Jalan Jajan Hemat

Linggarjati Kuningan Cirebon

Ada satu tempat wisata di daerah Kuningan, 30 menit dari kota Cirebon. Tempat ini bernama Linggarjati. Tempat ini mudah dicapai dari kota Cirebon, ambil arah menuju Kuningan, nanti ada papan petunjuk jalan menuju tempat ini. Tempat yang dulunya adalah hotel ini, memiliki halaman yang luas. Di tempat ini pada tanggal 15 Nov 1946 terjadi peristiwa perundingan Linggarjati, yaitu dimana negara Belanda mengakui kedaulatan negara Republik Indonesia.

Linggarjati1Untuk masuk ke dalamnya tidak dipatok biaya, hanya mengisi buku tamu dan sumbangan untuk perawatan saja, Di dalamnya terdapat pemandu wisata yang menceritakan sejarah dari gedung tersebut. Tidak ada pungutan tambahan untuk itu, hanya sumbangan sukarela dari pengunjung untuk pemandu tersebut. Di dalamnya terdapat benda-benda yang masih dijaga keasliannya, seperti meja dan kursi rapat, lemari, tempat tidur dan jam besar. Memang ada beberapa furnitur yang merupakan replika dari aslinya. Di sana juga terdapat beberapa foto dan diorama yang menggambarkan suasana perundingan tempo doeloe.

Salam jalan jajan hemat.

Linggarjati2 Linggarjati3Linggarjati4

16 thoughts on “Linggarjati Kuningan Cirebon

  1. fauzi

    Kmarin q berkunjung ke musium linggar jati, nyatanya disana masih dipunngut biaya, katanya tdag dpunggut tpi nyatanya masih. Bagi phak yg bertanggung jawab mohon dibenahi masalah ituu, terimah kasih

  2. My Indonesian info

    infonya menarik ini adalah tempat bersejarah di daerah Kuningan Jawa barat tepatnya di desa Linggasana, kebetulan saya sudah berkunjung ke museum Linggarjati, tempatnya nyaman dan pemandunya ramah-ramah.

  3. nurhaidi

    udah lama tidak plng kampung dan melihat gedung lingarjati gedung itu harus dirawat

  4. ismanudin

    linggar jati memang indah,sayang jika sampai tidak di rawat apa lagi pudar.ingin deh rasanya mampir barang sebentar.

  5. rommya

    Setuju.. bahkan bukan hanya Linggarjati saja, semua objek sejarah di Indonesia pasti dalam keadaan tdk terawat, dan tdk disukai oleh para wisatawan dalam negeri, bahkan kadangkala turis asing lebih menghargai ketimbang turis domestik…

  6. maria

    waktu kecil saya sering bermain ke Linggarjati,,,
    tapi,,anehnya saya tidak begitu senang (biasa saja)
    dan kalau saat ini saya disuruh/dajak bermain di sana, saya pasti akan malas.
    padahal saya tahu linggarjati merupakan salah satu tempat bersejarah dan memiliki banyak potensi.
    dari hal-hal yangsangat sepele tersebut, saya pikir, pengelola Linggarjati perlu melakukan peninjauan kembali terhadap tujuan dilestarikannya bangunan dan didirikannya tempat wisata.
    bagaimana caranya bisa menjadikan linggarjati sebagai salah satu potensi lokasi wisata sejarah dan rekreasi keluarga yang dapat menyenangkan penuduk pada segala usia..

  7. rommya

    Di Indonesia semua peninggalan sejarah memang kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Padahal banyak sekali tempat-tempat yang jika dikelola dengan serius dapat menjadi obyek pariwisata yang menarik.

  8. asf

    Gedung Linggarjati itu perlu pembenahan. Terutama paparan mengenai sejarah dan peranan perundingan linggarjati terhadap berdirinya bangsa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.