Jalan Jajan Hemat

Mendengar kisah ‘dunia lain’ di Lawang sewu

Untuk Anda yang penasaran ingin mengetahui cerita mengenai “dunia lain” yang di Lawang Sewu, silahkan disimak berikut ini. Tapi kisah ini hanya cerita2 semata dan sama sekali tidak menarik untuk Anda yang gemar berwisata pada umumnya. Lawang Sewu merupakan bangunan tua yang berada di kota Semarang, untuk informasi umum mengenai Lawang Sewu dapat dilihat disini. Tapi kalau Anda gemar dengan hal2 yang berbau “dunia lain”, silahkan dilanjutkan membacanya …

Mozaik yang indah

Memasuki gedung ini memang membuat bulu kuduk sedikit merinding. Saya coba membayangkan kalau memasuki gedung ini di malam hari, karena di gedung ini tidak ada lampu penerangan sama sekali. Informasi yang kami dapatkan mengenai cerita2 dunia lain dimulai dari kaca mozaik yang berdiri megah di atas tangga utama. Di kaca tersebut terdapat gambar wanita masing2 di sisi kiri dan kanan, sedangkan ditengahnya terdapat gambar roda kereta api. Konon gambar wanita ini terkadang “hilang” dari tempatnya.

Saat berbincang-bincang dengan pemandu, memang diakui di tempat ini banyak terjadi penampakan. Tapi ‘mereka’ tidak mengganggu, hanya sekedar menampakkan dirinya saja. Bahkan mereka sudah saling ‘kenal’. Dan ditunjukkan lorong koridor dimana sering terdapat penampakkan. Lorong ini cukup gelap, hanya ada cahaya di ujung lorong saja, sedangkan sepanjang lorong pintunya tertutup sehingga penerangan minim. Pemandu menceritakan bahwa dia baru saja memandu tamu dan saat mengambil foto di lorong tersebut, beberapa ‘mahluk’ terekam di dalam kamera. Karena penasaran, saya pun coba mengambil foto beberapa kali, bahkan sampai diarahkan ke langit-langit, tapi kali ini nihil, Wah ternyata kali ini tidak ada “bonus”nya nih, kata pemandu.

Di lantai tiga, di tempat yang dulunya adalah ruang dansa, sempat terjadi pembantaian oleh tentara Jepang saat mereka merebut gedung ini dari Belanda. Sehingga ruangan ini menjadi angker, dan banyak terjadi penampakan disini. Di lantai ini banyak terdapat sarang kelelawar.

Di lantai bawah, yang awalnya hanya untuk pondasi, tapi saat pendudukan Jepang, sering dijadikan penjara untuk para tahanan, dengan ukuran yang sangat sempit. Di tempat inilah yang dijadikan lokasi acara reality show dunia lain, karena konon tempat berkumpulnya para mahluk dari dunia lain.

Di halaman depan, terdapat sumur yang konon banyak dibuang korban2 pembantaian. Dan di monumen yang berdiri, dahulu konon tempat pemenggalan kepala para pejuang.

Demikian kisah ‘dunia lain’ yang ceritanya sangat tidak dapat dipertanggungjawabkan, berdasarkan informasi dari mana-mana tempat yang belum tentu benar, sangat tidak akurat, di luar akal sehat & tidak rohani tapi cukup menarik untuk membuat kisah yang memancing bulu kuduk berdiri.

Dan sekedar informasi wisata malam di Lawang sewu cukup digemari lho, ternyata masyarakat Indonesia senang dengan kisah2 dari dunia lain. Buktinya Anda tertarik membaca postingan saya iniย  ๐Ÿ˜€

Salam Jalan Jajan Hemat

35 thoughts on “Mendengar kisah ‘dunia lain’ di Lawang sewu

  1. The Stress Lawyer

    Seramnya Lawang Sewu lebih banyak karena ditakut-takutin sama mas2nya… hahaha

  2. Anonymous

    saya pernah berdua teman ke lawang sewu malam hari, dengan seorang pemandu.begitu selesai muter2 di lorong bawah tanah kemudian senter dipadamkan, beberapa menit kemudian muncul sosok wanita berambut panjang bayangan putih mendekati kami…kami berdua langsung lari ketakutan…seru di lawang sewu,dapet pengalaman baru

  3. julian

    kelawang sewu yang asyiik pas waktu malem sambil bawak pacar.
    waahh gmn ych ..
    pasti tuh jadi moment yg gag mungkin terlupakan..

    tpi sayang ya di kotaku surabaya gag ada tempat kaya gto..
    .
    tpi mudah2an esok hari aku bisa nyampek ke semarang buat jelajah ke lawang sewu.
    amin

  4. Anonymous

    kelawang sewu yang asyiik pas waktu malem sambil bawak pacar.
    waahh gmn ych ..
    pasti tuh jadi moment yg gag mungkin terlupakan..

    tpi sayang ya di kotaku surabaya gag ada tempat kaya gto..
    .
    tpi mudah2an esok hari aku bisa nyampek ke semarang buat jelajah ke lawang sewu.
    amin

  5. Mhd Akbar

    Waduhh….ngeRih jgha ya dngaR pngalmaN dri tman” smua…
    Aq jdi pengeN ke lawang sewu….pd mlM hri..hhe tp rame” plus bsa lhat”……ghoStnya…….
    Hhehe
    http://www.uji nyali.com

  6. zuzu

    tp klw aq g’ prnah pgi k sna…
    yg bkin pnasaran??????????
    cem mna sih sbnarnya WAJAH NONI BELANDA YANG ASLI???????

  7. Venan

    Bagi yg mau berwisata malam di lawang sewu mungkin perlu hati2 , seminggu yg lalu kita dari lawang sewu berwisata malam dan mengalami kejadian menyeramkan…. Kakiku sempat dipegang waktu posisi di jembatan,di lorong kita dilihati bayangan hitam,yg paling parah di lt 3 kita lihat hantu sangat jelas dan kita sempat foto hantunya. Tapi masalahnya hantu itu ikut kita pulang sampai di rumah. Malamnya aku tidur kakiku masih dipegang dan temanku yg dari ntt ketika pulang rumah ,anaknya teriak2 kemudian jatuh sakit.

  8. lia

    Datang pagi2 sih nggak serem tapi kalau malem tu baru ngrasain merinding . Kayaknya seru kalau masuk pada malam hari pasti kita pada teriak semua ketika dengar suara yang nggak jelas seperti ini nih aku contohin ya ha…………! tapi keras banget triaknya . Makanya sebelum masuk ke lawang sewu kita harus siapkan mental dulu nih biar nggak terlalu merinding juga biar nggak mbangunin hantu – hantunya dari tidurnya hi…..hi……

  9. Pricilia

    Kmrn mlm sktr jm 10 aq k lwang sewu,, aq qra bkal ada pnampakan tp tnyta gk ada ap2,,
    Cuma trtangkap dlm bntuk orb az,
    Kl pnjara bwah tnahny tu yg bwt ngeri bkn ruanganx tp cerita guideny itu,, cuma ngrasa rada bda suasanax pas lwat d daerh pnjara, ada ky suara meriam dri atas. Kta guideny sih emg bysa ky gt,,

  10. dita

    wahhhh cerita x broooow g serem banget
    itu kenyataan apa BOONGAN??????????
    CERITA X LEBIH SERU KLO ADA GAMBAR XXXXX?????????????????????

  11. abdul

    weih,,kaya cerita ,,sailermoon aja..dsb.
    kikuk,,kikuk,,,kikuk,,,koyone ,,yo menarik ,tapi sayange seribu sayang .aku nggak pernah nang lawang sewu.kikuk,,kikuk

  12. ESPEROW..

    EMANG SIEH TMPAT ITU ANGKER………..???
    TP KNAPA D TEMPT ITU PNERANGANNYA SANGAT MINIM??? AP D TMPAT ITU G LEH AD CHAY ……??
    N D RUANG BAWH TNAH ITU….KATA X BANYAK PNAMPAKAN EA??? EW…PA NGAK TKUT TUCH YANG BIAS JAGIN LAWANG SWU.??? MUNGKN DAH TERBIASA PALING…..,,HE5

  13. the katrok

    waktu tahun 2005 aku pernah ke lawang sewu jam stengah 1 muter2 mpe skitar stengah 3.an, memang menarik sih mulai dari cerita gambar di kaca yang katanya suka nangis, temenku yang katanya lihat penampakan, sampai uji nyali di tinggal 2 orang di suatu ruangan beberapa waktu.
    Alhamdulillah aku sendiri nggak melihat sama sekali adanya penampakan, tapi aku sempet terkagum juga dengan material bangunan yang di pakai, coba aja lihat di talang dan gentengnya serta kuda-kuda baja dah seratus tahun lebih masih kokoh berdiri (skolahan yang di bangun 6 bulan lalu kalah kokoh)

    mangstab. . . .

  14. gina

    kebetulan saya tinggal di smg.
    ke lawang sewu seru lg kalo malem..
    skrg ramee, ky jd wisata malam (dan uji nyali)gt.
    ada pemandunya dan konon kalo mau si pemandu bs ngebuka mata batin kita kalo mw liat “yg gtu2” di dlm sana.hhe tp ‘no thanks’ kalo akuu.
    tp masuknya hrs rombongan. bysanya 10 org.
    ntar kita diajak muter keliling lawang sewu. yaaa ky yg dicritain diatas.
    dan yg paling menegangkan pas diruang bawah tanah.
    tempatnya lembab, becek,dan kita hrs pake spatu spatu boot kalo msk ksitu (uda disiapin dr sana).
    dulu jaman2 acara Uji Nyali, pernah ada penampakan disitu.
    dan memang kata si pemandu , ruangan itu cukup angker.
    sumpaah..seru bgt.
    coobain dech kalo lg d smg.

  15. yoland

    wow…..
    serem jga ya……
    wkt aQ ke semarang…..
    aQ udh pernah lewat sih,,
    tapi gk masuk,,jadi pingin masuk…….
    gmna ya dalam nya,,jadi penasaran aQ……….
    emh…..
    kapan ya kesana lagi……
    tgu liburan kenaikan kelas aja dech….

  16. nara

    ehhh , , , , mazzz!
    enakan tuuu ke lawang sewu waktu malem ja!suasananya lebih mencekam.pokoknya asyik dech.
    wlaupun cew kyak gni,q sering lhooo k lawang sewu malem”.
    coba deh maz msuk k ruangan yg gag leh wat foto,,,tar coba ja foto d sana,,,,
    di jamin dech , , , , kameranya bakal RUSAK!
    SELAMAT MENCOBA.

  17. Isal

    Ak udh kesana. Serem banget.. Waktu it nyewa pemandu, pemanduny mlh nunjukin gt penampakanny. Mungkin pemandu sm hantuny udh kenal akrab kali y. Haha

  18. theethra

    jln2 k lawang sewu asik juga kok. saya pernah kesana, tapi pagi2 sih.jam 8 pintu udah mulai dibuka untuk umum. biasanya kita registrasi n bayar uang masuk sebesar Rp.5000.klo mau pake pemandu musti bayar Rp.20.000.
    selain kaca patrinya yang menarik,buat yang hobby foto bisa ambil angle di deretan ruangan yang memanjang layaknya klo kita naek kereta api.(ada hubungannya g ya ma sejarah lawang sewu yang dulu adalah kantor maskapai KA?). tapi klo mo sedikit merinding bisa turun ke bawah tanah. lantainya masih berair sebatas mata kaki. disana ada penjara jongkok n penjara berdiri.wih g kebayang mereka yang dipenjara disana.kata si pemandu, setelah para tahanan mati dengan sendirinya di sel, mereka akan dibuang melalui sebuah lobang-bentuknya kotak yang terhubung dengan lantai atas. dari lantai atas mayat2 ini diambil n dibuang ke sungai yang ada di dekat sana. tapi sungai itu sekarang katanya udah g ada.

  19. gloria

    huuuu…
    ngeri bgd cih crtana..
    walaupun ga pernah ksana..

    cm mau tnya nii..
    kalo kk ksna itu sendiri ato bareng2 n inpirasina apaan cih..

    coz kalo aq itu em demen bgd crt2 gt..
    tapi, aq juga heran knp aq demen bgd hal gtu plus takut.
    hihihihi..

    mpe aq pernah kesurupan !!
    yang plg parah yang pertama x, mpe hari 2 malem..
    yang k2 cuma semalem ajah..

    lam kenal kak..

  20. rommya Post author

    @weeko: salam kenal jg. Wah bgm tuh pengalamannya menjelajah Lawang Sewu jam 12 malam ? Pasti seru baget ya ? Boleh di sharing pengalamannya nih…

  21. weeko

    Sebelumnya salam kenal ya Mas…membaca artikel ini saya jadi ingat pertengahan 2008 lalu saya berkunjung ke Lawang Sewu jam 12 malam. Ketika itu saya memaksa ingin masuk ke dalam tapi satpam yang bertugas melarang dengan alasan angker. setelah nego sebentar, dengan sedikit saya paksa akhirnya saya bisa masuk juga meskipun tak semua ruangan saya jelajahi.

  22. Pingback: Lawang Sewu - gedung seribu pintu di kota Semarang | Jalan Jajan Hemat

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.