
Kuil yang juga wajib dikunjungi adalah Wat Arun, kuil Budha ini terletak di tepi sungai Chao Phraya. Dikenal juga dengan nama “Temple of Dawn”, namanya diambil dari Aruna, dewa matahari yang berada di India. Biasanya pengunjung datang ke tempat ini menggunakan perahu mengarungi sungai Chao Phraya dari Grand Palace.

Wat Arun

Tempat ini walaupun areanya tidak besar, namun memberikan keindahan pemandangan saat kita naik ke atasnya. Hati-hati saat naik ke atas, karena tangganya cukup curam. Tapi setelah sampai di atas, pemandangannya sebanding dengan pengorbanan yang diberikan.

Tangga di Wat Arun

Kuil ini akan lebih indah saat dilihat pada malam hari dari sungai Chao Phraya, ditaburi cahaya lampu.

Wat Arun di waktu malam

Wat Arun
Jam operasional : 8.30 – 17.30
Tiket masuk : Baht 50
Cara mudah menuju tempat ini menggunakan perahu (Chaophraya Express Boat) dari Tha Tien Pier

 

Wat Pho
Terletak di sebelah Grand Palace, kuil yang bernama Wat Phra Chetuphon Vimolmangklararm Rajwaramahaviharn ini lebih dikenal dengan nama Wat Pho. Kuil ini merupakan kuil kerajaan tertua. Di dalam kuil ini terdapat reclining Buddha (Patung Buddha dengan posisi berbaring) dengan panjang 46 meter, tinggi 15 meter. Cukup sulit untuk mengambil foto secara keseluruhan.

Wat Pho

Patung Buddha Berbaring

Patung ini dilapisi emas, dan di bagian telapak kaki patung Buddha ini terdapat 108 simbol karakteristik Buddha.

108 simbol karakteristik Buddha

Di tempat ini pengunjung juga dapat menikmati pijatan ala Thailand, bahkan di Wat Pho ini salah satu tempat belajar Traditional Thai Massage.

Wat Pho
2 Sanamchai Road, Phra Nakhon, Bangkok
Tiket masuk : Baht 100

 

Vimanmek Mansion
Gedung ini disebut sebagai bangunan yang dibuat dengan kayu jati terbesar di dunia. Awalnya adalah sebagai tempat tinggal (istana) kerajaan, dan sekarang dijadikan museum yang memajang keramik, foto, artefak kuno.

Vimanmek Mansion

Di dalam ruangan kita tidak diperbolehkan mengambil foto (foto yang ditampilkan di sini diambil dari website www.vimanmek.com), bahkan pengunjung juga diwajibkan membuka alas kaki. Pastikan juga menggunkan pakaian yang sopan.

Suasana di dalam Vimanmek Mansion

Beberapa Koleksi

Vimanmek Mansion
16 Rajvithi Rd, Bangkok
Jam Operasional : 09.30 – 16.30 (hari Selasa – Minggu)
Tiket masuk : Baht 100, biasanya digabung dengan tiket Grand Palace

 

Floating Market
Ada beberapa pasar terapung di Bangkok, tapi yang paling terkenal adalah Damnoen Saduak Floating Market. Untuk dapat melihat pasar ini perlu usaha dan niat yang cukup kuat, karena lokasinya terletak di provinsi Ratchaburi, sekitar 100 km dari Bangkok, sekitar 1,5 jam perjalanan. Dan kita perlu pagi-pagi berangkat kesana, sebaiknya jam 7.00 sudah sampai disana sehingga dapat menikmati pemandangan perahu-perahu kecil yang membawa aneka makanan, buah, sayur-sayuran, dan lain-lain.

Damnoen Saduak Floating Market

*gambar diambil dari http://www.bestourism.com/

Madame Tussauds
Museum patung lilin ini serupa dengan yang berada di Hongkong dan juga di beberapa negara lainnya, tapi dari Indonesia tempat ini adalah yang terdekat. Di dalam museum ini kita bisa melihat patung dengan ukuran 1:1 (ukuran sebenarnya) dari orang-orang terkenal di dunia, mulai dari bintang film, penyanyi, negarawan, olahragawan, bahkan tokoh kartun. Tokoh yang tidak boleh kita lewatkan untuk berfoto dengannya adalah patung Ir Soekarno, Bapak proklamator kita.

Patung Bapak Proklamator kita, Ir Soekarno

Enaknya di Madame Tussauds kita bebas berkreasi berpose dengan (patung) tokoh2 terkenal, tidak dibatas-batasi. Bagi yang narsis, siapkan memory card dan batterai Anda, bagi yang kreatif mengarahkan gaya, silahkan berkreasi sebebas-bebasnya. Ada beberapa patung tokoh khusus (seperti Obama), yang dijaga petugas yang akan mengambil foto untuk kita beli jika mau, tapi petugas dengan ramah bersedia mengambil foto dengan kamera pribadi kita *sehingga kemungkinan pengunjung membeli foto sangat kecil 🙂

Pose digigit Dora Emon 🙂

Di museum ini juga dijelaskan proses pembuatan patung, dan bahkan kita dapat memesan cetakan tangan kita.

Patungnya Madame Tussauds

Lokasi museum ini mudah dicapai, berada di seberang mall MBS, mall yang terkenal di kalangan wisatawan Indonesia untuk beli oleh-oleh, seperti Mangga Dua nya Jakarta.

Madame Tussauds
Siam Discovery, 6th Floor, 989 Rama 1 Road, Pathumwan
Jam operasional : 10.00 to 21.00 setiap hari
Harga tiket : Dewasa Baht 800, anak-anak : Baht 600, dapatkan diskon dengan booking online di websitenya

 

Siam Ocean World
Akuarium raksasa ini terletak di mall Siam Paragon. Harga tiket masuknya memang tidak begitu hemat, apalagi jika dibandingkan dengan tiket ke Sea World di Ancol. Namin jika Anda berminat untuk mengunjungi tempat ini, silahkan cek harga tiket online di sini yang biasanya ada promo maupun paket dengan pertunjukan lain, seperti Madame Tussauds.

Di tempat ini pengunjung dapat melihat dan mempelajari kehidupan di bawah laut, dan juga dapat melihat show memberi makan binatang pada jam tertentu.

Siam Ocean World
B1-B2 Floor Siam Paragon,
991 Rama 1 Road, Pathumwan
Jam Operasional : 10.00 – 20.00
Tiket masuk : Baht 900 (dewasa), Baht 700 (anak-anak), Family : Baht 3,150

 

Mengarungi Sungai Chao Phraya
Sungai merupakan salah satu moda transportasi di Bangkok, dan untuk menuju ke Wat Arun, biasanya kita menggunakan perahu untuk menuju ke lokasi. Cukup seru juga sih naik taksi air ini, kadang kena ciprat2 air sungai yang tidak terlalu bersih ini 🙂

Taksi air di Bangkok

Suasana di dalam perahu

Selain mengarungi dengan perahu yang menjadi taksi air, jika kita menggunakan jasa tour, maka akan ada jadwal untuk naik perahu di sungai Chao Phraya sambil memberi makan ikan.

Memberi makan ikan di Chao Phraya

Alternatif lainnya adalah menggunakan cruise sambil makan malam. Nah yang terakhir ini memang cukup mahal, karena di dalam perahu kita dapat makan sepuasnya, dan diiringi oleh penyanyi yang dapat menyanyikan lagu dari berbagai negara, sambil menikmati keindahan sungai Chao Phraya di malam hari.

Antri menaiki cruise

Hidangan di cruise

Semoga informasi tempat wisata di Bangkok ini dapat membantu JJH-lovers dalam berlibur, akan kami lengkapi lagi di kemudian hari, dan teman-teman yang memiliki tambahan informasi, silahkan di comment…

Salam JJH

2 thoughts on “Tempat Wisata di Bangkok (Thailand)

  1. Siti Rahmah Harahap

    Kami berangkat tanggal 27 Oktober sd 30 Oktober 2014.Kami tiba di Bangkok Jam 11.dan kembali ke Jakarta tanggal 30 Okt jam 20.55. hari pertama dan hari ke 4 free program.Mohon bantuannya bagaimana kamimengisi waktu itu dengan mudah,agar tdk terbuang waktu.Terima kasih.Salam Hangat

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.