Jalan Jajan Hemat

Berlibur mudah jaman now

Waktu saya masih kecil, berlibur adalah suatu hal yang sangat mewah. Dibutuhkan biaya yang cukup besar, apalagi kalau sampai ke luar negeri. Ikut dengan tour adalah opsi paling umum yang digunakan. Dan pada waktu itu travel agent memberikan harga yang cukup tinggi, karena mereka memberikan full service bagi konsumennya, mulai dari pemesanan tiket pesawat yang non-promo (karena biasanya masih bisa dirubah tanggalnya), pemesanan hotel, pendampingan selama perjalanan, pengurusan visa, bahkan sampai pengantaran tiket dan voucher hotel ke rumah / kantor konsumen. Sangat memboroskan dan tidak praktis. Memang konsumen dimanjakan dan tinggal terima beres, tapi harga sebuah liburan akhirnya menjadi mahal, sehingga liburan menjadi kemewahan, hanya orang kaya saja yang bisa melancong.

Tapi dengan perkembangan teknologi, kini konsumen mulai memiliki opsi untuk mendapatkan liburan dengan harga hemat. Informasi mengenai tempat wisata, transportasi, rute, penginapan, dan tips perjalanan di sebuah negara dengan mudah dapat kita dapatkan di internet. Para travel blogger membagikan pengalaman mereka yang membantu wisatawan yang masih awam. Pemesanan tiket pesawat juga sudah dapat diakses dengan mudah oleh konsumen yang kini bisa mendapatkan harga lebih hemat. Memilih tempat penginapan juga dengan mudah dapat dilakukan melalui gadget. Konsumen terutama anak-anak muda sekarang tidak takut lagi untuk berpetualang keliling Indonesia bahkan ke luar negeri dengan harga yang terjangkau kocek mereka. Trend saat ini adalah orang menghemat biaya belanja dan gaya hidup agar dapat pelesir dan mengunjungi tempat-tempat baru sehingga menambah pengalaman dan wawasan.

Selama perjalanan liburan keluarga kami baik di dalam negeri maupun luar negeri kami selalu melakukan pemesanan hotel sebelum berangkat, sehingga tidak repot atau bahkan mendapat kejutan jika melakukan pemesanan hotel on the spot (langsung di tempat tanpa reservasi). Dengan melakukan pemesanan hotel sebelumnya maka kita dapat membandingkan beberapa hotel, harga dan fasilitasnya, lokasinya dan juga komentar dan rating dari tamu yang pernah menginap. Tidak beli kucing dalam karung 🙂

Website yang sering kami gunakan untuk memesan hotel adalah Traveloka, karena kami dapat melihat pilihan hotel mulai dari penginapan yang hemat hingga hotel berbintang dengan mudah. Harga yang tertulis di Traveloka sudah final tanpa tambahan biaya lagi. Ada situs lain yang harga kamarnya di awal terlihat murah, tapi setelah total akhir ternyata lebih mahal karena ada tambahan biaya ini-itu. Ada lagi yang ditagih dalam mata uang asing (untuk hotel di luar negeri), sehingga saat tertagih di kartu kredit dan dikurs dalam Rupiah harganya menjadi lebih mahal. Dan serunya lagi harga di Traveloka biasanya lebih murah bahkan dari website hotel itu langsung. Jika ada kerabat maupun saudara yang ingin bepergian dan minta dipesankan hotel, saya biasanya memesan melalui Traveloka. Pilihan cara pembayarannya pun beragam, rajin-rajinlah mengecek promo yang ada, kadang ada promo kartu kredit, promo hotel, promo paket dengan maskapai, sehingga harganya menjadi lebih hemat lagi.

Aplikasi traveloka ini mudah digunakan, tidak ribet, tersedia lewat web dan juga mobile. Psstt seringnya harga di aplikasi mobile lebih murah dari di web, jadi kami lebih sering membooking lewat aplikasi mobile. Selama ini kami tidak pernah mengalami masalah saat check-in di hotel dalam maupun luar negeri. Namun jika seandainya terjadi masalah, jangan kuatir karena Traveloka sudah menyediakan Stay Guarantee. Fasilitas ini menjamin Anda pasti akan mendapatkan hotel yang setara atau lebih baik, just in case Anda tidak kebagian kamar di hotel yang Anda booking (jangan lupa baca syarat & ketentuannya). Jadi liburan Anda akan lebih terjamin dari kejutan-kejutan tidak menyenangkan.

Jadi sebagai pelancong jaman now, berlibur menjadi mudah dan nyaman kan.

Salam JJH.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.