Jalan Jajan Hemat

Taman Cibodas Mandalawangi (Puncak)

Cibodas MandalawangiPenat dengan kepadatan di kota Jakarta yang semakin menjadi-jadi, kami sekeluarga rindu untuk mencari udara sejuk sebagai refreshing. Untuk ke Bandung (kota favorit keluarga kami) terasa tanggung karena tidak ada tanggal merah di bulan Nov 07 ini. Akhirnya kami memutuskan untuk pergi ke Taman Cibodas. Walaupun berangkat agak siang, ternyata jalanan menuju Puncak cukup lenggang (kami lewat JORR-Jakarta Outer Ring Road). Hati cukup terhibur saat udara sejuk (walaupun tidak sesejuk dulu) menyambut kami saat memasuki kawasan Taman Cibodas. Memasuki gerbang masuk, kami baru tahu kalau ternyata Taman Cibodas sedang ditutup karena ada renovasi… Waaakksss… setelah perjalanan dari Tagerang ke Puncak, ternyata tutup…?? Tapi diinformasikan ada juga taman lainnya untuk berekreasi, namanya Mandalawangi. Agar tidak sia-sia perjalanan kami, kami memutuskan mengunjungi taman tersebut.

Tiket masuk gerbang kawasan dikenakan Rp 2.000/orang dan Rp 6.000 untuk mobil. Tapi hanya orang dewasa yang dikenakan biaya, anak2 gratis.. Sesampainya di pintu masuk Mandalawangi, kami harus membayar tiket masuk sebesar Rp 3.500/orang, lagi2 anak2 tidak dihitung alias gratis. Jalan masuk ke dalam kawasan cukup menurun terjal. Ada sebuah bangunan kecil yang di dalamnya terdapat informasi kawasan ini. Bangunan ini cukup unik karena berbentuk pohon besar, dimana dibawahnya dapat dilalui orang. Lalu jalan setapak itu juga akan melalui sebuah terowongan berbentuk binatang , entah dinosaurus atau apa ya (silahkan dilihat di gambar saya).

Cibodas Mandalawangi 02Dalam taman Mandalawangi tersebut terdapat kolam renang tanpa dipungut biaya tambahan, tapi kalau saya lihat kondisi airnya tidak bersih, jadi kami memutuskan anak2 tidak usah renang. Di dalamnya juga terdapat telaga kecil dan ada perahu yang bisa disewa untuk mengelilingi danau itu. Di sini juga merupakan kawasan kemah, jadi banyak anak2 sekolah yang berkemah di sini. Ada kawasan air terjun, namun berhubung jaraknya cukup jauh dari gerbang (dan kami membawa orang tua), kami tidak mengunjungi air terjun tersebut. Secara keseluruhan, memang kawasan ini tidak terlalu besar, namun cukuplah sebagai alternatif pengganti taman cibodas (daripada pulang lagi ke Tangerang).

Cibodas Mandalawangi 03Di luar Mandalawangi ini terdapat kios2 yang menjual cinderamata, buah-buahan, sayur-sayuran dan jajanan. Harganya cukup murah, Rp 7.000/250 gr untuk kripik tempe. Ada juga kripik bayam, ceker, pisang, dll. Sempat melihat proses penggorengan kripik bayam, jadi daun bayam (jenisnya beda dengan bayam yang biasa kita sayur), direndam di tepung beras, lalu langsung digoreng. Rasanya lumayan enak koq.

Perjalanan yang cukup lumayan untuk menghilangkan kepenatan aktifitas sehari-hari.
Untungnya waktu pulang pun tidak menemui kemacetan yang berarti, sehingga tidak menambah stress orang yg mau menghilangkan stress 😀

Salam jalan jajan hemat

47 thoughts on “Taman Cibodas Mandalawangi (Puncak)

  1. Rashinta Ginting

    Kami mau mengadakan family gathering pada bulan April 2013, harga untuk organtunggal berapa ya ?

  2. ardiyansah

    rekan mandalawangi kami berencana mau ngadain acara,jumlah kami sekitar 223,
    kami minta info dana /orang dan kontak yang bisa di hubungi.
    dan harga nginep dan one day brp.?

    terimakasih.

  3. Nita Indra Purwaningsih

    SUMPAH
    SERIUSAN
    DEMI ALLAH
    TEMPATNYA ENAK + SERU
    SAYA UDAH 3 KALI KESANA.

    TAPI UDAH 3 TAHUN GAK KESANA.
    KANGEN BANGEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEETTTTTTTT MANDALAWANGI

  4. Awan

    booooosss minta contac person yang bisa di hubungi mau tanya” sedikit hehehe..cz september ini kita rencananya mau adain acara disana…..thanks before

  5. fauziah nurahmah

    maaf pak kami dari darul muttaqien ingin mengunjungi taman cibodas mandalawangi dan kami ingin meminta nomor yang bisa di hubungi untuk meminta informasi lebih lanjut trimakasih…

  6. Wahyu

    Mo tny pt tirta timur jaya tgl 21 april 2012 lalu ad eo ny namany melly ad no tlp ny g ? wahyu 02196144324

  7. suryo jatikusumo

    Dear pengurus Taman Mandalawangi,

    Kami berencana untuk mengadakan acara gathering disana (referensi dari teman tempatnya bagus & nyaman).
    Jumlah peserta sekitar 150 orang.
    Minta tolong info perkiraan dana /org jika:
    1. menginap di villa 1 malam
    2. 3X makan
    3. 2X snack
    4. Api unggun / organ tunggal (malam hari)
    5. Acara games / outbond
    oh ya, apakah tempat ini bisa dilewati bis besar + tempat parkir? dan adakah nomor yang bisa saya hubungi?

    Terima kasih
    suryo (08123203304)

  8. Wahid

    Dear Team Taman Cibodas Mandalawangi,
    Mohon dibantu yaa, untuk daftar harganya,..?
    saya rencana akan berkegiatan disana,
    sekaligus untuk berlangganan yaa,

    terimakasih

  9. Dadang

    Mas kalo mau kemping bisa langsung datang atau booking dulu?? terima kasih.. kalo booking dulu siapa yang saya hubungi dan di no telp barap terima kasih..

  10. Adi Sanjoyo

    Desember 2010 saya beserta rombongan pramuka berkemah di Mandalawangi, cukup terkejut dengan harga tiket masuk Rp 20000/orang/malam

  11. frantino

    cobalah ke lembah mandalawangi di puncak pangrango lebih indah..kata teman2ku sesama pendaki lembah mandalawangi adalah surga dunia..

  12. edi

    untk gambar bs di perbanyak ga?
    untuk fasilitas,apa z yg udah di sediakan untk tahun 2011.
    dan untuk tiket masuk per 1bus bisa dapet diskon ga?

  13. romanta

    mandalawangi dah gak aman waktu beberapa bln lalu aku dan keluarga ku camping di mandalawangi aku biasa camping disana jika liburan tapi sial waktu itu tenda sewaan ku disilet maling hp ku dan hp istri ku serta uangnya raip dicuri orang waspada jika camping disana simpan barang berharga ditempat aman bagaimana jika keselamatan ku waktu itu terancam wah aku gak bisa membayangkan semoga tidak terulang dengan yg lain

  14. Arif

    Minta tolong dong kasih tau harga tuk kegiatan family gathering berapa totalnya dah plus makan dll. thanks

  15. Sahlani

    Minta tolong ksh tau harga tiket msk ke taman wisata cibodas keseluruhan…atau tiket rombongan ..makasih yaa

  16. sherly chintia permata hati

    butuh list bentuk penginapan di cibodas dong .. trus harga nya berapa?
    terimakasih… di tunggu di email ya

  17. septi

    emang enak ko yang engga ke sana pasti nyesel banget…loh waktu itu pergi sama teman-teman sdit AL-FATAH bareng pak bay,pak jimi,pak sya anwar,dan lain-lain waktu itukan di air terjun ada lomba yang dapet bendera regu duluan boleh jalan duluan eh aku jadi kelombok terhakir eh temanku yang namanya ardha marah sama pak iyus…mantan wali kelasku ardha marah karena bendera dibawah tangga disitu basma,catri,aku marahlah,setelah itu acara santai aku maen di sungai kan air sungaikan deras sendal ais terjun ke danau ha…ha..eh aku main di sungai belakang bantuin orang centring nyuci piring eh sabila kacamatanya jatuh eh sabila di bilang bidadari kacamata jatuh kumpul di suruh kita mau ngelewatin sungai enak dingin serudeh..aku mau jatuh abis itu kita ngelewatinterowongan dinosaurus setelah sampai di tempat kemah aku mandi sama ajri kata ajria di punggungku ada lintah takut eha ternyata ais juga di gigit lintah abis itu kumpul kita mau pulang grupku jadi grup terfaforit

  18. aprilia

    cibodas…..cibodas….susah sekali nich aku dapet no hp contact person pengurus disana,padahal udh tinggal seminggu lagi nich berangkat kesana???padahal bawa rombongan tapi belum tau info apa2 untuk booking tempat disana???please…informasi donk?????urgent nich????tks ya???

  19. Sasty

    wah seru banget tuh buper mandalawangi,, waktu itu saya adakan LDKS & kami dari sekolah SMNK 2 CIkarang Barat, paling seru tuh pas malam2 uuh dinginnya minta ampun,,
    oy mas boleh tau no telp seketariatnya ga’???
    saya punya rencana mengajak teman kantor saya untuk berkunjung ksana…
    trims

  20. Tanzania

    allah bner” baik.. sampai” mmberikN kita allam n pemndangan yang indah bgt..?.. sampai” orang gx sdr betapa baiknya allah pd umatnya..?

    klo saya di izinkan u? pergi k’sana lagi..
    saya bakal menjadi manusia yang sangat bahagia karena dapat melihat k’indahan didunia inni..

  21. bagus guna wibowo

    tiap tahun sekaali saya kesana?? kaabarnya mang ujang gmna..
    salam dari anak 41 jakarta utara.

  22. asep thea

    tolong dong foto2 tempat mandalawanginya lbih bnyak di espoz! dri pd hrus bca2!cangkeul broo!

  23. BENNY

    tolong dong infonya mengenai sewa vila di daerah cibodas klu ada yg bisa bantu hub, saya 08174911117 atau 96456727 soalnya kamis siang mau berangkat nih.. untuk 2 malam bro….thx

  24. ika

    Aqu jg lg cari tips jalan2 ke CIBODAS tu brsama keluarga tp Aqu mau nya,sudah beserta mobil dan penginapan nya

  25. wahyu

    pak,, sya ingin mnta no telp, buperta mandalawangi, saya dan teman” sya ingin b’kunjung kesana, untuk acra kemping,brp ya no tlp nya?

    tolong hub ke hp saya saja,, segera,, karna saya akan b’rangkat jum’at besok..
    ini no hp saya 0857-1135-2644

    thanks.

  26. rommya Post author

    @adhie : thanks atas commentnya
    @Ben : wah sampai 4x berkunjung dlm 1 bulan ? ck..ck..ck. Oh ya bagi teman2 yg tahu informasi no telp Cibodas tolong di share ya.

  27. Anonymous

    Udaranya yang sejuk tidak kayak di bandung mas,ditambah keindahan nya yg seperti surga membuat kebun raya cibodas TOP Pokonya.Bulan oktober 08 saya sampai 4x berkunjung ke sana.Oh ya,maaf,kantor yang ditengah2nya kan baru ya..Saya memerlukan no telp kantor baru tersebut untuk reservasi tiket rombongan dan informasi lainnya yang saya butuhkan.Bisa bantu saya? Mohon hubungi no telp saya langsung
    0857-2123-4545 Terima kasih sebelumnya.
    (Ben P Prabowo,Bandung)

  28. adhie

    wah…di mandalawangi uenak bangets deh…..udaranya sejuk bangets,pemandangannya indah,tempatnya bagus,dll
    klo ad waktu gw sm anak2x dari komunitas MNC ingin berkunjung kesn lg,btw gw di MNC sebagai anggota Div.Kaderisasi jd tgs gw adl mencari anggota MNC yg baru.insyaallah gw kesn bln juni….
    MNC…………………………….
    SUKSES………………………….

  29. rommya Post author

    @Alam: Saya sdh menanyakan informasi tsb ke Pak Ferry, tapi masih blm mendapat jawaban. Mungkin Bpk bisa langsung contact ke sekretariatnya Mandalawangi saja.

  30. alam

    Wah seru bisa berlibur…….

    Saya sudah baca artikel di atas, menarik sepertinya……saya baru tahu klo ternyata di area Buper Mandalawangi ada Villa nya….bulan Agustus 2008 saya rencana akan mengadakan DIKLAT, saya rekomendasikan Buper Mandalawangi….tapi saya ga tau di sana ada villanya apa ga…setelah saya baca ini ternyata ada…..

    Maaf Mas…apa boleh saya minta contact person kantor Mandalawangi atau Contact Bp. Lius…..
    Alam = 081510922396 E-Mail = rachmat_alam@yahoo.com

    Terima Kasih atas informasinya

  31. rommya Post author

    @Ferry : wah, sangat lengkap penjelasannya. Saya yakin informasi ini akan berguna bagi para pembaca lainnya. Jika semua pengelola wisata melakukan hal ini, maka akan semakin nyaman tempat2 pariwisata kita yg akhirnya akan menambah pendapatan daerah bahkan devisa negara..

  32. Ferry

    Tanggal 12 – 13 July komunitas komputer & Internet MNC ( Margahayu Network Community ) dari bekasi berkemah di mandalawangi Cibodas ini.

    Tempatnya nyaman untuk berkemah karena :
    1. Fasilitas MCK sudah bagus ( terutama di area Danau )
    2. Fasilitas Ibadah ( sholat ) ada.
    3. View pemandangan bagus meliputi hutan dan 2 gunung ( panggarano & gede )
    4. Lapangan rumput luas yang bisa digunakan untuk kegiatan berkemah dan outbound .
    5. Ada Villa jika ingin mengunakan.
    6. Tersedia listrik untuk berbagai kegiatan ( 3 titik listrik ).
    7. Tempatnya bersih dan resik.
    8. Tersedia warung untuk makan, minum dan menyewa peralatan seperti matras, sleeping bag, kemah dll dengan harga yang “WAJAR”
    9. Tiket masuk gerbang = Rp. 2000/orang ( Pemda ), Tiket Masuk wisata = Rp. 8500/orang ( mandalawangi ) ==> total Rp. 10.500/orang , lebih dari 50 orang discount 10 %. Tapi karena kebetulan transportasi kita bertuliskan Marinir AL, maka yang Rp. 2000/orang gak usah bayar alias gratis ..

    Yang cukup mengesankan adalah, jam 2 malam saat kita sedang terlelap tidur, tiba tiba ada laporan dari regu jaga kami yang bilang ada tamu.
    Saat saya keluar saya dipertemukan dengan petugas dari mandalawangi yang dengan sangat sopan menanyakan tentang kwitansi pembayaran kami. Karena sudah larut malam agak kesal juga saya ditanyai tentang tiket dan kwitansi. Saya pikir ini cuma cara cara preman mengintimidasi agar uang bisa keluar. Setelah saya serahkan tiket pembayaran saya, ada diskusi kecil diantara mereka di depan saya yang menyatakan ada kwitansi kami yang ilegal dan harus dibawa mereka ke posko. Wah duit lagi nech pikir saya, namun saya berkeras untuk tidak menyerahkan kwitansi apapun kepada petugas, apalagi duit. Namun dengan sangat sopan bapak bapak penjaga mengatakan bahwa, ” bapak tenang saja.
    Ini ada kwitansi yang seharusnya tidak perlu bapak bayar ( kwitansi yang tidak perlu dibayar adalah sewa blok sebesar Rp.50.000 per blok ), seandainyapun bapak sudah bayar, maka uang yang sudah terlanjur dibayar akan dikembalikan ( Karena sewa 2 tempat maka uang akan dikembalikan Rp. 100.000 ) “, kami adalah pemilik dari mandalawangi dan beberapa tempat wisata di jawa barat. kami sedang mengadakan patroli dan pembenahan internal sehingga kami semakin baik dan semakin baik.

    oohhh …. lega juga, akhirnya kesal saya hilang dan bapak itu menyerahkan kartu namanya disitu tertulis Bp. Lius. lengkap dengan no Telpon. Lantas Bp. tsb menanyakan apakah ada pembayaran lain2 ?. Kami jawab ngak ada karena kami nilai wajar untuk pembayaran listrik 3 titik sebesar Rp. 75.000, padahal mungkin listrik tsb adalah inisiatif sendiri dari petugas lapangan.

    Jadi sebenarnya biaya resmi masuk mandalawangi adalah :
    1. Rp. 2000 / Orang Pintu Gerbang
    2. Rp. 8500 / Orang Pintu masuk mandalawangi
    3. Rp. xxx / mobil untuk parkir ( xxx= lupa tapi gak lebih dari 10.000 )

    Harga2 warung
    -Kayu bakar untuk api unggun silakan hub warung, biaya Rp. 3000 per ikatan atau Rp. 100.000 untuk semalaman
    – Makan . Rp. 7000 termurah

    biaya ngak resmi ( yang seharusnya gak dibayar )
    1. Sewa blok Rp. 50.000/blok
    2. Booking toilet Rp. 100.000 selama 2 hari untuk rombongan
    3. Biaya Listrik Rp.75.000 untuk 3 titik listrik
    4. Biaya pemakaian lahan untuk kegiatan permainan ( outbound ) Rp. 350.000.
    5. Biaya Sampah / biaya kebersihan , asalkan kita semua mampu menjaga kebersihan dengan tidak meninggalkan sampah dimana mana.

    Alhasil ada janji gue ke Pak Lius untuk menceritakan kesan saya terhadap mandalawangi ke rekan rekan saya.

    Mudah mudahan informasi diatas berguna,

    Oh ya , dari Bekasi tanggal 12 Juli Jam 08.00 pagi, dan meninggalkan mandalawangi 13 Juli jam 04.00 sore ( nginep semalem ) dengan fasilitas 3 x makan besar
    snack 1 x
    Transportasi PP
    Penginapan = Tenda ( 1 tenda untuk 3 orang )
    Akomodasi ( Tiket Masuk )
    Acara meliputi :
    Malam :
    Pemantapan kedisiplinan
    Materi Organisasi ( Pake slide in focus dan laptop )
    – Pengenalan Dasar Organisasi
    – Leadership
    Selingan Game
    – Komunikasi Efektif
    – Problem Solving
    Achievement Motivation Training
    Nonton bareng film Motivasi ( Secret, Kung Fu Panda )
    Api Unggun + Game Malam + Gitar Gitaran
    Renungan malam
    Kegiatan Ibadah ( Sholat dan Kultum )

    Siang keesokan harinya :
    Ibadah pagi ( Sholat subuh dan Kuliah Subuh )
    Olahraga Pagi.
    Outbound
    Games Spider web,
    Games Titian Balok
    Games Menara sedotan
    Games Pipa bocor
    Games Leadership ( Botol , Paku dan Tali ).

    Sertifikat Kegiatan.

    Nah semuanya cuma habis Rp. 100.000 perorang.
    Itupun masih ada kelebihan dana yang cukup buat kaos ( souvenir ).

    Selamat Berkunjung ke Mandalawangi Cibodas.
    Have a fun.

    PLeRZ

  33. rommya Post author

    @rendra: kemungkinan sih masih sama, seandainya naik pun tdk terlalu banyak ya. Atau mau mencoba ke Kebun Raya Cibodas nya yang baru di “renovasi”. Saya juga rencana akan mengunjunginya. Atau silahkan mencari informasi detail ke nomor telp ini : 0263-512233. Salam Jalan Jajan Hemat

  34. rommya Post author

    Wah sudah pernah kesana juga Pak? Saya pikir jarang lho orang yg datang ke tempat ini? Kalau Kebun Raya Cibodas buka, saya jg tdk akan berkunjung ke mandalawangi ini..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


− five = 4

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>