Jalan Jajan Hemat

Wisata ke Pulau Pramuka (Kepulauan Seribu)

Artikel ini merupakan sumbangan dari rekan saya, Seng Cui yang membagikan pengalamannya untuk teman-teman JalanJajanHemat (JJH) yang ingin berlibur ke Pulau Pramuka. Thanks ya Om atas artikelnya..

Kepulauan Seribu di Teluk Jakarta menyimpan daya tarik wisata air yang memiliki beberapa keunggulan untuk warga Jakarta dan sekitarnya. Banyak pulau yang telah beralih fungsi menjadi tempat wisata yang sangat layak untuk dikunjungi. Ada beberapa pulau yang telah di kelola secara profesional, mulai dari tempat tinggal, menu makanan, acara permainan, wisata, dll. Namun ada pula yang masih menjadi saksi sejarah dengan sisa-sisa peninggalan dari perjuangan melawan penjajahan di wilayah utara Batavia tempo dulu.

Kali ini kita akan membahas tentang Pulau Pramuka. Secara geografis, Pulau Pramuka terletak di tengah-tengah dari gugusan kepulauan Seribu,sehingga merupakan tempat yang ideal untuk dikunjungi dilihat dari beberapa aspek :

1. Aspek Jarak Tempuh

    Dengan jarak tempuh sekitar 1 jam dari dermaga Marina Ancol menggunakan speed boat bermesin 4 atau 2,5 jam dari dermaga Muara Angke menggunakan perahu kayu. Dengan kondisi air pasang dan berombak sekalipun, jarak tempuh tersebut masih memungkinkan untuk kondisi fisik tetap terjaga untuk aktivitas selanjutnya
    peta-kepulauan-seribu

2. Aspek Tempat Tinggal

    Pulau Pramuka merupakan pulau yang berpenghuni dan menjadi pusat kegiatan-kegiatan penelitian dan pengamatan kepulauan Seribu, sehingga suasana tidak terlalu terasa terpencil. Banyak penginapan yang tersedia untuk disewakan dan dengan harga yang cukup bersahabat. Demikian juga segala macam keperluan dapat dengan mudah di peroleh dan dengan harga yang tidak berbeda jauh dengan Jakarta
    Penginapan1

    Penginapan2

3. Aspek Makanan

    Seperti umumnya di pulau, lauk utama adalah hasil laut, dan terasa sangat segar. Aneka pengolahan makanan yang sangat familiar di lidah tersaji dengan warna yang menggoda selera dan mengembalikan kekuatan jasmani dengan baik. Jika tidak cocok dengan hasil laut, tersedia juga hidangan ayam goreng dan juga mie instan 🙂
    Makanan

4. Aspek Wisata Air

    Selain pantai yang cukup landai dan berpasir, pulau Pramuka juga memungkinkan untuk kegiatan acara permainan seperti Kano (dayung perahu), Banana Boat, Donut, Snorkeling, Diving, Memancing.
    Ada juga tempat konservasi Penyu dan penangkaran Hiu di sekeliling pulau Pramuka tersebut.
    Satu tempat yang dapat memenuhi keinginan dari orang tua, orang muda maupun anak-anak.
    Pantai1

Untuk mendapatkan kesan yang lebih mendalam dalam kunjungan wisata ke pulau Pramuka, kita harus mempersiapkan segala keperluan dengan baik sebelum keberangkatan. Untuk memudahkan, kita bisa memakai jasa tour travel yang banyak menawarkan paket wisata ke pulau tersebut. Dapat pula dengan sedikit repot mengatur segala sesuatunya sendiri.

Jika mengatur sendiri, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan :
1. Waktu berwisata

    Kepulauan Seribu terletak di Teluk Jakarta, sehingga setiap waktu dapat di kunjungi. Namun jika mempertimbangkan mabuk laut akibat ombak tinggi, maka hindari pada saat angin kencang bertiup (biasa nya musim hujan). Angin lebih kencang ketika siang menjelang, pagi hari ombak relatif lebih tenang.

2. Tempat Penginapan

    Tempat penginapan menjadi pilihan pertama ketika mempunyai rencana perjalanan ke Kepulauan Seribu, karena diperlukan untuk beristirahat memulihkan tenaga setelah berwisata dan mempersiapkan diri untuk keesokan harinya.

    Ada beberapa tipe penginapan yang tersedia, dari sekelas cottage, rumah penduduk yang khusus dibangun untuk dijadikan penginapan, sampai tinggal dirumah penduduk (homestay). Dari segi lokasi juga menjadi pertimbangan, karena ada lokasi yang dekat dengan dermaga (pusat kegiatan) dan ada juga lokasi yang dekat ke tempat permainan air.

3. Acara ( wisata ) yang diinginkan

    Untuk anak kecil, mereka lebih suka permainan air dibanding acara yang snorkeling atau diving, sehingga harus menyesuaikan waktu untuk permainannya. Waktu permainan air sangat tergantung pada pasang surut dan arus air laut. Air surut dan tenang biasa terjadi pada pagi hari, dan menjadi pasang dan ber-arus ketika siang menjelang sore.
    Untuk bermain di pasir pantai, tidak terlalu berpengaruh. Untuk permaianan Kano atau Perahu, lebih baik bermain di pagi hari. Untuk permainan banana boat dan donut, lebih asyik dan menantang ketika sore hari.
    Untuk Snorkeling dan Diving, akan berangkat menuju ke lokasi menggunakan perahu dan dipandu oleh seorang Tour Guide dan awak kapal. Peralatan yang dibutuhkan (Snorkle, Oxygen) juga tersedia untuk disewa. Ada latihan yang diperagakan untuk dicoba sebelum terjun ke lokasi sebenarnya.

Untuk wisata air, dengan pertimbangan pemula dan waktu yang terbatas, pulau Pramuka menjadi pilihan yang baik untuk di kunjungi.

Salam JJH …

Dermaga

Dermaga


Siap2 berangkat

Siap2 berangkat


Keliling pulau

Keliling pulau


Pantai

Pantai


Suasana di pulau

Suasana di pulau

Penangkaran penyu

Penangkaran penyu


Snorkeling

Snorkeling


Mancing

Mancing


Menyelam

Menyelam


Terumbu karang

Terumbu karang


Penangkaran Hiu

Penangkaran Hiu

One thought on “Wisata ke Pulau Pramuka (Kepulauan Seribu)

  1. Pingback: Spot Foto Wisata Ancol

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.