Pasirmukti mapBagi Anda yang senang bertanam atau ingin memberikan pengetahuan tentang tanaman kepada anak Anda (istilah keren nya adalah agrowisata), tidak ada salahnya Anda meluangkan waktu untuk mengunjungi Kebun Wisata Pasirmukti. Lokasinya tidak jauh dari Jakarta, sekitar 45 menit dari Jakarta, tepatnya di Jl Raya Tajur Pasirmukti KM 4. Citeureup Bogor. Dari jalan tol Jagorawi, kita ambil pintu Cibinong – Citeureup, belok kiri dan setelah itu tinggal mengikuti papan petunjuk yang tersedia di sepanjang jalan. Namun hati2 saat di dekat pasar Citeureup papan penunjuk jalan terkadang terhalang oleh angkutan2 umum. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari peta berikut ini.


Pasirmukti05Tiket masuk ke Kebun Wisata Pasirmukti ini sebesar Rp 12.500 / orang (per Mei 2008). Anak di atas usia 2 tahun membayar penuh. Tidak perlu membayar biaya untuk parkir motor ataupun mobil. Dan tiket tersebut juga sudah termasuk minuman selamat datang dan asuransi kecelakaan. Minuman Selamat Datang dapat diambil di Resto Bakudapa, yaitu segelas air jeruk segar yang disebut “Lemong Cui”, di cafe/resto ini kita juga dapat memesan makanan dan minuman yang bernuansa Menado, diantaranya ayam bakar rica-rica dan ikan woku.

Pasirmukti01Di Pasirmukti juga tersedia penginapan. Terdapat beberapa tipe kamar, modelnya pun bernuansa Menado. Tapi harganya lumayan mahal lho, paling murah adalah pondok duku, ada 2 kamar di dalamnya, harga per malamnya Rp 850.000, sedangkan yg paling mahal adalah Pondok Manggis, per malam Rp 1,8 jt untuk 3 kamar. Terdapat permainan anak-anak & taman di halaman depan penginapan. Penginapan ini terletak di areal depan Pasirmukti.

Pasirmukti02Waktu kita masuk ke dalamnya lagi terdapat hamparan sawah, lengkap dengan orang-orangan dan juga kerbau untuk membajak sawah. Jika tertarik, untuk rombongan dengan minimum 20 orang dapat mengikuti paket-paket agro seperti paket wisata Agro sebesar Rp. 90.000 / orang (saung pertemuan, sound system, aneka permainan, pemandu wisata, makan siang prasmanan & snack), paket edukatif agropintar Rp. 65.000 / orang (saung pertemuan, pemandu wisata, makan siang box & snack), dan masih banyak lagi paket2 lainnya. Banyak sekali sekolah yang mengadakan acara ke tempat ini, anak-anak dapat belajar menanam padi, memandikan kerbau, menangkap ikan, memetik sayur, membajak sawah, bermain di lumpur, wah pokoknya siap-siap kotor deh.. tapi juga mengenalkan alam pertanian ke anak-anak.

Pasirmukti04Oh ya disana juga terdapat arena paintball, seharga Rp 80.000 / orang, untuk 2 x 20 menit, marker & CO2, seragam, kaca mata pelindung dan 30 butir peluru, tapi belum termasuk tiket masuk ke Pasirmukti lho. Tapi karena saya hanya sekeluarga, maka saya tidak mencoba paintball di sana.

Pasirmukti06Di dalam Pasirmukti juga terdapat areal pemancingan. Biaya hanya untuk sewa pancing + umpan, sedangkan ikan akan dihitung berdasarkan hasil tangkapan kita. Pancing yang disewakan terdiri dari 2 jenis : yang standard (kail biasa) seharga : Rp 5.000 dan yang ekslusif (ada alat penggulungnya) seharga Rp 15.000. Sedangkan untuk ikannya dihitung per kg tangkapan, ada kolam untuk gurame, ikan mas, ikan patin dan ikan bawal harganya antara Rp 20.000 – Rp 35.000/kg. Karena anak saya ingin mencoba memancing, akhirnya saya menyewa pancing standard ditambah dengan umpan, namanya pelet yaitu cacing yang sudah beku. Mulailah anak saya memancing, tapi tidak mendapat ikan sama sekali, akhirnya karena penasaran saya juga mencoba. 10 menit, 15 menit, 30 menit wah koq tidak ada ikan yang tertangkap yah. Kami pun pindah-pindah kolam, tapi sama saja, hasilnya nihil. Akhirnya ada petugas yang membantu, dan menyarankan untuk menyewa pancing yang lebih mahal, karena bisa menjangkau hingga ke tengah kolam. Dan juga untuk mendapatkan ikan gurame, tidak dapat menggunakan pelet, tapi harus membeli lagi umpan tambahan yaitu berupa jangkrik & ulat hidup seharga Rp 5.000 / kantong. Karena penasaran, kami pun mencoba menukar peralatan pancing kami ke yang ekslusif dan membeli umpan hidup. Dan ternyata benar, setelah upgrade alat pancing & umpan, ikan pun dapat ditangkap (setelah diajarkan trik & didemokan caranya oleh petugasnya).

Sebelumnya saya menganggap orang yang gemar memancing itu adalah orang yang kurang kerjaan, tidak kreatif, dan pemalas, tapi setelah mencobanya, apalagi sensasi saat umpan digigit ikan, hingga ikan tersebut berhasi ditangkap (walaupun bertentangan dengan pendapat teman saya yang menyatakan sebagai pembunuhan mahluk) pendapat saya jadi berubah. Sekali mencoba, langsung ketagihan. Bahkan anak saya pun sudah berhasil mendapatkan ikan, walaupun untuk menariknya masih belum bisa. Tapi akhirnya saya mengerti mengapa orang betah untuk berjam-jam menunggu di pinggir kolam atau di laut untuk memancing. Petugas siap membantu dengan mengeluarkan mata kail dari mulut ikan dan memasukkan ikan ke jala.

Pasirmukti03Saat ke sana di hari libur, cukup banyak rombongan yang mengadakan acara disana. Ada rombongan perusahaan, ada rombongan gereja, juga ada rombongan sekolah.. (hhm sekolah mana yang membuat acara di hari libur ya?). Waktu saya tanya ke petugas di sana, apakah ramai kalau hari biasa, dijawab hampir selalu ramai, tapi oleh rombongan anak sekolah. Wah sepertinya bisnis yang cukup menjanjikan ya.

Pasirmukti07Di Pasirmukti juga terdapat pembibitan tanaman. Kita dapat membeli tanaman-tanaman yang dibudidayakan disana, ada bermacam-macam anggrek dan juga tanaman lainnya. Sayangnya waktu saya ke tempat penjualan tanaman ini sudah sore hariĀ  sehingga tidak bisa banyak melihat-lihat. Jangan lupa untuk mencicipi manisan kedondong Thailand seharga Rp. 7.500 yang rasanya mantab. Dan jika ingin membeli sirup lemong cui, dapat membelinya seharga Rp. 20.000 / botol.

Jika Anda berminat untuk berjalan-jalan bersama keluarga yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, dan ingin memperkenalkan alam khususnya pertanian, tidak ada salahnya Anda berkunjung ke Kebun Wisata Pasirmukti.

Salam Jalan Jajan Hemat

About rommya

I am just an ordinary person who like to share my experience.

10 Thoughts on “Kebun Wisata Pasirmukti

  1. Sy kelas 6 mau ajak bpk dan mama kesitu kalau minta kirim no tlp

  2. siapa yang buat pasir mukti

  3. wah..kamarnya mahal sekali..bikin dong penginapan yang di bawah 300 rb an…ga perlu mewah yg pnting bisa nginep nyaman…heheh

  4. kami ingin kerjasama dengan pihak pasir mukti

  5. anggie on March 1, 2012 at 5:27 pm said:

    ada kolam renang yaa gggg???????

  6. boleh minta alamat yg dijakarta?
    minimal rombongan buat berapa orang?

  7. nadine rizka on June 9, 2009 at 3:49 pm said:

    semoga sukses

  8. @roy : Sudah Pak, itu sebabnya saya sharingkan disini. Trims.

  9. mwahahaha hello lho?

  10. have you been going there?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


7 − = two

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation