Seringkali kita lupa untuk memeriksa masa berlaku paspor kita, terutama jika Anda membooking dengan menggunakan maskapai low cost, seperti AirAsia. Mengapa ? Karena biasanya AirAsia mengharuskan kita booking jauh-jauh hari untuk mendapatkan tiket yang murah. Nah umumnya saat mendekati hari keberangkatan kita sibuk mencari tempat wisata dan membooking hotel sehingga menjadi lupa untuk memeriksa paspor kita. Perlu diingat bahwa minimal masa berlaku pasport kita adalah 6 bulan, jadi walaupun saat bepergian sampai jadwal pulangnya paspor tersebut masih berlaku, tapi Anda akan mengalami kesulitan di imigrasi. Hal ini pernah terjadi pada rekan saya yang sudah siap berangkat, tapi tertahan di bandara karena masa berlaku paspornya kurang dari 6 bulan, akhirnya dengan terpaksa semua rencana perjalanan yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari menjadi gagal total.

Sebenarnya cukup aneh ya peraturan ini, mengapa dibuat tanggal berlaku kalau ternyata 6 bulan sebelumnya sudah harus diperpanjang ?? Oh ya untuk memperpanjang paspor juga tidak rumit lho, bahkan bikin baru paspor pun sekarang sudah mudah, tidak seperti dulu yang berbelit-belit sehingga perlu pakai jasa calo atau istilah kerennya biro jasa. Mengurus sendiri pun mudah koq. Nanti akan kami posting juga cara membuat maupun memperpanjang paspor.

Jadi segera periksa paspor Anda, pastikan masa berlaku masih lebih dari 6 bulan pada saat keberangkatan Anda. Salam Jalan Jajan Hemat …

About rommya

I am just an ordinary person who like to share my experience.

34 Thoughts on “Periksa masa berlaku paspor Anda sebelum bepergian

  1. siti zulaikah on August 12, 2014 at 7:05 pm said:

    saya PR di negara singapura passpor expired di bulan february,tapi nggak ada rencana untuk keluar negara pertanyaan saya,apa perlu saya perpanjang 6 bln sebelum expired date atau menunggu habis berlaku bln february? tahnks,

  2. Anonymous on July 25, 2014 at 8:04 am said:

    Pak Rom, mohon infonya ya, paspor sy berlaku sampai tgl 14 des 2014 dan sy berencana berangkat ke thailand tgl 11-16 agust 2014, apakah masi bisa digunakan atau harus diganti. Trims

  3. damini on October 5, 2013 at 9:33 am said:

    pak passport saya habis 29 april 2014 karena saya pergi ke india pertengahan oktober ini, jadi sebiknya kapan saya harus memperpanjang passport saya ? mohon bantuan nya mksh………..

  4. Pak sy mau nanya ini baru ketahuan pasport sy habis nya 3 bln lagi , apa bisa mudah untuk di perpanjang? Dan sy di USA ,, mohon info nya thanks

  5. Anonymous on April 6, 2013 at 5:21 am said:

    pak saya mau tanya,
    kalo ke saudi harus tinggal berapa lama masa berlakunya paspor

  6. Joice Mawar on May 2, 2012 at 1:07 pm said:

    Passport saya habis masa berlaku 5 December 2012. Kapan terakhir kali saya bisa melakukan perjalanan ke luar negeri, karena saya akan travel bulan Mei 2012 ini. Terima Kasih.

  7. Benny Kossim on March 9, 2012 at 2:13 pm said:

    Pak, mau tanya apa alasan yg jelas bahwa masa berlaku passport harus minimal masih 6 bulan, bahkan sekarang katanya untuk ke Korea minimal 8 bulan, sebenarnya apakah imigarsi kita yg membuat peraturannya atau imigrasi negara tujuan? Kalau dari negara tujuan, apakh semua negara berlaku aturan yang sama yaitu 8 bulan sekarang ini?? Bagaimana dengan Visa saya ke Australia yang masih berlaku pada saat saya mengganti passport saya?
    Terima kasih atas penjelasannya,

    Salam BenKos

  8. suwanti on November 2, 2011 at 11:23 am said:

    pak saya mao nanya ,saya booked airasia ke KL pake no KTP dan Expired nya pake no Ktp Saya , kalo mao d ubah bisa gak ya ? setlah pasport saya d perpanjang ?

  9. Fiki on July 15, 2011 at 6:28 pm said:

    Mas aku k S’pore tgl 18 Juli 2011, passport aku expire 15 Des 2011, gmn ya masih bisa ga ya ? T___T

  10. rizka on June 30, 2011 at 9:23 pm said:

    Pak, paspor saya berlaku sampai 10 oktober 2011. saya akan ke singapore 6-7 juli 2011. apakah masih bisa digunakan ya?

  11. Carina on June 30, 2011 at 8:09 am said:

    Pak, paspor saya habis masa berlakunya tanggal 12 Januari 2012. saya mau pergi ke Singapura tgl 5-9 Juli 2011. Kebetulan tgl 9 Juli itu masih 6 bulan lebih 3 hari, belum kurang dari 6 bulan. Kira” diperbolehkan pergi tidak ya? Karena saya sudah pesan tiket PP dan waktu untuk perpanjang sudah tidak ada lagi. thx pak

  12. agus nugroho on June 13, 2011 at 5:26 pm said:

    pak.. apakah untuk bikin pasport harus sekalian mencantumkn daerah tujuan? soal sy dan keluarga mu k singapore tp tahun dpn, apa bisa hanya bikin pasort nya aja dulu

  13. Bisa jadi kurang 1 bulan lho Bu. Semoga tidak ada masalah ya. Silahkan diinfokan disini, apakah sempat dipermasalahkan / tidak. Selamat berlibur…

  14. Kalau dihitung 6 bulan dari kembali (5 Jul 2011) jatuhnya di 5 Des 2011, jadi mestinya masih mencukupi ya paspornya. Kalau sampai separah2nya (dulu pernah dialami kakak saya yg lupa mengecek paspor), saat berangkat di imigrasi Indonesia kita diminta membuat pernyataan bahwa kalau seandainya pihak imigrasi tujuan tidak mengijinkan masuk maka menjadi tanggung jawab kita.

  15. nilawaty on May 28, 2011 at 10:03 am said:

    hi pak rommy,
    paspor saya expired 12 des 2011 ini,
    trs kalo saya brkt ke Malaysia dan ke Vietnam tgl 30 jun 2011 balek tgl 05 jul 2011 masi bisa pake ga ya?
    soalnya klo saya mau ngurus skrg masi blon bole sama petugas imigrasi di Medan,sedangkan klo ngurusnya Juni siapnya sampe satu bulan menurut infonya jadinya takut ga keburu gimana nich Pak?
    saran dan infonya sangat di tunggu loh
    tks

  16. nonakiki on May 26, 2011 at 9:48 pm said:

    Hi pak!

    aku mau ke bkk hari minggu ini (tgl 29 Mei) tp pulang senin (30 Mei), nah pasporku itu valid bulan september thn ini, kira2 bermasalah gak ya nanti pas di imigrasi?

  17. Sorry baru sempat reply2.
    Kalau perpanjang paspor, maka no paspor lama akan dituliskan jadi tdk masalah utk yg sudah booking2 tiket pesawat, hotel dll
    Proses perpanjangan paspor kurang lebih 2-5 hari, mirip dengan bikin paspor baru.
    Sebaiknya diperpanjang dulu, karena ada bbrp negara yg mewajibkan untuk minimal 6 bulan dari tanggal kepulangan.
    @Erna :Utk perpanjangan paspor di kedutaan, silahkan menghubungi langsung, karena saya kurang paham persyaratan disana.
    Semoga membantu…

  18. yvonne on April 27, 2011 at 10:27 pm said:

    Pa.. Kbtulan nemu link ini.. Mw nanya klo paspor sy masa berlaku s/d 19 juni 2012. Tp saya pergi 9-12 januari 2012. Perlu perpanjang dl ga ya? Minimal kapan ya perpanjang nya? Krn klo perpanjang tll jauh jg ktnya gabisa kan yaa??

    Tenkyuuu

  19. erna dahlan on March 3, 2011 at 8:30 pm said:

    pak,mau tanya nama saya erna tapi aku sekarang kerja di thailand sebagai receptionist tempat tingagal ku di puket udah 2th aku tinggal di sini..persoalanya pasport aku sudah mau habis tinggal 5 bulan,..pak, gimana kalau aku lansung memeperpanjangkan di bankok embesy boleh nggak kira kira pak? bener bener aku lagi kesulitan banget nich mau tanya sarat sarat nya gimana? soalnya aku hanya ada work permit saja dari company..sorry aku udah nggak ada KTP…KTP surat surat udah kehilangan semuanya pak,? mohon pertolongan kasih sarat sarat dari bapak please pak,? thanks erna

  20. pak, mo tanya, apa alasan passport harus diperpanjang, padahal masih berlaku 6 bln sbelumnya…please ak perlu penjeasan
    thanks

  21. kartini on February 2, 2011 at 9:37 pm said:

    pak roni,sy mau tanya,paspor sy exfiredx tgl 8 aug 2011 mslhx,sy sudah terlanjur beli tiket airasi untuk tgl 23 return tgl 25,menurut pak roni,apakah paspor sy akan di permasalahkan pihak imigrasI?
    thank”s

    Salam
    KARTINI

  22. kira-kira berapa lama waktu memperpanjang paspor?

    apa betul 2 minggu?

  23. Pak Rommy
    kalau paspord saya expired 28 Feb 2011, tapi tanggal 7 Des 2010, saya mau ke malaysia kira2 masih bisa masuk ngak? saya baru nyadar paspornya mau expired dan tiket sudah di booking soalnya urusannya mendadak.

    Thanks atas infonya

  24. Mas nimbrung naya juga…kalo kita akan ke Hongkong ada peraturannya ga batas maksimal masa expired paspport kita, soalnya saya pernah denger untuk masuk Hongkong masa berlaku pasport harus 1 tahun. Thx ya

  25. Anonymous on December 1, 2010 at 10:10 am said:

    tapi kalo perpanjang paspor kan nanti nomor paspornya sudah tidak sama lagi dengan yang sudah kita booking.. apakah itu tidak masalah?? atau apa kita bisa meminta mereka memperpanjang paspor dengan nomor yang sama?? makasih atas sarannya^^

  26. Langsung di perpanjang saja paspornya. Karena kalau expire 5 Jan, PASTI tidak bisa berangkat. Proses perpanjangan cepat koq, setahu saya tidak sampai 1 minggu, hanya 2-3 hari saja. Selamat berlibur…

  27. Anonymous on December 1, 2010 at 12:13 am said:

    pak, saya sudah membeli ticket untuk pergi ke luar negri tgl 23 ini, dan saya baru sadar kalau paspor saya expired januari tgl 5 jadi gmn yah pak?? saya juga heran karena travel agency waktu saya beli ticket tidak bilang apa2.. jadi saya memang tidak bisa ke luar negri dan tiket saya akan hangus begitu saja yah pak?? apa tidak bisa di tolong dengan cara apa pun??

  28. @andre : Bisa koq, diisi saja TBA, atau “-” karena kolom paspor masih dapat diedit di kemudian hari.

  29. andre tengari on October 13, 2010 at 9:24 pm said:

    Pak, tolong tanya
    Kalau misalkan paspornya masih dalam proses, sedangkan kita mau booking ke air asia apakah memungkinkan? kalau memungkinkan, lalu kolom paspor diisi dengan nomor apa? terimakasih atas informasinya

  30. @Anonymous : sebaiknya diperpanjang saja.. Agar liburannya lebih tenang
    @Lynna : Kalau habis 20 April 2010 ya berarti sudah expired Bu. Atau kalau maksudnya 20 April 2011, berarti sampai 20 Oct 2010 masih bisa dipakai untuk bepergian ke luar negeri.
    Salam JJH

  31. Mas , klo masa berlaku pasport tanggal 20 april 2010, jd kapan batas terakhir boleh keluar negri??

    thanks

  32. Anonymous on June 29, 2010 at 1:05 pm said:

    Pak Rom, Thanks atas masukkannya.
    Saat ini saya sedang bingung.
    karena pasport saya habis 21 Juni 2011.
    saya ada rencana pergi tgl 17 – 23 Dec 2010
    sebenarnya untuk berangkat masa berlaku masih lebih sedikit dari 6 bulan, tapi saat pulangnya kurang dari 6 bulan (cuma lewat 2 hari)
    gimana yah…? perlu perpanjang atau bisa tunda dulu yah..?

    thanks

  33. Terima kasih atas masukannya. Sebenarnya saya jg sedang menyiapkan posting untuk proses pembuatan pasport. Simak terus di http://JalanJajanHemat.com ya.

  34. Anonymous on June 16, 2009 at 7:56 pm said:

    Pak Rom, bahas juga ya mekanisme pengurusan passport. Persyaratan/ dokumen apa aja yang mesti kita lengkapi?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


2 × four =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation