Jalan Jajan Hemat

Bakpia Pathok, oleh-oleh khas Jogja

Jika JJH-lovers mengunjungi Yogyakarta, dan bermaksud membeli oleh-oleh untuk kerabat, maka salah satu yang terlintas adalah Bakpia Pathok. Bagi yang belum tahu apa itu bakpia : ini adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dan gula yang dibungkus dengan kulit yang terbuat dari tepung lalu dipanggang. Camilan ini berasal dari negara China, yaitu Tou Luk Pia yang artinya kue Pia kacang hijau. Namun dengan berjalannya waktu, maka isi bakpia menjadi beraneka ragam mulai dari coklat, keju, durian, nanas dsb.

Nama Pathok sendiri berasal dari nama kampung yang sekarang dinamakan Jl AIP II KS Tubun. Lalu bakpia Pathok mana yang enak, dari hasil survey yang paling terkenal adalah Bakpia Pathok 25 dan 75. Nomor-nomor ini sebenarnya adalah nomor rumah si pembuatnya.



Berhubung sudah terkenal, maka bakpia ini dijual cukup mahal, sekotak isi 20 buah bakpia harganya sekitar Rp 20.000 – 30.000. Namun jika JJH-lovers ingin mencari bakpia dengan harga murah, silahkan masuk ke dalam gang2 di belakang toko2 tersebut. Banyak pengrajin langsung yang menjual bakpia yang tidak terkenal, harganya bisa jauh lebih murah.

Pengrajin bakpia



Silahkan pilih sesuai selera, yang pasti jangan lupa membeli Bakpia Pathok kalau ke Jogja, tapi karena umumnya tidak menggunakan bahan pengawet, maka bakpia ini tidak tahan terlalu lama.



Salam JJH

Bakpia Pathok 25
Jl. AIP II KS Tubun NG I/504
Telp. (0274) 513904, 566122
http://bakpia25.com

Bakpia Pathok 75
Jl. AIP II KS Tubun 75
Telp. (0274) 566406

4 thoughts on “Bakpia Pathok, oleh-oleh khas Jogja

  1. pizza delivery depok

    saya selama ini favorit banget sama bakpia 25, sampe saat tiba2 orang bilang bakpia kurnia sari itu enak. dan emang enak juga sih 😀 nambah lagi deh merek bakpia favorit saya

  2. pulau pari

    bapio has jogaya memang mantab saya pun merasakannya makanan yang satu ini sangat pas dilidah

Leave a Reply

Your email address will not be published.