Singapore Science Center Spore

Singapore Science Center

Sains itu membosankan? Wah Anda perlu mengunjungi Singapore Science Center, karena tempat ini sangat menarik untuk anak2 maupun orang dewasa yang menyukai sains/iptek. Kalau dibandingkan dengan di Indonesia, kira2 sama dengan museum Iptek di Taman Mini Indonesia Indah, tapi mungkin 100x lebih bagus :)

Tempat ini berlokasi di 15 Science Centre Road, dapat dicapai dengan MRT, turun di stasiun MRT Jurong East, lalu berjalan kaki sekitar 10 menit. Dibuka mulai dari jam 10 pagi sampai jam 18.00, rasanya Anda perlu meluangkan waktu seharian jika ingin bermain dengan puas di tempat ini. Awas. setiap hari Senin tempat ini tutup.


Dimulai dari halaman depan sudah sarat dengan permainan2 yang bernuansa science, mulai dari jam surya, dasar2 telepon, kekuatan air, gaya gravitasi, optik, wah pokoknya lengkap deh, karena berada di halaman, maka permainan ini semuanya gratis. Tapi ternyata di dalamnya menawarkan permainan yang lebih menarik lagi, walaupun Anda harus membeli tiket masuk tambahan. Ada beberapa arena yaitu : Science Center, teater Imax, dan Snow City. Harga tiket masuk untuk Science Center itu sendiri adalah $6 untuk dewasa dan $3 untuk anak2, sedangkan untuk Snow City adalah $12 untuk dewasa maupun anak2 selama 1 jam(ada tambahan sewa sarung tangan jika Anda membutuhkan), sedangkan untuk teater Imax $10 untuk dewasa dan $5 untuk anak2. Saran saya cek apakah ada paket, biasanya ditawarkan paket untuk ketiga wahana tersebut, dan totalnya jauh lebih murah. Dan ketiga2nya recommend untuk dikunjungi terutama Science Center dan Snow City.

Dalam Science Center, Anda dan anak Anda dapat melihat, mempraktekan ilmu2 sains yg selama ini hanya dipelajari teorinya. Science menjadi menarik dan tdk membosankan. Wah banyak sekali deh yg ditampilkan disini, dari robotik, listrik, atom, pengungkit, atom, mesin, elevator, wah banyak deh saya tdk dapat menjelaskan satu persatu. Dan hebatnya lagi pada jam2 tertentu ada pertunjukkan langsung mengenai science, waktu itu diperagakan mengenai listrik, jadi ada demo yang melibatkan pengunjung tentang listrik, bagaimana listrik mengalir dan sebagainya. Sangat menarik… Anda tidak akan bosan berada di tempat ini. Wah andaikan di Indonesia ada tempat seperti ini, pasti siswa2 di Indonesia lebih tertarik dgn sains.

Wahana yang kedua adalah teater Imax atau Omni Theatre, mirip2 dengan Keong Emas di Taman Mini Indonesia Indah, tapi di sini layarnya lebih lebar dan berbentuk kubah, ada 2 judul film waktu saya ke sana yaitu Dinosaurus atau Human Body, dan judul ini senantiasa berubah sehingga pengunjung tidak bosan.

Snow City

Snow City

Wahana yang ketiga adalah Snow City. Disini kerinduan kita akan salju di negara tropis dapat terobati. Kita dapat bermain salju, berseluncur di salju (menggunakan ban sebagai alas), bahkan ada paket untuk bermain ski. Harga tiket sudah termasuk peminjaman jaket dan sepatu boot. Jika tangan Anda nyeri karena terlalu dingin, disana tersedia penyewaan sarung tangan. Dibandingkan dengan Snow World di Genting-Malaysia, saya lebih menyukai di Snow City-Singapura. Selain petugas yang  jauh lebih ramah, area peluncuran yang lebih panjang & lebar, jumlah ban (utk alas meluncur) yang jumlahnya lebih banyak sehingga tdk perlu lama mengantri, juga di dalam pun saat itu kami bebas menggunakan kamera foto, tidak seperti di Snow World yang melarang penggunaan kamera, bahkan kamera di handphone -karena mereka menyediakan jasa pemotretan di dalam arena. Kita menjadi tidak bebas untuk mengabadikan suasana yang sebenarnya sudah kita bayar. Kembali ke Snow City, disini Anda bisa bermain lempar2an bola salju asalkan tangan Anda cukup kuat menahan dingin. Tapi jika sudah tidak tahan, Anda dapat keluar sebentar untuk menghangatkan badan.

Waktu seakan berjalan cepat saat di Singapore Science Center ini, kelihatannya mesti disiapkan khusus 1 hari agar puas (saya saat itu hanya 0.5 hari disana, dan merasa kurang puas). Semoga kelak di Indonesia ada tempat yang sebanding dengan tempat ini agar memacu anak2 mencintai sains..

Salam Jalan Jajan Hemat

Tags: , , , , , , , , ,

12 Comments on Singapore Science Center (Singapura)

  1. pitshu says:

    huahhh… pitshu baru dari Spore, tapi lom sempet ke Snow City, Outrem Park (klo enggak salah nulis) dan ke Singapore Science City ^^

    Next pergi lagi mau di ubek2 lagi hahaha

  2. rommya says:

    Memang sih kebanyakan pengunjung singapore science center adalah keluarga yg membawa anak2, tp cukup menarik koq untuk anak2 muda (sekalian persiapan kalau sdh punya anak nanti) :D

  3. Wina-FK UNAIR says:

    Bulan lalu aq ke Singapore Science Centre, wow, aq jadi kepikiran utk membuat Monumen Perjuangan Mahasiswa Kedokteran yang modelnya mirip2 gitu ma SSC. hmmm…prinsipnya, dimanapun kaki berpijak, harus meninggalkan jejak!!!

  4. rommya says:

    @wika: Ayo, selamat berjuang. Jangan mau ketinggalan dgn negara2 tetangga. Bersama kita bisa :)

  5. akuh says:

    akuH tertarik neh dengan critanya…

    berhubung kaMu udah kesana..

    boLEh ga kamu detail ruang2 yangada disana…

    cz..akuh anak arsitektur yang mu ngebuat Science center untuk tugas ….heheheww…tengkyu..(cm pengen nambah refernsi ajah c)

  6. rommya says:

    @akuh: waduh detailnya sih ga ingat ya, tp seru deh disana. Mungkin bisa langsung lihat info nya di http://www.science.edu.sg/ssc/index.jsp saja agar lebih jelas. Thks

  7. pitshu says:

    Rom, g pernah ke snow world yang di genting, boleh bawa kamera kok kedalam. cuma untuk photo di rumah santa claus yang ada di luar emang ga boleh, kudu bayar, tapi kalo di dalamnya boleh kok! :)
    yang di sing malah lom coba hihihi :D

  8. antovito says:

    Luar biasa dari cerita anda sudah dpt dibayangkan “Wah”nya… Kebetulan, InsyaAllah sy akan studi ke Sing, itu pun kalo lolos tes he..he..:) terimakasih sharenya, nanti sy cari science citynya. Semoga ada yg bisa dicontoh, inspirasi or else, at least pengalaman.

  9. venny says:

    rom.. ak mau tanya dunk klo tmpt blanja n wisata yang asyik n murah di singapore apa ajah?
    thx

  10. Puspa says:

    kalau saya mau ke Jurong park juga selaen ke SSC, enaknya kemana duluan yak,Jurong Bird Park atau SSC duluan?

  11. sheren says:

    Itu cost nya $ US atau spore? hehe

  12. Hostel Murah singapore says:

    Tempat ini recomended banget deh.. Selain berwisata, kita juga bisa ajak anak2 kita belajar dan memperluar wawasan…

Leave a Reply