Jalan Jajan Hemat

Jalan Jalan ke Singapura

Dengan maraknya penerbangan ekonomis ke Singapura, baik yang langsung seperti Valuair maupun lewat Malaysia seperti AirAsia, membuat banyak wisatawan Indonesia yang mengunjungi negeri singa ini. Saya akan coba membagi pengalaman untuk teman-teman yang ingin berwisata ke Singapura.

Bandara tercinta Soekarno-Hatta
Dalam setiap penerbangan dari Jakarta kita pasti harus melalui bandara Soekarno Hatta di Cengkareng. Bandara ini dalam saat tertentu sukar dicapai, terkadang terkena banjir atau terkadang terkena macet yang parah dari dalam kota Jakarta. Untuk menghindari keterlambatan penerbangan, lebih baik Anda datang jauh lebih awal, saya biasa datang 2 jam lebih awal. Selain lebih santai, kita juga jadi memiliki waktu lebih untuk menikmati suasana di bandara.

Bandara Soekarno-Hatta

Bandara Soekarno-Hatta

Bandara Soekarno-Hatta ini sebenarnya cukup indah, bunga dan taman yang ada di dalam maupun di luar bandara sungguh indah, bahkan menurut saya tanaman disini lebih indah dan asri dari bandara Changi, Singapura. Namun memang harus diakui maintenance / perawatan dari bandara kita ini masih jauh dari sempurna. Bahkan toiletnya pun masih kalah bersih dengan mal2 di Jakarta, kadang2 membuat malu kalau ada turis mancanegara. Dan juga masih banyak didapati penumpang yang merokok sembarangan, apalagi kalau untuk penerbangan domestik. Tapi begitu masuk ke lorong menuju pintu (gate) penerbangan, terdapat toko-toko duty free berjajar sepanjang lorong tersebut, hati cukup terhibur.. suasana cukup nyaman disini. Hotspot (wifi) dapat ditemukan, tapi ternyata berbayar alias tidak gratis (terakhir pergi Jun 07, entah apakah sekarang sudah gratis).

Pesawat Valuair

Pesawat Valuair

Pesawat Valuair

Terima kasih kepada maskapai penerbangan yang berlomba2 memberikan harga murah (semoga dengan standard keselamatan yang tetap terjaga), diantaranya adalah Valuair, maskapai yang bermarkas di Singapura. Pesawatnya bagus, bersih, dan kita juga mendapatkan makanan & minuman selama perjalanan. Pramugarinya menggunakan t-shirt dan jeans. Sangat langka ditemukan pramugari dengan seragam seperti itu, alasan mereka agar lebih sporty dan sigap. Rata-rata pramugarinya adalah orang Singapura, namun bisa juga berbahasa Melayu walau dengan logat agak aneh. Tapi pelayanannya secara keseluruhan cukup memuaskan.

Waktu di pesawat, Anda akan ditawarkan form imigrasi, mintalah dan isi di pesawat. Ini akan menghemat waktu Anda, karena Anda bisa langsung antri tanpa repot mengisi formulir tersebut.

Bandara Changi Singapura

Bandara Changi Singapura

Bandara Changi Singapura

Begitu sampai di bandara Singapura yaitu Changi, suasana terasa jauh berbeda dengan bandara Soekarno-Hatta. Lantai dilapisi karpet tebal, AC yang dingin, tempat yang sangat bersih. Petugas imigrasi melayani dengan sigap (walaupun kadang tidak terlalu ramah), sehingga walaupun jumlah orang yang antri cukup banyak tidak menunggu terlalu lama. Bandara ini memiliki desain yang futuristik, terlihat sangat modern. Dan hebatnya lagi bandara ini terhubung dengan MRT, sarana transportasi massal Singapura. Anda cukup turun ke bawah, dan Anda dapat menghemat ongkos taxi. MRT akan mengantar Anda langsung ke tengah kota.

Rak peta, brosur & informasi

Rak peta, brosur & informasi

Oh ya begitu sampai di Changi, Anda akan mendapati banyak sekali rak yang berisi brosur, peta dan informasi2 wisata Singapura. Jika Anda berwisata sendiri tanpa mengikuti tur, luangkan waktu untuk mengambil brosur2 tersebut, Anda akan sangat membutuhkannya nanti. Di bandara ini pun biasanya ada booth atau stand dari dinas pariwisata Singapura. Cobalah mampir kesana, selain biasanya ada informasi2 yang lengkap, promosi2, kupon2 potongan dan juga terkadang disediakan souvenir dari sponsor. Waktu itu ada program yang berisi daftar tempat2 pariwisata dalam sebuah buku saku, jika Anda mengunjungi tempat2 tersebut, Anda akan mendapatkan stamp di buku tersebut. Dan jika stamp yang Anda kumpulkan mencapai jumlah tertentu, Anda akan mendapatkan hadiah. Cukup menarik bukan ?

Penginapan
Untuk urusan penginapan, di Singapura ini harganya cukup mahal dibandingkan dengan Malaysia. Banyak orang Indonesia yang menyewa apartemen di seputaran Orchard, agar dekat dengan lokasi pusat belanja. Biasanya hotel yang harganya lumayan murah, tempatnya jauh dari stasiun MRT. Saya sendiri belum mendapatkan hotel yang murah tapi bagus dan dekat dengan pusat kota. Silahkan teman-teman sharing tempat menginap yang dapat direkomendasikan.

Transportasi

Transportasi di Singapura

Transportasi di Singapura

Di Singapura, transportasi cukup mudah. Ada bus, MRT, taxi. MRT adalah sejenis kereta api listrik yang kedatangannya cukup cepat, kira2 5-10 menit sekali. Hampir seluruh tempat wisata dilalui oleh jalur MRT. Ada beberapa jalur MRT dengan tarif yang beragam, untuk lengkapnya dapat dilihat disini. MRT sangat bersih, aman dan teratur. Anda harus mengantri di belakang garis yang ada di samping pintu dan bukan menunggu persis di depan pintu. Anda harus menunggu sampai penumpang yang mau keluar sudah habis baru Anda masuk, berbeda dengan di Indonesia yang main serobot. Bahkan di TransJakarta (busway) yang notabene penumpangnya adalah para karyawan yang berpendidikan tinggi, tetap harus ada petugas yang mengatur agar tidak berebutan dan asal serobot.

Anda harus membeli tiket ke vending machine atau mesin penjual tiket otomatis. Dari mesin tersebut, Anda menentukan tujuan Anda, maka akan muncul jumlah uang yang harus Anda masukkan (harga tiket ditambah uang jaminan kartu), setelah Anda masukkan uang, maka akan keluar kartu sekali pakai. Kartu tersebut cukup di dekatkan ke sensor, maka pintu palang akan terbuka. Setelah Anda lewat, palang akan tertutup kembali, Anda mesti masuk satu persatu. Mirip dengan pintu TransJakarta, bedanya disini tidak ada penjaga yang memelototi, semua sudah memiliki kesadaran tinggi. Dalam MRT Anda dilarang merokok, makan ataupun minum agar kebersihan tetap terjaga. Bahkan Anda dilarang membawa makanan yang berarorama tajam seperti durian. Di dalam MRT terdapat kursi dan juga tempat untuk berdiri, berpendingin udara sehingga tidak membuat Anda berkeringat, gerbongnyapun bersih dan nyaman. Pada jam pergi atau pulang kantor, MRT akan sangat ramai, banyak orang berdiri, tapi sejauh pengalaman saya sih di MRT itu aman, tidak ada pencopet (dengar2 pencopetnya dari Indonesia :D). Bahkan banyak para wanita yang pulang larut malam pun merasa aman dalam MRT. Demi kemudahan Anda, bawa selalu peta rute MRT, jalur2 dan stasiunnya di kantong Anda.

Setelah tiba di stasiun tujuan, Anda dapat mengambil deposit/jaminan kartu ke vending machine yang sama. Jika Anda bepergian sendiri atau berdua, MRT adalah solusi yang cukup ekonomis (walaupun kalau di kurs ke Rupiah harganya cukup mahal). Namun jika Anda bertiga atau lebih sebaiknya menggunakan taksi, karena totalnya akan lebih murah, dan lebih hemat waktu serta tidak perlu jalan kaki ke stasiun MRT.

Tunggu artikel berikutnya mengenai tempat-tempat wisata (hemat) di Singapura.

Salam Jalan Jajan Hemat.

41 thoughts on “Jalan Jalan ke Singapura

  1. leasulistia

    I need a room single bed for 3 adult , 6 – 8 jan 2012
    any room available? how much it cost, please send me ur room picture & rates.my hp is 085692004774
    my email leasulistia@yahoo.com
    Regards, lea

  2. Roy

    untuk penginapan bisa dicoba Hotel 81 atau Hotel Fragrance… tapi harus pinter2 milih daerah yah… soalnya tu hotel kebanyakan terkenal sebagai tempat ‘pr*st*t*s*’ hehehe atau bisa juga coba dicek di http://www.agoda.web.id/asia/singapore/singapore.html milih yang daearh bugis… deket dengan kota dan ga tralu mahal. untuk skrg ini saya rasa harga sewa apartemen dengan hotel-hotel murah jg uda hampir sama dan lebih nyaman di hotel. so go for it guys!

  3. wulan

    saya ada rencana ke singapuro sendirian tgl 26-27 maret nanti,aku dapet voc nginep di holiday inn..aku nervous nih..tolong di bantu yah karena ini pengalaman pertama aku ke luar negeri dan sendirian pula..aku pengen belajar sendirian aj dulu biar berani…hehe..mulai dari keberangkatan di bandara aku mesti gimana,terus setelah sampai disana menuju hotel naik apa..tempat menarik yang bisa di kunjungi seharian dan tiketnya kira kira berapa,trus beli air putih dimana ( aku gila minum air putih )aku budget cuma pegang 2 juta untuk 1 hari.trus beli oleh oleh dimana..apakah harus ganti no hp disana ?..banyak blog aku udah liat liat tapi penjelasannya belum begitu spesifik…tolong di bantu yah..aku modal nekat aja ini..makasih

  4. sus

    Hotel Bencoolen 81, murah juga lumayan bersih kok, kan cuman buat tidur sebentar, kalo mau ke orchard ya lumayan, karena kita ga biasa jalan kaki.tapi deket Dhoby Ghaut MRT

  5. Abel

    Kami juga ada rencana ke Spore bulan Juli nanti, rencananya tinggal di hotel Bencoolen, di 47 Bencoolen Street,Singapore. Katanya lokasinya dekat kemana-mana termasuk ke orchad, apa betul? tadinya mau di Grand Central tapi kebanyakan orang nggak puas nginap disana. ada yang tau nggak hotel Bencoolen, bagus nggak sih hotelnya? jauh nggak ke orchard dan tempat wisata lainnya??

  6. lestari

    kalau abis turun dari pesawat kan melewati shopping centre… kita ambil bagasi dan ke imigration …tetapi sebelum ke imigration n ambil bagasi aku pengen beli beberpa parfum apakah bisa ? karena selama ini aku hanya transit aja nggak pernah keluar ke bandara. ke sin via kul by bus jadi ini pertama kali via bandara.

    intinya begitu tiba mau belanja parfum n ambil bagasi dan ke imigration apakah bisa . thanks

  7. Lyne

    Mo kasih masukan aja. baru weekend kemaren bareng temen jalan2 ke SG, kebetulan kita ber-5 jadi ga muat 1 taxi, jd kita naek maxi cab 1 way trip nya 50 sih dari airport ke people’s park centre, trus kita juga jln2 ke zoo nya yg siang dan yg malam. atas rekomendasi dari drivernya kita dapet harga tiket yg lbh murah dr counter tiketnya, lbh murah $4/org trus yg night safari juga murah $4/org (bisa buat ongkos d) katanya dy bisa ambil agent price. Trus keesokan harinya jln2 di chinatown byk barang chinese new year breakfast difood courtnya murah2 kok. terus siangnya kita sewa maxi cab yg kemaren 2 jam buat jln2 ke merlion trus esplanade trus ke singapore flyer dan akhirnya kita minta diturunin di daerah orchard, jln2 kemall d trus plgnya naek mrt. besok paginya pesawat kami kebetulan pagi jadi kami tgl telp ke driver yg sama suru anter ke airport d.
    next trip mo nunggu universal buka d, klo ada yg mo info maxi cab driver itu bs e-mail saya sherlly_ne@yahoo.com .

    oh ya,setaunya klo uda punya NPWP ga usa bayar fiskal lg kok.

  8. Lyne

    Mo kasih masukan aja. baru weekend kemaren bareng temen jalan2 ke SG, kebetulan kita ber-5 jadi ga muat 1 taxi, jd kita naek maxi cab 1 way trip nya 50 sih dari airport ke people’s park centre, trus kita juga jln2 ke zoo nya yg siang dan yg malam. atas rekomendasi dari drivernya kita dapet harga tiket yg lbh murah dr counter tiketnya, lbh murah $4/org trus yg night safari juga murah $4/org (bisa buat ongkos d) katanya dy bisa ambil agent price. Trus keesokan harinya jln2 di chinatown byk barang chinese new year breakfast difood courtnya murah2 kok. terus siangnya kita sewa maxi cab yg kemaren 2 jam buat jln2 ke merlion trus esplanade trus ke singapore flyer dan akhirnya kita minta diturunin di daerah orchard, jln2 kemall d trus plgnya naek mrt. besok paginya pesawat kami kebetulan pagi jadi kami tgl telp ke driver yg sama suru anter ke airport d.
    next trip mo nunggu universal buka d, klo ada yg mo info maxi cab driver itu bs e-mail saya sherlly_ne@yahoo.com .

  9. maria silalahi

    thx bgt ney buat info…walo dah setaon..lumayan kq buat pegangan…
    rencana april saya ber7 mo ke singapur pake jasa airasia…tapi emang transit malaysia ya…kan katanya airasia penerbangan tanpa transit,,trus walo kita dah punya NPWP,,apa masih kena fiskal juga?
    oia…penginapan yang murah tapi aman buat wanita…trims ya…

  10. agnes

    Hallo P’ Rommy
    Sy ada rencana ke Sing tahun depan dengan suami dan anak usia 4 thn kira2 lebih baik menginap di hotel atau hostel ya ? u/. Hotel di daerah Orchard yg murmer ada ga ya ?

  11. melly

    saya & suami akn k singapur januari mndatang, dg memggunakan pswt airasia, apa benar pesawatnya mampir k malaysia dulu? (maklum blm prnah naik airasia).

    Rncana-y ingin menginap d salah satu kamar luckyplasa tp Sampai sekarang saya blm mndapatkn, ada yg bs bantu contact personnya & brp rata2 biayanya?? Tks..

  12. medi

    Hai, mau tanya kalo di singapore ada tempat2 yg ga diperbolehkan utk menyusui ga? Maklum lg program breastfeeding 6 bln, takutnya ga diperbolehkan ditempat umum,thx

  13. alin

    saya butuh bgt bantuan temen2…bagaimana caranya buat bisa dapetin tiket promo ( Rp 0 ) seperti airasia? hrs beli dimana gitu…tq so much..mohon jwbn bisa di relpy ke email saya ya

  14. Ali

    posting lama,tp pembaca baru ni hehehe…
    saya juga ada rencana k singapore bareng ama temen awal thn 2010 ini.. kan bentar lg tuh…kira2 ada yg update ga mengenai strategi2 murahnya hehehehe….kaya fiskal, dll nya gitu…..
    thanks berat yaaa…ngebeettt pgn k singapore hehehe

  15. rommya Post author

    @Natalie: Utk 1x makan di foodcourt sekitar SGD 4-8, minum SGD 1-2, tempat makan yang murah, paling di restoran pinggir jalan begitu ya tapi tdk beda jauh jg koq sekitar SGD 3. Beli oleh2 murah di China Town atau di Lucky Plaza (daerah Orchard) harganya kurang lebih sama. Di Sentosa sih tdk bisa beli oleh2 krn seperti di Ancol, lebih ke tempat bermain. Kalau mau belanja & beli oleh2 cari waktu utk ke Orchard, cari gedung Lucky Plaza, terkenal utk turis Indo, bahkan bbrp penjualnya bisa ngomong bahasa Indonesia.

  16. Natalie Laurentia

    Makasih bgt info2nya ttg singapore..rencananya akir Januari saya dan teman2 kantor mau kesana kita sudah booking tiket lewat air asia karena lagi sale gila2an. Untuk Hotel and transport kita sudah ditanggung dari kantor. Jadi saya mu tanya kira2 cukup bawa uang saku berapa untuk 3 hari disana, trus kalo disana untuk 1x makan kira ngabisin duit berapa yah?Minta info untuk tempat makan yg murah2 dan tempat membeli oleh2 yang murah juga. Kalo oleh2 di Sentosa Island mahal2 ga?Supaya bisa prepare and nabung dari skrg.Thanks before

  17. rommya Post author

    @Vina: kalau mau sekalian bermalam di perjalanan sebaiknya naik kereta malam saja. Nanti pasti ada berhenti yaitu di imigrasi Malaysia & Singapura
    Hotel di KL yg murah bisa dicari di seputar Bukit Bintang & Chinatown.
    Kalau ke Genting, ada bagusnya menginap karena hotel disana juga murah koq. Jadi bisa puas main seharian..

  18. Vina

    Pak, aku rencana mau ke Sin 27 sept ntar.
    yg ak mau tanya:
    1. tgl 27 malemnya ak langsung mau ke Malaysia. buat menghemat ak mau malem aj. Enaknya pake bus ato kereta? paling malem jam brp? selama perjalanan brenti2 ato tidak? misalnya klo 6 jam mulus, kan ak tinggal tidur selama perjalanan. hehheh
    2. di KL hotel apa yg murah tp nyaman? brp kira2?
    3. Kalo ke genting ga nginep, enaknya pergi jm brp n kembali k KL jm brp?
    mohon bantuannya
    makasih sebelumnya

  19. rommya Post author

    @efi: MRT di spore dibatasi dari tingginya. Di atas 0.9m maka perlu membeli tiket full. Memang utk 4 org lebih irit naik taksi, tapi bolehlah sekali2 mencoba naik MRT, utk pengalaman … nanti bandingkan dengan TransJakarta (busway)

  20. efi

    sy rencanany mo ke sngpore..ber4,ama suami,anak 5th,1th..kl naik MRT anak2 udh byr or blm?maklum blm prnh..krn kn dgr2 kl br4 lbh irit naik taksi

  21. rommya Post author

    @Hendrick: Utk wisata hemat, tentunya lebih murah jelajah sendiri, tp memang perlu persiapan yg matang. Di catat dulu tempat2 menarik di Singapura yg ingin dikunjungi, atur jadwalnya dan cari informasi transportasinya. Sebagai bahan masukkan, silahkan dibaca2 di http://www.jalanjajanhemat.com/2007/12/marina-bay-esplanade-patung-merlion-singapura/
    @ella: hallo, salam kenal. Utk penginapan murah mungkin bisa dipilih alternatif sewa apartemen, lokasi bisa pilih di daerah Lucky Plaza dekat Orchard, jadi mau belanja tinggal jalan kaki saja, hemat ongkos.

  22. ella

    Hallo.. saya sangat senang bisa menemukan web jalan jajan hemat. kebeutlan bulan Agt nanti saya akan ke Singapore bersama teman saya. Krn belinya di air asia dan tiket promo ( Rp. 0 ) jadinya periode berangkatnya agak lebih lama.. tapi enaknya bisa punya waktu lbh bnyk utk mencari hotel 🙂 saya bisa minta info kira2 hotel murah yang dekat dengan pusat perbelanjaan dan aman utk 2 org perempuan.. 🙂 terima kasih.

  23. Hendrick

    Halo, sblmnya thanks ya klo pertanyaan aku ini dah dijawab..
    tanggal 9 april ini aku berencana liburan ke singapur berdua sama istri. yang mau ditanya, lebih baik pakai jasa guide ato jelajah sendiri ya? karena ini adalah liburan pertama kami ke luar negri. klo untuk 3hari 2malam biasa enaknya maen kemana tuh?

  24. dody

    tolong di carikan informasi hostel/hotel murah di dekat daerah sembawang atau dekat mrt stasiunny

  25. rommya Post author

    @Roseshit (Rosyid): Trims atas infonya, sptnya sih salah tempat ya. Tunggu deh liputan JalanJajanHemat ke Jogja (semoga tdk batal).

  26. Roseshit

    Hai,jika rekan2 semua kebetulan sdg di jogja dan pngen cari penginapan yg murah, aman, nyaman, dan bersih di kawasan wisata Kaliurang? Disinilah tempatnya.
    1. Penginapan Bayu Murti 1
    2. Penginapan Gaviota.
    ADapun fasilitasnya : tv 21″, wellcome drink n snack, kmr mandi dalam, parkir luas, tempat aman dan nyaman. Tarif Rp 40rb+tv (2 orang),
    Tarif Rp 50rb family, dan
    Tarif Rp 25rb-tv.
    Tertarik? Untuk info selebihnya hub : Rosyid
    0856 4364 4446,
     027 4446 4446.
    Email: techpyex@gmail.com

  27. rommya Post author

    @Ita : langkah2nya sblm berangkat adalah: check in sesuai maskapainya, lalu beli dulu fiskal di beberapa lokasi yang ada di bandara, spt BCA,dll. Biasanya sih mereka akan membantu mengisi formnya. Setelah itu isi form imigrasi, lalu antri ke bagian imigrasi, nanti paspor akan distempel. Simpan potongan form imigrasi utk diserahkan saat pulang ke Indo. Masuk deh ke pesawat… Nah saat di pesawat, pramugari akan menawarkan form imigrasi singapura. Mintalah, dan isi di pesawat untuk menghemat waktu. Saat tiba di bandara Changi-Singapura, Anda tinggal antri ke loket imigrasi. Selamat berlibur.
    @Maria : kalau sendirian sih sptnya 5jt sudah cukup ya, kalau mau cari semua yg serba murah mungkin 3jt juga sudah cukup
    Salam Jalan Jajan Hemat

  28. maria

    klo ditotal total budget tiket+uang saku+kamar hotel paling minimnya berapa ya? n sa
    n sebaiknya naik apa kalau berangkatnya dari balikpapan.trims

  29. ita puspita

    aku kebetulan mau ke singapore juga
    tapi ini baru pertama
    bisa minta tolong gmana langkah langkahnya setelah nyampe di bandara ukarno hatta?
    kebetulan naek jet saver valuair juga

  30. rommya Post author

    @pututik: sama2. Semoga perjalanannya menyenangkan. Dan ditunggu jg masukkan tempat2 bagus yang belum diulas disini.

  31. pututik

    Minggu depan saya akan ke singapur dan terimakasih atas reportnya, meski ini sudah setahun lalu namun cukup jadi gambaran bagi saya

  32. rommya Post author

    @Link : dulu nginap di New Park Hotel, bagus koq hotelnya. Lokasinya di Kitchener Road, Little India. Berada persis di seberang MRT station, dan dekat dengan tempat belanja Mustafa (katanya sih barang2 disini murah2, tp saya tdk sempat masuk ke dlm). Ada kolam renangnya jg. Tapi sepertinya krn sdh direnovasi harganya jadi mahal. Kalau mau murah, banyak hotel2 di “red district” area. Tapi tdk recommend utk wanita… 🙂

  33. Link

    Rom,

    tanya dong, waktu disana tinggal dimana?
    Berapaan harga penginapan disana yg bersih dan dekat dengan MRT.

  34. rommya Post author

    @wayang: wah saya waktu itu booking lewat agent. Kalau mau dibandingkan kenyamanan dengan AirAsia, menurut saya lebih bagus ValuAir, karena mendapat makan, ada booking tempat duduk, lalu jml bagasi yg dibawa jg lebih besar.

  35. wayang

    pak, itu value air bisa booking online? dibanding airasia gimana dari segi biaya dan kenyamanannya?
    makasih pak.. belom pernah naik value air soalnya 🙂

  36. sachroel

    wah…..jadi pengen lihat singapura juga.

    kemarin sempat ngomong2 dgn kawan……kalo ada kesempatan, pengen main ke singapura…..tapi gak jadi deng he..he..

    siapa tau kapan2 bisa ke sana….

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.