Jalan Jajan Hemat

Ayo Liburan Bersama Keluarga Ke Kota Budaya Solo

Memiliki keluarga kecil dengan anak-anak yang semakin besar, harus pintar mengatur rencana liburan. Ada saja yang bisa diperdebatkan sehingga dapat mengacaukan susunan acara yang telah disetujui. Kakak ingin liburan sambil melihat tempat baru, Ayah malah inginnya road trip saja, sedangkan Mama ingin menambah jumlah foto liburannya. Agar semua keinginan terpenuhi, ada kota Solo yang bisa dijadikan tempat liburan nanti.

Bak perburuan mencari harta karun bersama keluarga, tempat wisata baru di Solo merupakan sebuah peta baru yang wajib dikunjungi. Kota ini sudah membenahi diri dengan menambah alternatif wisata kota Solo. Apalagi jalan tol Pulau Jawa dari barat ke timur sudah terhubung, jadi jangan hanya melewati Solo. Mampir dan jelajahi kota ini yuk!

Susun Rencana Perjalanan ke Solo

Dari barat ke timur, dari timur ke utara, mau pilih tempat wisata Solo yang mana yang dapat menggabungkan keinginan banyak orang. Tenang saja. Jika bosan di tengah kota, di dekat Solo ada banyak tempat wisata baru lainnya.

Sebut saja De Tjolomadoe sebuah gedung pabrik gula yang kini diubah menjadi tempat wisata. Paling tepat datang ke sini sambil membawa kamera dan Mama sebagai objek fotonya. Ayah yang mengurus transportasi dengan promo rental mobil di Solo. 

foto:Mario Wibowo – De Tjolomadoe

Ada juga The Heritage Palace yang menyimpan koleksi berbagai kendaraan antik. Sama seperti bangunan De Tjolomadoe, The Heritage Palace memanfaatkan gedung pabrik gula yang tidak terpakai. Paling tepat hunting foto di sini jelang senja. Nuansa gelap dan misterius dari bangunannya akan mempercantik feed Instagram kamu.

foto : pariwisatasolo.surakarta.go.id – The Heritage Palace

Maksimalkan rental mobil dengan pergi menuju Bendung Karet Tirtonadi. Digadang-gadang sebagai ikon baru Solo, bendungan yang baru diresmikan di akhir 2018 ini dapat menjadi sarana edukasi dan wisata keluarga sekaligus. 

foto:surakarta.go.id – Bendung Karet Tirtonadi

Tutup perjalanan ke Solo dengan mengunjungi The Lawu Park yang terletak di Kabupaten Karanganyar. Tidak jauh dari Solo menuju arah Tawangmangu, inilah tempat wisata baru yang penuh dengan kegiatan wisata alam. Ajak keluarga menjelajah hutan dan menguji adrenalin dengan flying fox atau di wahana sky walk-nya.

Harga tiket masuk tempat wisata baru di Solo ini bervariasi. Pastikan telah mengatur anggaran pengeluaran yang teliti.

Memilih Transportasi yang Nyaman ke Solo

Terletak di tengah propinsi Jawa Tengah, ada berbagai pilihan moda transportasi menuju ke sini. Ingin naik kereta api, gampang tinggal pesan online saja berangkat dari stasiun terdekat. Kota ini juga bisa dengan mudah dicapai dengan naik pesawat lho! Kalau ikutan pusing dengan harga tiket pesawat yang lagi naik nih, mungkin bisa coba naik bus. Bus juga nyaman kok, nggak kalah sama pesawat atau kereta, hanya saja waktu tempuhnya menjadi bahan pertimbangan.

Mencari Hotel, Hostel, atau Guest House di Solo

Sebagai destinasi wisata, kota Solo tidak kekurangan akomodasi dari berbagai kelas kenyamanan. Ingin tinggal di hotel bintang lima atau di guest house yang ramah untuk keluarga, semua bisa dicari. Cari juga kamar tempat menginap yang sesuai dengan anggaran.

Tak Kurang Tempat, Ada Banyak Pilihan Kuliner di Solo 

Solo tidak sama seperti Jogja. Dikenal murah kulinernya, ada saja yang terjebak dengan harga makanan yang mahal di tempat wisata di Jogja. Solo jauh lebih ramah untuk kantong keluarga. Dari warung emperannya hingga restoran legendaris di Solo.

Setiap sudut Solo merupakan tempat kuliner yang tiada habisnya. Berburu Tipat di pagi hari sampai mencari penjual susu segar tengah malam, perut tidak akan terasa kelaparan selama di Solo. 

foto:pesona.travel – Pecel Ndeso

Melalui sudut mata profesional, geliat tempat wisata baru sampai kulinernya yang khas di Solo dapat menjadi tempat hunting foto. Jangan lupa membawa kamera atau smartphone terkini untuk mengambil gambar dan video. Pilih yang kamera dengan kualitas low light terbaik sebagai modal jalan-jalan malam di Solo.

Dengan agenda perjalanan sederhana di atas, keinginan setiap anggota keluarga bisa terakomodir bukan? Kakak dapat mengasah kemampuan fotografinya, Ayah dan promo rental mobil di Solo adalah jawaban keinginan roadtrip, sedangkan Mama mendapat banyak sekali foto untuk diunggah. Semua bisa menikmati liburan keluarga selama di Solo!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.