Jalan Jajan Hemat

Candi Borobudur – warisan kebanggaan bangsa

Candi yang terletak di kabupaten Magelang Jawa Tengah ini memang merupakan salah satu tempat yang WAJIB dikunjungi. Terletak sekitar 100 km di sebelah Barat Daya Semarang dan 40 km barat laut Jogjakarta, candi yang didirikan oleh penganut agama Budha Mahayana ini memiliki 1460 relief dan 504 arca dan 72 buah stupa. Berdasarkan prasasti yang ditemukan, candi Borobudur ini dibuat pada masa Wangsa Syailendra di bawah kepemimpinan Raja Samaratungga pada tahun 824, dengan memakan waktu pembangunan selama setengah abad. Berasal dari kata Bara dan Budur, Bara yang dalam bahasa Sansekerta berarti kompleks candi atau biara, dan Budur berasal dari kata Beduhur yang berarti di atas. Sehingga nama Borobudur diartikan sebagai Biara di atas bukit.

Candi Borobudur berbentuk punden berundak, yang terdiri dari enam tingkat berbentuk bujur sangkar, tiga tingkat berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya. Di setiap tingkatnya terdapat beberapa stupa. Borobudur yang bertingkat sepuluh menggambarkan secara jelas filsafat mazhab Mahayana. bagaikan sebuah kitab, Borobudur menggambarkan sepuluh tingkatan Bodhisattva yang harus dilalui untuk mencapai kesempurnaan menjadi Buddha. Atau untuk lebih jelas mengenai makna dari tiap tingkatan dapat dibaca disini.

Biara di bukit

Biara di bukit

Relief

Relief

Arca

Arca

Luas bangunan Candi Borobudur 15.129 m2 yang tersusun dari 55.000 m3 batu, dari 2 juta potongan batu-batuan. Ukuran batu rata-rata 25 cm X 10 cm X 15 cm. Panjang potongan batu secara keseluruhan 500 km dengan berat keseluruhan batu 1,3 juta ton. Batu-batu tersebut saling terkait dengan sistem interlock, sungguh suatu teknologi yang sangat tinggi pada jaman tersebut. Pada dinding Candi Borobudur terdapat relief yang merupakan satu rangkaian cerita yang terususun dalam 1.460 panel.

Setelah melewati pintu masuk, para pengunjung perlu berjalan sekitar 1 km untuk mencapai candi. Jika Anda tidak kuat berjalan jauh, silahkan menggunakan kereta yang akan mengantarkan Anda ke lokasi candi dengan biaya Rp 5.000 / orang. Setelah sampai di candi, siapkan kembali tenaga Anda, karena kita perlu mendaki tangga yang cukup terjal dan banyak jumlahnya. Tapi setelah diatas candi, semua perjuangan terbalaskan. Selain keindahan candi Borobudur itu sendiri, kita juga dapat menikmati keindahan pemandangan dari atas candi. Sangat disarankan untuk menghindari datang ke candi Borobudur pada hari libur, karena sangat padat pengunjung. Pilihlah pada hari biasa, sehingga kita pun dapat merasakan ke-khidmat-an tempat ini. Sungguh hati kita akan tenang dan dapat mendekatkan diri pada Sang Pencipta dalam suasana seperti ini.

Loket

Loket

Siapkan tenaga

Siapkan tenaga

Di atas candi

Di atas candi

Museum Kapal

Museum Kapal

Dalam kompleks candi Borobudur juga terdapat 2 buah museum yaitu Museum Kapal Samudraraksa dan Museum Karmawibhangga. Di dalam museum Kapal Samudraraksa terdapat kapal Samudraraksa yang pernah digunakan untuk mengarungi samudra dari Indonesia sampai Ghana sebagai napak tilas dari perjalanan bahari dari nenek moyang kita dahulu. Kita juga dapat menemukan benda-benda yang dulu digunakan pada pelayaran tersebut. Seperti: peralatan masak, peralatan rumah tangga sehari-hari, buku, CD, dan kaset. Untuk masuk ke dalam museum ini tidak dipungut bayaran.

Di Museum Karmawibhangga terdapat dua ruang display utama yaitu Ruang Pemugaran dan Ruang Karmawibhangga. Ruang Pemugaran berisi foto-foto pemugaran Candi Borobudur, teknik-teknik pemasangan batu, beberapa artefak hasil penggalian dalam rangka pemugaran candi Borobudur, dan beberapa aretefak bernuansa agama Hindu yang ditemukan di sekitar candi Borobudur. Ruang Karmawibhangga berisi 160 foto Relief Karmawibhangga yang dipahatkan pada kaki candi yang karena suatu sebab tidak bisa dinikmati oleh adanya penambahan kaki candi selebar 3 m mengelilingi kaki candi yang berelief Karmawibhangga. Di museum ini terdapat beberapa batu-batu candi yang belum ditemukan pasangannya sehingga belum bisa dipasang kembali ke posisi aslinya di candi Borobudur.

Belum ada pasangan

Belum ada pasangan

Potongan2

Potongan

Saat ini pengelola sudah berusaha menertibkan para pedagang asongan cinderamata agar tidak mengganggu kenyamanan pengunjung. Namun memang masih terlihat beberapa pedagang yang terlihat begitu agresif menawarkan barang dagangannya kepada para pengunjung. Sangat disayangkan, andaikan dapat dibuat tertib seperti yang kami rasakan di Bali, pasti akan sangat bagus sekali. Bahkan saat kami berkunjung terlihat pedagang membuat 2 orang turis wanita asing merasa ketakutan karena setengah memaksa dengan bahasa Inggris yang sekenanya saja.

Tapi terlepas dari itu semua, Candi Borobudur memang layak kita banggakan, lestarikan karena merupakan warisan budaya bangsa kita tercinta. Salam Jalan Jajan Hemat.


CANDI BOROBUDUR

Desa Borobudur, Kecamatan Magelang, Jawa Tengah

Jam Operasional
Setiap hari : 7.00 – 18.00

Harga tiket masuk (2008)
Dewasa Rp 9.000
Anak-anak Rp 5.000
Turis Asing : $10

Telp : (0274) 496 402

11 thoughts on “Candi Borobudur – warisan kebanggaan bangsa

  1. citra

    Pak, saya jg mau ke Jogja bln Juli nanti. Rencananya kepengen ajak anak2 nginep sekalian di Kaliurang. Bisa kasi rekomendasi penginapan yg nyaman & bersih utk anak2 gak? Setau saya di Kaliurang gak ada hotel berbintang ya?
    Pls info nya yaaa.. 🙂

  2. rommya Post author

    @Djourney : Tenang, kami sudah mengunjungi Prambanan lengkap dgn Ratu Boko, harap bersabar untuk artikelnya segera menyusul… Thanks

  3. Djourney

    wahhh sip infonya bulan ini kami mau ke borobudur… tapi kok Prambanan sama Ratu Boko belum di kunjungi… ?? kami bulan kemaren sudah lho… bisa di paket kalau kesana Ke Prambanan ntar nambah 12.500 langsung diantar ke Candi Ratu Boko PP… selamat berlibur…

  4. efi

    just info..3-6juli(ralat bukan juni) kmrn sy abis dr jogja..itu pas long weekend.wuiiih rame buangeet.macet n penuh.ga nyaman bgt.aplg kt br pertama kali,bnykn ditipunya.kudu bnyk nawar n pastikan lg hrgnya.misnya dr beringharjo ke mal malioboro,pas naik becak,udh deal 4rb,ga taunya nympe tmpt jd 10rb.parkir dmnta 5rb(hr senin/biasa cm 3rb),naik andong dr 40rb bs dtwar jd 30rb,dll.oh iya skrg tiket masuk prmbanan n borobudur udh 15rb loh..bagi yg bawa kamera,mndg smpn di tas dulu,soalnya ntar dsuruh byr Rp.1.000.pokoknya liburan kmrn kurang memuaskan..bagi yg blm dpt hotel jg kudu pinter nawar n mndg lgsg ketmptnya,krn kbetulan hr pertama kt udh kmlmn n ga dpt hotel,jd dpt dr calo,hrgnya 200rb trnyt aslinya 100rb.cm krn kt udh kecapean dprjalanan n nyari2 hotel trus udh kmlmn,trpksa deh ok.ya gt aja sih pnglaman sy

  5. efi

    mas rom,tlg dbantu..rncananya tgl 3-6juni sy n kluarga mau kjogja bawa mobil sndiri,mgkn siang nyampenya.enaknya susunan tmpt2nya kmn aja ya?sy pgn ke parangtritis,prmbanan,borobudur,keraton,malioboro,dll..kira2 yg searah mana2 aja mas.kt udh booking hotel dmalioboro.maklum blm prnh kjogja mas jd skalian rekomen tmpt lain.thx before

  6. rommya Post author

    @grace: Kalau mau dekat Malioboro, bisa coba hotel Ibis, pas di tengah2 jalan Malioboro. Tapi kalau mau hemat, ya banyak juga hotel2 kecil agak menjauh dari Malioboro. Tapi agak sulit transportasinya. Utk ke tempat2 wisata memang sebaiknya sewa mobil Bu, biar praktis.. Tapi Anda harus menyusun dulu tempat wisata yg arahnya sama & diatur waktunya.
    Salam Jalan Jajan Hemat

  7. grace tangka

    pak tolong bantu donk tgl 7s/d 11 juli ini aq bersama 3 anak 10,8 &1.9 thn mo liburan ke Jogya.Tapi belum dapat hotel yg cocok.Maunya yg deket2 malioboro.
    Bagaimana transportasi di jogya apa saya sewa mobil buat pergi ke tempat2 wisata?
    thanks ya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.