Jalan Jajan Hemat

Museum Angkut (Batu Malang)

Museum Angkut yang masih rangkaian Jatim Park ini adalah museum transportasi terkeren yang pernah saya kunjungi di Indonesia. Walaupun dari luar terlihat tidak besar, ternyata museum ini memiliki area hampir 4 hektar. Dan isinya keren abisss… mulai dari alat transportasi tradisional gerobak sampai pesawat terbang bisa kita jumpai di sini. Silahkan disimak berikut ini

Museum ini dibagi menjadi beberapa zona yang masing-masing menampilkan koleksi sesuai dengan nuansa zonanya
Hall Utama
Berisi koleksi mobil antik, mobil yang legendaris, motor-motor antik, dekorasi bertema mobil dan beberapa rak mainan miniatur mobil (die cast)

Ford Thunderbird 1964


Koleksi motor antik


Tempat duduk dari part mobil


Rak display miniatur mobil

Edukasi
Pengunjung dapat mempelajari sejarah transportasi di Indonesia bahkan di dunia. Mulai dari becak bertenaga manusia, gerobak ditarik kerbau, sepeda, kereta uap, bahkan sampai prototype mobil listrik Indonesia yang kecelakaan saat dikemudikan Pak Dahlan Iskan, yang sempat viral di social-media. Ada bioskop mini yang menjelaskan sejarah transportasi

Gerobak ditarik kerbau


Bioskop mini


Prototype mobil listrik Indonesia

Batavia & Sunda Kelapa
Ingin melihat Jakarta tempo doeloe ? Di zona ini kita dapat melihat suasana toko, pedagang kaki lima di kawasan pecinan Batavia, becak, delman, opelet, dan latar stasiun Beos (Jakarta Kota).

Batavia tempo doeloe


Suasana pecinan Batavia dan pedagang kaki limanya

Kita juga dapat merasakan suasana kesibukan di pelabuhan Sunda Kelapa pada masa kolonial dulu.

Suasana pelabuhan Sunda Kelapa

Gangster Town dan Broadway
Koleksi mobil-mobil ala gangster Al Capone, juga dengan suasana jalanan di Broadway, Broadway theater yang memutar film-film lama seperti Charlie Chaplin, Phantom of the Opera, keren.. serasa bukan berada di Batu, Malang. Ada mobil polisi Amerika, pemadam kebakaran, suasana perampokan di Bank of America, wah ramai deh. Ada juga panggung Broadway yang di waktu tertentu menampilkan live music.

Suasana di Broadway Street


Deretan mobil antik

Ada juga zona yang menampilkan kendaraan yang digunakan militer, pertambangan, dll

Kendaraan militer

Kawasan Eropa
Cantiknya deretan toko kopi di Eropa, penjual roti, toko lukisan, toko bunga, lengkap dengan mobil-mobil Eropa seperti Mercedes, BMW, motor Vespa, dll. Bahkan ada tembok Berlin nya lho. Ada zona Perancis, Inggris, Jerman, Italia, dll.

Sudut cantik di zona Eropa

Buckingham Palace
Pengunjung dapat merasakan keanggunan dan kemegahan istana Buckingham. Di luar ada taman terbuka yang indah, sedangkan di dalam bangunan dipajang mobil Rolls Royce, Royal Enfield, Austin, Land Rover dll. Ada kereta listrik berbentuk mobil antik yang mengelilingi ruangan. Ada sepasang kursi kerajaan dengan patung Ratu Elizabeth di sampingnya untuk berfoto bersama pengunjung

Buckingham Palace


Di dalam istana Buckingham

Hollywood
Anda pencinta film box office Hollywood ? Anda pasti senang melihat kendaraan yang pernah muncul di film-film tersebut, seperti mobil di film Batman, Scooby Doo, James Bond, bahkan Hummer versi limousine yang digunakan artis saat acara pembagian piala Oscars.

Hummer versi Limousine


Motor Ghost Rider

Las Vegas
Nuansa dunia gemerlap Las Vegas bisa dirasakan pengunjung saat memasuki zona ini.

Runway 27
Naik lift ke lantai atas, kita naik ke atap gedung, tangganya seperti menara peluncur roket (ada roketnya). Dari atas sini kita dapat melihat pemandangan di seputar Batu, Malang. Dan di atap gedung ada pesawat Boeing 737 yang kita dapat melihat seperti apa sih suasana di dalam pesawat, dan juga perlengkapan di pesawat seperti jaket pelampung, blackbox pesawat, dll. Dulu sempat ada simulasi untuk keluar pesawat saat pendaratan darurat menggunakan seluncuran, tapi saat kami datang sudah tidak ada.

Pesawat Boeing


Suasana di dalam pesawat

Ada antrian panjang dimana kami mengira itu adalah simulasi pesawat, kami mengantri hampir 1 jam, ternyata dalamnya adalah untuk foto seolah-olah menjadi pilot yang sedang mengemudikan pesawat. Halah….

Jadi pilot

Juga ada beberapa arena permainan di atas ini

Arena permainan di roof top

Untuk keluar dari museum ini, kita akan masuk melalui gerbong kereta yang ada di miniatur Stasiun Kota. Di dalamnya ada nuansa kereta di Indonesia jaman dulu, unik sekali

Stasiun Kota sebagai pintu keluar

Di dalam gerbong kereta

Pasar Apung Nusantara
Ini adalah tempat jual souvenir, oleh-oleh, jajanan tradisional, food court yang dikemas dalam bentuk pasar apung yang cantik. Di sini pengunjung bisa bersantai, berfoto-foto ria sambil menikmati hidangan.

Pasar Apung Nusantara

d’Topeng Kingdom Museum
Ini adalah museum terpisah yang menampilkan koleksi topeng, batik, benda sejarah sampai senjata tradisional. Kita perlu membeli tiket lagi untuk masuk ke dalam museum ini, atau membeli paket.
Di dalamnya juga ada pemain musik yang memainkan musik tradisional.

Pintu Masuk d’Topeng Museum Kingdom

Koleksi Topeng


Pemain musik tradisional

Maaf ya kalau postingan ini banyak fotonya (bahkan sebenarnya masih banyak lagi foto2nya), tapi serius… tempatnya keren banget, pastikan batterai handphone dan kamera Anda masih penuh dan memory card masih cukup. Oh ya untuk membawa kamera ke dalam Museum Angkut dikenakan tambahan biaya (kalau foto pakai handophone boleh saja/gratis), tapi sudah sampai sini tapi ga bawa kamera, sayang kan.

Saya bingung bagaimana museum ini mengumpulkan kendaraan yang begitu banyak. Apakah kendaraan asli atau replika ? Saya kurang tahu, kalau asli kemungkinan terlalu mahaaaalllll, tapi jika replika saya tetap kagum dengan detail dan niatnya mengumpulkan barang ini.

Jatim Park terus kreatif untuk mengembangkan wahana-wahananya, seperti ada event Hallowen di akhir Oktober 2017 nanti. Dan koleksinya pun terus ditambah.

Pokoknya jangan sampai tidak masuk ke Museum Angkut kalau sedang berlibur ke Malang ya.

Salam JJH

Museum Angkut
Jl. Sultan Agung No. 2
Kota Wisata Batu, Malang
Indonesia, 65314
Telp : (02341) 595007
Jam Operasional : 12:00 – 20:00

Harga tiket per 2017 weekday/weekend (silahkan cek ke website Jatim Park untuk harga terbarunya)

Jawa Timur Park 1 : Rp 70.000(weekday)/Rp 100.000(weekend)
Jawa Timur Park 2 (Museum Satwa dan Batu Secret Zoo) : Rp 84.000/Rp 120.000
BNS (Batu Night Spectacular) : Rp 30.000 (weekday) /Rp 40.000 (weekend)
BNS terusan : Rp 100.000
Eco Green Park : Rp 49.000/Rp 70.000
Museum Angkut : Rp 70.000/Rp 100.000
Museum Tubuh : Rp 49.000/Rp 70.000
Predator Fun Park : Rp 35.000/Rp 50.000
Paket Kaget 1 (Jatim Park 1 + Museum Tubuh) : Rp 91.000/Rp 130.000
Paket Kaget 2 (Jatim Park 2 + Eco Park) : Rp 105.000/Rp 150.000
Tiket Sakti : Rp 375.000
Tiket Super Sakti : Rp 450.000

One thought on “Museum Angkut (Batu Malang)

  1. Pingback: Dekorasi Antik – Jogja Pos Media

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.