Jalan Jajan Hemat

Museum Satria Mandala

Kesempatan kali ini saya akan menceritakan tentang Museum satria Mandala. Seperti pernah dijelaskan dalam posting saya terdahulu, kami sekeluarga gemar berkunjung ke museum (lihat disini). Museum ini terletak di Jl. Gatot Subroto 14-16. Buka dari hari Selasa s/d Minggu jam 9 s/d 14.30, seperti museum di Indonesia lainnya, museum Satria Mandala pada hari Senin tutup. No telp (021) 5227545, 5227946, 52251795. Biaya masuk relatif murah (seperti halnya seluruh museum di Indonesia).

Koleksi Museum Satria Mandala


Dalam museum ini dapat ditemui berbagai koleksi peralatan perang di Indonesia, dari masa lampau sampai modern. Ada koleksi ranjau, rudal, torpedo, tank, meriam bahkan helikopter dan pesawat terbang. Anak – anak pasti tertarik melihatnya. Area nya sangat luas, dan taman nya pun cukup indah. Memang kalau dibandingkan dengan kawasan Fort Siloso di pulau Sentosa, Singapura (akan saya ulas dalam kesempatan lain), tempat ini terasa sederhana. Tapi saya yakin, kalau dikelola dengan profesional, Indonesia memiliki potensi yang jauh lebih besar dari negara-negara tetangga kita. Tapi bisa jadi akan berdampak pada naiknya harga tiket masuk 🙂

Kolam dan koleksi outdoor

Jadi mari, jadikan kita sebagai bangsa yang mengingat dan menghargai pahlawannya, ajaklah keluarga kita jangan hanya ke mal dan menjadi orang yang konsumerisme, kenalkan pada sejarah, sekaligus berwisata… dan tentunya dengan harga hemat..

Salam jalan jajan hemat.


13 thoughts on “Museum Satria Mandala

  1. bapaRap

    siapa lg klo bkn kita2 yg mau memberikan sejarah bangsa ini ke anak cucu,hebat bro…
    harusnya bpk Gubernur Jokowi yg juga harus tanggap biar tdk hilang sejarah negeri ini.

  2. Nitha

    belum pernah nih masuk ke museum satria mandala, beberapa museum lain sih udah pernah hehehe.. thanks buat infonya, kayaknya mo kesitu deh minggu depan..

  3. Morel

    Kebetulan saya seorang penggemar berat pesawat terbang apalagi yang memiliki nilai sejarah tinggi. Setelah mendengar banyak sekali koleksi bersejarah di museum ini baik itu tank, rudal maupun pesawat terbang yang juga meupakan saksi dari perjuangan bangsa ini maka sudah sebaiknya kita ikut melestarikan dan menghargai koleksi bersejarah di museum ini. Semoga di tahun 2010 ini museum menjadi salah satu tujuan wisata di Indonesia. Maju terus museum Indonesia…!!!

  4. rommya Post author

    Yah semoga para pegawai di museum kita memiliki semangat yg tinggi, tdk kalah dengan museum2 di luar negeri. Museum Bank Indonesia merupakan contoh museum dgn pelayanan yg sangat baik. Maju terus museum di Indonesia !!

  5. jamiat

    susah banget sih dihubungin nya no tlp ada 3 tapi cuma satu yang aktiv tapi itu juga di tlp ga di angkat angkat,kita butuh infofmasi lebih lanjut neeh,terimakasih

  6. rommya

    Kalau gambarnya besar, nanti opennya kelamaan dan boros bandwith 🙂 Tp kalau mau, saya banyak tuh foto2 di dlm museumnya.

  7. rommya

    Sama-sama, silahkan saling tukar-menukar info. Krn sebenarnya banyak sekali tempat menarik di Jakarta / Indonesia yang kurang mendapat publikasi (dan kurang dirawat juga). Yang penting kita dapat berwisata dgn keluarga, tapi dengan cara hemat.. 😀

  8. oky

    Hebat Blognya nie, bisa nambah-nambah ilmu berwisata gw, walaupun kurang lengkap. Thank ya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.