Jalan Jajan Hemat

Candi Ratu Boko yang megah dan damai

Candi Ratu Boko ini terletak sekitar 3 km dari Candi Prambanan, dan tiketnya dapat dibeli dalam sebuah paket dengan Candi Prambanan. Dalam paket tersebut sudah termasuk kendaraan yang akan mengantar pengunjung dari Candi Prambanan ke Candi Ratu Boko ini dan pulangnya diantar kembali ke Candi Prambanan.

Gapura candi Ratu Boko



Tempat antar jemput pengunjung, sekaligus sebagai tempat menjual souvenir.

Candi Ratu Boko (terkadang juga disebut Istana Ratu Boko), diperkirakan sejak abad ke-8 sudah mulai dipergunakan, yaitu pada masa Wangsa Sailendra (Rakai Panangkaran) dari Kerajaan Medang. Lokasi ini luasnya sekitar 250.000 m2 dan berada di ketinggian 196 meter di atas permukaan laut membuat suasana di tempat ini menjadi sejuk, tenang dengan pemandangan yang indah. Tempat ini diperkirakan difungsikan sebagai benteng keraton, tempat ibadah (menyepi) dan juga gua.

Jalan masuk ke candi


Pemandangan indah dari candi Ratu Boko

Di candi Ratu Boko ini terdapat bangunan gapura utama, lapangan, candi pembakaran, kolam pemandian, Paseban, batu berumpak, pendopo, balai-balai, kolam, gua, stupa Budha, dan perbukitan. Beberapa informasi mengenai candi Ratu Boko ini dapat dibaca disini atau disini

Beberapa pekerja sedang memperbaiki bagian candi


Kolam pemandian


Pancuran air

Sayang bangunan di tempat ini sudah banyak yang runtuh dan belum selesai rekonstruksinya (per 2010), tapi terlihat kompleks ini sangat megah dengan pemandangan yang menakjubkan apalagi saat matahari terbenam. Namun untuk mengelilingi kompleks ini jalannya cukup berbukit-bukit sehingga untuk orang tua sepertinya kurang nyaman untuk mengunjunginya. Jika sudah selesai di restorasi, saya yakin candi ini dapat menjadi salah satu obyek wisata yang menarik kunjungan wisatawan lokal maupun manca negara.

Sisa bangunan


Teater pertunjukkan

Salam JJH

2 thoughts on “Candi Ratu Boko yang megah dan damai

  1. Nila Lazuardi

    wah wah, yang ini masih terlewat seperti nya tiap kali ke jogja . pengen lah kapan kapan mampir dulu kesana. sejuk sepertinya suasana nya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.