Jalan Jajan Hemat

Istana Ratu Boko

Tempat ini sering disebut sebagai Candi Ratu Boko, Istana Ratu Boko atau Keraton Ratu Boko. Mulai mencuat sejak dijadikan sebagai salah satu lokasi scene dalam film Ada Apa dengan Cinta 2 (AADC2). Memang tempat ini cantik dan eksotik, kami sempat mengunjunginya beberapa tahun lalu yang dapat dibaca di sini.
tangga-gapura-ratu-boko

Jadi dalam artikel ini kami tidak membahas mengenai sejarah Istana Ratu Boko tersebut, tapi lebih banyak memberikan foto dan gambaran mengenai tempatnya. Untuk mencapai ke lokasi ini memang tidak terlalu mudah, karena cukup jauh (3 km) dari jalan raya dan tidak dilalui kendaraan umum. Pengunjung disarankan mengambil paket dari Candi Prambanan, karena tersedia shuttle gratis dari Candi Prambanan yang mengantar dan menjemput Anda kembali ke Candi Prambanan yang lokasinya sangat mudah dicapai menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Harga tiket paket Candi Prambanan – Ratu Boko adalah Rp 50.000 (dewasa) dan Rp 20.000 (anak) untuk turis domestik per 2016.

Shuttle gratis Prambanan - Ratu Boko

Shuttle gratis Prambanan – Ratu Boko

keraton-ratu-boko

Pintu loket Ratu Boko

Pintu loket Ratu Boko

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat berkunjung ke Istana Ratu Boko :

  • Siapkan tenaga, dan sepatu yang nyaman
    Lokasinya yang berada di perbukitan, dan pengunjung harus melewati banyak anak tangga. Lupakanlah high heels Anda dan gunakan sepatu yang ringan dan nyaman
  • Siapkan topi, pakaian yang mudah menyerap keringat dan air minum
    Saat siang hari tempat ini cukup panas, kenakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Topi yang melindungi kepala akan membuat Anda lebih nyaman saat berkeliling kompleks, bahkan ada pengunjung membawa payung. Dan siapkan minuman untuk menghilangkan dahaga selama perjalanan.
  • Sediakan waktu yang cukup
    Areal Istana Ratu Boko ini cukup luas, agar bisa menikmatinya siapkan waktu yang cukup agar tidak terburu-buru (karena shuttle hanya tersedia dari jam 08.00 -16.30).
  • Sediakan baterai dan ruang dalam kamera Anda
    Banyak spot cantik di tempat ini, pastikan Anda memiliki baterai yang cukup dan tempat penyimpanan di handphone atau kamera Anda. Membawa tongsis sangat disarankan 🙂
Deretan anak tangga menuju Istana Ratu Boko

Deretan anak tangga menuju Istana Ratu Boko

Ada seniman pantomim di jalan masuk

Ada seniman pantomim di jalan masuk

Jalan masuk menuju gapura Istana Ratu Boko

Jalan masuk menuju gapura Ratu Boko

Gapura Ratu Boko

Gapura Ratu Boko

Salah satu sudut di gapura Ratu Boko

Salah satu sudut di gapura Ratu Boko

Jalan setapak mengelilingi area situs Ratu Boko

Jalan setapak mengelilingi area situs Ratu Boko

Tangga menuju candi pembakaran

Tangga menuju candi pembakaran

Candi pembakaran

Candi pembakaran dengan viewnya yang indah

Untuk mendapatkan pemandangan yang lebih luas, kita dapat naik ke Gardu Pandang. Dari atas sana kita dapat melihat view ke sekeliling situs Ratu Boko yang indah ini.

Gardu Pandang

Gardu Pandang

Terdapat beberapa reruntuhan batu yang belum selesai dibentuk ke bangunan asalnya.

Reruntuhan yang belum terselesaikan

Reruntuhan yang belum terselesaikan

Dalam kunjungan kami kali ini, kami belum sempat mengitari sampai ke seluruh area, karena keterbatasan waktu, masih ada : Goa Ratu Boko, Pendapa Istana, Keputren dan Pemandian. Lokasinya ada di kanan dari gapura Istana Ratu Boko. Beberapa foto dapat dilihat dalam postingan kami yang pertama.

Denah Situs Ratu Boko

Denah Situs Ratu Boko

Terdapat pelataran untuk pertunjukan sendra tari dengan tempat duduk berformat teater. Pemandangan dari tempat ini juga indah.

Pelataran Sendratari

Pelataran Sendratari

Istana Ratu Boko ini juga menjadi tempat untuk menikmati matahari terbenam (sunset), dan paket untuk menikmati sunset berbeda yaitu Rp 70.000 (tidak termasuk paket dengan Prambanan) untuk turis domestik (tahun 2016) yang dimulai dari jam 15.00 – 18.00 dan pengunjung sudah dapat menikmati kopi/teh dan makanan.

Kami melihat situs Ratu Boko ini dikelola dengan baik, dapat terlihat dari fasilitas kamar mandi yang tersedia tanpa dipungut biaya lagi, dan kebersihannya patut diacungi jempol.

Toilet di Ratu Boko

Toilet di Ratu Boko

Demikian sekilas informasi mengenai Istana Ratu Boko, saat berlibur ke Jogja jangan lewatkan mampir ke tempat ini.

Salam JJH…

Istana Ratu Boko
Jl Prambanan-Piyungan Bokoharjo Prambanan Sleman Yogyakarta
Telp : +62 274 496 510
Tiket masuk :
Ratu Boko : Rp 25.000 (dewasa), Rp 12.500 (anak <6 tahun) Paket Prambanan & Ratu Boko : Rp 50.000 (dewasa), Rp 20.000 (anak <6 tahun) Ratu Boko Sunset Tour : Rp 70.000

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.