Bagi teman-teman yang ingin melakukan perjalanan liburan ke luar negeri, tentunya lebih baik kalau mempersiapkan mata uang negara tujuan kita. Sehingga tidak perlu repot untuk menukar mata uang di money changer selain nilai kurs yang belum tentu bagus, juga belum tentu mata uang Rupiah kita dikenal dan diterima di negara tujuan. Menggunakan kartu kredit pun terkadang kurang tepat karena kurs nya akan ditentukan secara sepihak oleh pihak kartu kredit (yang saya ketahui BCA memiliki nilai kurs yang cukup sesuai dengan pasar).

Kalau tujuan kita ke Singapura, Amerika Serikat, Australia, Eropa tentunya akan mudah mencari pedagang valuta asing (valas) yang menyediakan mata uang negara tersebut. Tapi kalau tujuan Anda Thailand, Vietnam, India, dll maka tidak mudah menemukannya di pedagang valas biasa. Salah satu yang saya ketahui menyediakan valas yang cukup lengkap dengan harga yang kompetitif adalah Sahabat Valas yang berlokasi di ITC Mangga Dua, Lantai III Blok D No 58. Bisa cek kurs dan ketersediaan mata uang dengan menghubungi ke 021 – 6012000.

Saat JJH mencari Dong (mata uang Vietnam), maka dengan mudah kami mendapatinya di tempat ini. Pertama kali merasa bangga melihat mata uang Rupiah kita 2x nilai mata uang Dong. Saat menukar ternyata lembarannya hanya sedikit, karena pecahan dong terbesar adalah 500.000 :)




Beberapa saran kami :

  • Cek dulu nilai tukar mata uang negara tujuan di internet sebagai harga acuan
  • Bandingkan harga di beberapa pedagang valas
  • Minta pecahan dengan berbagai variasi, terutama pecahan kecil. Anda tidak ingin membayar makan siang dengan uang yang sangat besar, bukan ?
  • Untuk beberapa mata uang (seperti USD), pastikan tidak tercoret, tidak terlipat

JJH tidak ada hubungan dengan pedagang valas ini dan hanya bermaksud memberikan informasi saja. Semoga membantu. Salam JJH

by

Tags: , ,

9 Comments on Tempat menukar valuta asing di Jakarta

  1. ale says:

    ada yang lebih bagus dibanding yg lantai 3 punya karena saya sempat bandingkan, kios valas nya mungil dekat Bank BII di area building perkantoran ITC manggadua, agak nyelip di antara toko pakaian tapi mudah ditemukan karena ada petunjuk valasnya. Waktu iti saya tukar rupiah ke Bath. Penjaganya rada jutek tapi penukarannya lebih bagus lebih murah dari lt 3 ITC, boleh pesan minta pecahan lebih kecilan. Namun perlu tunggu kira-kira 30 menit, kalo barang ada, ybs akan telp. Kita di minta tunggu atau keliling ITC dulu ..hehhehe

  2. BEJO SETIAWAN says:

    klo ingin tukar matauang rumania bisa gak…?
    kurs nya berapa…?

  3. suryadi says:

    Dear Admin JJH

    dimana saya dapat menukar uang negara Brazil…?

  4. Ongky says:

    kalau mata uang brazil gimana …/ bisa tukar ga

  5. irma says:

    klo mau tuker mata uang dong jangan di vip menteng deh. jelek banget rate ny. salah g jg ga cek di internet. g cm dapet idr 1 = 1.3 vnd.
    rugi banget…

  6. ari says:

    kalau mata uang brazil bisa tukar ndak..? tks

  7. wien says:

    tuk ale minta no telp money changer di dekat BII itc mangga dua donk soalnya aku mau beli bath dg kurs yg bagus di vip menteng mahal.

  8. edy supra says:

    sy mau beli riyal arab dalam jumlah banyak gimana caranya 085691817689

  9. ruddy says:

    Untuk jual Manat Turkmenistan di mana yaa. ada yang mengetahui barangkali.. ? terima kasih.

Leave a Reply