Saat berlibur di Bangkok – Thailand, sayang rasanya kalau melewatkan kesempatan untuk mampir ke Pattaya, kota yang terletak di tepi pantai ini memang terkenal dalam dunia hiburan malam (dugem). Dari kota Bangkok, ada alternatif menggunakan taksi untuk menuju ke Pattaya, harganya sekitar Baht 1500 (sekitar Rp 450.000) tapi bukan JalanJajanHemat dong kalau naik taksi. JJH mencoba mengeksplor transportasi hemat dari Bangkok – Pattaya, yaitu dengan menggunakan bus.

Terminal bus di Bangkok ada dua yaitu Bangkok Eastern Bus Terminal (Ekamai) dan Bangkok Northern Bus Terminal (Morchit). JJH memilih terminal terdekat dari hotel kami yaitu Ekamai. Ekamai adalah terminal bus yang tidak terlalu besar, terletak dekat Ekamai BTS station di Sukhumvit (E7). Tapi karena kami membawa barang, kami memilih naik taksi untuk mencapai terminal bus tersebut. Walaupun kecil tapi terminal bus tersebut dapat dikatakan cukup rapih dan tertib. Kita tinggal memilih loket operator bus sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Rute yang dilayani dari terminal ini adalah Pattaya, Rayong, Ban Phe, Chanthaburi and Trat. Untuk tujuan Pattaya, ada bus setiap 30 menit, mulai dari jam 05.00 sampai jam 23.00. Jika membutuhkan informasi dapat menghubungi telpon : 02 712 3928.

Terminal Bus Ekamai

Waktu itu kami menggunakan bus Roong Reuang Coach, dengan harga THB 113 per orang, sekitar Rp 33.900 (per Juli 2009). Busnya ber AC dan juga ada toilet di dalamnya. Perjalanan kurang lebih 2 jam. Bus sempat berhenti di suatu tempat perhentian untuk menjemput penumpang. Tidak ada yang berdiri / berdesakan karena penumpang sesuai kursi yang tersedia.

Bus to Pattaya


Di dalam bus


Tiket bus

Sesampai di Pattaya, penumpang akan turun di Pattaya Bus Terminal, North Road Pattaya. Di sini para petugas mengarahkan untuk pergi ke tourism center yang terletak di dekat terminal. Ternyata disana malah ditawari hotel maupun paket2 wisata, tapi untung juga sih karena dapat air mineral gratis.. :) Tapi walaupun tidak membeli paket apapun disana, mereka cukup ramah untuk menjelaskan seputar Pattaya.

Terminal Bus Pattaya


Tourism Information

Dari terminal Pattaya, penumpang akan menyambung menggunakan taksi khusus ke hotel, yaitu sebuah mobil dengan bak terbuka yang dipasang terpal. ‘Taksi’ ini dapat mengantarkan kita sampai ke depan hotel dengan tambahan biaya. Waktu itu kami dikenakan Baht 30 / orang (sekitar Rp 9.000) dan diantarkan sampai pintu hotel Ibis.

Songthaews

Saat kembali ke Bangkok dan Anda merencanakan untuk langsung ke Bandara Suvarnabhumi, Anda dapat memesan bus dari Bell Travel Service, dengan harga Baht 200 (sekitar Rp 60.000), dan dapat langsung dijemput dari hotel. Enak kan ? Anda dapat memesannya dengan menelpon ke nomor 038-370055-6. Jadi nanti ada van yang menjemput di hotel, lalu bayar di terminal bus. Praktis kan …

Tiket pulang

Tunggu informasi wisata di Pattaya selanjutnya…
Salam Jalan Jajan Hemat.

Tags: , , , , ,

44 Comments on Panduan Wisata Hemat Bangkok – Pattaya

  1. Halo nama saya Pritha, kebetulan saya akhir bulan ini mau travelling ke Bangkok. Mau nanya dong mengenai Bus Roong Reung Coach ini, apa berenti dibeberapa tempat atau straight ke Pattaya, karena saya mau cari bus yang straight ke pattaya langsung. Kemudian untuk beli ticketnya apa dekat dari khaosan road. Terimakasih.

  2. rommya says:

    @Pritha : Bus ini tidak berhenti2.. hanya di terminal dan satu lagi di kantor tiket mereka, Tapi setelah itu tidak berhenti lagi, kecuali saat sampai di Pattaya, penumpang bisa meminta sopir untuk berhenti di tujuan. Waktu itu kami beli tiket langsung di terminal bus

  3. filna says:

    hy.. mau nanya donk..
    di pattaya itu hanya ada tempat hiburan malam na ajah kah yg banyak??

  4. rommya says:

    @filna : Di pattaya ada koq tempat2 wisatanya. Tunggu ya postingan berikutnya di http://www.JalanJajanHemat.com

  5. Rini.S says:

    Helo…apa ada paket tiket promo jalan jalan hemat ke pataya bulan Juni ,July dan Agustus,buat 2 orang -4 0rang. air asia atau penerbangan lainnya bagaimana range harganya terutama info promo ke bangkoknya dan asia lainnya .please need info for that months..
    Thanks.

  6. linaneno says:

    hai.. aq rencana mo ke bangkok tgl 25 sept 2010 (6 dwasa & 2 child) skitar 3hr. bagusnya aq menginap dmn y? klo bs hotelnya tdk terlalu mahal/murmer aja. lbh baik hostel or hotel y? bs gak aq dikasih panduan tempat-tempat mana aja yg bagus berikut dgn tmpat shoppingnya. thank u

  7. [...] Pattaya dikenal sebagai kota pesta yang terletak di tepi pantai, yang ramai dikunjungi turis, bahkan termasuk dalam salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Thailand. Untuk menuju ke kota ini dari Bangkok cukup mudah dan murah koq, yaitu dengan menggunakan bus, detailnya dapat dibaca disini. [...]

  8. al says:

    Sy&Istri rencana mo liburan ke Bangkok Pattaya sekitar bulan Okt 2010.
    tlg info htl murmer di pattaya.

  9. rommya says:

    @Rini : Kalau mau paket ke Phuket bulan Juni akhir
    @linaneno: Tempat wisata di Bangkok akan di posting sesaat lagi, tunggu tanggal mainnya ya. Utk menginap yg murmer dan dekat dgn pusat kota bisa lihat di http://www.jalanjajanhemat.com.....i-bangkok/
    @al : hotel murmer di Pattaya bisa pilih di Ibis, nanti akan saya submit jg reviewnya

  10. Anonymous says:

    hi, kalo dari bandara suvarnabumi bangkok menuju ke stasiun yg menjual tiket bus bangkok-phuket, hrs naik taksi ato bisa naik bus? dari bandara ke stasiun tersebut berapa menit?

  11. rianty says:

    hai…. mau minta info nih… di pattaya, ke tempat wisatanya naek apa yach…. mis: dari pattaya floating market ke sriracha tiger zoo and tiffany cabaret.. kita harus sewa mobil or bisa naek taxi? dalam sehari mungkin ngak kita ke tiga tempat?

  12. lina says:

    hai bro,mau minta info donk,dr hotel bangkok palace
    klu mau ke floating market bangkok naik apa yah.
    kami ber 16 org mau ke bkk tgl 27-30 aqgustus
    dan u hari terakhir km free jadi kami mau kefloating
    mrkt naik bus,gimana caranya yah.
    apa kt sewa bus aja.dan klu sewa bus ada ngk no tlp bus nya.
    thank you yah atas bantuannya.

  13. neilsen says:

    bro, mau tanya ni… tuh bus dari bell travel service harga nya 200bath / orang / bus???
    dan seperti yg lina tanya cara ke floating market gmana????

  14. Liena says:

    MAU NANYA KALAU KE fLOATING MARKET GMN CARANYA NAIK APA ?
    lALU KALAU DARI PATTAYA KE BANDARA NAIK APA YA ?

  15. robert sarjaka says:

    Mau tanya, kalau pesawat sampai di bandara phuket jam 23.00. apakah masih ada kendaraan ke hotel di pantai patong ya, pakai apa?
    thanks infonya.

  16. Adjie Pariyem says:

    mohon info transport dri bandara ke pattaya dan sampai jam berapa,, salam sodara seransel

  17. dany says:

    aku mau jln2 tgl 6 maret ke bangkok dan pattaya,apa aja sich tmpt wisatanya

  18. meilina says:

    salamkenal pak…..rencana saya oktober ke bangkok…. baru pertama kali…mohon info …hotel dan tempat2 yg bagus tuk di kunjungi serta transportasi nya. Terima kasih atas bantuan nya

  19. Ani says:

    Dear Rommy,

    Saya dengan keluarga (suami, anak-6 th & 3 th) akan ke Bangkok dari tanggal 23-28 Agustus dengan AirAsia. Mohon info tempat-tempat yang direkomendasikan untuk keluarga, apakah Bangkok-Pattaya atau Bangkok-Phuket?

    Mohon rekomendasi hotel juga ya…

    Terima kasih sebelumnya.

    cheers,
    Ani

  20. Tommy says:

    Dear all, saya mau tanya klo bus or travel dari Pattaya – Airport Suvarnabhumi mulai dari jam berapa s/d jam berapa ya?
    dan klo pesan lewat Bell Travel service berangkatnya dari jam berapa s/d jam berapa?
    thx ya untuk yg mau berbaik hati berbagi info…

  21. Trims atas infonya. Ngumpulin duit nih, mudah2an bisa sgr pelesir ke Bangkok & Pattaya.
    Ada info daftar hotel yg bertarif murah meriah ?

  22. Nora adnan says:

    Mohon petunjuknya yaa. Saya mau ke bangkok 29/12 trus lgsung ke pattaya dan menginap di April suites pattaya di daerah Nongprue.pertanyaan saya.
    1.Nah, klo saya mau jalan2 ke sekitar pattaya dan hemat kira2 lewat tourism center ato hotel?? Trs ke mana aja yaa!??
    2. Dari pattaya ke bangkok klo mau naik bus, apakah saya naik dari terminal yg sama. Pas dari bangkok kmrn?? Trs bagaimana saya menuju ke hotel saya ( Grand president hotel bangkok) daerah Sukhumvit.
    3. Bagaimana saya mau jalan2 ke tempat2 wisata di bangkok. Seperti :
    *Grand Palace-
    *floating Market
    *wat arun
    *chao pharaya river
    *dreamworld.
    Trs berapa biayanyaa?? Terima kasih ya, dan mohon bantuannya :)

  23. okky says:

    klo dari Airport Suvarnabhumi ke pattaya rutenya gimana ya???

    naik bus malem ada nda???
    mohon bantuannya….

    makasih

  24. Sarifina says:

    1. Dari Airport jam 8 malam, mau langsung ke Pattaya, naik taxi berapa?, hotel murahnya apa di dekat pantai.
    2. Dari Pattaya ke Bangkok naik taxi berap ? rencana menginap di Boiyoke.
    3. Taxi dari Boiyoke ke airport berapa?
    tks info nya

  25. novee says:

    Mas, boleh japri ga?
    Kalo ga ganggu, mau tny phuket-bangkok by train
    Boleh via YM? Atau kl ada & berkenan, bisa kita BBM an?
    Thanx alot

  26. madeline says:

    good info. thanks ya anyway…..

  27. evi says:

    klo dari Airport Suvarnabhumi ke pattaya rutenya gimana ya???

    naik bus malem ada nda???
    mohon bantuannya….

    makasih

  28. JJH says:

    Dari airport ada busnya langsung ke pattaya, tapi setahu saya tdk sampai malam. Utk yg bell travel service paling malam jam 18.00 dari airport. Kalau ramai2 paling bisa sewa taxi, tapi lumayan mahal sih.

  29. Echie Siregar says:

    Selamat siang Mas,

    Saya dan 7 teman lainnya mau ke bangkok 08-11 Maret 2012. Besoknya pengen ke pattaya. Mohon bantu informasi dan petunjuk buat kami yang baru the first time ke Bangkok dan Pattaya ya…

    1.Tgl.8 Maret kami rencananya menginap di daerah Khaosan. Untuk ke Stasiun Bus yang ke Pattaya sebaiknya kami naik kenderaan apa ya?
    2.Penginapan / Guest House yang direkomendasi dam dekat dengan pantai di Pattaya dimana, dan kalau mo jalan ke pantai enaknya naik apa?
    3.Sekembali dari Pattaya kami rencana menginap didaerah Sukhumvit, mohon infonya juga untuk penginapan murah didaerah Sukhumvit dan dekat dengan jalur transportasi.
    4.Jika kami ingin menimati Dinner Cruise di Chao Phraya, apakah ada pilihan paket makan lainnya, karena paket bufet terlalu mahall hehe

    Ditunggu informasinya ya Mas…

    Terimakasih//
    Trs berapa biayanyaa?? Terima kasih ya, dan mohon bantuannya :)

  30. arie says:

    Mau naya ya pak . Kl sampai di bandara bangkok jam 21.00 mlm, apakah ada bus menuju pattaya? artinya apa bus ke pattaya ada setiap waktu? ? Thx

  31. Alex says:

    hello mhn info krn saya akan traveling dgn kel ke pattaya akhir
    bulan ini-saya akan ke pataya dari bkk pagi dan kembali sorean- stlh dari stasiun bus saya mau ke bbrp tempat attraktif di pattaya sesuai waktu saya sekitar 6jam- tempat2 mana saja dan gimana caranya stlh tiba di terminal bus pattaya? Thx GBU alex

  32. aris says:

    Rencana tgl 6 Januari s/d tgl 8 Januari mau jln2 ke Thailand (rencana 1mlm/1hr di Bangkok, 1mlm/1hr di Pattaya dan kami ada 8 org, mau cari travel servis yg bisa handel hotel dan tours, berapa harganya

  33. lifung says:

    saya lifung tgl 28 mei 2013 sampai tgl 01 juni 2013
    mau ke bangkok pattaya
    bangkok: royal grand palace+emerald buddha,relining buddha,four face buddha,wat arun+chaopraya river,safari world+ marina park,madam tussaud,dinner chaopraya cruise, royal dragon resto, dan baiyoke sky,chatuchak market, night market

    pattaya:sriracha zoo, coral island, noong nooch villagge,laser buddha,floating merket,hard rock merchandise store,walking street,thai girls show

    apakah teman teman bisa kasih tips ke saya atau rekomendasi ke saya tour yang murah sekitar 2 smpe 2.5 juta untuk 5 orang

    tolong hubungin saya di sakura_phonic@yahoo.com atau pin bb 230a6ba9

    tq
    fung

  34. radenroro says:

    saya butuh tour guide utk ke bangkok,tlg hubungi
    0816322484xx
    trims

  35. acilku says:

    acilku akan berangkat ke pattaya hari ini, tapi pesawatnya turun di DMK (bandara bangkok). jadi dari bandara ke hotel di pattaya transportasinya yg murah naik apa yahhh soalnya kami tiba jam 8 malam di DMK

  36. Prarejeki says:

    Hi jjh, rencana kami bet 5 Infiniti berliner to Bangkok
    Ada paket murah gak ya Dari jakarta ke Bangkok . Tempat wisata Bangkok juga hotelnys

  37. Donna Ronadi says:

    Hi jjh, mau tanya dong, saya bersama keluarga rencana ke pattaya naik bus, setelah sampai pattaya kalo mau ke floating market, mini siam dan winery bisa naik apa ya? Kalo berangkat jam 7:00 pagi apakah cukup waktu untuk pulang dari pattaya jam 13:00 setelah pergi ke 3 tempat tersebut?
    Terima kasih ya, saya tunggu jawabannya.

  38. Ronald says:

    Halo mas kami sekeluarga 23 org 31 Okt – 3 Nov mau ke Pattaya dan Bangkok city Tour kami perlu info sewa bis dan Tour leader kami naik Airasia sebagian Dr Jkt sebagian Dr Bali dan tiba berbeda 3 jam mohon info nya, terima kasih

  39. rusdi says:

    kalau mau sewa bus pariwisata kapasiatas 30 seat caranya gmana? ada info nya ga?
    trims

  40. rusdi says:

    slm hangat…mas kami sekeluarga 30 orang, tgl 26 dec 2013 – 30 dec ke bangkok, kami butuh info sewa bus kapasitas 30 seat dan tour leader..kami berangkat dari jakarta

    trims

  41. wiwin says:

    agustus ada rencana ke Bangkok,untuk dari hotel novotel siam ke resto Royal dragon kira2 berapa menit ya ?
    untuk ongkos taxi kira2 berapa bath ?

    Thanks

  42. r47u serenity says:

    hellooo…. salam kenal ya, maaf gan mau tanya kalo dari bandara bangkok mau ke pattaya dengan smapainya malam ada transportasi bus / van, ke pattaya ?
    rencana saya maret 2014 ke bangkok-pattaya-phuket minta informasinya gan seputar wisata, transportasi dan makanan halal dan murah..
    tq.

  43. lenny says:

    Hai jjh,salam kenal ya, sy mo tanya klo dr hotel dynasty rakhamhaeng,bengkapi ke chatuchak bgmn caranya ya? Sy berempat,tx ya

Leave a Reply