Posting ini saya rangkum dari jawaban Pak Bahar atas pertanyaan2 yang masuk untuk memudahkan teman2 semua. Thanks a lot Pak Bahar…

Untuk yang baru pertama kali ke Singapura, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
1) Sin terkenal sebagai negara dengan banyak sekali aturan yang wajib ditaati, misalnya : Dilarang meludah, membuang sampah, merokok disembarang tempat, dilarang makan permen karet, dilarang makan di kendaraan umum dsb. Jika salah satu aturan ini dilanggar maka anda akan digiring oleh petugas, sebagai turis tunjukkan saja paspor maka biasanya hanya diberi peringatan (tidak sampai didenda).
2) Tempat2 wisata di Sin terkenal dengan kemahalannya, tetapi banyak juga tempat2 menarik yang gratis misalnya ; Singapore City Gallery di Maxwell Road, Singapore Botanic Garden, atraksi cahaya di Bideford Junction (Orchard rd), Musium (mis. Asian Civilisation,Singapore History, Singapore Art khusus Kamis malam jam 19.00 – 21.00), jalan2 disepanjang Singapore River, Clarke Quay,Jalan2 China Town, Bugis, Kampung Glam, Litle India, wilayah Marina bay, menyaksikan air mancur di Suntec City,bahkan Sentosa Island hanya dengan membayar $2 didalam anda bebas naik seatlebus, atau kereta monorail keliling keliling tanpa dipungut biaya lagi.

3) Air minum dalam kemasan mahal ($2), jadi sebaiknya bawa air botol yg bisa diisi ulang (air ledeng di Sin bisa langsung diminum), orang Sin sendri kalau makan diFoodCourt atau di Hawker centre jarang sekali memesan minum, mereka kebanyakan minum dari kuah soupnya saja.
4) Untuk komunikasi ke Indonesia yg paling murah adalah dgn Calling Card, gunakan Hallo Card dari Sing Tel caranya beli kartunya, pakai Telpon hotel/apartemen dan Call No. 18005380062 dengarkan petunjuknya dalam Bahasa Indonesia dan anda bebas bicara dgn biaya yang sangat murah sekitar 3 sen permenit ke Jakarta, ingat biaya roming sangat tinggi kalau menggunakan kartu Indonesia
5) Untuk internet, banyak hotspot di tempat umum seperti mall dan hotel tetapi harus membawa laptop, khusus di Changi airport (disemua terminal) dan Singapore Visitor Centre di Orchard disediakan fasilitas ini gratis tetapi waktunya di batasi sekitar 20 menit.
6) Siapkan NPWP supaya bebas Fiskal, ingat kalau tidak bawa NPWP bayar fiskalnya di Bandara mahal sekali (Rp 2.500.000)
7) Transportasi lebih mudah dan murah naik Bus atau MRT gunakan kartu STP atau EZ Link

———————-

Saran buat teman teman yang mau jalan jalan ke Singapura.
A. BELANJA.
Untukbelanja brg elekrtronik, Lebih murah beli di Jakarta, selain lebih murah garansinyapun kalau barang rusak dalam masa garansi harus dibawa lagi ke sana, karena biasanya distributor di Jakarta tidak mau menerima (Repot bukan !),Juga hindari berbelanja di Lucky Plaza.
Untuk belanja pakaian saya ingatkan bahwa di Jakarta jauh lebih murah, sebagai contoh Pakaian di Mangga Dua Jakarta jauh lebih murah dari pada Mustafa Center di Singapura, demikianpula barang barang di Orchard Road (Misalnya barang diTakasimaya lebih mahal dari pada di Grand Indonesia atau pondok Indah Mall)Kecuali kalau lagi Singapore Great Sale harganya memang lebih murah tapi kadang kala nomor/ukuran dan warnanya sudah tidak lengkap, modelnyapun sudah model tahun lalu (hampir lawas).
B. MASUK SINGAPUR
Dgn Pesawat Terbang ke Changi Airport, begitu turun dari pesawat ambil petunjuk berupa brosur yang tersebar dibanyak kotak kotak etalase GRATIS, brosur itu umumnya berisi petunjuk jalan menuju tempat belanja, tempat wisata dll, nanti sesampainya di hotel yang dituju baru dibaca. dari Changi kita bisa naik Taxi, Bus atau MRT ke pusat kota katakanlah Orchart Road.
Dgn Speedboat dari Batam ke Harbourfront atau Tanah Merah Terminal (Singapore)yang paling ramai adalah di Harbourfront. Dari Harbourfront bisa naik Taxi, bus atau MRT ke Pusat kota misalnya Orchart Road
C. JALAN KEMANA ?
ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi tergantung waktunya, misalnya 1 hari, 2 hari atau 3 hari

Untuk Perjalanan dengan 1 (satu) hari kunjungan ke Singapura, saya sarankan melalui BATAM, setelah sarapan pagi di Batam (harganya tentu lebih murah daripada Singapura) berangkat dgn taxi khas Pulau Batam ke Batam Center atau ke Harbourbay menuju ke Harbourfront diSingapura dengan Speedboat waktu tempuhnya kira 45 menit tiba di Harbourfront sekitar jam 08.00 waktu Singapura setelah keluar dari Imigrasi Singapura cari Stasiun MRT disitu ada petunjuknya (tanda panah)kalau bingung tanya saja MRT Station, naik MRT menuju City Hall (mallnya besar) terus jalan jalan deh. Disekitar sini adaSupreme Court, Padang , Esplanade, Hotel Fullerton, Patung Merlion, Anderson Bridge semuanya bagus untuk berfoto ria dan semuanya bisa dengan jalan kaki lho. Disini kita punya waktu hingga makan siang, tempat makannya luas, pilih makanan sesuai selera kalau mau murah Mc Donald tapi tidak ada nasinya (kentang goreng,ambil saja paket supaya murah yang penting kan jalan2nya) Setelah makan siang kita menuju Orchart Road bisa dengan taxi sekitar SGD 7. atu naik MRT lebih murah di Wilayah Orchart muter deh ampe puas, kalau mau ke Sentosa Island usahakan paling lama di Orchart hingga Jam15.00 karena di Sentosa ada banyak atraksi,bisa naik bus atau MRT atau Taxi ke Harbourfront dari sini bisa naik Cable car ke sentosa, bus juga ada (Sentosa Express).
Ada Apa di Pulau Sentosa :
ada banyak point menarik diantaranya : Butterfly Park,Image of singapore, Sentosa 4D Magix, Sentosa Cine Blast (3D), Tiger Sky Tower, Sentosa luge and skyride, Patung Merlion terbesar. Selain itu ada Song of the sea (malam) The Flying Trapeze, Siloso Beacg Dll, tapi jangan semuanya dikunjungi karena waktunya tidak cukup, ingat Speedboat terakhir ke batam jam 21.00, anda sudah harus dipelabuhan harbourfront sebelum jam 20.00. Jangan lupa kunjungi Vivo city di Harbourfront, bisa makan malam disana setelah itu pulang deh ke Batam. …..Capek deh ya…udah tidur aja jangan kemena mana lagi ya……!

————————

Banyak yang mengatakan kalau mau mencari tempat yang suasananya lain dan tidak jauh dari Jakarta maka jawabannya adalah Singapura. Singapura adalah negara kecil dengan banyak aturan yang patut di contoh, tertib…tib mungkin karena penduduknya yang hanya 3,5 jutaan, bandingkan dengan Jakarta ?

Sebelum keluar Changi Airport tengok kiri kanan anda akan menemukan banyak brosur berisi Petunjuk berupa Peta, tempat2 menarik bahkan Toko2 yang menjual barang branded, ambil brosur2 ini dan baca setelah sampai di penginapan.
Banyak sekali ditawarkan paket2 City Tour (pagi2 dijemput di Hotel pulang sore hari harganya agak mahal), biasanya dijual di Hotel2 punya desk sendiri atau tempat yang berlabel STB.
Kalau mau lebih murah Ikut SUNNY HIPPO TOURS (Singapore City Hop on Hop off Tour, yaitu Tour keliling dengan menggunakan bis tingkat yang bagian atasnya terbuka, anda bisa pilih dari 2 (dua) Route yang ditawarkan:1. Heritage Route, 2. City Route. Setiap routenya melewati tempat2 menarik dan anda bisa turun disetiap tempat untuk berjalan jalan disekitar tempat pemberhentian setelah puas naik bis Hippo lagi yang akan melewati tempat pemberhentian setiap 1 jam.
Klau mau lebih murah dan lebih bebas lagi pakai MRT atau bis kota reguler (kalau udah bingung baru manggil taxi supaya tidak hilang… hehehehehe.
Kalau dari Singapura ke Kuala Lumpur, saya saranin naik bis, ada bis yang langsung dari SIN ke KL: Aeroline atau Nice (Bisnya bagus dan Nyaman harganya juga mahal)kalau mau lebih murah Naik Bis AC Reguler dari Lavender Stret(SIN) ke KL, kalaumau lebih murah lagi naik bis kota (Bis 160 atau 170) ke Terminal Larkin di JB (Johor Bahru)dan nyambung Bis JB ke KL (bayarnya lebih murah, pakai Ringgit (Separohnya). Untuk nginapnya di KL kalau mau murah dan dekat terminal Pudu Raya bisa cari hotel di sekitar Bukit Bintang banyak sekali hotel disitu (diantaranya Royal Bintang atau Imperial), kalau mau bagus dan mewah di Berjaya Time Square (harganya 2x lipatnya)

Taksi di SIN maksimum 4 orang jadi kalau belima berati dua taxi mungkin lebih murah kalau naik Bis, dari Changi Airport ada bis husus ke wilayah sekitar Lucky Plaza Orchard turunnya di Somerset Road (Hotel Phoenix). Dari Airport ke Lucky Plaza paling 35 menit, tarif taxsinya tidak jauh beda dengan Jakarta, kalau naik MRT dari Changi agak repot karena harus pindah jalur di City Hall ( dari MRT EW ke NS) . Kalau dari Lucky Plaza mau ke Sentosa paling gampang naik taxi bisa langsung, kalau mau lebih nurah naik MRT (NE)dari Station Dhoby ghaut ke HarbourFront(15 menit) turun di stasion ke4(ada peta terpampang di stasiun)di HarbourFront ada Sentosa Express Sin$3/orang (Vivi City Lobby L Level 3) turunnya di Song of the sea atau Sentosa Bus Sin$ 2/orang(Harbourfront Interchange) atau Cable Car.
Kalau dari Lucky Plaza Ke Merlion naik MRT (NS) di Somerset station ke City Hall atau Rafless Place (5 menit)
Di Singapura anda jangan takut bingung silahkan pergi kemana saja.






About rommya

I am just an ordinary person who like to share my experience.

329 Thoughts on “Tips berwisata di Singapura

  1. nice artikel jd bisa belanja terus…

  2. Thanks atas sarannya. Maaf nih saya mau Tny lg. Saya rencana ke singpr bln des2014 .tujuan saya in gin ke marine life park di sentosa. Sebaiknya saya menginap di daerah APA ya? Hotel yg agak murah jg. Terima kasih atas petunjuknya.

  3. @Aveana : di Singapura memang petunjuk dalam bahasa Inggris, asalkan kita bisa membaca petunjuk2 seperti peta, jalur MRT masih bisa jalan sendiri. Terkadang beberapa orang sana bisa bahasa Melayu, sehingga cukup mengerti Bahasa Indonesia, tapi tidak banyak sih. Selamat berlibur…

  4. Salam, pak saya mau Tny klo saya ke singapura tapi bhs inggris saya cuma pas pas an.kira kira susah ga? INI jg pertama Kali nya ke LN. Saya pergi ga pake Biro traveling.mohon sarannya.terima kasih.

  5. salam kenal pak..
    aku rencana backpackeran pertama kali malay-sing pak.mohon infonya kalo tiba di LCCT jam 9 malam,qra2 masih sempat gak ya ke sing via Johor bahru-larkin pak?
    makasih infonya

  6. makasi infonya bro

  7. @Risky : turut prihatin Pak, memang saya sering membaca banyak komplain org belanja elektronik di Singapore. Saran saya beli di toko resmi, spt kalau mau beli produk Apple, Samsung, dll. Lalu tanyakan proses claim GSTnya, kalau beda harganya sedikit sebaiknya beli di Indonesia, karena proses claim garansi lebih mudah. Thanks utk sharingnya semoga bermanfaat untuk pembaca JJH.

  8. @niia : diisi saja tanggal dan harinya sama, dan alamat sementara dikosongkan, jika ditanya oleh petugas imigrasi, katakan apa adanya bahwa hanya pulang hari saja… Selamat berlibur..

  9. kalau hanya 1 hari di singapore ( pagi sampai malam pulang), di embarkation card, lama tinggal dan alamat tinggal sementaranya diisi kaya gimana?
    Lama tinggal = 1 hari dan alamat sementara dikosongkan atau bagaimana?
    mohon info secepatnya ya :)

  10. Hati Hati atas modus baru untuk mengelabui belanja apalagi dengan pembayaran kartu kredit ataupun debit. Jika anda mau wisata ke singapura. Jangan pernah percaya orang apalagi bangsa lain. (Bangsa sendiri saja kadang saling menipu) saya tidak tahu di indonesia sudah ada atau belum.

    Kronologinya seperti ini:
    Saya bertanya harga galaxy mega 6.3 berapa? sang penjual menawarkan SG$ 340, karena saya pikir di indonesia harga galaxy mega 6.3 sekitar RP 4.7 juta.. saya tinggal pergi toko tersebut yang berlokasi di SIM LIM SQUARE, MOBILE APPS PTE LTD NO.1 ROCHOR CANAL ROAD #01-50 188504, SINGAPORE.

    Tapi dia panggil saya lagi menawarkan harga lebih murah dan saya tawarkan SG$ 280 ternyata dia langsung setuju.. Saya berpikir apa barang yang mo ditawarkan adalah barang palsu???

    Setelah deal dengan harga SG$ 280 tersebut, dia bertanya apakah saya punya kartu kredit, waktu itu saya bawa kartu debit. lalu saya berikan kepada sang penjual dan di gesek lah kartu tersebut dengan nominal SG$280. Dengan menyuruh saya tanda tangan tanpa dia beri waktu untuk membaca nota tersebut, (yang ternyata isinya menipu saya). kemudian dia jelaskan cara memakai hp tersebut, membuat email baru saya (padahal saya punya email), cara instal aplikasi, games dsb (saya tau semua dari A sampe Z hal ini). Saya itu tidak bodoh teknologi atau gaptek.

    Setelah dia jelaskan semua itu tadi, dia berubah dari ramah menjadi seperti menodong saya, meminta kartu saya lagi yang kedua kali. kali ini saya harus bayar SG$569. Katanya untuk service yang dia jelaskan tadi. Masa iya harga cover, screen protector, potong kartu sim, dll. saya harus membayar dengan harga tersebut.

    Karena transaksi yang pertama sudah berjalan, terpaksa saya lanjut transaksi kedua. saya takut klo tidak jadi duit saya hilang SG$ 280, barang tidak saya bawa pergi. Jadi saya membayar Galaxy Mega 6.3 SG$ 869 dengan berat hati. dan marah..
    Setelah saya bertanya dengan orang indonesia yang berada disana memang ternyata banyak orang yang tertipu, malah katanya ada yang sampe berantem.. ( mungkin kalo jualan seperti ini di indonesia sudah dibunuh orang ).

    Wisata ke Singapura memang asyik, tapi kalo ada orang yang cara berjualan seperti ini hilang lah kesan indah jalan2 di singapura.

  11. Salam kenal Pak Bahar

    mau tanya lama perjalanannya & berapa KM kalau dari changi airport ke chinatown..? Terimakasih sebelumnya :)

  12. cucu winiarti on October 8, 2013 at 10:03 pm said:

    Salam kenal
    pak Bahar rencana bulan februari 2014 tgl 10-12 saya berdua dengan putri saya akan ke singapore nginep backpacker di kampung bugis yg mau sy tanyakan : 1. bisa nggak begitu sampe di Changi airport ambil form untuk tour keliling singapur gratis. 2. dari Changi airport ke hotel yg lebih murah pake kendaraan apa 3. dari penginapan mau ke sentosa naik apa yg lebih cepat dan relatif murah (perlu diketahui saya pake tongkat untuk menopang kaki kiri saya yg kurang maksimal kalo tidak pake tongkat).4. tgl 12-16 sy mau ke penang nengok keponakan apakah lebih baik ke kuala lumpur dulu baru ke penang atau langsung ke penang baru tgl 15-16 ke kuala lumpur rencana nginep di kuala lumpur di budget inn. atas pertolongan dan jawabannya kami sampaikan terima kasih

  13. elisFumi46 on September 4, 2013 at 10:44 pm said:

    Salam kenal bapak. mohon panduannya nieh. (baru perdana. hihihihi)
    saya akan pergi ke singapur (2hr) trus melanjukan perjalanan ke johor dan Kuala lumpur (3hr) balik lagi ke sg..
    mohon panduannya perjalanan dr singapura ke johor nya pak pakai kendaran apa dan turun dimana?
    Kalo mau menginap enak nya di daerah dan hotel mana yang murah & mudah ke mana saja (wisata nya).
    terimaka kasih sebelumnya pak, =)

  14. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته… Pak Bahar :)
    Saya beserta teman saya (berdua cewek2an)pengen sekali jjs k LN Sin-KL. Rencananya 2hari d Sin and 2hr d KL langsung pulang. Jd d LN 4hari 3mlm.
    Saya minta saran bapak, supaya jjs qt b2 sukses and menyenengkan.
    ♡̷̬̩̃̊˚˚‎​ӎάKα§îîîîîĦ‎​˚˚♡̷̬̩̃̊ ya.. (´⌣`ʃƪ)

  15. Timotheus on July 23, 2013 at 5:08 pm said:

    Saya mau ke Singapore Bulan Juli Akhir (semua ber-7). Lebih murah naik taxi ato MRT/bus dari Cangi ke Geylang ?
    Klu dari Geylang mau ke Legoland naik apa yang paling hemat & cepat (ber-7 juga). Terima kasih

  16. indah on June 23, 2013 at 12:43 am said:

    Utk menemukan taxi,dr bandara changi gampang kok,ikutin aja petunjuk” jalan,jgn takut nyasar krn negara singapura sangat jelas petunjuk nya.
    Lebih baik naik mrt dr pd taxi krn mrt lbh murah,hanya aja naik mrt kita harus bisa menguasai peta biar ga nyasar,peta nya jg ga ribet amat.
    Aq rekomndsikan klo utk hotel arianna hotel,slain dkt dr stasiun mrt.letak nya di lokasi mustafa center,kota 24 jam lho.dskliling nya bnyk pusat” prbelanjaan yg buka 24 jam.

  17. dewi on June 20, 2013 at 4:23 pm said:

    salam kenal Pak Bahar,

    Maaf ganggu, saya mau tanya seputar singapore.
    Karena pada tgl 11 juli 2013 saya mau ke singapore, beserta rombongan keluarga yang jumlahnya 19 orang dan rencana menginap di daerah JOO ROAD kalau dari Changi ke Hotel, Transport apa yg sebaiknya saya pergunakan?untuk lebih efisien waktu dan biaya? dan dari Joo Road ke tempat2 wisata yang ada di Singapore juga? Tempat makan pagi,siang, dan malam disekitar Joo Road tepatnya ada dimana?
    Terima kasih atas informasinya.

  18. Maria on June 19, 2013 at 2:59 pm said:

    Salam Kenal Pak Bahar,
    Maaf menganggu, saya mau tanya,
    apa sulit cari taksi di Changi Airport untuk ke orchard? Karena saya pergi dengan banyak orang dan koper banyak, apa bapak bisa merekomendasikan lebih baik naik taksi atau MRT? dan kalau naik taksi itu bisa nggak memuat banyak koper.
    Terima Kasih atas bantuannya sebelumnya.
    Have a nice day.

  19. nuringtyas on June 12, 2013 at 3:12 pm said:

    Sore Pak Bahar,

    Saya minggu depan kan ke spore untuk 3 hatri menginap di supreme hotel kramat road,mohon informasinya setelah di Changi airport dan melewati imigrasi , dimana saya bisa mendapatkan taxi menuju supreme hotel…..satu lagi pak, kalo dari uss spore mau naek taksi kembali ke hotel , cari taxinya dimana…

    terima kasih pak , informasinya saya nantikan

    salam,

    Nuring

  20. Rian on May 26, 2013 at 7:50 am said:

    Selamat Siang Pa…saya mau tanya nih, kalau dari Port Marina menuju Geylang kira” berapa lama yah?terus Naik kendaraan apa yah yang biayanya murah? Terima kasih :D

  21. Antok A on May 12, 2013 at 9:43 pm said:

    Selamat malam..
    Maaf kalau ke Spore apa musti pake koper yg bergembok TSA? Masih takut juga gimana yah cara bawa perlengkapan mandi biar lebih aman saat pemeriksaan di bandara?
    Maklum baru pertama kali nya mau ke LN
    terima kasih :)

  22. Bus gratis ke rws ada ƴğ dari airport changi nya gak? Tks

  23. Yusuf on March 8, 2013 at 9:10 pm said:

    mo nanya nich…. sy mau ke batam lewat singapore…kira2 dari airport singapore ke batam habis brp ya?naik apa aja?
    trimaksih jawabannya

  24. Hi mas…
    6 hari lagi aku dapet tugas dari kantor buat ikutan seminar gitu di salah satu hotel di sentosa island.. W Hotel.. besok itu adalah pengalaman pertamaku ke singapore plusss disitu aku sendiri cewek pulakk :(.. gak ada barengan dari kantor yang pergi ketempat itu. Bener2 sendiri. Kantor gak atur anter jemput n segala macem.. pokoknya cuma dikasih duit taxi dari bandara ke sentosa island itu aja.

    Ada beberapa hal yg mau aku tanyain:
    1. Jarak tempuh dari changi ke sentosa island itu brp lama ya? Kayanya kantor reserve hardrock hotel or w hotel tempat aku nginep nanti. Kalo by taxi kita2 berapa ya changi ke sentosa island itu?
    2. Untuk tetep bisa konek bbm kira2 plg hemat pake kartu apa ya? Scara ngeri ilang di negeri orang kalo ga bisa cari2 info ato ngabarin sana sini
    3. Untuk newbie yg dateng sendirian cewek pulak aman ga sih buat jalan2 sendirian gitu.. buat ngisi waktu dari training ke training..
    4. Kalo dari orchard ke sentosa island naik taxi makan waktu brapa Lama yah? Kira2 brapa duit? Ongkos taxi yg dikasih dr kantor cuma dari bandara-hotel, hotel-bandara. Takutnya berat diongkos kalo taxi mulu juga.. kalo MRT takut nyasar euy sendirian…

    Hehehe… maap yak pertanyaannya banyak..
    Agak panik campur deg2an gimana gitu denger bisa gratisan ke singapore tapi kudu sendirian…. Need your info mas…

    Thanks,
    Rizki

  25. Yuniar on February 8, 2013 at 9:08 am said:

    Salam kenal pak Bahar..
    Saya rencana sekeluarga mau ke Johor Bahru ( legoland) namun ada sisa waktu yg rencana mau saya pakai pergi ke Spore..mohon bantuannya dr JB ke Sin lalu malam balik JB lagi apa kah bisa? Naik apa yg bisa menyebrang sampai malam? Rencana ingin ke Sin Zoo , bis/ MRT apa yg bisa membawa saya sampai tujuan?

  26. @iis :
    1. Biaya transpotasi dari Changi Airport ke Sentosa Island adalah : by Taxi Sekitar S$ 30 dengan muatan maximum 4 orang, by Bus sekitar S$2/orang sampai Harbourfront, dan dari Harbourfront ke Sentosa Island : dengan Jalan kaki via Boardwalk/Travelator S$1/org, dgn Monorel/Sentosa Expres S$3/orang, dengan Bis Sentosa S$2/orang dan dengan Kereta gantung S$18/org
    2. Tiket HIPPO Tour berlaku 24 jam, jadi beli hanya sekali

    @ardi :
    Setiap warga negara yang mau memasuki negara lain wajib punya Paspor, kalau masih bayi Paspornya bisa ikut di paspor Ibunya atau buatkan paspor sendiri

    @eka jogja :
    Sekarang sudah tidak ada lagi pembayaran Fiskal alias bebas untuk WNI yang mau ke luar negeri

    @haryanti :
    anak usia 12 tahun atau lebih dihitung dewasa

  27. Anonymous on February 7, 2013 at 10:48 pm said:

    @iis :
    1. Biaya transpotasi dari Changi Airport ke Sentosa Island adalah : by Taxi Sekitar S$ 30 dengan muatan maximum 4 orang, by Bus sekitar S$2/orang sampai Harbourfront, dan dari Harbourfront ke Sentosa Island : dengan Jalan kaki via Boardwalk/Travelator S$1/org, dgn Monorel/Sentosa Expres S$3/orang, dengan Bis Sentosa S$2/orang dan dengan Kereta gantung S$18/org
    2. Tiket HIPPO Tour berlaku 24 jam, jadi beli hanya sekali

    @ardi :
    Setiap warga negara yang mau memasuki negara lain wajib punya Paspor, kalau masih bayi Paspornya bisa ikut di paspor Ibunya atau buatkan paspor sendiri

    @eka jogja :
    Sekarang sudah tidak ada lagi pembayaran Fiskal alias bebas untuk WNI yang mau ke luar negeri

    @haryanti :
    anak usia 12 tahun atau lebih dihitung dewasa

  28. salam kenal pak bahar
    rencana bulan depan kami akan ke spore, rencana ikut tour batal jd kami pastikan dng backpaker..kami akan menginap di apartemen lucky plaza, mohon bantuannya dari bandara changi ada taxi yg langsung mengantar kami ke lucky plaza…kira2 ada gak ya taxi untuk ber 8 orng trus kami harus cari dimana?
    mohon infonya ya pak..tq

  29. Salam Kenal Pak Bahar,

    Ini untuk pertama kalinya saya ke Singapore membawa keluarga (5 Dewasa + 1 Balita) di Bulan Maret 2013. Saya mau tanya Pak, apakah lebih efektif saya menginap di Lucky Plaza karena dekat Orchard atau di ada rekomendasi di tempat lain. Sebisa mungkin kami menekan budget untuk penginapan (Max 120 SGD) agar bisa leluasa untuk keperluan yang lain. Ada rekomendasi di Lucky Plaza tidak Pak untuk Pemilik Apartment yang terpercaya, bersih dan aman? Kemudian di bulan Maret itu biasanya di Singapore sedang musim hujan tidak Pak, karena saya bawa balita, ingin prepared pakaian dan keperluannya.

    Terima kasih..

Comment navigation

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.


six − = 2

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation