Jalan Jajan Hemat

Karimun Jawa – Penyeberangan dari Jepara

Buat teman-teman JalanJajanHemat yang suka pantai, snorkeling namun bosan berlibur di Bali karena sudah ramai, ada suatu tempat yang masih eksotis, biaya perjalanannya pun tidak terlalu mahal, lokasinya di dekat Jepara, Jawa Tengah. Namanya adalah Karimunjawa atau Karimun Jawa. Ada yang menyebutkan Karimun Jawa sebagai The Carribbean of Java, ada pula yang menyebutkan Maldives of Indonesia.

Untuk perjalanan ke Jepara dan juga wisata serta kulinernya akan kami posting terpisah, jadi postingan kali ini khusus tentang penyeberangan ke Karimun Jawanya dulu ya.

Untuk menuju Karimun Jawa, kita dapat menyeberang dari Semarang atau Jepara. Namun pastikan untuk mengecek jadwalnya karena tidak setiap hari ada penyeberangan. Jadi pastikan sudah menyiapkan jadwal dengan baik. Ada juga penerbangan pesawat kecil ke Karimun Jawa. Namun yang paling umum adalah menyeberang dari Jepara. Dari Jepara kita bisa memilih menggunakan kapal Ferry yang harganya lebih murah yaitu Rp 94.500 (per Mei 2019) tapi waktu tempuhnya agak lama yaitu 5-6 jam, atau menggunakan kapal motor cepat (KMC) yang lebih mahal yaitu Rp 192.000 yang kelas VIP) tapi waktu tempuhnya cepat yaitu sekitar 2-3 jam dan juga lebih nyaman.

Gerbang masuk ke pantai Kartini

Waktu itu kami menggunakan KMC Express Bahari, kami naik dari pelabuhan Kartini di Jepara. Tiket kami sudah pesan sebelumnya untuk memastikan tidak kehabisan tiket.

Saat itu tempat parkir di pelabuhan Kartini sangat terbatas, bahkan kami terpaksa menitipkan kunci ke petugas parkir, cukup deg-degan karena banyak barang di mobil, tapi setelah mengecek bahwa petugas memang petugas resmi, maka kami pun menitipkan kunci sambil berdoa. Dan syukurlah aman sampai kami kembali lagi, hanya sempat ada baret halus saja 🙂

Parkiran yang sangat penuh, sampai harus titip kunci
Pemandangan di Pantai Kartini

Ruang tunggunya cukup sederhana, tapi di kapal ruangan cukup nyaman, bersih, berpendingin ruangan (AC), ada karaoke, dan juga kursi yang cukup lega. Karena sistem tiket dengan nomor kursi maka kita tidak perlu rebutan saat naik kapal.

Sausana di dalam KMC Express Bahari

Saat tiba di Karimunjawa kami sudah dijemput oleh mobil dari penginapan kami, silahkan dipastikan ke penginapan karena biasanya mereka menyediakan jasa penjemputan & pengantaran ke pelabuhan dengan tambahan biaya. Kami memilih penginapan di CasaVelion yang akan dibahas dalam postingan setelah ini.

Pelabuhan Karimunjawa

Salam JJH

Leave a Reply

Your email address will not be published.