Sentosa01Pulau Sentosa ini adalah Dunia Fantasi-nya Singapura. Letaknya di sebuah pulau kecil, untuk mencapai kesana ada beberapa cara, yang pertama adalah naik cable car (kalau di Ancol namanya Gondola). Tarifnya untuk sekali jalan adalah $9.9 untuk dewasa dan $4.5 untuk anak2, sedangkan untuk pulang-pergi tarifnya adalah $10.9 untuk dewasa dan $5.5 untuk anak2. Semua harga yang saya sebutkan adalah harga per Juni 2007. Cable car ini akan melintasi selat kecil, cukup menegangkan, tapi sangat indah pemandangan dari atas cable car. Anda bisa melihat kapal-kapal besar yang sedang berlabuh, karena letak cable car ini di Harbour Front Center, pelabuhan Singapura. Anda dapat membeli paket2 ke Sentosa berikut cable car ini, yang harganya lebih murah dibandingkan membeli satu persatu wahana yang akan Anda kunjungi. Cara kedua adalah dengan menggunakan Sentosa express, yaitu seperti MRT tapi ukuran kecil dari mal baru yang bernama VIVO city. Cara ini lebih murah dibandingkan dengan cable car yaitu sebesar $3 untuk dewasa maupun anak, kebanyakan warga Singapura menggunakan cara ini untuk ke Sentosa. Cara ketiga adalah melintasi dari jalan darat yaitu menggunakan bus Sentosa, tarifnya sama $3 untuk dewasa maupun anak2. Cara keempat menggunakan mobil pribadi, Anda perlu membayar sebesar $2 per orang dan $2 untuk parkir mobil, hal sama jika menggunakan taksi, dikenakan $2 per orang, sepertinya sih taksi tdk dikenakan biaya tambahan utk parkir.

Di pulau ini Anda akan mendapati beberapa wahana seperti :
Sentosa - Fort Siloso 1. Fort Siloso :Tiket masuk $8 untuk dewasa, dan $5 untuk anak2. Tempat ini adalah bekas benteng pertahanan Inggris saat pecah perang dunia ke-2. Di dalamnya terdapat lukisan, foto dan patung-patung lilin yang menggambarkan suasana perang saat itu. Ruang-ruang terawat baik, petunjuk2 & penjelasan terpampang dan sangat informatif, bahkan ada diputar film2 dokumenter. Disini terdapat pancuran air minum sejuk yang dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan dahaga karena udara di lokasi biasanya cukup panas.

2. Pantai : Di Sentosa terdapat beberapa pantai di lokasi yang berbeda yaitu Palawan, Siloso dan Tanjong. Banyak anak2 muda yang bermain di pantai ini, apalagi kalau sedang diadakan acara2 seperti di malam Tahun Baru, pantai ini akan ramai sekali. Menurut saya pantai ini sangat kecil dan terkesan buatan (tidak alami) dibandingkan dengan pantai Ancol, tapi sangat bersih dan terawat.

Sentosa - Merlion3. Merlion Walk : Tiket masuk $8 untuk dewasa dan $5 untuk anak2. Ini adalah bangunan berbentuk patung raksasa lambang negara Singapura, yaitu Merlion yang artinya Mermaid dan Lion, atau macan yang berbuntut ikan duyung. Di dalamnya, kita mendapati suasana di dalam laut, setelah itu kita akan menyaksikan pemutaran film legenda Singapura, asal usul nama Singapura dsb. Lalu Anda akan naik lift menuju ke atas, ke mulut maupun ke atas kepala dari Merlion ini. Dari atas Anda dapat melihat keindahan Sentosa dan juga Singapura. Lalu setelah turun Anda diminta memasukkan koin -yang sebelumnya diberikan petugas di pintu masuk- ke dalam mulut beberapa patung merlion kecil, dan Anda akan mendapatkan souvenir sesuai keberuntungan Anda. Lalu sebelum keluar, Anda akan melewati toko yang menjual souvenir, pakaian, boneka yang mempromosikan tempat wisata Sentosa.

Sentosa - Sky Tower4. Sky Tower : Tiket masuk $12 untuk dewasa dan $6 untuk anak2. Dari sebuah ruangan kaca panoramic, kita akan dibawa naik ke atas menara secara berputar perlahan. Anda dapat melihat dengan jelas pemandangan dari ketinggian 131 m.

5. Waterworld : Tiket masuk $19.90 untuk dewasa dan $ 12.70 untuk anak2, termasuk tiket masuk Dolphin Lagoon. Wahana ini kurang lebih sama seperti Sea World di Ancol, kita dapat melihat kehidupan di bawah laut dari sebuah akuarium raksasa. Tp kalau dibandingkan harganya lebih mahal dari SEA World ya.. Kalau mau menantang, ada paket berenang bersama ikan hiu lho, harganya $95 / orang (sdh termasuk tiket waterworld & dolphin lagoon)

6. Dolphin Lagoon : Tiket masuknya include di tiket masuk Waterworld. Di sini kita dapat melihat atraksi lumba2 (kira2 sama dengan Sinema 4D nya Ancol yang termasuk pertunjukkan atraksi binatang2). Tersedia pula paket berenang bersama lumba seharga $150/orang (sdh termasuk tiket waterworld & dolphin lagoon).

7. Butterfly Park & Insect Kingdom: Tiket masuk $10 untuk dewasa dan $6 untuk anak2. Di sini Anda dapat menemukan kira2 1500 kupu2 hidup dari 50 species dan sekitar 3,000 species serangga. (Saya sih tdk mengunjungi tempat ini, lihat serangga aja koq bayar mahal :D)

Sentosa - Skyride8. Luge & Skyride : Tiket masuk $ 9 untuk dewasa dan anak2. Anda akan menuruni bukit yang berkelok-kelok dengan menggunakan kendaraan seperti mobil (lebih tepat seperti gokart), tanpa mesin. Sebelumnya Anda akan menaiki lift seperti pemain ski untuk menuju ke atas bukit.Sentosa - Luge

9. Images of Singapore: Tiket masuk $10 untuk dewasa, dan $7 untuk anak2. Semacam museum sejarah Singapura.Cukup mahal dibanding harga tiket masuk museum di Indonesia :D

10. Pertunjukan laser. Waktu pertama kali saya ke Sentosa, pertunjukkan ini gratis, atraksi yang sangat memukau. Perpaduan antara music, gerak & tari, air mancur dan sinar laser. Tetapi terakhir saya kesana, ternyata atraksi dibuat lebih canggih dan menarik dengan nama Songs of the sea, tapi sayangnya sekarang harus mengeluarkan biaya tambahan, yaitu sebesar $6 untuk dewasa maupun anak2.

11. Flying trapeze: Tiket $7 untuk satu kali ayun. Ingin merasakan menjadi pemain sirkus melayang di tali dengan cara aman? Silahkan mainkan permainan ini.

Selama Anda di pulau Sentosa ini, Anda dapat menggunakan shuttle bus ataupun monorail yang tersedia secara gratis, jadi tidak membuat kaki Anda terlalu pegal. Tapi ingat jika Anda membeli tiket cable car, pastikan Anda tidak tertinggal jadwal terakhir cable car.
Secara umum, menurut saya Taman Impian Jaya Ancol memiliki potensi yang jauh lebih bagus daripada Sentosa, tapi kita masih perlu belajar banyak dari Singapura untuk memelihara dan mengembangkan industri pariwisatanya. Dan rasanya belum lengkap kalau Anda ke Singapura namun tidak mengunjungi Sentosa ini.
Salam Jalan Jajan Hemat..

by

Tags: , , , , , , , , , , ,

27 Comments on Sentosa Island (Singapura)

  1. ingkan says:

    bener pak,
    sentosa sekarang bagus banget..
    sebelumnya kesana 2003, biasa banget, bagusan ancol malah
    terakhir desember 07 kemarin.. wah, terbengong-bengong liat kemajuannya, terutama setelah bisa naik skytrain dari vivocity..
    bener2 keren..
    cuma sayang waktu terakhir itu pas lagi liburan natal dan tahun baru, jadi pengunjungnya penuh tumplek plek plek.. :-)

  2. rommya says:

    @ingkan: sptnya Sentosa terus membenahi diri. Memang kalau pas liburan Natal pengunjung membludak, tapi suasanya jg mantabs lho..

  3. ira says:

    saya, tidak sengaja menemukan blog ini.ternyata isinya bermanfaat untuk orang yang suka traveling murah seperti saya.Sentosa memang keren…. tapi lumayan mahal juga.menurut saya tempat di singapura yang tidak bisa di hemat2 ya sentosa island ini.tapi katanya blum ke singapur kalau blum ke sentosa

  4. rommya says:

    @ira: salam kenal, silahkan kita sharing informasi tempat2 utk jalan2 & jajan yg hemat. Betul kalau kita ke Sentosa ini jangan dihitung ke kurs IDR, pasti jadi ga rela :) Tp tanggung kalau ke spore tapi ga ke sentosa. Salam Jalan Jajan Hemat

  5. ricky jope says:

    hi… salam kenal.
    saya baru 3 minggu di negeri singa, waktu itu saya tanya pada teman saya dimana aja tempat wisata di spore, dia nyaranin juga ke Sentosa.
    Tapi jangan sendirian katanya, Ajak keluarga juga. bener kata ira kalo blum ke sgpore kalo blum ke sentosa sono.

  6. rommya says:

    @ricky: salam kenal juga. Sentosa memang tempat wajib utk yg berkunjung ke spore. Tapi rasanya sih cukup dikunjungi sekali saja. Jika ke spore lagi yah tdk perlu kesana lagi.. Masih lebih seru Dufan (Dunia Fantasi) di Ancol Jkt lho :)

  7. hendrik says:

    menurut aku masih bagusan tempat hiburan kota dumai(riau)karena di sini ada tempat rekreasi danau buatan adanya pantai purnama dan puak? coba deh datang ke dumai,nanti kalau bisa aku bantu tunjuki tempat nya.
    hubungi flexi aku ya,07657023883.oke dah………….?

  8. rommya says:

    @hendrik: Salam kenal & trims atas infonya. Utk rekan2 yg berniat ke riau silahkan contact2 ke bp hendrik ini. Saya pernah main ke dumai waktu ada kerjaan di Caltex. Sayangnya tdk sempat jalan2.

  9. meonks says:

    mas rommy, boleh tau gak membeli paket2 ke Sentosa berikut cable car ini, yang harganya lebih murah itu saat ini berapa harganya ya? dan mohon sarannya jika ingin mengunjungi sentosa island, sebaiknya brangkat dr jam brapa ya? dan paling lambat kembali ke kota singapur jam brapa?

  10. yani says:

    wah.. webside ini benar-benara membantu. karena dalam waktu dekat ini mau jalan- jalan ke singapore. Terimakasih mas Rommya

  11. [...] pemandangan dari atas cable car di Genting ini jauh lebih indah dibandingkan cable car yang menuju Pulau Sentosa di [...]

  12. imelda says:

    thx utk infonya..
    no nanya dikit, kalo naik Sentosa Express itu harga utuk 1x kali jalan ya? ada yg paket utk pp ga? berhubung aku bakal pergi kesana rame2, jd kan lumayan kalo ada paket murah. hehe..

  13. amel says:

    Pak Rommy, kalo jadi nae plane, rencananya saya nyampe jam 21.40 pm di Singapore dr KL, mau nginap di China town ( Seasons Peak Apartment), dari Bandara Changi, jadi musti naik apa ya yang hemat ke tempat nginap tersebut?? Saya denger banyak kasus flu burung, enaknya diundur saja ??
    trus besoknya enaknya kemana dulu ya? kendaraannya?
    Thanks berat yaaaaaaaaaa

  14. Geiska says:

    om atau mas rommy hehe makasih ya infonya, ngebantu banget saya mau liburan ke spore sama 2 teman saya mengisi liburan kelulusan sekolah, saya mau nanya juga, itu harga2 yg diatas sampe tahun ini masih segitu? terus mau lagi dong tempat2 yg seru selain sentosa,science dan lain lain. makasih banyak ya om atau mas rommy makasih :)

  15. novita says:

    mas rommya, met kenal yaa, plzz infoin dunk tempat makan yang murmer di sentosa island dimana? kl bawa makanan dr luar gpp yha?? thx yaa..

  16. rommya says:

    Waduh, sorry sdh lama tdk membalas comment, ternyata sdh banyak pertanyaan. Saya coba jawab ya:
    @meonks: Juli 2009 saat saya kesana harga2nya sdh banyak berubah, nanti saya coba update lagi deh. Kalau mau ambil permainan2 memang sebaiknya ambil paket2 yg ada akan lebih murah. Berangkat ke Sentosa sebaiknya dari jam 12 siang agar lebih puas. Kl Singaporean kebanyakan ke sentosa jam 3 agar sudah teduh. Kembali lagi ke kotanya sih jam 9 malam juga oke, paling tidak setelah menonton Song of the Sea deh.
    @Yani : Trims atas commentnya, semoga jalan2nya menyenangkan ya
    @imelda: harga sentosa express itu utk pulang pergi koq, paket setahu saya sih tdk ada ya. Tp tdk ada salahnya ditanyakan di loketnya
    @amel: Seasons park yang di Yio Chu Kang ? Kalau mau irit, bisa naik MRT turun di MRT station Yoi Chu Kang, lalu bisa sambung jalan kaki sekitar 15 menit. Srkg memang banyak kasus swine flu dimana2, yg penting jaga kebersihan & kesehatan.
    @Geiska: Banyak yg sdh berubah harganya, nanti saya update2 lagi
    @novita: Bawa makanan dari luar boleh koq. Kalau mau yg murmer, bisa cari foodcourt di Palawan Beach, Koufu foodcourt. Ada jual nasi hainam
    harganya SGD 4.

  17. Tata says:

    Sentosa..itu kyk ancol versi terawat..bnr tu ckup 1x jgn byk..

  18. suspenti says:

    Duch! Kangen ma S’pore nich,trakhir ksana dec’07.K sentosa dah 2x,tp lum bgs saat tu,skg bnyk kmajuan n bnyk hal baru.Pgn rasa’y ksana lg,cm g da wkt.Dulu setiap thn,sblm b’kluarga tp skg wkt’y.Toa payoh,chinatown,bnyk d aq kangen jalan2 lg.Tp skg lmyn mahal dsentosa,naik x y hrg’y.

  19. aisyah says:

    hay saya mau nanya kalo di sini menerangkan tentang merlion ga? tolong di bales ya..

  20. Erieza Azie says:

    Mas… ada nomor tlp pengelola/ travel untuk guide di pulau sentosa gak…? di reverensiin dunkzz…thanks

  21. Noenx says:

    Wah..seneng bgt nie bs tau bnyk ttg sgpore,dr panjenenganipun krn tgl 19 sy n 2 putri sy di ajak nenekny jalan2 k sana n di undang temenny lumayanlah ga perlu hotel he he tp krn mendadak ya dpt tiketny ya tiket mdadak tp ga papa kok itu udah ngehemat bnyk bgt krn 5 hr kalikan aj kalo kita nginep d lucky plaza apartemen dah brp sendiri bs ke sentosa islan kallee.thx dah hm infony komlit

  22. hera says:

    Thanks infonya… senang sekali bisa jalan jalan ke Singapur , dan memang Sentosa itu benar2 enjoyable. Saya baru sempat ke Universal Studio nya aja, inginnya menjelajah semua permainan di Sentosa Island. Waktu 3 hari tidaklah cukup untuk menikmati Singapura secara utuh. Banyak tempat yang menarik di Singapura, rasanya ingin ke sana lagi.

  23. novita indriyati says:

    Singapura memang layak disinggahi bagi yang py dana lebih krn suasananya yang menyenangkan, banyak kuliner (indonesia, india, cina, dll), terakhir kita kesana 4 tahun yg lalu, … renc. insya allah tahun ini mau kesana lagi (lewat rekreasi kantor suami he…he…)

  24. [...] ini terletak di Sentosa island, jadi selain Anda dapat bermain di pulau Sentosa, sekarang ditambah dengan wahana baru yaitu USS. Untuk mencapai Sentosa ini, cara yang paling umum [...]

  25. Anda Suhanda says:

    Bagaiman dengan kondisi terkin di tahun 2011, aoakah ada kenaikan ticket atau yang lain-lainnya. Bisa kasih info kepada saya. Terima kasih.

  26. herman says:

    saya berencana akan ke singapura 4 hari ,bisa beritahukan ,rute perjalanan/tempat tempat yang layak untuk dikunjungi dan bagaimana cara untuk ke sana dan biaya

  27. meri says:

    kalau di jumlahin semua, berapa sih harganya ? isa di tawar ndak ? =D

Leave a Reply