Setelah berwisata di Macau, kami melanjutkan perjalanan ke Hongkong. Perjalanan kami menggunakan kapal ferry. Hampir semua hotel di Macau menyediakan kendaraan antar-jemput ke terminal ferry secara gratis. Di terminal ini terdapat beberapa perusahaan / operator ferry, diantaranya TurboJet, dan New World First Ferry, masing-masing memiliki terminal tujuan di Hongkong, pastikan tujuan kita sesuai dengan ferry yang dipilih

Pelabuhan di Hong Kong, ada 2 yaitu :
Macau Ferry Terminal
202 Connaught Road Central (MTR Sheung Wan Station exit D), Central
Kalau Anda mau menuju ke pelabuhan di daerah Central ini, gunakan ferry Turbojet (estimasi 55 menit perjalanan)

China Ferry Terminal
33 Canton Road, Tsim Sha Tsui, Kowloon
Kalau Anda mau menuju ke pelabuhan di daerah Kowloon ini, gunakan ferry New World First Ferry (estimasi 60 – 75 menit perjalanan)

Perjalanan Ferry ini memakan waktu sekitar 50 – 60 menit. Bagasi diletakkan di bagian depan dan belakang kapal sehingga tidak mengganggu kenyamanan penumpang. Kami sarankan tetap berhati2, jangan meletakkan barang berharga di bagasi, dan pastikan bagasi masih dapat kita lihat.

Ruang kapal nyaman full AC, dan ada layar LCD besar yang memberikan informasi perjalanan kapal tersebut. DI perjalanan, awak kapal juga menjual makanan ringan dan minuman. Sayangnya waktu itu cuaca sedang buruk, sehingga saya sempat terasa mual dan tidak dapat terlalu menikmati perjalanan laut ini.

Sampai di pelabuhan Hongkong, kita melewati imigrasi, biasanya mereka tidak terlalu rewel, langsung di cap saja, saat itu kami memilih rute ke Tsim Sha Tsui, karena lebih dekat ke penginapan kami. Setelah tiba di Hongkong, mari kita bahas tempat-tempat wisata di Hongkong ya…

Perlu diingat dalam perjalanan menggunakan MTR (kereta bawah tanah), pastikan kita membaca peta jalur MTR, dan pintu keluar yang terdekat dengan tujuan agar kita dapat mengurangi pegal2 di kaki :)

OK, sekarang siap untuk membaca tempat2 wisata di Hongkong ya (beberapa informasi dan foto diambil dari beberapa sumber di internet) :


DISNEYLAND
Tempat ini adalah wahana bermain keluarga, seperti Dunia Fantasi di Ancol atau Universal Studio Singapore. Tempat ini jangan sampai dilewatkan. JJH akan memberikan ulasan khusus untuk Disneyland ini.




THE PEAK
Lokasi ini adalah tempat tertinggi di Hongkong Island dengan ketinggian 428 meter dari permukaan laut. Untuk mencapai tempat ini, kita dapat menggunakan bus, atau tram. Sangat disarankan untuk menggunakan tram, setidaknya 1 kali jalan.

The Peak Tram
Tram menuju ke atas bukit ini menawarkan perjalanan yang sangat mengesankan dengan sejarah 120 tahun melayani penumpang untuk mendaki keatas bukit dengan jalur & pemandangan yang dapat membuat kita menahan nafas… Saat menunggu tram datang, kita dapat melihat mini galeri yang menampilkan sejarah tram ini.
Harga tiket The Peak Tram per tahun 2011,
Rute sekali jalan, dewasa : HKD 28, anak-anak / orang tua diatas 65 tahun : HKD 11
Rute pulang-pergi, dewasa : HKD 40, anak-anak / orang tua diatas 65 tahun : HKD 18
Informasi The Peak Tram

Untuk mencapai stasiun Peak Tram ini, turun di MTR Central, lalu keluar ke pintu J2, belok kanan melintas Chater Garden, seberangi Jl Queen’s Road Central, dan ikuti jalan Garden Road. Kita akan melewati gedung Bank of China dan Citibank Plaza di sebelah kiri kita, dan St John’s Cathedral di sebelah kanan. Seberangi jl Lower Albert Road dan Garden Road. Nanti akan terlihat air mancur, di belakang air mancur tersebut adalah stasiun Peak Tram ini, silahkan lihat di peta berikut ini :




The Peak Tower
Dengan menggunakan tram, Anda akan tiba di gedung mal ini dengan desain bangunan yang unik. Di dalamnya terdapat toko-toko, makanan siap saji & restauran. Pemandangan dari gedung ini sungguh indah, tapi jika Anda ingin lebih maksimal lagi, Anda dapat naik ke Sky Terace
Informasi The Peak Tower




Sky Terrace 428
Teras ini berada di atap gedung The Peak Tower dengan ketinggian 428m di atas permukaan laut. Dari sini kita dapat memandang hamparan kota Hongkong yang sangat indah.
Harga tiket per 2011, dewasa : HKD 30, anak-anak / orang tua diatas 65 tahun : HKD 15
Informasi Sky Terrace




Madame Tussauds
Ini adalah museum patung lilin dari tokoh-tokoh terkenal di dunia. Mulai dari Albert Einstein, Madonna, Obama, sampai Andy Lau dapat Anda temui disini. Untuk Madame Tussauds Hongkong ini tentunya lebih banyak tokoh2 dari Asia, terutama bintang film Hongkong. Disini juga kita dapat melihat penjelasan proses pembuatan patung lilin.

Jangan lupa mampir ke Scream, yaitu satu area seperti rumah hantu (gratis), yang di dalamnya ada patung lilin dicampur dengan orang yang menakut-nakuti pengunjung. Tidak disarankan untuk yang berpenyakit jantung.

Selama di Madame Tussauds kita mungkin akan beberapa kali difoto oleh petugas disana, dan jika tertarik kita dapat membelinya di pintu keluar.

Harga tiket masuk Madame Tussauds per tahun 2011, dewasa : HKD 170, anak-anak / orang tua diatas 65 tahun: HKD 100
Informasi Madame Tussauds

Sekedar informasi, kita dapat membeli tiket paket yang terdiri dari tram, sky terrace dan Madame Tussauds sehingga lebih ekonomis.
Harga 3-in-1 combo per tahun 2011
Rute sekali jalan, dewasa : HKD 210, anak-anak / orang tua diatas 65 tahun : HKD 110
Rute pulang-pergi, dewasa : HKD 220, anak-anak / orang tua diatas 65 tahun : HKD 115
Psst, bayarnya bisa pakai kartu kredit lho… lumayan deh.




OCEAN PARK
Tempat wisata ini adalah salah satu tempat wisata wajib dikunjungi saat ke Hongkong, karena di tempat wisata bermain kelas dunia ini kita dapat bermain juga sekaligus sebagai sarana edukasi. Terdapat beribu jenis ikan dan satwa langka, dan yang menjadi binatang favoritnya adalah Panda.

Terbagi dalam beberapa area : Headland Rides, Adventure Land, Amazing Asian Animals, Marine Land, Lowland Gardens, Whisker’s Habour, Tai Shu Wan Entrance dan Trill Mountain. Di masing2 area ini juga terdapat arena permainan yang menantang adrenalin, seperti Mine Train, Hair Raiser, The Flash, dan masih banyak lagi.

Harga tiket masuk : HKD 280 untuk dewasa dan HKD 140 untuk anak-anak, untuk orang tua diatas 65 tahun atau anak dibawah 3 tahun : gratis.

Informasi Ocean Park



GIANT BUDHA & NGONG PING VILLAGE
Patung Budha dengan posisi duduk di atas teratai ini terbuat dari perunggu dengan tinggi 34 meter bahkan dapat terlihat dari Macau pada saat kondisi cerah. Patung Budha ini terletak di pulau Ngong Ping, Lantau Island. Di lokasi ini juga terdapat biara & desa para biarawan yang menjadi tujuan wisata.

Untuk mencapai pulau Lantau ini, kita menggunakan cable car sepanjang 5,7 km yang ditempuh selama 25 menit. Jika ingin lebih merasakan sensasinya, kita dapat memilih cable car dengan lantai kaca (crystal cabin).
Harga tiketnya : HKD 125 untuk dewasa, HKD 62 untuk anak-anak (usia 3-11 tahun), untuk orang tua diatas 65 tahun : HKD 98 untuk pulang pergi dengan cable car standard.

Informasi Ngong Ping & Big Budha



AVENUE OF STARS
Terletak di Tsim Sha Tsui Promenade, di dekat Salisbury Garden, tempat ini merupakan bentuk apresiasi terhadap para profesional di industri perfilman Hongkong. Di sini kita dapat melihat tapak tangan dari bintang film Hongkong, seperti Chow Yun Fat, Andy Lau, Jackie Chan, dan masih banyak lagi.

Patung Bruce Lee dan juga patung Hong Kong Film Awards (semacam FFI kalau di Indonesia), juga dapat kita temui disini. Karena ini berada di areal terbuka, maka pengunjung bebas saja masuk & berfoto disini tanpa dipungut bayaran.

Informasi Avenue of Stars


SYMPHONY OF LIGHTS
Sebuah pertunjukan yang memukau, paduan antara sinar laser, multimedia, musik yang melibatkan 44 gedung pencakar langit di Hongkong Island dan juga Kowloon, dan mendapatkan penghargaan dari Guinness World Record sebagai “Largest Permanent Light and Sound Show”. Pertunjukan diadakan setiap hari, jam 20.00 selama 10 menit tanpa dipungut biaya. Datang sebelum pertunjukan dimulai sehingga kita dapat mencari spot yang bagus.

Lokasi untuk melihat pertunjukan ini adalah di :
Di tepi laut di Tsim Sha Tsui, antara Avenue of Stars dan Hong Kong Cultural Centre, terdapat deretan bangku untuk menonton.
Di tepi laut di Wan Chai, di area Golden Bauhinia Square
Sambil menaiki kapal ferry

Informasi A Symphony of Lights


SHOPPING
Rasanya agak aneh kalau ke Hongkong tapi tidak belanja ya ? Terutama untuk kaum wanita, umumnya sering kalap kalau di Hongkong. Ada beberapa tempat belanja di Hongkong, di antaranya :

Ladies Market
Terletak di Mongkok, buka dari sore hingga malam hari, dengan menggelar tenda2 sepanjang jalan. Di tempat ini menjual aneka barang mulai dari pakaian, tas, mainan, oleh2 dll, hampir dapat dikatakan barangnya adalah aspal (palsu). Diperlukan keahlian menawar dengan sangat tega, dan waspada dengan barang yang dibeli, pastikan sesuai dengan barang yang kita tawar.

Temple Street Market
Tempat ini juga disebut sebagai Men’s market, terletak di daerah Jordan dan Yau Ma Tei di Kowloon. Seperti Ladies Market, tempat ini juga baru buka sore sampai malam hari. Pakaian, CD, sepatu, jam tangan, pemantik rokok dan aksesoris gadget dapat Anda temukan di tempat ini. Cara berbelanja sama dengan di Ladies Market : tega nawar, banding2 harga & waspada.

Cheung Sha Wan Road Fashion Street
Toko2 yang berada di antara Yen Chow Street dan Wong Chuk Street ini menawarkan pakaian-pakaian modis dengan harga grosir. Berbeda dengan pasar malam di atas, tempat ini buka dari pagi sampai sore hari seperti jam kerja.

Stanley Market
Tempat ini menjual barang antik, kain sutra, pakaian dan juga jam. Terletak di daerah Central, kita dapat mencapai tempat ini menggunakan taxi atau MTR turun di Chai Wan lalu sambung minibus 16M. Buka dari siang hari.

Foto diambil dari http://www.chinapac.com

Outlet pakaian
Karena kami kurang begitu pandai menawar, kami lebih suka memilih belanja di toko2 seperti Giordano, Bossini, Baleno, G2000, dll. Outlet pakaian ini tersebar dimana-mana, baik di toko-toko pinggir jalan maupun di dalam mal, kira-kira seperti indomaret/alfamart di Indonesia deh. Yang kami suka, tempatnya nyaman, pelayanannya juga ramah (dibanding beli di lapak2 pasar malam), bisa dicoba, dan terjamin mutunya. Harganya akan lebih murah dibanding beli di Indonesia, apalagi kalau pas ada sale.

Outlet kecantikan dan kesehatan
Watsons dan juga Sasa merupakan outlet yang menjual alat kecantikan & kesehatan (health & body care). Harga-harganya murah dan biasanya menjadi ajang untuk membeli oleh2 bagi kerabat di Indonesia. Outlet ini juga saingan dengan giordano, dkk banyaknya.

Outlet Elektronik
Jika bermaksud berburu gadget atau alat elektronik, Anda dapat berburu di toko-toko elektronik. Salah satu yang terkenal adalah Broadway, tapi yang lain juga banyak koq. Memang di Hongkong ini kita bisa mendapatkan barang2 elektronik dengan harga murah, tapi saran saya sekali lagi : Waspadalah, bandingkan harga, spek, dan garansi nya.

Demikian sekilas informasi mengenai tempat wisata & belanja di Hongkong, semoga dapat membantu JJH-lovers dalam merencanakan liburannya. Saran dan tambahan informasi sangat kami harapkan dari teman2 semua.

Salam JJH….




Tags: , , , , , , , , ,

51 Comments on Tempat wisata di Hongkong

  1. yulie says:

    om, kirimin paket Land Arrangment hongkong -macau 2013 (halal food)
    htl bntang 3 n 4. di bales ya om. ;)tq…

Leave a Reply