Jalan Jajan Hemat

Pagoda Avalokitesvara (Semarang)

Bagi JJH-lover yang ingin melihat Pagoda, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, karena di Semarang kita dapat melihat bangunan tersebut. Berada di dalam kawasan vihara Buddhagaya Watugong, Jalan Perintis Kemerdekaan Semarang, di depan Kodam IV Diponegoro. Kalau perjalanan dari Yogyakarta ke Semarang kita akan melewati tempat ini.

Memasuki kawasan ini dan makin mendekat ke pagoda Avalokitesvara (aduh susah juga ya menyebut namanya), kita akan lupa kalau berada di Indonesia. Bangunan yang mulai didirikan pada tahun 2005 ini memiliki desain arsitektur yang indah, dengan berbagai ornamen yang bahkan didatangkan dari China.

Di depan pagoda kita dapat melihat patung Sidharta Gautama tengah duduk di bawah pohon Bodhi.

Pagoda ini terdiri dari 7 tingkat berbentuk segi delapan dengan ukuran 15 x 15 (merupakan pagoda tertinggi di Indonesia), yang memiliki makna bahwa seorang pertapa akan mencapai kesucian dalam tingkat ketujuh. Tidak terdapat tangga untuk ke atas pagoda, jadi kita hanya dapat melihat bangunan dari bawah saja. Di dalam pagoda terdapat patung Bodhisattva Avalokiteswara atau yang lebih dikenal dengan dewi Kwan Im atau dewi Welas Asih, sedangkan di luar pagoda mulai tingkat kedua hingga keenam dipasang patung Dewi Kwan Im lebih kecil yang menghadap empat penjuru angin. Di seputar pagoda pun banyak terdapat patung dewi Kwan Im, sehingga tempat ini sering disebut orang pagoda Kwan Im.

Saat datang kami disambut dengan ramah oleh pengurus pagoda (sayang kami lupa namanya), dan banyak bercerita mengenai sejarah pagoda maupun rencana akan dibangunnya patung Budha yang terbuat dari perunggu setinggi 36 meter. Tak terasa waktu sudah sore, dan kami harus melanjutkan perjalanan ke kota Semarang.

Jadi untuk melihat pagoda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri kan ?

Salam Jalan Jajan Hemat…

Vihara Buddha Gaya
Jl. Perintis Kemerdekaan, Watugong Semarang
Telp : (024) 7473590

2 thoughts on “Pagoda Avalokitesvara (Semarang)

  1. Pingback: Avalokitesvara Pagoda (Semarang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.