Jalan Jajan Hemat

Tahu Lembang – Wisata Kuliner keluarga

Kota Bandung memang menjadi tujuan liburan para wisatawan dari kota Jakarta. Ketika ada hari libur (terutama jika berdekatan dengan akhir pekan, Jumat-Minggu atau Sabtu-Senin), maka dapat dipastikan kota Bandung akan dipadati oleh mobil berpelat “B”. Untuk menarik minat wisatawan, maka pengusaha di kota kembang ini berlomba-lomba mencari ide kreatif di antara persaingan yang begitu ketat. Memang yang paling menjamur di kota Bandung adalah kuliner yang dikombinasikan dengan tempat rekreasi untuk keluarga.

Di Lembang, di dekat hotel Grand Lembang terdapat sebuah tempat yang sekilas terlihat merupakan SPBU (pompa bensin), tapi setelah diperhatikan ternyata ‘cumi’ alias cuma mirip. Karena ternyata tempat itu adalah Tahu Lembang. Orang sering menyebutnya POM tahu singkatan dari Pusat Orang Makan tahu. Apakah disini hanya tempat menjual tahu? Ternyata tidak, di sini lebih mirip dengan tempat wisata kuliner keluarga. Karena di dalam areal ini selain tahu, kita juga dapat menikmati berbagai macam makanan maupun jajanan tradisional Sunda, seperti mie kocok, batagor, lumpia pisang, dll.

Harga tahunya Rp 10.000 untuk 12 potong tahu goreng. (Update per Sept 2010: Rp 15.000) Tahunya terasa lembut, karena menggunakan susu sebagai bahan pencampurannya dan tanpa bahan pengawet. Waktu akhir tahun 2008, kami dapat masuk kesana tanpa dikenakan biaya, tapi per tahun 2009 dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000 yang dapat ditukar dengan segelas susu kedelai. Kita dapat melihat proses pembuatan tahu ini secara langsung, dan dapat langsung menikmatinya selagi panas dan baru matang.

Selain restoran dan tempat jajanan, disini juga terdapat toko-toko yang menjual makanan2 kering dan juga toko tanaman dan lukisan. Juga terdapat areal permainan anak-anak. Mulai dari lorong sesat (maze), motorcross anak, sewa becak mini, sewa sepeda sampai outbound. Untuk menikmati permainan tersebut, perlu membeli tiket di kasir. Harga sewa becak mini swalayan ini adalah Rp 20.000 / 30 menit, disebut swalayan karena anak2 perlu mengayuh sendiri becak tersebut tanpa disediakan pengemudi. Tapi track yang disiapkan agak menurun, jadi perlu agak berhati2 saat anak Anda bermain becak mini tersebut.

http://i331.photobucket.com/albums/l461/rommya/TahuLembang08-1.jpg


Cukup menarik untuk dijadikan tempat wisata kuliner sekaligus arena bermain untuk keluarga.

Salam Jalan Jajan Hemat


48 thoughts on “Tahu Lembang – Wisata Kuliner keluarga

  1. ANAK JAKARTE

    Assalamualaikum..
    maaf numpang info gaan, ane mw kabarin wat seluruh penggila atau
    penikmat kuliner asli bandung dsk bahwa sdh ada agen penyalur TAHU SUTERA ASLI CIBUNTU, BDG KULON. yg langsung diproduksi di sentra pengrajin tahu bdg dan siap dikirim sesuai pesanan khusus utk warga jakarta. Dijamin enak, aman, halal, lembut dan bergizi tinggi. utk info lengkap silahkan menghubungi TENABANK AGENCY 08567031130
    Terimakasih atas dimuatnya iklan ini
    wassalam

  2. olive

    klau boleh minta no telp tahu lembangnya dong .. bisa ga kita liat langsung proses pembutannya tpi kita rombongan dari sekolah ..

  3. olive

    klau boleh minta no telp tahu lembangnya dong .. bisa ga kita liat langsung proses pembutannya tpi kita rombongan sari sekolah ..

  4. vivi

    waah…. InsyaAlah akhir bulan ini aku mau kebandung,
    mudah2an sempat mampir kesitu deh.

    thx tuk infonya yaa….

  5. mj

    hari minggu tgl 17 juni 2012, saya beserta istri dan anak saya mampir ke tahu lembang, setelah makan tupat tahu ( rasanya memang enak ) anak saya ( umur 6 thn )minta main flying fox setelah membeli tiket, anak saya kemudian dipasang alat pengaman dan naik tangga ke atas setelah mau meluncur, istri saya teriak ke mas2 yang bertugas di flying fox tersebut kalau anak saya tidak di pakaikan helm dan mas2 tersebut hanya menjawab bahwa helm tidak ada, dan langsung melepas anak saya meluncur tanpa mengenakan helm pengaman, apakah petugas tsb tidak diberitahu standart pengamanannya ?

  6. saleera radja

    Lembang memang sexy dipandang dari mana saja. dari makanannya, dari tempat rekreasinya, dari pendatangnya tapi dari sampahnya juga kurang sedap dipandang.
    tapi saleera radja di Lembang.

  7. Dena

    saya skrg sedang merintis usaha dimsum di Lembang, tapi saya kesulitan mendapatkan tempat, kira2 apakah ada di tempat di tahu lembang untuk berjualan dimsum tsb n bagaimana sistem sewa tempat di tahu Lembang?

  8. penos ta

    menurut cerita, dulu kampus kami UNAI di Parongpong, belangganan tahu lembang utk kasi makan para mahasiswa/wi yg tinggal di asrama, tpi mkin lama tahunya makin mahal, terpaksa membeli dr tempat lain, saya akui tahunya emang beda n lebi enak,, salam

  9. mas imran

    saya dari Malaysia, dalam lawatan ke Bandung baru-baru ini saya merasai keenakan tahu lembang. Dalam perjalanan pulang dari Tangkuban Perahu, pak supir membawa kami bersinggah di Pusat Orang Makan Tahu Lembang. Memang enak tahunya, saya membawa ole ole 2 bungkus keropok tahu untuk di bawa pulang ke Malaysia.

  10. grace

    Wuah mantapz bnget deh, terkhr gw k bdg gak smpt beli krna dpt hotelny jauh dri tahu lembaang.. Dulu smpt nginep di hotel plangi depan tahu lembang jadi jajannny tahu lembang buat oleh2.. Btw ad yg bisa info no hotellny gak yah.. Biaar deket k tahu lembang..

  11. mahlul Irfan

    Salam Kenal..

    kalau saya penasaran dengan rasa tahu Lembang katanya beda dengan tahu tahu biasanya,
    tetapi saya di pekalongan.
    Apa Tahu lembang bisa melayani pembeli dari daerah sesperti di Pekalongan?

  12. Joseph

    Halo, salam kenal ..
    Boleh tahu nggak, tempat persisnya untuk yang tahu lembang tersebut…
    mungkin ada yang sempet foto- foto suasana disana.. biar ada gambaran…

    Thanks

  13. Johan

    Tahu Lembang memang uenaakkk,….. jadi ingat bulan lalu ama temen temen kantor pas keBandung ada acara kantor dari Kamis kita perpanjang sampe Sabtu huehehe, sekalian muter2x cari tempat makan and nongkrong yang enak ,… tempatnya luas , banyak sekali macam tahunya and kita bisa juga melihat process pembuatanya tapi saya lebih tertarik dengan menu2x makanaya heuhehe apalagi kupat tahunya memang bener maknyuss sich , mungkin karena di jakarta ga ada yang se enak tahu lembang yah suasanaya juga nyaman yah karena udara Bandung memang beda ama Jakarta huehehehe,… Kebetulan kita bertemu ama Pak Adi kalo ga salah Pak Adi yang ikut memandu group kita melihat lihat cara pembuatan Tahu and milih2x menu makanan yang beragam boleh cukup ramah dia,… mungkin salah satu management situ kali yah,… pak Ade koswara kalo mau tau tentang tahu sana kalo memang di Bandung juga saya rasa bisa langsung ke sana and ketemu ama Pak Adi aza mungkin beliau bisa memberikan informasi lebih?!…
    tempat nyaman adem , asri , tenang enak buat nongkrong , makanan banyak , lebih enak lagi kalo ada Shisha yah yang ada flavornya macam 2x itu rasa strawberry, Coffe, Mint , biar ngobrol and nongkrong dengan teman lebih nyantai and lebih nikmat heuehhehe apalagi kalo ada Kopi Arab ato Menu Kebab daging Arab juga ,,….wah tambah Perfect dech tuh tempat Tahu Lembang.!!!
    Sukses Yach,… cuman kalo bisa adaain Shisha ,..pasti lebih banyak crowd yang datang^o^

  14. ADE KOSWARA

    klo pengen berlangganan caranya gmana ya kebetulan saya berjualn tahu dipasar gde bage………..belum masuk tuh tahu lembang

  15. wisata lembang

    share2x salah satu referensi nya wisata di lembang bandung gan…
    ayo majukan visit lembang 2010…

  16. dewi

    nak bgt wisata ksana smpe ga mu plng bis’a tempat’a nak bgt sh…….tp sayang kita kmrin ksna cma sbntr coz tu cm bwt observasi ja….sebel,sebel,sebeeeeelllllll….tp kpn”kita sempetin ksna lg ahhhhhhh,,..

  17. Tina

    Hi guys, tlg info donk lok. wst di lembang yg g tll jauh dr NHI tmsk htl melati n kulineri murmer, soal-y mo nengokin ade yg kuliah dstu. Tq

  18. maria (jakarta)

    tahu susu lembang ternyata betul sangat maknyus, dan setelah mendapat penjelasan dari pak Adi,katanya setelah tahu tersebut dikukus luarbiasa manfaatnya bagi kesehatan keluarga bila dikonsumsi.
    kupat tahunya juga ga kalah, sangat maknyus saya suka sekali, belum pernah seenak kupat tahu lembang
    terimakasih atas pelayanan yang baik dari pak Adi atas penjelasan proses pembuatan tahu lembang kami sekeluarga jadi mengerti dan akan berusaha promosikan ke temen-temen lain. tunggu kita ya! tahu lembang!

  19. keke

    sabtu kemaren pas week end … kita rombongan dari jakarta dah buktiin klo emang tahu lembang emang enak apalagi kupat tahunya enak banget … trimakasih bwat bapak ADI kami sampaikan dari rombongan atas pelayanan yang memuaskan …. kita juga bisa ngeliat langsung proses pembuatanya … wah higienis sekali … pokoknya tidak rugi kami dateng ke sana….

  20. Azizah Nazzala Fauzie

    waktu itu saya ke bandung dan kebetulan saya memang sengaja mencoba datang berwisata ke “Tahu Lembang”tapi agak sepi dan tidak ramai.Tapi menurut saya tahu lembang kurang lengkap kalau tidak week end.Anehnya ada beberapa fasilitas yang baru akan on di weekend..saya kesana saat bukan weekend jadi nya sepi dan tidak semua fasilitas yang ada ON

  21. rommya Post author

    @adul : Begitulah pengelola, begitu ramai pasti pelan2 akan dinaikkan harganya atau dikurangi produknya… 🙂

  22. adul

    tahu lembang emang enak sih ada beda sama tahu yang lainnya. tapi waktu awal buka sih Rp. 10000 dapet lima belas besar-besar lagi tapi udah kelihatan laku and banyak pengemar nya jadi berkurang jumlahnya sama agak kecil yach…. saorry nih jujur. tapi salut deck buat lembang soalnya aku tinggal dilembang narsis

  23. efi

    ada jg tuh tmpt yg menarik buat keluarga..namanya rumah sossis..tmptnya djl ledeng,stlh terminal ledeng,sblm lembang,sblah kiri..kl ga salah tiket masuknya 2ribu.didlm lengkap bgt tmpt maennya.ada kolam renang,Atv,becak mini,sepeda,dll.lumayan buat anak2..tp kl mau pake fasilitas tsb,kudu byr..lumayan mhl jg sih.tp bs jd tmpt alternatif kl kbdg..oh iya jgn lupa cicipi sosisny..weenak bgt.gw aja yg tinggal dbdg udh 2x ksna..ok guys met liburan

  24. Pingback: Lembang « 0411502083

  25. rommya Post author

    @eva: gampang koq menemukan lokasi Tahu Lembang, terletak di pinggir jalan ke arah pasar Lembang. Kira2 di seberangnya Lembang Asri hotel, kalau dari Setiabudi adanya di sebelah kiri jalan.

  26. eva

    waktu ke bdg bulan lalu, mau cari tahu lembang bwt oleh2, malah nyasar ke tahu barokah….dimana ya tepatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.