Jalan Jajan Hemat

Bepergian tanpa peta, siapa takut ?

Biasanya kalau kita bepergian ke luar kota atau ke luar negeri apalagi ke tempat yang belum pernah kita kunjungi, kita akan membawa peta. Ya, seperti Dora the Explorer, peta memang sangat berguna untuk menentukan arah perjalanan kita, tempat2 yang akan kita kunjungi, dsb. Namun tidak mudah mendapatkan peta yang akurat, up to date, mudah dibawa2 dan gratis !! Biasanya peta yang lengkap akan berbentuk buku yang tebal dan besar dan harganya pun lumayan mahal.

Saya sendiri sempat meng-copy software peta Jakarta 2005, sepertinya sih bajakan ya. Wah rasanya sudah senang sekali. Mau pergi ke tempat-tempat di seputar Jakarta jadi mudah, mau mencari jalan alternatif juga gampang. Tapi memang repot, masa tiap mau melihat jalan mesti buka laptop (softwarenya hanya berjalan di operating windows pula). Biasanya saya melakukan print screen terlebih dahulu, lalu mentransfer gambar tersebut ke handphone agar dapat mudah dilihat dalam perjalanan. Ada alternatif membeli GPS, dengan menggunakan peta Jakarta (yang seringkali juga bajakan), perjalanan Anda akan lebih mudah. Tapi perlu mengeluarkan dana untuk membeli perangkat GPS ini.

Sekarang Anda tidak perlu repot dan kuatir lagi. Sudah tersedia Google Maps dari google yang dapat diakses di http://maps.google.com. Kalau dulu layanan ini hanya tersedia untuk peta di luar negeri saja, tapi kini sudah mencakup peta Indonesia, cukup detail lho. Mencari alamat menjadi lebih mudah, dan dengan ditambahkan tag dari user lain, maka peta kita akan semakin lengkap. Tapi yang lebih hebatnya lagi, google maps ini sudah ada versi mobilenya. Sehingga Anda bisa mengakses peta dari handphone Anda. Sebelumnya Anda perlu menginstall aplikasi ini ke handphone Anda, dengan mengakses http://maps.google.com dari browser handphone Anda. Handphone yang di support juga cukup banyak, mulai dari Android (tentu saja), blackberry, java, windows mobile, symbian s60 3rd edition, palm os, iPhone.

Adapun fitur yang terdapat di Google Maps for mobile ini adalah :

  • My Location : Dengan fitur ini kita dapat mengetahui posisi kita di peta walaupun handphone kita tidak memiliki fasilitas GPS. Loh lalu tahunya dari mana ? Posisi kita diketahui dari tower BTS provider selular Anda. Lumayan akurat, wah keren deh. Saya sempat mencoba sepanjang perjalanan dari Kebon Jeruk ke Cikarang, posisi di layar handphone akan ikut terupdate. Dan jika handphone Anda memiliki GPS, maka lokasi Anda akan lebih akurat lagi.

  • Business listings : Kita dapat mencari lokasi dari tempat di sekitar posisi kita saat ini dengan mengetikkan pada kolom search yang tersedia, misalnya: pizza, ATM, dsb. Lengkap dengan informasi spt alamat, no telpon, dsb.

  • Driving direction : Anda dapat mengetahui harus belok dimana dan kearah mana, mengambil jalan apa. Hanya dengan mengetikkan tujuan perjalanan Anda. (Andaikan waktu perjalanan saya ke Jogja tahun lalu saya sudah menggunakan applikasi ini)

  • Transit & Walking directions : Anda dapat mengetahui rute transportasi publik yang digunakan. Sayangnya fitur ini belum tersedia untuk di Indonesia (mungkin google masih pusing melihat rute Metro mini & kopaja di Jakarta yg bisa ngawur semaunya)

  • Street View : Menampilkan foto lokasi di seputar jalan yang kita cari dalam bentuk panoramic, dan dapat kita geser ke kanan dan ke kiri sehingga memudahkan kita dalam mencari lokasi. Sayang belum tersedia untuk wilayah Indonesia.

  • Traffic : Menampilkan kondisi lalu lintas, hijau: kecepatan diatas 50 mph, kuning 26-50mph, merah dibawah 25 mph, abu2 tidak ada data. Sekali lagi sayangnya di Indonesia belum tersedia

  • Latitude : Anda dapat mensharing lokasi Anda dan melihat lokasi teman Anda berdasarkan security yang Anda pilih. Siapa saja yg dapat melihat lokasi Anda. (Cocok untuk dipasang pada suami yg ‘dicurigai’)

  • Enterprise : Blackberry administrator dapat mensetup peta untuk BES (Blackberry Enterprise Server)

Semua fitur canggih ini diberikan secara gratis, sangat mudah menggunakannya, user friendly dan responsnya pun cukup bagus. Jenis handphone yang di support juga sangat banyak, yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet, baik melalui GPRS, 3G, HSDPA maupun Wifi. Anda dapat menyimpan lokasi yang Anda inginkan dalam Favourite sehingga mudah untuk dipanggil kembali. Anda juga dapat memilih tampilan peta atau tampilan gambar dari satelit, semuanya lengkap dengan fitur zoom in dan zoom out.

Teknologi memang membuat hidup manusia semakin mudah dan nyaman. Jadi tunggu apalagi, install aplikasi Google Maps ini pada handphone Anda, dan Anda tidak perlu ragu untuk bepergian tanpa peta. Selamat tinggal peta, selamat tinggal Dora the Explorer…

ps: semua gambar dicapture LIVE dari handphone saya Nokia E61

Salam Jalan Jajan Hemat.

2 thoughts on “Bepergian tanpa peta, siapa takut ?

  1. rommya Post author

    @weeko: Betul, di Singapura sangat mudah mendapati peta, brosur & katalog. Sedangkan di Jakarta, hhmm jarang sekali menemukannya. Di Bali masih agak lumayan banyak (walaupun kebanyakan adalah iklan2). Waktu di Jogja saya malah menggunakan peta dari toko Mirota.

  2. weeko

    Saya terbiasa untuk mengumpulkan katalog yang biasanya banyak terdapat di bandara setiap kali tiba di kota yang baru saya kunjungi. melalui katalog wisata tersebut saya jadi lebih banyak tahu mengenai tempat-tempat lokasi mana saja yang bagus dikunjungi. cara lain adalah dengan menanyakan pada petugas hotel tempat saya menginap atau ke touris information. namun sayangnya tidak banyak kota di Indonesia yang memiliki Tourist Information centre.

Leave a Reply

Your email address will not be published.