Jalan Jajan Hemat

Serunya island hopping di Karimunjawa

Mau snorkeling melihat terumbu karang dan ikan-ikan tanpa harus pergi jauh seperti ke Lombok, Derawan, atau Bunaken ? Nah JJH-lovers bisa ke Karimunjawa, dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari Jakarta maka budget yang dikeluarkan juga bisa lebih dihemat.

Kita bisa mencari operator untuk island hopping ini secara online atau dari penginapan dimana kita menginap, karena biasanya mereka ada kerjasama. Paketnya biasanya adalah mengunjungi beberapa pulau, snorkeling di beberapa spot, dan juga makan siang. Ada opsional mengunjungi beberapa pulau tambahan dan penangkaran hiu. Saran saya, jika kita tidak berencana akan mengulang perjalanan ke Karimunjawa sebaiknya ambil paket yang lengkap saja, biar puas dalam sekali kunjungan.

Saat kami mengunjungi Karimunjawa, kami memesan paket tour melalui hotel tempat kami menginap. Peserta berkumpul di dermaga di pagi hari untuk bergabung dengan peserta lain. Setelah lengkap maka pemandu akan memberikan briefing singkat mengenai jadwal tour, hal mengenai keselamatan, dan lain-lain. Selama perjalanan peserta wajib mengenakan pelampung.

Briefing sebelum berangkat

Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi, terutama untuk yang mabuk laut. Makanan, minuman ringan juga ada baiknya dibawa. Lalu siapkan juga uang tunai, karena sepanjang perjalanan tidak ada ATM, dan juga tidak menerima kartu kredit. Handphone plus power bank, karena tidak ada colokan listrik sepanjang hari, kamera bawah air kalau ada juga seru kalau bisa dibawa.

Perahu yang digunakan adalah perahu tradisional, tapi cukup nyaman dan bisa untuk foto-foto 🙂

Kapal tradisional
Foto-foto di kapal

Sampai di spot pertama, peserta akan diberikan peralatan snorkeling, dan diberikan waktu untuk melihat keindahan bawah air di Karimunjawa ini.

Snorkeling

Setelah puas snorkeling, kita lanjut ke pulau Cemara kecil. Pulau ini tidak berpenghuni, dan masih dibiarkan alami saja. Pantainya bersih dan airnyapun jernih. Terlihat beberapa turis asing yang khusus datang untuk santai dan berjemur di sini. Sayangnya tidak tersedia fasilitas kamar mandi / toilet di pulau ini, jadi benar-benar “alami”. Hanya ada satu penjual kelapa dan minuman saja.

Airnya jernih, mirip di Krabi atau Derawan ya
Menikmati keindahan pulau Cemara kecil

Di pulau ini peserta akan disediakan makan siang berupa ikan yang langsung dibakar di tempat. Pas lagi laper-lapernya nih… nyam..

Bakar ikan untuk makan siang
Makan siang bersama

Setelah puas bermain di pulai Cemara Kecil, peserta lanjut lagi untuk menuju ke spot snorkeling berikutnya. Di sini peserta kembali diberikan waktu untuk menikmati keindahan bawah air.

Snorkeling lagi
Keindahan terumbu karang

Setelah itu mampir ke Tanjung Gelam, di sini tersedia fasilitas toilet, kios penjual makanan dan minuman. Juga kita bisa menyewa aneka wisata air (water sport) di sini.

Tanjung Gelam
Wisata air (water sport)
Banyak spot untuk foto-foto
Pohon kelapa miring ini juga jadi spot foto favorit

Di tempat ini kita menunggu sampai matahari terbenam (sunset) sebelum kembali ke dermaga.

Menunggu sunset
Foto bersama sebelum pulang

Setelah itu peserta akan diantar kembali ke dermaga. Memang kami tidak mengambil paket yang lengkap, mungkin nanti kami akan mengulang lagi trip ini 🙂

Oh ya saya sempat berbincang-bincang dengan turis asing saat makan malam di alun-alun. Dia berkata lebih suka ke Karimunjawa dibanding ke Bali, karena lebih asri dan alami, jadi seperti Bali 20 tahun yang lalu yang belum tereksploitasi seperti sekarang.

Untuk melihat videonya, bisa klik di sini. Jangan lupa like, subscribe & commentnya ya.

Demikian sharing tentang island hopping di Karimunjawa. Semoga dapat memberikan informasi, salam JJH…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.