Jalan Jajan Hemat

Tempat wisata di Singapura

Tempat wisata yang rasanya sayang kalau terlewatkan saat Anda berkunjung ke Singapura adalah Marina Bay, Esplanade, Patung Merlion, Fountain of Wealth. Yang paling wajib dikunjungi mungkin adalah Merlion, simbol negara Singapura. Beberapa kali saya ke Singapura, tempat ini tidak saya kunjungi, tapi rasa menyesal itu terobati saat saya menyediakan waktu khusus untuk mengunjungi tempat ini.

Singapore-Marina BayTempat ini berada di daerah yang berdekatan. Untuk berkunjung ke tempat ini, kita dapat menggunakan MRT lalu turun di station Raffles Place, nah dari sini sepanjang sungai kita dapat menikmati keindahan sungai di Singapura. Kebetulan waktu itu saya berkunjung di malam hari, sangat romantis suasana di pinggir sungai itu diterangi lampu2 yang indah dan tidak bau seperti sungai2 di Jakarta. Di seberang sungai terdapat sebuah bangunan yang ternyata museum. Museum ini adalah Asian Civilisations Museum, namun sayangnya sudah tutup jadi hanya bisa memfoto bangunan dari luar saja. Lalu juga terdapat hotel Fullerton yang megah.

Singapore-Merlion Setelah berjalan beberapa saat kita dapat menemukan patung merlion yang menjadi simbol negara Singapura ini. Terdapat dua buah patung, yang satu besar dan satunya versi mini. Di tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Boleh percaya atau tidak, tapi tempat ini sukar untuk ditemukan lho, padahal sepertinya sangat mudah dicapai, tapi saya dan beberapa teman saya yg ke Singapura memiliki kesulitan menemukan lokasi si Merlion ini lho. Aneh ya..

Singapore-EsplanadeTidak jauh dari patung merlion terdapat gedung esplanade. Gedung ini cukup unik karena berbentuk seperti durian. Di gedung ini sering diadakan pameran2 maupun konser2 seni. Rasanya di Indonesia belum ada gedung yang setara dengan gedung esplanade ini sebagai tempat pagelaran seni.

Singapore-SuntecAda sebuah kawasan yang bernama Suntec City, dalam area tersebut terdapat mal, kantor, ruang exhibition & konferensi. Dan ada sebuah area di dalam area tersebut yang terdapat Fountain of Wealth, dimana pada jam2 tertentu akan terdapat pertunjukan yang menampilkan semburan air dari atas bangunan berbentuk cincin tersebut. Bahkan dimalam hari pada jam tertentu akan ada pertunjukan laser yang cukup memukau. Ada kepercayaan jika kita memegang air yang keluar dari air mancur tersebut, maka akan mendatangkan keberuntungan, kesehatan dan lain2… berhubung sudah sampai sana, yah sekalian saja ikutan dalam ritual mengelilingi fountain tersebut sambil memegang air yg keluar..

Salam Jalan Jajan Hemat

347 thoughts on “Tempat wisata di Singapura

  1. Lisa

    Hi Bp Bahar

    Saya berencana pergi kuala lumpur – singapura skitar tgl 20 juni – 25 juni. Saya ber 5 (3org dewasa, 1 orang tua dan 1 anak usia 13thn).

    Karena ini wisata keluarga dan ingin mencoba wisata ala backpacker yang pertama kalinya..mohon bp bahar bisa merefensikan ke saya mulai dari rute yang harus saya kunjungi saat disana serta hotel dan transportasi berikut dengan kulinernya.

    Tq Bp Bahar..saya tunggu infona ^^

    -Lisa-

  2. Lidya

    Hallo, saya mau minta petunjuk ke singapore untuk route tempat2 yang worth it dikunjungi. saya rencana pergi di tanggal 14-17 july 2011 6dewasa, 1 anak(2thn). Lalu tempat penginapan apartment atau hotel yang dapat menghemat.

  3. yanty

    Malam Pa Bahar… Saya ada rencana k sgpore bln September nanti (skitar minggu kdua). Saya masie bingunk antara nginap di hotel aTau apartment. Pengen murah maksudnya. Ada referensi hotel n apartemen yg budgetnya murah ga? Saya ber 6 dewasa n 1 anak. Kmrn ada nanya apartemen, tp lupa daerah mana… Budgetnya 130 dlr sg/hari. Apa ada yg lbh murah y atau mending di htl? Thx u/ infonya ya pa… Pst sgt berguna 🙂
    O iya sbelumnya saya sdh prnh k sgapore 2x, nginap di summer view (mahal), di 81 china town (skitar 800’an, strategis bgt) n trkhr di 81 aljunied (klo g slh 450’an). Apa ada lbh murah dr 81 aljuned ya tp kondisi htl bgs, hehehe

  4. Ria

    Halo pak Bahar,

    Salam kenal sebelumnya ya pak. Saya, suami dan anak2 (6th dan 16 bln) berencana akan ke Singapore pd tgl 5 Juni sore s/d 10 Juni siang dan menginap di hotel Peninsula. Sy ada beberapa pertanyaan pak:
    1. Kami rencana akan mengunjungi USS, patung Merlion, dan Bugis Junction. Obyek wisata apa lg ya pak yg kira2 bs kami kunjungi dgn menggunakan transport MRT atau taksi dan bagaimanakah rutenya dr hotel?
    2. Kuliner apa ya pak yg murah, enak dan halal di sekitar area hotel?
    3. Sepengetahuan sy di Singapore ada supermarket khusus organic, dimanakah tepat letaknya pak? Atau adakah supermarket didekat area hotel?

    Terima kasih pak Bahar,
    -Ria-

  5. Maria

    Dear Pak Bahar,
    Pagi pak, saya rencana ke SG tgl 11- 17 Juni. Sampai di Changi jam 2 siang dan pulang tgl 17 Juni jam 8 pagi.Saya menginap di daerah Orchard. Yang saya ingin tanyakan,
    1. Kalau dr Changi ke Orchard naik taxi, kira2 brp harga nya?
    2. Tolong buat kan itinerary nya donk beserta harga nya. Rencana saya ingin ke USS juga.
    thx..

  6. Prisca

    Dear P.Bahar,
    Sy renc ke Spore tgl.20-23 malam, kami inap di HardRockHotel dkt USS.Sy bw anak saya yg 2SMP&4SD, kira2 having fun schedule nya bagaimana yah? Tqb4.

  7. Mui

    Dear Pak Bahar,

    Sy renc ke S’pore tgl.14 Mei 2011 dr Jkt Jam 07.00 pulang 17 Mei 2011 dr S’pore jam 21.30, nginap di summer view hotel dr changi naik MRT turun dimana ? Kira2 sebaiknya saya ke tempat wisata mana saja & bgm cara menyusun jadwal yg baik. Thanks a/ bantuannya.

  8. raymond

    Dear Pak Bahar,

    Saya ada planning pergi ke singapore berdua di tanggal 15 – 18 Mei 2011 ini. Pls advise tempat2 menarik yang harus dikunjungi minimal USS, Esplanade, Clark Quay, marina bay, china town, song of the sea. pls advise juga kalau ada tempat wisata menarik lain dan tempat shopping + wisata kuliner yang enak khas singapore seperti kepiting dan jajanan2 nya beserta guidance rute MRT nya 🙂 untuk tempat menginap,saya juga belum booking apakah bisa dibantu rekomendasi hotel menginap yang murah tapi cukup nyaman? saya sampai di sing siang lunch time dan pulang dari sing jam 5 sore.
    Thanks bantuannya and really looking forward for your reply soon. thank youuu in advance

  9. merry

    Sore Pak Bahar,

    Saya sekeluarga ber-7 termasuk 1 org lansia, rencana berlibur ke singapura 3 hari 2 malam tiba kira2 jam 4 sore di changi,pulang dr bandara jam 1 siang. Karena kita baru pertama kali,maaf ya kalau pertanyaannya banyak.Kita menginapnya di people’s park,kalau dari changi sebaiknya kita ambil rute MRT yang mana ya? dan tujuan kita mau ke Orchard Road,Bugis,Merlion&Esplanade,Clarke Quay ,USS,chinatown dan mustafa,Singapore botanic garden. Gampang ga ya tempat2 wisata ini dicapai dr peoples park seperti dr jalur MRT atau bis yang ada di dekat apartemen?

    Terimakasih banyak pak untuk kesediaan waktunya mau menjawab pertanyaan saya ini .

  10. melani

    @pak Bahar

    hallo pak,bsok siang saya ke singapore,slama 3 hari.yaitu sampai dgan tgl 5.pulang ke jkrta lagi pukul 05.20.saya menginap di area bencoolen dekat orchad road.tolong info dan kasih solusi jadwal nya yaa pak…dan mesti naik apa aja ke tempat yg dituju.dan harga ticket yg akan dikunjungi.dan sekalian tolong info tempat makan yang murah2 dan enak2.,sebaiknya saya nanti pergi pergi bawa koper atau jangan yah??terimakasih pak kalo langsung di replay,karna mepet sekali.

  11. hendri

    @pak bahar:
    saya ingin ke singapure untuk coaching saya sendiri kira kira tempat penginapan yang murah dan yang deket uss dimana ya pak atau stadion singapure
    terimaksih atas informasinya

  12. bahar

    @Maudy :
    Dari Airport ke Hotel Ibis Bencoolen, Naik MRT aja Ke Stasiun MRT Bugis (ongkosnya $1,46) dilanjutkan dengan jalan kaki ke Hotel sekitar 350 meter, kalau naik taxi ongkosnya sekitar $18-$19. Untuk tujuan wisata dihari pertama, langsung aja ke Orchard yang suasananya Singapur banget, dilanjutkan dengan ke Merlion park pada sore/malam dari sini MBS yang menjadi ikon terbaru Singapura bisa dinikmati keanggunannya, makan malamnya bisa di Glutton Bay (Makan Sutra disamping gedung Esplanade dan pada malam hari kalau tidak capek bisa melihat-lihat ke Mustafa Centre kali aja ada yang menarik buat oleh2

  13. bahar

    @Rachma :
    Dari Changi Airport ke Apartemen Chateau Eliza naik MRT aja ke Stasiun MRT Orchard ongkosnya $1,52/orang, setelah itu jalan kaki kira kira 500 mtr. kalau naik taxi ongkosnya kira kira $23.
    28 Mei :
    – Orchard Rd hingga jam 14.00
    – Marina Bay Sands (Naik Bis no. 133 dari Lucky Plaza turun didepan MBS), naik ke Sand Sky Park dari tower 3 (bayar $20/orang)
    – Merlion dan sekitarnya (sore hingga malam)
    – Kalau belum ngantuk ke Mustafa Centre
    29 Mei :
    – Universal Studio, tiket masuk $65 buka mulai jam 09 pagi
    – Song of the Sea $6(jam 19.40), bisa sekalian nonton Cranedance jam 21 malam (gratis)
    30 Mey :
    – 06.30 Singapore Botanic Garden (Gratis)
    – 09,00 C/o dan langsung ke Bugis (Bugis Junction, Bugis Street) atau ke Chinatown (pagoda St) utk beli oleh2
    – 11.30 ke Bandara

  14. Lia

    Hello Pak Bahar,

    Tks banget , detail sekali rute ke Toa Payoh, Lia yakin deh gak bakal kesasar Pak :-)tapi untuk jadwal keliling bandara Lia akan taro dihari terakhir deh (bagus banget idenya :))
    Untuk skedulnya tgl 4 Juni atau hari pertama kami tiba di Singapore jam 14.00, berarti setelah taro koper di hotel kan masih ada waktu jalan nih Lia tolong dibuatkan jadwal jalan2nya donk Pak Bahar yang sesuai untuk 2 anak usia 7 dan 11 tahun serta 2 dewasa sd tgl 9 Jun jam 12.00 siang.

    Oh ya, tempat yang mau dikunjungi USS, Singapore Science center, Merlion State, Singapore Zoo, Litlle India, Sing Flyer, Orchad road, dll, kalo bisa ke Malaysia rencana sih cuma mau ke Johor, dari Toa payoh ke Johor gimana rutenya yah Pak dan di Johor itu ada tempat rekreasi anak atau yang khas gak?
    Sorry banyak nanya nih Pak, Lia mau jadikan sweet holiday buat anak2 hehe… Sebelumnya Tks yah Pak Bahar.

  15. Maudy

    Pak Bahar yang baik,

    Saya, suami dan anak (1,5 tahun) mau ke Sing 26-28 May (3 hari 2 malam), tiba di Sing sudah agak siang (14.00), kami menginap di Ibis Bencoolen, kalau dari Changi lebih baik naik MRT atau taxi ya pak? Lalu kira2 agar waktunya pas dan tidak sia2 kira2 tujuan wisata di hari pertama itu kemana saja ya pak?

    Terima kasih banyak pak Bahar…

  16. Rachma

    Siang Pak Bahar..

    Saya ber-5 (4 dewasa + 1 anak) ke singapore 28-30 Mei 2011 (3 hr 2 mlm). Berangkat jam 7 pagi, plg jam 14.25. Menginap di Chateu Eliza Apartment 18 Mount Elizabeth (orchard somerset 301). Kalo dari changi lebih baik naik apa yg murah tarifnya? Apartemennya dkt MRT apa ya?

    Tolong dibuat itinerary dan tarif tempat wisata selama disana donk, sejak dari c/i ~ c/o.. En kalau mau ke USS sekalian malamnya nonton song of the sea, saya harus kesana jam brp, supaya paginya bisa ke tempat wisata lain dulu.

    Tks sebelumnya pak..

  17. bahar

    @sofyan :
    1. Untuk menginapnya pada dasarnya dimana saja kalau wilayahnya masih di Singapura tidak masalah, yang paling penting adalah cari penginapan yang dekat dengan MRT atau Shelter Bis supaya mudah dsn murah kalau mau kemana2, bahkan pada saat Musim liburan cari penginapan susah sehingga biasanya disiasati dengan menginap di Johor Bahru dimana Harga Hotel dan makannya jauh lebih murah,sedangkan transport dari Johor ke Singapura MYR 1,7 yang dapat ditempuh dgn waktu kurang lebih 40 menit.
    Jika Pak Sofyan menginap di Lucky Plaza harganya lebih mahal dp tempat lain tapi punya nilai tambah sprt. suasananya ditengah pusat perbelanjaan elite, cari makan gampang, sangat dekat dengan MRT Orchard dan Halte bis.
    2. Kalau bawa barang sebaiknya naik taxi saja, 2 dewasa dan 3 anak pas satu taxi.
    3. dari KLIA cukup jauh Ke KLCC, jadi tidak usah masuk kota,nanti masalah kalau telat. yang paling dekat dari situ adalah arena balap Sepang.
    Selamat berwisata Pak Sofyan …!

  18. bahar

    @raja :
    -Dari Airport ke Hotel lebih baik naik MRT (Cepat dan Murah), supaya tahu route2 MRT minta Map/Peta yang bisa didapatkan secara gratis pada loket didekat pintu masuknya, Stasiun MRT yg terdekat dengan hotel anda adalah Novena
    Tempat yang menarik untuk anda kunjungi adalah :
    – Orchard Road,Boat Quay, Clarke Quay, Singapore River atraction, Chinatown, Tempat2 ini dapat dicapai dengan naik Bis No.139 dari Halte dekat Hotel anda)
    – Little India hingga ke Mustafa Centre (naik Bis no. 131 dari Hotel anda)
    – Vivo City/ Harbourfront (Bus No.145), dari sini anda bisa lanjutkan ke Sentosa Island untuk bermain di USS.
    – Singapore Flyer, Merlion Park hingga MBS juga dapt dicapai dengan bus atau MRT yang penting perhatikan route bis yang ada disetiap Halte
    – Bugis Area (Bugis Juction, Bugis Village, Bugis Street dan Kampong Glam) dapat dianda Capai dengan MRT dari Novena

  19. bahar

    @nita :
    Nginap di Hostel untuk Backpacker, paling banyak didaerah Bugis dan Little India, tarifnya rata-rata S$20/orang/malam. Penginapan ini biasanya dari Ruko-ruko yang dimodifikasi keuntungannya selain biaya murah, cari makannya juga gampang karena biasanya dekat dengan Hawker Centre

  20. bahar

    @Lia :
    Setibanya di Changi Airport, Ikuti jalur/tanda yang menuju ke Check Point Imigrasi, setelah urusan Imigrasi selesai silahkan ambil bagasi (kalau ada) selanjutnya perhatikan semua petunjuk arah yang ada diterminal manapun anda tiba (di Changi airport ada 4 terminal masing2 Terminal 1 (T1), T2, T3 dan Budget Terminal. T1, T2 dan T3 dihubungkan dengan Sky Train gratis, sedangkan untuk ke Budget terminal bisa menggunakan Free Shuttle Bus.
    Saran : Setibanya di Changi jangan langsung keluar, silahkan jalanjalan dulu misalnya Jika kedatangannya di T1 anda bisa Jalanjalan ke T2 dan T3 dengan menggunakan Sky Train, ikuti saja petunjuk arahnya berupa tanda panah diatas Plafon (misalnya; Sky Train To T2) sky train ini akan datang hanya dengan hitungan menit. Disetiap Terminal ada banyak toko maupun Restoran dengan harga sama dengan didalam kota (ada kurang lebih 80 toko diChangi airport), jadikan ini adalah bagian dari kunjungan wisata anda.
    – Setelah puas di Changi silahkan menuju ke Toa Payoh (Penginapan), bisa dengan :
    ***Taxi dari terminal mana saja, atau
    ***Shuttle Bus Service dari Changi Langsung ke Pintu Hotel dengan ongkos S$7/Orang (counternya ada di pintu keluar setiap terminal tapi bayarnya sama sopir diatas Bis). atau
    ***Naik MRT dari Stasiun MRT Airport T2 ke Stasiun MRT Toa Payoh, caranya adalah bisa beli tiket perkali jalan di GTM (General Ticketting Machine) dengan uang jaminan yang bisa diperoleh kembali diGTM setelah tiket dikembalikan (kekurangannya adalah harus beli tiket setiap kali menggunakan MRT), Cara yang paling mudah adalah :
    Beli EZ Link Card dikounter EZ-Link (letaknya disebelah kiri agak kebelakang dibawah Escalator, jadi kalau turun ke Stasiun MRT tengok kesebelah kiri dibelakang anda disitu ada kounter EZ-Link Harganya S$12 ($5 harga tiketnya,$7 isinya) selanjutnya kartu ini bisa diisi ulang diGTM dengan minimal $10 setiap pengisian, caranya letakkan EZ-Link di Card Holder maka GTM otomatis membaca Saldo uang yang ada di kartu, selanjutnya tekan/Touch tulisan Add Value dan masukkan uang maka mesin akan otomatis membaca saldonya.
    Cara penggunaan EZ-link : hanya dengan menempelkannya pada pada pintu masuk sebelah kanan anda (yg ada gambar kartunya maka pintu masuk stasiun akan terbuka silahkan masuk dan pilih jalur tujuan demikian pula pada saat anda keluar stasiun tempelkan kartu dan pintu keluar akan terbuka.
    (Keuntungan menggunakan EZ-Link : Selain MRT, juga bisa digunakan untuk naik Bis Kota caranya sama, tempelkan kartu EZ-Lik pada saat naik dan turun dari Bis,ingat jika lupa menempelkan katu pada saat turun maka kartu anda akan dicharge seharga jarak terjauh. Selain itu bisa dipakai belanja di 7-11 atau beli minuman dan yang paling penting adalah tarif MRT dan Bis 30% lebih murah bila menggunakan EZ-Link Card).
    Note : Anak anak dgn tinggi,
    – Kurang dari 90Cm gratis naik MRT maupun Bis.
    – 90 – 120 Cm (usia kurang dari 12 th) bayar tiket anak.
    Setelah punya EZ-Link silahkan masuk ke Platform dan naik MRT menuju MRT Tanah Merah/stasiun perhentian ke 2 (MRT dari Changi hanya sampai Tanah Merah)disini anda pindah Train yang akan membawa ke Kota (sangat mudah dijamin tidak akan bingung,hanya jalan 5 langkah)- Turun di MRT City Hall (stasiun perhentian ke 9) disini ganti Train jurusan Jurong East – Turun di MRT Toa Payoh. Setelah sampai MRT Toa Payoh Cari Pintu keluar dan Tap EZ-Link anda maka pintupun terbuka silahkan menuju penginapan anda.

  21. NOVI

    Met Malam Pak Bahar,

    Kami berencana akan pergi ke Singapura selama 4 hari 3 malam.
    Sampai di airport jam 7 dan pulang jam 13.25
    rencana akan ke USS hari ke 2.
    Nginap di daerah Bugis.
    Kira2 tempat2 mana yang bagus utk dikunjungi dan transportasinya.
    Mohon informasinya yah Pak…
    Terima kasih.

  22. sofyan

    selamat siang pak Bahar yang baik hati,
    Kami sekeluarga berenncana ke singapur lewat penang tgl 27 april 2011 dan kembali ke medan tgl 2 mei lewat kuala lumpr langsung sorenya ke medan. kaMI SEKELUARGA DGN tiga anak, tetapi ada anak berumur 3 tahun. yg ingin kami tanyakan:
    1. kami berencana ke uiniversal studio tgl 29 April tiket sudah dibeli, apakah sebaiknya kami nginap di orchad road di aprtem lucky plaza. atau dimana tempat nginap yg murah dan bersih, harga sekitar $130/kamar per hari, cukup untuk kami berlima anak beranak. anak saya yg dua lagi berumur 13 tahun dan 11 tahun.
    2. bagaimana sebaiknya dari changi ke tmpat penginapanan orchad road, kami bawa koper 3 kecil dan 1 besar (20kg).
    3. krna kami pulangnya transit di KL, pake air asia, dan menunggu 4 jam di airport kuala lumpur, apa ada tempat yg bisa dikunjungi disekitar air port tersebut. terimakasih ya pak

  23. bahar

    @Rica :
    1. Walaupun tidak menginap di hotel Marina Bay Sands.. anda tetap bisa naik ke Sand Sky Park dengan membayar S$20/orang (sementara ini kolam renangnya hanya untuk tamu yang menginap disalah satu hotel disitu), Kalau mau mencoba-coba keberuntungan anda bisa masuk ke Casinonya, disitu juga ada shopping centre yang exclusive (didalamnya dibuat ala venesia ada perahunya).
    2. Utk 5 hari kunjungan adalah cukup untuk wisata belanja, wisaata kuliner dan wisata budaya seperti : Bugis/Kampong Glam, Chinatown, Little India Orchard Rd, Suntec City, Merlion Park, Singapore Flyer,, Sentosa Island bahkan cukup waktuuntuk bermain main ke Johor Bahru Dan lain lain.
    3. Tempat nginap yang dekat dgn MRT dan murah coba cari di Bugis, Chinatown atau Little India

  24. raja

    Mlm pak sy mau liburan ke s’pore bln juni ini rncana menginap 3mlm di value thompson hotel..kira2 transport dr bandara menuju hotel pake apa y yg praktis u/ 2adult+1 baby 2thn. Kemudian tmpt mana saja yg wajib dikunjungi beserta transport menuju tmpt tsb.trm ksh byk..

  25. Yuliana

    Salam Kenal Pak Bahar !

    Yulia dan suami serta 2 anak usia 7 dan 11 tahun mau jalan jalan akhir april ini dari tgl 28 april jam 1 siang sampai Changi sd tgl 3 mei jam 10 pagi sudah di airport Changi untuk balik ke Indonesia, nginap di lorong 1 toa payoh,dari Bandara changi ke apartemen tsb jika naik MRT/bis tolong info rutenya ya Pak, juga tolong berikan jadwal jalan2 di Singapore beserta rute MRT dan bisnya, oh iya kami juga berencana ke Malaysia jadi sekalian jadwal dan rute jalan ke malaysia beserta dengan harganya Pak, sesuai dengan tema di sini jalan2 hemat hehe…

    Tks a lot Pak Bahar.

  26. Bahar

    Sori kawan kawan aku belum jawab pertanyaannya, saat ini masih diChangi airport, ntar jam 14.25 balik ke Jakarta pakai airasia

  27. ririn

    malam pak, saya tgl 22 april akan menyebrang dari batam kesingapur… kira2 apabila menyewa apartemen semalam untuk 7 orang brapa hrga plg murah menyewanya dan dmana??

  28. Lia

    Halo Pak Bahar,

    Salam kenal 🙂 saya mau ke Singapore 2 anak usia 7 dan 11 tahun serta 2 dewasa tgl 4-9 juni 2011 ini.
    Kami menginap di toa payoh, mohon petunjuknya bagaimana naik mrt atau bisa dari airport sampai toa payoh, dan tolong bantu ya Pak untuk susun acara kami beserta rute mrt dan bis nya jika dari toa payoh mau ke tempat wisata misal:USS, Merlion state, little indian, bugis, jurong bird park, dan tempat wisata lainnya .

    Tks a lot.

  29. Rica

    Hi P’Bahar, saya mau tanya mengenai beberapa hal :
    1. Jika tidak menginap di hotel Marina Bay Sands.. Tempat apa saja yang dapat saya kunjungi di area Marina bay Sands? Dan jika butuh cost, kira2 costnya berapa saja?
    2. untuk wisata sekitar 5hr 4 mlm, ada saran tempat apa saja yang bisa dikunjungi?
    3. Ada referensi tempat nginep yang murmer tapi dekat dengan mrt sehingga gampang kemana2 dengan mempertimbangkan adanya orangtua?

    Terima kasih

  30. Budi

    Pak Bahar ….. memang paling OK ! terimakasih panduannya 28 maret, liburannya berjaln sesuai harapan . Thx a lot

  31. marina

    sore pak bahar, saya ber-3 dengan teman mau ke singapore tgl 13-17 April 2011 tiba jam 14.00 pulang jam 17.00 minta saran route perjalanan n transport. yg pasti saya mau ke USS, Underwater world n song of the sea n tempat2 wisata yg laen. mau tanya jg nih, hotel yg lumayan n terjangkau di orchard apa aja yah.. trima kasih utk saran n bantuannya.

  32. bahar

    @edward :
    Setelah jam 5 sore baru bisa jalan-jalan tidak masalah, karena jam 5 sore waktu singapura adalah sama dengan jam 4 sore WIB. jadi masih bisa memanfaatkan waktunya hingga jam 10 malam (± 6 jam), kemana saja :
    – Orchard Road, Clarke Quay
    – Merlion, Esplanade, Boat Quay,Marina Bay Sands
    – Chinatown (Pagoda St, Trengganu st)
    – Bugis/Kampong Glam (Bugis Junction, Bugis Village, Malay Heritage, Bussorah Mall)
    – Little India Tekka Centre, Mustafa Dentre
    Silahkan diatur yang mana yang akan dikunjungi lebih dahulu.

  33. edward

    malam pak bahar
    saya hendak ke singapore tgl 10 -15 april 2011 ini namun dalam rangka mengikuti workshop di pan pasific hotel mulai senin – jumat dari pagi sampai jam 5 sore. minggu sampai di singapore jam 12.00 dan menginap di Summer view hotel.mohon infonya agar dapat menikmati perjalanan tugas namun fun dan murah. waktu terbanyak saya di hari minggu sedangkan yang lain mulai dari jam 5 selesai workshop. terima kasih atas bantuannya ya.

  34. bahar

    @linda :
    – Hotel anda sangat strategis letaknya dijantung kota Singapura, tarifnyapun cukup mahal (berarti Linda banyak duit,… hehehehe)untuk itu aku saranin naik taxi aja dari Changi airport, naik Bis reguler atau MRT emang murah tapi cukup repot kalau ngngotong-gotong barang sendiri. Kalau mau pake MRT, Stasiun MRT terdekat dgn Hotel Peninsula Excelsior adalah MRT City Hall, atau naik Shuttlebus Ongkosnya $7/orang, kounternya dipintu keluar terminal tapi bayarnya sama sopir, diantar sampai pintu hotel.
    – Untuk Obyek wisatanya, disekitar Hotelnya saja dipenuhi tempat menarik (Padang, Parliament House, Asean Civilization Musium, Raffles Statue, Victoria Theatre, Merlion, Esplanade, Helix Bridge, Marina Bay Sands, Boat Quay, Clarke Quay dan lain-lain), tempat shoppingnya ada banyak mall disitu sprt Raffles shopping arcade, Millenia, Suntec City dll, untuk makan malamnya kalau mau membaur dengan masyarakat umum cobain di Lau Pa Sat Festival Market dan semuanya bisa ditempuh dengan jalan kaki dari Hotel anda.
    Selain tempat2 tadi dan tidak boleh dilewatkan kalau ke Singapura adalah Area : Bugis / Kampong Glam, Chinatown, Little India dan tentu saja Sentosa Island dimana terdapat USS
    Selamat berwisata dan jangan lupa amankan semua dokumen (paspor, kartu Embarkasi, Tiket dan Voucher hotel) semoga semuanya lancar, Selamat hingga kembali ketanah air tercinta

  35. lia

    pak…
    mau tanya: saya,suami n 1 anak 9 tahun. tgl 2 mei-4 mei 2011, brkt dr jakarta 6.30. pulang tgl 4 jam 8 malam.menginap di baliestier.
    pertanyaann:
    1.Dari changi ke value balestier naik apa?
    2.Makanan halal di sekitar balestier.
    3.mohon bantu membuatkan rencana tempat2 apa saja yg sy harus kunjungi di hari 1 .
    4.hari kedua ke uss. bagaimana cara menujunya n apa aja yg wajib di kunjungi serta jadwal.
    5.hari ketiga: pulang ke jakarta jam 8 malam. tempat apa saja yg hrs sy kunjungi di hari terkahir, brkt ke changi jam brp?
    tempat belanja yg rekomen,utk souvenir ,elektronik/footgrafi
    ada kah tips cara check in krn sampai ke singapore jam 9 an dan cara cek out krn pesawat baru jam 8 malam.
    thanks….

  36. linda

    pak bahar mau tanya, saya mau ke singapore tgl 6 juli-9 juli 2011, nginep di Peninsula Excelsior, dari airport sebaiknya saya naik apa ke hotel biar ongkosnya murah, sebaiknya saya ke objek wisata apa saja terimakasih

  37. bahar

    @Lia :
    – Ke USS : naik MRT yg jurusan Joo Koon dari Bugis, turun/pindah kereta di Outram Park (stasiun ke4 dari Bugis) naik yang jurusan Harbourfront, dari Harbourfront cari pintu keluar arah Vivo City, ke Lt3 Lobby L disitu ada stasiun Sentosa Express (tiketnya S$3/orang PP) turun distasiun Waterfront disitulah USS.
    – Ke Clarke Quay : dari MRT Bugis ke MRT Outram Park, di Outram Park ganti MRT yang Jurusan Ponggol (baca tulisan / running text diatas Pintu )turun di Clarke Quay (perhentian ke 2)
    – Ke Merlion : dari MRT Bugis turun di Raffles Place atau di City Hall
    – Nama bangunan yang seperti perahu pada ketinggian 200 mtr diatas 3 Tower Hotel adalah MBS (Marina Bay Sands), diatasnya ada kolam renang, taman dan restaurant, kalau mau keatas beli tiketnya di counter tiket di Tower 3
    Saran : Bawa Peta MRT atau perhatikan Peta MRT yang terdapat disetiap stasiun MRT atau di mesin penjualan tiket

  38. Lia

    Pak Bahar,

    Tanggal 20 April saya tiba di Singapore jam 8.30 malam, saya nginap di Fragrance Bugis, besok nya lgs ke USS, naik dari MRT Bugis turun dimana ya? hari sabtunya mau ke Merlion dari hotel turun di Raffles Place ato? nama perahu yang berdiri diatas 3 gedung itu apa ya pak? karena rencananya mau kesitu juga, kalau tidak salah itu restoran ya?

    Satu lagi pak, tolong dibantu kalau mau ke clark quay di malam hari.

    Thanks

  39. bahar

    @olive :
    -Value Hotel Thompson terletak di Balestier rd, stasiun MRT terdekat adalah Toa Payoh dan Novena, dari Changi Airport kalau mau murah naik MRT di Terminal 2 (LRT ke Tanah Merah – MRT ke City Hall – MRT ke Novena atau Toa Payoh).
    – Dari Hotel ke USS naik MRT dari Toa Payoh (MRT ke Dhoby Ghaut – MRT Harbourfront / Vivo City Lobby L lt3 – Sentosa Express ke Waterfront)

  40. olive

    sore pak bahar, saya olive
    pak tanggal 21 juli 2011- 24 juli 2011 saya akan mengunjungi spore, saya tiba di changi airport jam 10 malam, sebaiknya saya naik apa ya untuk lebih hemat dan murah serta cepat untuk menuju value hotel thompson.
    lalu tanggal 22 juli 2011 saya akan ke USS naik apa kalau dari hotel ya pak
    lalu selanjutnya tempat wisata mana yang harus dikunjungi
    tx pak

  41. bahar

    @Budi :
    – Kalau ngambil paket Hippo Tour dihari terakhir akan lebih lengkap lagi kunjungan anda dan memang waktunya sangat memungkinkan, aku saranin ambil paket “Heritage HIPPOtours” yang akan melewati 12 area wisata termasuk Little India, Mustafa Centre, Bugis, kampong Glam dan Chinatown.
    – Untuk tgl 8nya ke USS harga tiketnya kan mahal jadi biasanya disitu seharian, dimalam hari masih bisa nonton Song Of The sea (19.40) lokasinya masih di Sentosa tinggal keluar dari uss dan naik Monorail ke stasiun Beach atau naik Shuttlebus

  42. shinta

    Dear Pak Bahar,

    Saya rencana tgl 6 april ke singapur, sampai dengan tgl 13 baru pulang ke indonesia, dengan budget yang minim, sebaiknya saya mengunjungi apa saja ya? kalau ke malaysia dan batam apakah memungkinkan.

    terimakasih banyak

  43. Budi

    Pak Bahar ,
    Thx a lot , kalo mau naik Hippo hari terakhir memungkinkah ?

    Untuk tgl 8 selain ke USS , bisa kemana lagi ?

    Mohon sarannya …..

  44. bahar

    @Budi :
    – 07-April :Aku saranin anda naik MRT dari Changi Airport turunnya di MRT Orchard sebrang Lucky Plaza, setelah C/i silahkan makan siang dulu di LP kemudian jalan2 di sekitaran situ (Orchard Road), puaskan disitu hingga menjelang jam 16.00 kemudian naik MRT menuju City Hall, disini ada Padang, Esplanade, Merlion, pada malam hari setelah makan malam (di Makan Sutra/glutton bay atau di Lau Pa Sat) lanjutkan jalan jalannya di Boat Quay atau di Clarke Quay, terkhir kalau belum ngantuk dan masih segar bisa dilanjutkan ke Mustafa Centre (kalau naik MRT turunnya di Farrer Park)
    – 08-April : ke USS (naik MRT ke Harbourfront bisa dari MRT Orchard atau jalan kaki Ke MRT Dhoby Ghout supaya tdk usah pindah kereta)
    – 09-April : (05.30) jalan jalan ke Singapore Botanic Garden, Selanjutnya beli oleh oleh di Chinatown (09.30),dan Bugis / Kampong Glam (14.00), terakir ke Changi airport (15.00)

  45. Budi

    Pak Bahar ,

    Kami akan ke S’pore ber 6 dewasa, tgl 7-9 april , bergkt jam 11.00 pulang jam 21.00 . nginap di lucky plaza . tgl 8 kami ke USS . mohon Route perjalanan selama disana dan transport nya.
    Mohon dibantu ya Pak …thx.

  46. christina

    Selamat malam,
    Apakah menyewakan apartemen secara harian ??
    kami ada rencana ke singapore 4 dewasa dan 2 anak-anak untuk 21 – 26 desember 2011. Atau mungkin ada kenalan, saya minta nomor kontaknya !
    Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.