Jalan Jajan Hemat

Tempat membeli Oleh-oleh di Bali

Saat Anda berlibur ke Bali mungkin Anda ingin memberikan oleh-oleh atau cinderamata untuk teman atau keluarga Anda. Dengan ini tim Jalan Jajan Hemat (JJH) memberikan beberapa tempat untuk membeli oleh-oleh.

Art Shop Kuta. Sepanjang jalan pantai Kuta terdapat kios-kios art shop yang memajang barang-barang seni. Tapi memang Anda harus merogok kantong agak dalam, karena target customer mereka turis mancanegara. Tapi kalau Anda suka dengan barang yang dipajang, dan Anda memiliki dana cukup, silahkan saja langsung diboyong pulang. Kebanyakan toko bisa ditawar, jangan malu-malu, tawar dengan ‘tega’. JJH lebih menyarankan untuk cuci mata saja di sepanjang jalan ini 😀

Pasar Badung

Pasar Badung

Pasar Badung. Pasar tradisional ini terletak di Jl. Gajah Mada di Denpasar. Terdiri dari 4 lantai. Lantai bawah menjual sayur-sayuran, buah, ikan dll. Kalau Anda ingin membeli oleh-oleh salak bali, dapat mencarinya disini. Nah di lantai atas, Anda dapat menjumpai kios-kios yang menjual cinderamata seperti sandal jepit manik2, baju barong, table set, tatakan gelas, gantungan kunci dll. Tapi ingat, Anda harus ‘raja tega’ disini. Maksudnya harus pandai menawar. Karena kalau tidak, bisa2 Anda malah kena harga yang mahal. Sebagai patokan: harga sandal manik2 adalah Rp 10.000/pasang. JJH kurang merekomendasikan tempat ini, kecuali untuk Anda yang sudah tahu harga pasaran.

Joger

Joger

Joger. Joger terkenal dari membuat kata-kata lucu yang tertulis di kaos (seperti Dagadu di Jogja). Tapi di toko yang terletak di Jl Raya Kuta ini tidak hanya menjual kaos, sandal, taplak meja, asbak, gantungan kunci juga dijualnya. Harganya (kecuali kaos) relatif murah, setidaknya membuat Anda aman, tidak perlu banyak menawar. Yang paling menarik memang kata-kata di Joger ini yang nyeleneh. Dan pasti membuat para pengunjung yang datang senyum-senyum sendiri. Lebih banyak wisatawan lokal yang datang kesini. Buka hanya sampai jam 6 sore, ketika JJH menanyakan mengapa tutup begitu cepat, mereka menjawab “Agar toko lain bisa kebagian rejeki, Pak.. ” Yang sedikit masalah disini adalah parkir, berhubung sangat ramai, maka parkir di tempat ini agak sulit. Ketika masuk ke ruangan dalam, Anda akan diberikan stiker yang ditempelkan di baju Anda yang bertuliskan “VIP”, lalu ada singkatannya “Very Iseng Person”. Disana dijual sandal yang warna kiri dan kanannya berbeda, pokoknya lucu2 deh. Ada lagi, sandal sebelah kiri bertuliskan “Surga memang terletak di bawah telapak kaki ibu“, lalu yang sebelah kanannya bertuliskan “Ternyata sampai saat ini belum ada data2 kongkret yang dapat membuktikan secara pasti kaki yang sebelah mana? ” 😀 . Oh ya sekedar info di Joger tersedia pijat refleksi yang dilakukan oleh para kaum tuna netra. Sambil menghilangkan capek, Anda pun menolong sesama. Slogan mereka “Joger jelek, Bali bagus”. JJH merekomendasikan tempat ini.

Krisna Oleh2 Khas Bali

Krisna Oleh2 Khas Bali

Krisna oleh-oleh khas Bali. Konsepnya agak mirip dengan Joger, tapi disini kita dapat parkir dengan leluasa, areal parkir lebih luas, bangunan di dalamnya pun lebih luas. Memang kata-kata di kaos, tidak semenarik dan selucu Joger. Tapi untuk masalah barang-barang lainnya, Krisna memiliki pilihan yang lebih banyak dan harganya pun relatif murah. Waktu JJH membandingkan, barang yang dibeli di Pasar Badung yang sudah ditawar habis2an ternyata ada disini dengan harga yang sama, tanpa tawar capek-capek, dan tempat yang lebih nyaman. Untuk lukisan, murah dan bagus-bagus lho. Krisna dapat dikunjungi di Jl Nusa Kambangan 160A (telp: 0361-8423573) dan juga ada di Jl Nusa Indah No. 77 (telp 0361-262365) Denpasar. JJH merekomendasikan tempat ini.

Erlangga. Terletak persis di sebelah Krisna yaitu di Jl Nusa Kambangan 137. Erlangga memiliki dua buah toko di jalan ini, yaitu Erlangga 1 dan Erlangga 2. Sebelum dibukanya toko Krisna, Erlangga ini sangat terkenal untuk membeli oleh-oleh. Tapi setelah toko Krisna ini buka, maka pengunjung pun tersedot ke Krisna. Dari segi harga maupun produk yang tersedia, mirip dengan Krisna.

Pasar Sukawati. Terletak di daerah Gianyar, sekitar 1 jam dari Denpasar. Terdapat Sukawati 1 dan Sukawati 2 (sekitar 5 km dari Sukawati 1). Berdasarkan info, Sukawati 1 harganya lebih murah walaupun barang2nya sama. Namun ingat, jangan sungkan untuk menawar kalau belanja di sini. Tawar sekitar 1/3 dari harga yang diberikan oleh penjual.

Tips JJH, di Bali sama seperti di tempat lainnya, mereka mengharapkan ‘penglaris‘ untuk membawa keberuntungan untuk dagangan mereka. Penglaris adalah pembeli pertama, jadi kalau Anda pembeli pertama. Anda dapat menekan harga dibawah harga pasaran, karena mereka pantang untuk tidak terjadi transaksi pada pembeli pertama. Tapi menawarnya tetap dengan perasaan ya, tega tapi jangan terlalu kejam 🙂

Salam Jalan Jajan Hemat


54 thoughts on “Tempat membeli Oleh-oleh di Bali

  1. biban

    di jual selendang sutra,,,,dan pernak pernik khas bali,,,,ada yang berminat hubungi saya di 081999134878

  2. mya

    Tlg harga lngkap produk2 joger donk..
    Sm harga suvenir2 lucu d p sukowati. Sm camilan khas bali ap y?
    Mw k sn niech

  3. Nurul

    waktu aq berkunjung ke KRISNA BALI OLEH-OLEH jln.SUNSET ROAD KUTA pelayanan sangat tidak menyenangkan, karyawannya sangat JUTEK bisanya cuma ngobrol doank. Kyanya staffnya ga pernah di tartar deehh…

  4. nunu

    tgl 8.9.10.11 oktober kami mau kebali minta infonya dunk untuk bln oktober musim apa di sana?….trus klo dr kute ke tempal lumba2 jauh tdk?

  5. Jack

    Coba di “Hawaii” jl.bypass ngurahrai, bbrp toko oleh2 yg di datangin ini yg paling murah dan gak perlu nawar.

  6. maria

    mas,..boleh ya saya kasih recommend tempat untuk santai di bali..namanya pantai geger letaknya di nusa dua,bali.itu tempatnya nyaman bgt mas,..buat keluarga santai dan aman bgt buat anak2 klpd mau berenang..

  7. budi

    Mas,,, di sanur juga ada pusat oleh2 khas bali,, yg mungkin mw liburan ke daerah sanur,, liat sunset dibali sambil beli oleh2…Dijamin murah,,,

  8. byjuri

    buat mbak, mas-mas, jeng, bapak, adek, akang dsb. yang tinggal diluar bali dan ingin oleh-oleh bali namun tidak sempat berkunjung ke bali , bisa hub saya di “TITIP OLEH-OLEH BALI DONK” no telp 085235864646

  9. byjuri

    bos JJH saya lagi perlu guide fee lance untuk bulan febuari, kalo ada yang bisa bahasa mandari. untuk infonya hub saya di 085235864646

  10. tkpik

    kalau beli makanan di bali yang lengkap dan murah (jadi gak perlu pindah2) kira2 dimana ya? kaya pia legong, kacang disco, keripik ceker ayam,dll?

  11. Tyo

    tanggal 27 mei 2010 gue mau ke bali gue bingung beli oleh-oleh yang murah soalnya banyak pesanan tolong saran donk?

  12. Andrian N

    Khusus yang gak tegaan buat tawar menawar untuk oleh oleh khas Bali. . .Tempat yang lumayan bagus & rada murah and tempatnya deket Kuta. . Ke “Kampung Bali” aja. . di daerah Persimpangan Kute. .Orang sama bilang di Simpang Siur, karna simpangnya ada lima persimpangan. .

  13. rahel

    Aku bulan Juli ini mau ke Bali, kira2 untuk tempat beli oleh – oleh dimana ya yang harganya murah ga mesti tawar menawar, soalnya aku ga bisa nawar he he he ….please infonya ditunggu

  14. adhadi praja

    pasar sukawati emang TOP abis lah…kamren saya sempet belanja disini, harganya muraaahh abis, asal mau nawar. buat para backpacker yang berbudget minim tapi pengen bawa oleh2..Pasar Sukawati bisa jadi pilihan oke!!

    salam 🙂

  15. Terrios2009

    Malam hari jam berapaan, klo sekitar jam 7 / 8 bisa menyusuri jalan Diponegoro, byk toko2 disana…..Atau klo pengen mencoba makanan bisa ke jalan Teuku Umar, byk sekali restoran berjejeran, biasanya pas Lebaran dan libur desember byk plat luar pulau .

  16. Terrios2009

    Bung Wijaya guide freelance yah, bisa minta emailnya?? Sy ada art shop mulai buka sejak Juni kemarin, blm pernah ber partner dng travel,tp sekarang sdh siap berpartner, brg beb desain sendiri……Selama ini promosi dari mulut ke mulut sj, tp lumayanlah, orang datang bisa lebih dari sekali..he2x..Klo harga sy jamin lbh murah dari yg lain2…
    email :grosir_bali@yahoo.com

  17. Terrios2009

    Bung Wijaya guide freelance yah, bisa minta emailnya?? Sy ada art shop mulai buka sejak Juni kemarin, blm pernah ber partner dng travel, selama ini dari mulut ke mulut sj, tp lumayanlah, orang datang bisa lebih dari sekali..he2x..Klo harga sy jamin lbh murah dari yg lain2.

  18. wijaya

    sebenarnya menurut saya diantara toko souvenir/ toko oleh2 di bali yang sudah saya kunjungi, kebetulan saya guide freelance, saya rekomendasikan untuk belanja di toko oleh oleh karang kurnia di jalan cargo permai, ubung, harga berani jamin lebih murah dari di erlangga ataupun krisna atau tmpt yg lainnya, selain itu komisi yg saya terima jauh lebih besar kalo anter tamu kesana, tempat lain mmg bagus tapi harga masih cukup tinggi, jadi tamu enggan belanja banyak jadinya komisi jg sedikit. saya ga sengaja ketemu web nya karangkurnia.com,mana lagi yg jaga (spg nya) ayu-ayu…hi..hi..hi.,selamat mencoba aja..

  19. SasQa

    Jujur aja…kesel juga sich mau beli barang di Bali tapi dipatok dengan harga yang sangat tinggi pula. Para pedagang ingin mendapatkan untung yang sebesar – besarnya. Kasih harga gak kira-kira.
    Jika dia seperti itu, mau tidak mau kita juga harus tega sama mereka untuk mendapatkan harga yang seharusnya (murah).
    Saking teganya, kita harus berani tawar mulai dengan harga 80% dari harga barang tersebut. Dengan proses tawar menawar yang dibumbui dengan rasa sabar, akhirnya dapat juga dech harga yang murah untuk baju bali, kaos bali,sandal, celana bali,dll.
    Harga yang ditawarkan dari harga Rp 65.000 untuk baju dan kaos bali, bisa dibeli dengan harga Rp 15.000 dan Rp 10.000.
    Tapi seru juga sich dengan adanya proses tawar menawar seperti ini meskipun pada awalnya sangat kesal, namun bisa melatih kesabaran kita.
    Asli….di Pasar Sukawati murah2 lho asalkan kita berani nawar. Oc.
    Tips n trik : Tawarlah harga serendah – rendahnya, asalkan jangan gratisan yach.
    Good Luck….dan selamat berlibur dan berbelanja di Bali.

  20. Azizah Nazzala Fauzie

    di bali aku beli sandal gitu buat oleh oleh eh dapet sepasang harganya Rp.5.000 aja hasil nawar 😀

  21. rommya Post author

    @salsabilamubin: Mungkin bisa dicoba di jl.Br.kesambi 26 kerobokan kuta-utara denpasar
    @Nana: Sebaiknya ditanyakan saja sebelum memesan, rasanya sih banyak koq tempat makanan yg HALAL di Bali, sewa motor antara 40-50rb seharian
    @pietra: hhm mesti tanya ke org BCA nih..

  22. eeyore

    @iin : rumahnya sekitar mana ya mbak?? dket pantai kuta??
    berminat nih utk akhir july ini ..
    tlg kabarin ya:D

  23. pietra

    Aku minta info donk,
    Apa udah ada merchants di Bali yang bisa terima Flazz Card BCA?
    Mungkin Jogger gitu?
    thanks

  24. salsabilamubin

    kok,kemaren saya cari pisang sale INDOLIA,yg terkenal itu ga ada di KRISNA BALI !Karena temen2 gue pesen,katanya cuma ada di BALI? Trus adanya ditoko mana,cih?

  25. Nana

    -mo tanya dong info tempat makan yg enak dan murah trus harus yg HALAL di bali,rencananya mo wiskul nih di bali
    -dinner cruise itu makanannya halal gak sih?ada info rate murah bt ikut dinner cruise dan permainan air di benoa
    – rental motor dibali berapaan ya?

  26. Pingback: Mirota Batik Jogjakarta | Jalan Jajan Hemat

  27. rommya Post author

    @rudy: harga baju/kaos di joger lumayan tinggi jg sih, kira2 sekitar 50-100rb. Tapi memang bahan nya bagus. Tapi utk oleh2 banyak koq pernak-pernik yg murah2.

  28. rudy

    hrg baju2 di joger berkisar berapa rupiah??
    soalnya g pergi kmrn pas udh maw tutup
    jadi sempet nya cuma beli sandal wrn biru pink ma surga di telapak kaki ibu..

  29. dina

    tolong doooong rekomendasiin 5 hotel di kuta yang murah&tenang (deket pantai & <=100 rb)selain di poppies.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.