Jalan Jajan Hemat

Wisata Religi Bogor

Bogor, kota yang terletak 60 km dari Jakarta ini selain memiliki daya tarik kuliner, juga terdapat beberapa tempat ibadah yang menarik untuk dikunjungi. Berikut JJH memberikan beberapa tempat yang sering dijadikan tujuan wisata religi di Bogor :

MASJID RAYA BOGOR


Masjid yang terletak di Jalan Raya Pajajaran ini pembangunannya dimulai pada tahun 1970 dan selesai pada tahun 1979, yang dirancang oleh arsitek FX. Silaban. FX Silaban ini juga arsitek yang merancang Masjid Istiqlal, seorang yang beragama Kristen yang mencerminkan indahnya toleransi beragama. Masjid ini dilengkapi dengan gedung Pusat pengembangan dan Pengkajian Islam Bogor dan juga perpustakaan umum.
(Foto diambil dari www.beritabogor.com)


View Larger Map


GEREJA ZEBAOTH


Gereja GPIB jemaat Zebaoth ini berada di Jl. Ir H Juanda No. 3, tidak jauh dari Istana Bogor. Gereja ini dahulu hanya digunakan untuk beribadah dari kalangan orang Eropa saja. Dikenal juga dengan nama Gereja Ayam, karena ada patung ayam di puncak menaranya (seperti gereja ayam / GPIB Pniel di Pasar Baru, Jakarta).

Gereja ini mulai dibangun pada 30 Januari 1920, dimana pada peletakan batu pertamanya, terdapat petikan ayat Alkitab dari Mazmur 43:3 dalam bahasa Belanda:
Zend Uw Licht en Uw Waarheid
Dat Die Mij Leiden
Dat Zij Mij Brengen
Tot Den Berg Uwer Heiligheid
En Tot Uw Woningen
yang artinya: “Suruhlah terang-Mu dan kesetiaan-Mu datang, supaya aku dituntun dan dibawa ke gunung-Mu yang kudus dan ke tempat kediaman-Mu!”


View Larger Map

KLENTENG HOK TEK BIO


Klenteng ini disebut juga Vihara Dhanaguna, terletak di Jl Suryakencana No. 1, dekat pertigaan pasar, jadi harus cukup jeli melihat papan petunjuknya. Terdapat area parkir di halaman depan Vihara. Bangunan ini dibangun sejak tahun 1672.

Klenteng ini merupakan Klenteng pertama di Bogor dan memliki arsitektur bangunan bergaya khas China.




View Larger Map

Salam JJH

One thought on “Wisata Religi Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.