You may read this article in English at http://UniquelyIndonesia.blogspot.com

Bagi para pembaca yang sering ke Bandung, tapi bosan hanya ke Factory Outlet dan mall saja, mungkin boleh mencoba sesuatu yang lain. Ingin menyaksikan kesenian tradisional bangsa kita sendiri? Tidak ada salahnya kalau Anda mampir ke Saung Angklung Udjo. Angklung merupakan alat musik tradisional yang terdiri dari gabungan beberapa pipa bambu dengan ukuran yang berbeda – beda dan dirangkai dalam suatu bingkai yang kecil dan di guncangkan untuk mengeluarkan bunyi dengan nada tertentu, yang biasanya dimainkan secara bersama-sama untuk menghasilkan harmonisasi nada.

Disini kita dapat menyaksikan pagelaran seni tradisional mulai dari wayang golek, tarian tradisional, musik arumba (alunan rumpun bambu), tari topeng, dan tentunya pagelaran musik angklung yang dimainkan oleh ratusan anak. Selain itu juga terdapat toko souvenir (art shop) yang menjual barang2 seni terutama seputar angklung. Harganya lumayan terjangkau lho. Mulai dari gantungan kunci, tempelan kulkas, pajangan angklung mini, hingga 1 set angklung yang dapat dimainkan. Ada juga wayang, topeng, dan hiasan untuk digantung di rumah.

Sayangnya watu kami ke tempat ini, kami baru tahu pertunjukkan baru dimulai pukul 15.30, sedangkan kami sudah harus kembali ke Jakarta lagi. Jadi kami hanya sempat melihat ke toko souvenir nya saja. Tapi kami coba membagikan foto saat pertunjukkan yang dapat dilihat secara lengkap di website resmi Saung Angklung Udjo. Mungkin di lain kesempatan, kami dapat menyaksikan pertunjukkan tersebut. Berdasarkan informasi yang kami terima, banyak wisatawan asing lho yang menyaksikan pertunjukkan di sini, malah terkesan mereka lebih antusias. Wah, masa orang asing lebih menghargai kebudayaan Indonesia, dibanding orang Indonesia-nya sendiri. Malu dong.. Saung Angklung Udjo ini sudah sering mendapatkan penghargaan lho (dalam & luar negeri), sering tampil di berbagai tempat, hingga ke luar negeri, masuk ke televisi, wah pokoknya hebat deh.

Harga tiket masuk pertunjukkan sebesar Rp 50.000 untuk WNI dan Rp 80.000 untuk tamu asing. Memang menurut kami sih ada baiknya tiket masuk pertunjukkan untuk WNI agak diturunkan, sehingga terjangkau untuk semua lapisan masyarakat agar dapat turut menyaksikan keseniannya dan turut bangga karenanya. Karena dengan tiket masuk Rp 50.000 / orang, tidak semua orang lho dapat mengajak keluarganya ke tempat ini, bahkan untuk orang Bandung nya sendiri, ironis kan ? Tapi untuk masuk melihat-lihat ke toko souvenirnya gratis koq. Silahkan saja mampir.

Petunjuk ke Saung Angklung Udjo

Petunjuk ke Saung Angklung Udjo

Untuk mencapai ke tempat ini mudah koq, Anda kalau dari tol Cipularang, keluar di tol pasteur, lalu naik jembatan layang, terus saja sampai ada petunjuk ke Cicaheum, lalu turun, dan ikuti jalan besar, Anda akan melewati deretan kios2 penjual kaos, dan sablonan, lalu kira2 100 m sebelum terminal Cicaheum maka ada petunjuknya untuk belok ke kiri masuk ke sebuah jalan yang bernama Padasuka. Lalu tidak jauh, Anda akan menemui petunjuk lagi ke lokasi Saung Angklung Udjo di sebelah kanan jalan. Tempat parkir cukup luas koq.

Mungkin Anda tertarik untuk mengajak rombongan ke Saung Angklung Udjo, silahkan menghubungi via telpon ke nomor di bawah ini. Mari kita jadikan masyarakat kita mencintai kebudayaannya sendiri, jangan sampai negara lain yang mencintai (bahkan memiliki) kebudayaan Indonesia ini.

Salam Jalan Jajan Hemat…

Saung Angklung Udjo

Jl. Padasuka 118, Bandung

Telp : (022) 7271714

Peta Lokasi Saung Angklung Udjo

Peta Lokasi Saung Angklung Udjo




About rommya

I am just an ordinary person who like to share my experience.

5 Thoughts on “Saung Angklung Udjo

  1. kapihatur ku karuhun nu tos nyayogikeun pangersa ti allah na, budaya sunda gumelar ku panerus runtut jeung rautna.

  2. Cukup rekomended. Setiap ada tamu dari luar, saya juga suka bawa ke sini. Souvenirnya cukup variatif dan harganya tidak merusak kantong. Suasananya enjoy. Tapi sayang, coba ada kafenya, minimal jual minuman dan cemilan lokal khas sunda seperti teh, bajigur, wedang, cireng, combro, bala-bala… Wah, dijamin makin asyik.

  3. alfreda carissa on April 6, 2011 at 6:26 pm said:

    mau buat film dokumenter tentang saung udjo. bisa gak?
    terima kasih

  4. ihsan Syahbuddin on December 12, 2012 at 6:38 pm said:

    Tiket buat pelajar gmn??..

  5. dhira devinda on January 3, 2013 at 9:39 am said:

    Harga tiket mahal untuk ukuran PNS dan pelajar..coba ada variasi harga tidak bulat 50 ribu…

Leave a Reply

Your email address will not be published.


eight + 1 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation