Jalan Jajan Hemat

Tips berwisata ke luar negeri

Tidak terasa libur Natal & Tahun baru sudah tiba. Anak-anak sudah libur sekolah, kini tiba saatnya untuk menyiapkan diri untuk berlibur bersama keluarga…

Bagi JJH lovers yang bermaksud berlibur ke luar negeri, JJH memberikan beberap tips agar perjalanan Anda menyenangkan.
1. Pastikan masa berlaku paspor Anda masih cukup, setidaknya 6 bulan ke depan

2. Bawa pakaian & peralatan secukupnya, Anda tentu tidak mau membawa berat pakaian yang akhirnya dibawa pulang kembali dalam keadaan bersih bukan ? Berat2in aja… Bahkan kami punya kebiasaan membawa baju lebih sedikit dari yg seharusnya, karena berencana membeli di negara tujuan. Jadi beli langsung dipakai. Anda dapat menggunakan plastik vacuum yang dapat mengepress pakaian Anda, lumayan hemat tempat lho.


3. Pastikan apakah Anda perlu memesan bagasi. Jika bawaan Anda banyak, pastikan memesan bagasi saat membeli tiket. Harganya akan lebih murah daripada di counter saat check in. Tapi jika tidak banyak bawaan, sebaiknya masukkan saja ke kabin sehingga tidak perlu repot menunggu bagasi saat tiba di tujuan, dan juga hemat biaya bagasi. Jika rute perjalanan cukup panjang, ada baiknya sekaligus memesan makanan secara online. Selain praktis, biasanya juga lebih murah.

4. Bawa peralatan elektronik & chargernya. Anda tidak ingin mengunjungi tempat yang indah tapi tidak ada fotonya, hanya karena kehabisan baterai kan ? Bawa baterai cadangan, dan charge saat malam hari di hotel. Isi penuh juga handphone Anda, saat baterai kamera digital Anda habis, handphone bisa jadi penyelamat. Jangan lupa pelajari bentuk soket listrik (colokkan) di negara tujuan, kalau perlu bawa converternya.

5. Jangan pernah meninggalkan paspor Anda dimanapun.. Bawa terus dalam tas Anda, bungkus dengan plastik / tas tahan air untuk menjaga dari kehujanan.
6. Gunakan alas kaki yang nyaman, sesuaikan dengan tempat tujuan Anda : pantai, gunung, mal akan menentukan alas kaki yang perlu dibawa
7. Obat2an ringan juga disiapkan, terutama jika membawa si kecil. Belum tentu di negara tujuan tersedia obat yang cocok untuk anak Anda. Bahkan bagi yang putra-putrinya masih menyusu, bawa juga susu anak Anda yang cukup selama liburan.
8. Jika Anda punya, tidak ada salahnya membawa gadget seperti laptop atau komputer tablet. Saat ada hotspot gratis, Anda dapat mencari informasi tambahan atau mengupload foto2 Anda ke facebook. Tetap eksissss….

9. Pastikan membawa handphone untuk alat komunikasi, Anda akan sangat membutuhkannya. Jika Anda tidak menggunakan operator yang memiliki fasilitas roaming hemat, pastikan untuk menukar kartu dengan sim card lokal. Jangan sampai pulang ke Indonesia, Anda membawa oleh2 tagihan pulsa yang mencekik leher. Ada operator yang punya fasilitas roaming hemat, seperti XL yang memberikan flat 1 tarif di semua negara (kalau tdk salah di timur tengah tdk berlaku deh). Harganya Rp 3.500/menit utk menelfon & ditelfon dan juga utk smsnya. Kalau masih merasa mahal, aktifkan saja Blackberry roamingnya gratis di 10 negara(termasuk Singapura, Malaysia, Hongkong, Macau). Hemat & praktis tanpa perlu ganti2 kartu.
10. Buat daftar perjalanan, walau hanya garis besarnya saja. Tulis tempat2 yang wajib dikunjungi, jangan sampai mati gaya di negara orang, dan malah mendekam di hotel saja. Optimalkan waktu liburan Anda.

Demikian beberapa tips untuk liburan Anda, silahkan simak terus di JalanJajanHemat.com untuk memantau info tempat liburan di dalam & luar negeri. Salam JJH…

5 thoughts on “Tips berwisata ke luar negeri

  1. Nila Lazuardi

    berwisata ke luar negeri? kenapa tidak.. 🙂
    asalkan siap semua persyaratan biar bisa bener bener nikmatin berwisata disana 😀

  2. Mahendra handaya

    Pak minta tolong bisa bantu kasih info utk pembelian tiket promo Air Asia atau Lion Air dll yg ke malaysia, sy dan kel rencana berangkat ke malaysia tgl 26 April 2011 berangkat jam )9 atau jam 11 dan pulang hari senin, 30 April dari Singapore penerbangan pukul 17.00 Sy akan berterima kasih sekali jika dpt info tiket murah lumayan bisa menghemat. Karena hotelnya saya sdh dpt tks ya

    salam
    Mahendra

  3. lukisan bunga

    bnr jg ya…bawa baju dengan cara mengpress kan jd ga terllau brt n ga memakan bawa barang yg ber koper2…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.