Jalan Jajan Hemat

Buddha Tooth Relic Temple and Museum (Singapore)

Dalam liburan ke Singapura, mungkin JJH-lovers sudah bosan ke tempat yang itu2 saja (Orchard, Universal Studio, Zoo, dll), ada baiknya berkunjung ke tempat religius. Selain untuk beribadah, tempat ini juga dapat dikunjungi sebagai tempat wisata koq. Namanya adalah Buddha Tooth Relic Temple and Museum, yang menyimpan relik suci Gigi Sang Buddha, yang disimpan di dalam sebuah stupa yang terbuat dari 320 kg emas.

Lokasinya terletak di kawasan Chinatown, kalau naik MRT bisa turun di Chinatown (NE4) keluar Exit A atau Tanjong Pagar (EW15) keluar Exit A, atau bisa juga naik bus, kalau dari daerah Balestier sekali naik bus no 145 turun di depan kuil & museum ini. Tidak dipungut bayaran untuk masuk kesini. Buka setiap hari dengan jam operasionalnya adalah sebagai berikut :
Lantai 1 : kuil (tempat ibadah), jam 7.00 – 19.00
Lantai 2 : Aranya Gallery, jam 9.00 – 19.00
Lantai 3 : Nagapuspa Buddhist Culture Museum, jam 9.00 – 18.00
Lantai 4 : Sacred Buddha Tooth Relic, jam 9.00 – 18.00

Tempat ini sangat bersih dan terawat, dengan fasilitas yang baik. Toilet yang sangat bersih, ruangan berpendingin udara (AC), lift, dispenser air minum, taman di atap, tempat makanan vegetarian. Terdiri dari 4 lantai yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. JJH tidak akan membahas secara detail, karena sangat banyak, untuk mengetahui lebih detail dapat dibaca di website resminya.

Memasuki gedung ini, kita akan melewati “Mountain Gate”, setelah itu kita menjumpai Reception Office, dan juga toko yang menyediakan bunga, lilin dan perlengkapan untuk sembahyang.

Di lantai dasar ini terdapat tempat untuk beribadah, yaitu di Hundred Dragons Hall – Maitreya Hall, dan di baliknya terdapat Avalokitesvara Hall.

Hundred Dragons Hall


Bodhisattva Avalokitesvara

Dengan menggunakan lift, kita dapat naik ke lantai 4 dan dilanjutkan tangga sampai ke atap. Di atap ini kita akan menjumpai taman yang cantik, dimana terdapat 10.000 Buddha yang berada dalam kotak kecil mengelilingi tembok. Dan di tengah bangunan terdapat Vairocana Buddha Prayer Wheel, bagaikan sebuah lemari buku yang dapat berputar.

Taman di atap


10.000 patung Buddha


Vairocana Buddha Prayer Wheel

Di lantai 4, kita dapat melihat relic gigi Sang Buddha yang diletakkan di balik kaca dan di dalam stupa yang terbuat dari emas dan juga lantainya dari emas. Di lantai ini kita tidak boleh mengambil foto (foto yang ditampilkan diambil dari website resminya). Pengunjung juga harus melepas sepatu, dan bersikap sopan & tenang, karena ini merupakan tempat ibadah. Kami sempat melihat banyak orang yang melakukan meditasi di tempat ini.

Di lantai 3 terdapat Nagapuspa Buddhist Culture Museum. Disini dipamerkan koleksi artefak Buddha.

Di lantai 2 terdapat Exhibition Hall, dimana dipajang kaligrafi, lukisan, patung yang bertemakan agama Buddha.

Demikian informasi dari JalanJajanHemat seputar Buddha Tooth Relic Temple and Museum. Tempat ini sering dikunjungi bukan hanya oleh pemeluk agama Buddha saja, tapi juga oleh pemeluk agama lain. Dan karena ini adalah tempat ibadah maka pengunjung wajib menggunakan pakaian yang sopan dan berlaku tertib dan sopan.

Salam JJH…

Buddha Tooth Relic Temple and Museum
288 South Bridge Road
Telp : +6220 0220
Jam operasional : 7 pagi – 7 malam
Biaya masuk : GRATIS

One thought on “Buddha Tooth Relic Temple and Museum (Singapore)

Leave a Reply

Your email address will not be published.