Ada satu tempat wisata di daerah Kuningan, 30 menit dari kota Cirebon. Tempat ini bernama Linggarjati. Tempat ini mudah dicapai dari kota Cirebon, ambil arah menuju Kuningan, nanti ada papan petunjuk jalan menuju tempat ini. Tempat yang dulunya adalah hotel ini, memiliki halaman yang luas. Di tempat ini pada tanggal 15 Nov 1946 terjadi peristiwa perundingan Linggarjati, yaitu dimana negara Belanda mengakui kedaulatan negara Republik Indonesia.

Linggarjati1Untuk masuk ke dalamnya tidak dipatok biaya, hanya mengisi buku tamu dan sumbangan untuk perawatan saja, Di dalamnya terdapat pemandu wisata yang menceritakan sejarah dari gedung tersebut. Tidak ada pungutan tambahan untuk itu, hanya sumbangan sukarela dari pengunjung untuk pemandu tersebut. Di dalamnya terdapat benda-benda yang masih dijaga keasliannya, seperti meja dan kursi rapat, lemari, tempat tidur dan jam besar. Memang ada beberapa furnitur yang merupakan replika dari aslinya. Di sana juga terdapat beberapa foto dan diorama yang menggambarkan suasana perundingan tempo doeloe.

Salam jalan jajan hemat.

Linggarjati2 Linggarjati3Linggarjati4




Tags: ,

16 Comments on Linggarjati Kuningan Cirebon

  1. asf says:

    Gedung Linggarjati itu perlu pembenahan. Terutama paparan mengenai sejarah dan peranan perundingan linggarjati terhadap berdirinya bangsa ini.

  2. rommya says:

    Di Indonesia semua peninggalan sejarah memang kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Padahal banyak sekali tempat-tempat yang jika dikelola dengan serius dapat menjadi obyek pariwisata yang menarik.

  3. maria says:

    waktu kecil saya sering bermain ke Linggarjati,,,
    tapi,,anehnya saya tidak begitu senang (biasa saja)
    dan kalau saat ini saya disuruh/dajak bermain di sana, saya pasti akan malas.
    padahal saya tahu linggarjati merupakan salah satu tempat bersejarah dan memiliki banyak potensi.
    dari hal-hal yangsangat sepele tersebut, saya pikir, pengelola Linggarjati perlu melakukan peninjauan kembali terhadap tujuan dilestarikannya bangunan dan didirikannya tempat wisata.
    bagaimana caranya bisa menjadikan linggarjati sebagai salah satu potensi lokasi wisata sejarah dan rekreasi keluarga yang dapat menyenangkan penuduk pada segala usia..

  4. rommya says:

    Setuju.. bahkan bukan hanya Linggarjati saja, semua objek sejarah di Indonesia pasti dalam keadaan tdk terawat, dan tdk disukai oleh para wisatawan dalam negeri, bahkan kadangkala turis asing lebih menghargai ketimbang turis domestik…

  5. rhoe says:

    ok deh.. boleh juga

  6. johan says:

    coba kalau ga ada gedung linggarjati mungkin indonesia masih di jajah

  7. johan says:

    linggarjati nasib banngsa indonesia di tentukan di sini…. linggarjati

  8. ismanudin says:

    linggar jati memang indah,sayang jika sampai tidak di rawat apa lagi pudar.ingin deh rasanya mampir barang sebentar.

  9. nurhaidi says:

    udah lama tidak plng kampung dan melihat gedung lingarjati gedung itu harus dirawat

  10. My Indonesian info says:

    infonya menarik ini adalah tempat bersejarah di daerah Kuningan Jawa barat tepatnya di desa Linggasana, kebetulan saya sudah berkunjung ke museum Linggarjati, tempatnya nyaman dan pemandunya ramah-ramah.

  11. veronika shadeline says:

    i like this !!!

  12. sarazevo says:

    kya.x tmpt wsta nch sweet bgt dchh ,,
    jdi png k cna ,,,,,
    i’m coming kuningan …..

  13. sarazevo says:

    ku pngn k cna ma PH ku …….
    miss you chyanx ,,,,,,
    moga tmpt tch bza mnjdi knngan kta …

  14. almar says:

    kaya nya rame ke cirebon sambil nambah nambah ilmu ,,,,,

  15. irpan says:

    semoga tempat bersejarah itu bisa dijaga dengan baik dan menjadi sejarah untuk anak cucu bangnsa

  16. fauzi says:

    Kmarin q berkunjung ke musium linggar jati, nyatanya disana masih dipunngut biaya, katanya tdag dpunggut tpi nyatanya masih. Bagi phak yg bertanggung jawab mohon dibenahi masalah ituu, terimah kasih

Leave a Reply