Jalan Jajan Hemat

CasaVelion – Penginapan di KarimunJawa

Menyambung postingan sebelumnya tentang penyeberangan ke Karimunjawa dari Jepara, sekarang JalanJajanHemat (JJH) akam menceritakan pengalaman menginap di CasaVelion.

Kami membooking ke penginapan ini secara online, lalu menghubungi ke pengurus yang merupakan pemilik tempat ini. Kami sekaligus membooking layanan antar jemput ke pelabuhan. Dan inilah “shuttle” jemputan kami ke penginapan. Sebuah mobil pickup yang ditutup oleh terpal, dengan kursi di bagian belakangnya. Bersama dengan kami ada 2 wisatawan asing yang juga dijemput dan menginap di CasaVelion juga.

“Shuttle” jemputan ke CasaVelion

Harga penginapan ini cukup bersahabat, tapi memang lokasinya tidak dekat dengan pantai ataupun dari pelabuhan, tapi kita juga bisa menyewa sepeda motor untuk keliling2 pulau ini. Atau bisa juga request untuk diantar ke lokasi-lokasi dengan menggunakan “shuttle” tersebut.

Gerbang masuk CasaVelion

Penginapannya berupa bangunan cottage kecil yang tersebar di area yang tertata rapi. Dan untuk ruang kumpul ada di ruang makan yang suasananya cozy. Di sana tersedia kopi, teh, buku dan juga DVD yang dapat dipinjam oleh tamu tanpa biaya tambahan, terutama untuk tamu mancanegara karena mereka biasanya menginap dengan periode yang lama, jadi mereka menyukai buku bacaan dan juga film DVD untuk memgisi waktu.

Deretan cottage di CasaVelion
Ruang makan dan kumpul-kumpul

Cottagenya walaupun mungil, tapi rapih dan bersih. Dengan alat pendingin udara (AC) karena udara di pulau Karimunjawa cukup panas.

Tampak depan cottage
Suasana di dalam cottage

Saat check in kami disuguhi welcome drink dan juga penjelasan peraturan selama menginap, dan juga kita bisa sekaligus membooking tour untuk island hoping, sewa motor atau membooking “shuttle” untuk di-drop di suatu tempat.

Oh ya pagi hari kami mendapatkan breakfast yang dimasak langsung oleh pengelola sekaligus pemilik penginapan ini, Ibu Helena, suaminya adalah warga negara asing yang sudah menetap di Karimunjawa. Suami istri yang ramah ini mendirikan dan mengelola penginapan CasaVelion bersama bantuan staffnya. Menurut sang suami, di Karimunjawa listik masih belum menyala 24 jam, sehingga dia memasang panel surya (solar panel) sebagai pasokan listrik yang cukup untuk menyediakan listrik bagi seluruh tamu hotel. Menarik ya… Apalagi disana mataharinya terik banget, cucok deh pakai panel surya.

Breakfast
Berfoto bersama pemilik VasaVelion

Lalu apa saja yang bisa dilakukan di KarimunJawa ? Tunggu postingan berikutnya ya.

Salam JJH

Leave a Reply

Your email address will not be published.