Saat Jalan Jajan Hemat (JJH) bertanya pada seorang rekan, tempat wisata mana saja yang ada di Surabaya. Dijawab “Wisata Kuliner”, karena Surabaya gudang makanan enak. Penasaran dengan pernyataan tersebut, JJH dalam waktu yang sangat singkat mencoba mencicipi beberapa kuliner di Surabaya. Memang masih buaannyyyaaaak lagi tempat kuliner yang maknyus di Surabaya, tapi berhubung lokasi yang tidak mudah dicapai dengan kendaraan umum, maka JJH hanya mencari yang mudah dan dilewati saja.

Lontong Balap Rajawali
Lokasi nya di Jalan Rajawali, depan SPBU. Tempatnya sederhana di pinggir jalan raya, di atas trotoar, tanpa ada AC. Tapi rasanya mantap. Lontong disajikan dengan tahu goreng, tauge, lento dan kuah. Jika mau bisa menambah side menu sate kerang. Harga semangkok Rp 6.000 dan sate kerang Rp 500 / tusuk.

Depot Lontong Balap Rajawali


Lontong Balap Rajawali


Sate Kerang


Dapurnya



Bakso di Jembatan Merah Plaza
Lupa namanya, tempat bakso ini ada di lantai atas JMP, mal yang sepi pengunjung. Rasanya lumayan enak dan paling ramai dikerumuni dibanding penjual makanan lainnya di foodcourt JMP.

Bakso Jembatan Merah Plaza

Es Degan
Ini adalah es kelapa muda yang disajikan dengan air kelapa nya yang segar, dan pada umumnya di tempat penjual bakso pasti menyediakan es degan ini. Harganya bervariasi, kalau di pinggir jalan Rp 3.000 tapi kalau di mal Rp 7.000

Es Degan

Sakura Surabaya Plaza
Tempat makan di Surabaya Plaza yang tempatnya cukup nyaman, rasa masakan standard, tapi harganya itu ekonomisss banget. Murah-murah makanannya, paket berdua : cumi goreng tepung + kangkung cah + 2 nasi harganya : Rp 20.000.

Sakura - Surabaya Plaza

Zangrandi Ice Cream
Merupakan tempat es krim tertua di Surabaya, yang didirikan sejak tahun 1930 oleh Renato Zangrandi yang berasal dari Italia. Tempat ini sudah dikenal sejak jaman Belanda. Es krim nya beraneka ragam jenis nya, Copacabana (Rp 21.000), Tropicana Fruit (Rp 21.000), Monte Carlo (Rp 21.000), Banana Split (Rp 23.000), Puff Ice Cream (Rp 18.000), Zangrandi Pie (Rp 19.000) dan masih banyak lagi jenisnya.

Jl. Yos Sudarso no.15
Surabaya – Jawa Timur
Telp : (031) 5345820, 5461490
Jam Buka : 10.00 – 22.00 WIB

Zangrandi Ice Cream


Suasana santai di teras


Banana split

Pasar Genteng
Sepanjang jalan terdapat toko-toko menjual oleh-oleh khas Surabaya, banyak sekali pilihan jenis nya. Tapi harganya menurut kami tidak terlalu ekonomis

Pasar Genteng

Pasar Atom
Di pasar yang terdapat di kawasan Surabaya Utara ini menurut kami adalah surganya kuliner. Aneka makanan dan jajanan tersedia disini, mulai dari lantai dasar sampai ke foodcourt, kami coba bagikan beberapa diantaranya.

Food court Pasar Atom

Cwie Kiauw Mie Depot Santong
Berada di lantai dasar Pasar Atom, Depot Santong ini menawarkan menu Cwie Kiauw Mie, Santong Cwie Kiauw, Pangsit Mie, Kwo Thiek, dan Cwie Kiauw Goreng. Cwie Kiaw Mie terdiri dari mie dengan 4 potong Cwie Kiaw. Rasanya maknyus…
Saya kurang paham apakah makanan ini halal atau tidak, secara kebanyakan yang makan disana adalah orang Tionghoa.
Harga semangkuk Cwie Kiauw Mie : Rp 20.000

Santong - Pasar Atom


Cwie Kiaw Mie

Rujak Cingur
Mirip dengan rujak di Jakarta, tapi isinya cukup mengejutkan kami karena ada sayuran, buah, mie, tauge, tahu goreng bahkan kikil.
Harga seporsi : Rp 12.000

Rujak Cingur

Bakwan Kapasari
Bakwan ini cukup terkenal dan harganya pun cukup premium. Bagi rekan Moslem, sekedar memastikan mohon ditanyakan dulu ke penjualnya apakah bakwan ini halal / tidak.

Bakwan Kapasari

Es Krim Chicago
Es krim ini juga cukup terkenal, rasa coklat, durian, mocca, vanilla tersedia untuk menyejukkan mulut Anda.

Es Krim Chicago

Sioke Siobak 123
Mohon maaf, ini khusus untuk rekan-rekan yang non Moslem, terletak di lantai dasar Pasar Atom, outlet ini menyajikan aneka Babi & Ayam Panggang sebagai menu andalan. Ada jasio babi manis, jasio madu, siobak babi asin, sioke ayam panggang dan nasi campur Hongkong.

Sioke Siobak 123

Cakue Peneleh
Ini salah satu jajanan yang terkenal di Surabaya, selain cakue juga menjual kue bantal, bacang dan aneka kue basah lainnya. Harga cakue berkisar Rp 2.500 / potong
Pasar Atom Lantai Dasar, Tel: (031) 70991778, 3534488

Cakue Peneleh


Kue Bantal

Serabi Solo
Kue serabi khas Solo dengan variasi rasa yang beraneka ragam seperti keju, coklat, dan nangka. Harganya bervariasi dari Rp 8.000 (polos), Rp 9.000 (nangka), Rp 10.000 (keju), Rp 11.000 (campur) & Rp 12.000 (special) per kotak, yang berisi 5 buah.

Serabi Solo

Kuweh Dollar Tjap Masin
Kue ini berbentuk bundar, garing (seperti kue semprong). Dijual dengan harga Rp 23.000 / kantong.
Pasar Atom Main Hall tahap I, III, lantai dasar. Telp 081330741580

Kuweh Dollar Tjap Masin

Beli oleh-oleh
Di lantai dasar juga terdapat beberapa penjual oleh-oleh snack kering, yang ditimbang kiloan. Harganya menurut kami lebih murah disini dibandingkan di Pasar Genteng, walaupun ragamnya tidak selengkap di Pasar Genteng.

Oleh-oleh khas Surabaya

Demikian beberapa tempat kuliner yang sempat kami kunjungi, silahkan ditambahkan masukkan jika ada tempat yang direkomendasikan, sehingga dapat membantu teman-teman untuk berburu makanan enak di Surabaya.

Salam Jalan Jajan Hemat…

About rommya

I am just an ordinary person who like to share my experience.

30 Thoughts on “Wisata Kuliner Surabaya

  1. agus purwanto on July 17, 2013 at 12:26 pm said:

    Lebaran nanti ∂ķΰ mudik,lontong balap,rujak cingur,tahu petis,rawon,ƍãЌ lupa es sinom..tunggu ∂ķΰ …

  2. gembul on January 15, 2013 at 1:06 pm said:

    mantaaaaaappppp kuliner……..

  3. Kini hadir di Surabaya masakan khas Betawi yang cukup ramah di dompet dan rasanya sangat istimewa.. nasi uduk khas betawi dan lontong sayur kireyna bertempat di jalan dharmahusada no 39, Surabaya dengan jam praktek senin – jumat jam 09.30 – 21.30, Sabtu jam 09.30 – 20.00 dan hari minggu di car free day taman bungkul jam 06.00. dengan spesialisasi di nasi uduk nya yang benar-benar sangat betawi sekali , berbeda dari nasi uduk mana pun yang ada di Surabaya dan lontong sayur nya pun sangat tasty.. di depot ini juga ada sidedish untuk nasi uduk yang beragam mulai dari semur daging, ayam goreng kampung/ayam goreng negeri sampai ke semur jengkol. tak kalah juga dengan menu lontong sayur nya yang bisa di tambahkan dengan opor telor atau pun opor ayam. minumannya pun beragam mulai dari es teh, jeruk dan yang unik adalah es lidah buaya. harga di mulai dari 6500 untuk nasi uduk khas betawi nya dan 6000 untuk lontong sayur nya… juga menerima pesanan kotakan. untuk membuktikannya silahkan datang ke depot Kireyna di jalan dharmahusada no 39. terima kasih

  4. emang di Jakarta adanya rujak apa? Rujak buah? Di Surabaya juga ada…kalo rujak cingur itu beda lagi.

  5. ingin makan berat tengah malam.. kunjungi depot RAWON SETAN jl. embong malang setelah Tunjungan Plaza. bumbunya yg mantap plus dagingnya empuk dan bisa nambah lauk seperti telur asin, empal, paru, dll. harganya terjangkau kira2 Rp 12000/porsi

  6. Pingback: ruminten77

  7. Tahu campur yg paling eunnak itu di jln pacar keling,dagingnya empuk n rasa kuahnya yg muantap ,pokoknya sby tmpt surganya kuliner dgn rasa yg sedap n harga yg sgt terjangkau,ad rawon n nasi pecel yg eunak layak u dicoba ,,,,,,, miss u surabayaku

  8. ada warung sambel yg enak di deket rumahku di jln
    A Yani (20m setelah dunkin donuts)…cobain deh,sambelnya yang ada 17 macam itu MANTAP,ENAK setelah makan badan segeeeer coz keringatan heheh..harga nya murah kok.. namanya
    WARUNG SAMBEL 5 COBEK..lauknya ada iga bakar,ikan bakar,gurami,empal, udang bakar madu ,cumi tepung,udang tepung, udang tepung dll. RECOMENDED

  9. Kebetulan November ini saya ada tugas ke Surabaya, sudah tidak tahan mau makan Tahu campur.. hehe dimana ya yang enak di daerah surabaya..??

  10. Tidak seperti olahan bebek lain yang biasanya di goreng atau dibakar. Bebek Songkem di masak dengan cara di kukus sehingga rendah kolesterol. Bumbu yang digunakan semuanya bumbu alami yang sebagian merupakan resep rahasia buatan Pak Salim.

    Bebek Songkem Pak Salim dimasak dengan cara dilumuri bumbu-bumbu alami selanjutnya dikukus dengan daun pisang sekitar 3 jam sehingga menghasilkan bumbu yang meresap rata dan daging yang empuk keseluruhan.

    Rasa pedas yang pas menghasilkan sensasi yang takkan terlupakan bagi yang menikmati Bebek Songkem Pak Salim.

    Pelanggan Bebek Songkem Pak Salim Bisa menikmati sajian bebek & ayam Songkem Khas Madura di :

    PUSAT :

    DEPOT 1 : Jl. Trunojoyo 9A Selatan Monumen Sampang 081216960444, 08175065898 BUKA JAM 08.00 – 20.00 (hati2 salah masuk yg palsu)
    DEPOT 2 : Jl. Raya Taddan Camplong Sampang 081216960666, 087750720077 BUKA JAM 08.30 – 20.00 (hati2 salah masuk yg palsu)

    MITRA :

    SAMPANG UTARA : Jl. Raya Masaran Banyuates Sampang 087849589666, 082330729666, 085745861666 BUKA JAM 10.00 – 21.000
    SURABATA CITO : Food Court City of Tomorrow0 087855311996, 031-8554684 BUKA JAM 11.00 – 21.00 (Grand Opening 1 Sept 2012)
    SIDOARJO DELTA SARI : Delta Sari Baru Cluster Puspa No 40 Waru 087855311996, 031-8554684 KHUSUS PEMESANAN SAJA (mulai 2 Sept 2012)
    BANGKALAN BURNEH : Jl. Raya Ketengan Burneh Bangkalan /750m timur Sinjay (Grand Opening 9 Sept 2012)
    SURABAYA URIP SUMOHARJO : Food Court Urip Sumoharjo 031-91762959, 083849095278, 081357719004 BUKA JAM 12.00 – 24.00

    Kami membuka peluang kemitraan untuk membuka cabang Bebek Songkem Pak Salim dikota anda. Segera, sebelum keduluan yang lain.

    Info Kemitraan silahkan SMS ke : 081331967174, 0857505474, 081937255336, 031-71111666 akan kami hub.

    http://www.bebeksongkempaksalim.com
    facebook : bebeksongkempaksalim

  11. Wow asyik…!!! ternyata disini banyak info2 kuliner di Surabaya
    thanx ya info kulinernya.. XDD

  12. mukti on August 1, 2012 at 3:24 pm said:

    Kalopun aku Blum pernah ke srby way kayanya bikin nailer tuh

  13. ada satu lagi gan makanan khas surabaya yaitu MIE PECUN (Pedas tanpa Racun) daerah jl.Kedungdoro disana coba tanya orang. baru buka tapi sdah banyak pelanggan yg suka mienya yg paling khas dan istemewa. Judika Idol pun pernah makan di situ.

    silahkan gan kalau mampir ke Surabaya jangan lupa makan Mie Pecun ya di jamin Maknyus dan HOt Abissss….

  14. :: Info Kuliner ::

    ada tempat makan enak & mUrah di surabaya

    Nasi Uduk Dan Bubur Ayam Bu Indah ” Kertajaya”
    daerah : jalan kertajaya raya No. 70 ( Sebeleum Bank BNI )

    di jamin puas , murah dan mantaph ^^

    Makasih

  15. marinairlangga on May 19, 2012 at 9:01 pm said:

    Serabi solo yg di list jalan jajan tuh di jalan apa y?

  16. Pingback: Wisata Kuliner Surabaya: Lontong Balap « sudanafreezh

  17. Hobi Makan on March 3, 2012 at 11:40 am said:

    @juned:serabi kuah yg maknyuss ada di jl.raya pacar keling.. mantappppss….

  18. vina ricca on March 3, 2012 at 1:02 am said:

    Disurabaya juga byk sate n bebek enak low..
    Contoh’nya di Jl, Darmawangsa dekat lab pramita.. disana ada Sate ayam, Sate kelapa, Sate Daging, dan sate kambing. Lokasi nya enak buat nongkrong, dekat unair, n rame juga. buka mulai sore sampe malam. Rasa Sate nya enak & harga ekonomis.
    Trus.. Bebek Goreng. PAPIN jl. kalianyar, rasa Enak & Empuk, harga 9-12 rbu.

    jgn lupa di coba ya.. :)

  19. mbak Fatimah on February 6, 2012 at 12:04 pm said:

    Ada bebek-Ayam kampong Goreng dengan Pasta Kuning yang enak lho..
    Di Warung mba’Fatim di Fasum Ketintang Permai Surabaya.
    Dengan Cita Rasa Khas gurih dan lezat harga yg ekonomis Rp. 8.000/pcs.
    Ayo kita coba…..

  20. maaaantaaaap >>>>>> coba yuk …..

  21. Miya Ika Sintawati on January 24, 2012 at 7:04 am said:

    Saya aslinya juga orang surabaya, tapi karna sudah lama tidak pulang, jd kangen makanan khas surabaya nie….setelah googling mengenai wisata kuliner di sby, jd kangen pengen nyobain semuanya…hohohoho sebelum saya balik ke jakarta, menu2 diatas wajib dicoba nie…hehehehe

  22. Memang mantap lontong balap rajawali, saya setelah makan di sana jadi ketagihan pengin makan lagi..hehehe

  23. Andik on June 6, 2011 at 12:34 pm said:

    jadi ingat masa kuliah di jalan bubutan ada bakso sungsum enak.

  24. kalo serabi kuah adanya dmn ya???

  25. Sekedar menambahkan, selain di jln. rajawali lontong balap yang terkenal juga ada di daerah jln. kranggan ( Lontong Balap pak Gendut ).

  26. waaaaah bkin lapeer

  27. Anonymous on December 25, 2010 at 8:06 am said:

    Favoritku , lontong Balap , kue dollar , rujak cingur , zangrandy , jajanan di pasar atom , adu kapan iso nang suroboyo maneh you

  28. dokter kulit bandung spot on December 1, 2010 at 9:13 pm said:

    Lengkap nian pak review nya kapan2 kalau ke Surabaya akan mampir di salah satunya

  29. dokter gigi on December 1, 2010 at 7:45 pm said:

    keren ey reviewnya

  30. Lengkap nian pak review nya kapan2 kalau ke Surabaya akan mampir di salah satunya :lol:
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


3 + = six

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation