Jalan Jajan Hemat

Review TAI HOE Hotel & CNY 2011 (Singapore)

Berikut ini adalah cerita perjalanan salah satu rekan JJH yaitu Pak HC (beliau minta namanya di inisialkan saja) yang ingin membagikan pengalamannya untuk para pembaca JJH.

Field Report kali ini lebih kepada review akomodasi dan suasana CNY di Singapore dan dengan harapan semoga field report ini berguna bagi rekan-rekan JJH.

Tahun Kelinci


Sebelum berangkat, sempat melakukan survey mengenai akomodasi dan suasana CNY. Dan hasil terawangan oleh Mbah Google, dikatakan bahwa ternyata akomodasi yang murah dan nyaman menjadi kendala yang serius! Juga, saya mendapati berbagai komentar yang diantaranya mengatakan bahwa pada hari raya Imlek (CNY) katanya Singapore seperti kota mati! Karena banyak pertokoan dan rumah-rumah makan yang tidak beroperasi!

Memang komentar-komentar tersebut ada benarnya, tapi sesuai dengan semangat JJH (berwisata tidak harus mahal’kan?), dan juga didorong dengan rasa penasaran untuk merasakan CNY di luar negeri, maka diputuskan untuk melakukan perjalanan ini (tentu saja dengan sedikit penyesalan…harusnya ke Beijing nih! Tapi apa boleh buat, kantong tidak mengijinkan ).

TIKET PESAWAT

Sama seperti perjalanan-perjalanan sebelumnya, tiket pesawat Air Asia dibeli sekitar 5 bulan sebelumnya sekitar bulan September. Harga tiket PP pada waktu itu adalah Rp. 850.000 (harga promo untuk pulang, termasuk tambahan bagasi, tanpa makan, tanpa reserved kursi).

Sekitar satu bulan sebelum tanggal keberangkatan, sempat melihat2 Air Asia dan mendapati tiket PP untuk tanggal 3 Feb 2011 adalah sekitar Rp. 2 juta.

AKOMODASI

Jika berwisata dengan kantong tebal maka masalah akomodasi plus tiket plus belanja plus puter2 plus dll, tidak akan menjadi masalah. Tetapi jika berwisata dengan dana menyedihkan? Nah …believe it or not..situs seperti JJH sangat berperan.
(Suer deh!)

Untuk kali ini pertimbangan dalam memilih hotel yang baik (meskipun harapannya tipis ) adalah:
– Menganggarkan SGD100/room/night
– Harus dekat dengan 7-11 (diperlukan dalam kondisi darurat, maklum anak2 hobinya makan)
– Dekat pusat perbelanjaan (banyak pertokoan tutup saat CNY)
– Aman, bersih, ada ruang sedikit di kamar untuk anak2 berkeliaran
– Pastinya deket sama MRT (Taxi mahal bo..)
– Tengah kota

Surfing ke berbagai situs seperti Agoda/Asia Web/Hotel Online dll, mereka memberikan beberapa pilihan. Diantaranya jaringan Hotel 81 (sori yang ini udah dibleklis karena kamarnya kecil banget kaya kost2an di Mabes), jaringan Fragrance, dan banyak lagi.

Setelah melakukan puasa-semedi-mandi kembang dan bertanya2 pada orang pintar-termasuk bertanya ke Tripadvisor.com (mudah2an engak salah ngambil keputusan ) maka dengan sedikit modal nekat diputuskan untuk menyewa Tai Hoe Hotel.

Berikut adalah hasil pantauan terhadap Tai Hoe Hotel:

  • – Rate Triple Room/night = SGD100 nett; Double room/night = SGD85 nett
    (beberapa situs penjual voucher menjual dengan harga ++, jadi hati-hati)
  • – Letak hotel cukup strategis, karena berseberangan dengan CitySquare Mall dan jarak ke Mustafa Center sekitar 100m. Dan pada CNY tidak mungkin Mustafa Center tutup (karena mereka tidak merayakan CNY).
  • – Dekat dengan Farrer Park MRT, cukup menyeberang jalan dan langsung masuk ke CitySquare Mall. Stasiun MRT terhubung dengan Mall ini.
  • – Hotel tidak menyediakan breakfast, tapi foodcourt diseberang hotel tetap buka.
  • – Meskipun kamarnya kecil (tetapi sedikit lebih besar dari Hotel 81 Chinatown), kamar hotel berjendela besar jadi tidak serasa tinggal di penjara!
  • – Bersih
  • Foto-foto dibawah ini kiranya dapat memberikan gambaran visual mengenai keadaan Hotel yang sebenarnya.

    Kamar mandi dalam


    Tidak ada perlengkapan mandi hanya disediakan handuk. Setiap pagi handuk-handuk diganti dengan yang baru.

    Selama 3 hari berturut-turut, setiap pagi selalu terlihat kesibukan karyawan hotel untuk membersihkan setiap kamar. Kami menginap selama 3 malam/4 hari, dan selama itu juga kamar selalu dirapihkan.

    Kamar Deluxe double (Ukuran kamar +/- 2.5m x 4.5m)

    Saya sengaja meletakkan kantong plastic berisi sampah di luar kamar untuk test, apakah karyawan hotel tanggap atas kebersihan. Hasilnya tidak beberapa lama kemudian, kantong plastic sampah tersebut sudah disingkirkan.

    Koridor hotel

    Didalam kamar tidak disediakan Pemanas Air, tetapi disetiap lantai disediakan pemanas air untuk umum.

    Pemanas air

    Foto diambil dari pintu lobby CitySquare Mall


    Tai Hoe Hotel berada disebelah kiri (gedung yang berwarna coklat/merah bata)

    Suasana di CitySquare Mall


    Komentar:

    Harus disadari, “what can we expect from a hotel room cost of SGD 100?” Please deh..jangan ngarep yang macam2!

    Ada uang ada barang! Tai Hoe Hotel memberikan pelayanan yang “very basic”. Jika kita menyewa hotel ini untuk tujuan hanya menaruh barang, mandi, dan tidur, maka hotel ini “sepertinya” tepat!

    Saya masih berharap adanya hotel-hotel lain yang jauh lebih baik dari Tai Hoe dan tentu saja dengan harga yang wajar.

    CNY 2011 SINGAPORE

    Hasil Pengamatan di Chinatown

    Kami tiba di Chinatown sekitar jam 8 malam. Sebagian pertokoan memang tutup tetapi banyak rumah makan dan toko-toko yang masih buka, artinya di Chinatown masih ada aktivitas. Jika memang ingin merasakan suasana Chinatown yang berbeda, pastinya CNY di Chinatown tidak dapat dilewatkan. Penuh warna, lampu2 hias itulah gambaran Chinatown. Sempat menyesal tidak membawa tripod, karena ternyata di jembatan Chinatown dijadikan spot untuk berfoto ria.

    Suasana di Chinatown


    Hiasan di Chinatown

    Suasana di pagi hari, sepertinya juga mulai bergeliat. Sepertinya pemilik toko di Chinatown tidak mau berlama-lama libur CNY.

    Chinatown pagi hari

    Hasil Pengamatan di Sentosa Island

    Hari kedua CNY, kami berangkat ke Sentosa dengan satu tujuan yaitu menikmati Sentosa Flowers. Tapi yang ada adalah menikmati Sentosa People (kayaknya orang se Singapore numplek semua kemari). Susah banget mendapatkan spot bagus karena setiap jengkal tanah di Sentosa Island pasti ada orang!

    Sentosa

    Pada kunjungan-kunjungan yang terdahulu mengunakan Sentosa Express, maka kunjungan kali ini mengunakan Sentosa Broadwalk. Bagi pengguna EZ-Link cukup mengunakan kartu EZ-Link untuk membayar tiket seharga SGD1. Bagi yang tidak memiliki, harus membeli tiket.

    Acara CNY di Sentosa

    Hasil Pengamatan di Bugis

    Seperti biasa meskipun toko-toko masih banyak yang tutup, tetap saja area ini sangat ramai pengunjung. Masih berdesak2an seperti biasa, jadi jangan takut untuk menyambangi daerah ini.

    Bugis

    Hasil Pengamatan di Merlion Park

    Merlion Park juga ramai. Perlu waktu ekstra untuk menunggu giliran mendapatkan spot yang bagus untuk berfoto.

    Merlion Park

    Terima kasih kepada Pak HC untuk laporan perjalanannya…
    Untuk teman-teman lain yang juga ingin membagikan pengalamannya, silahkan kirim ke kami.
    Indahnya berbagi….

    26 thoughts on “Review TAI HOE Hotel & CNY 2011 (Singapore)

    1. Theresia Movita

      Kalo di tai hoe hotel utk 2 dewasa n 2 anak usia 6 & 2 tahun apakah cukup utk kamar deluxe double spt di gbr, maksud saya apakah pihak hotel memperbolehkan juga? Krn mrk jg punya yg tipe family (triple ocupation) tp lbh mahal.. Tlg dibalas email ya, tks..

      regards,
      Theresia Movita

    2. wati

      Saya mau membawa teman-teman yang belum pernah ke Spore.

      Saya sudah booking di hotel 81Heritage, jl.Sultan di daerah Bugis dengan kamar triple dengan perkiraan biaya Rp. 1jt/malam

      Dengan adanya informasi teman JJHC menginap di Taihoe Hotel, saya tertarik untuk mencobanya.

      Menurut pendapat JJHC, lebih praktis/efisien/hemat mana antara kedua hotel tersebut.

      Kami tunggu informasinya.

      Terima kasih.

      Rgds,

    3. mica

      mau tanya donk booking tai hoe hotel dari mana? beli voucher hotel itu dimana ya? kebetulan saya dan keluarga lagi cari hotel itu.. thanks bgt ya..

    4. Tika

      Rencana says ke Singapore dr Tanggal 21 – 24 Maret 2012, tanggal 24 pagi ke Kuala Lumpur by bus, bisa info ga pool bus Singapore – Kuala Lumpur dan Berapa harga tiketnya, apa JJH juala Tiket busnya ( 2 dewasa 2 anak)….ditunggu info ya, trims

    5. JJH

      Naik bus sih blm pernah ya, tapi naik MRT sudah sering. Rasanya sih OK2 aja ya, banyak koq turis yg begitu.

    6. private

      Tanya dunk …
      Sesuai dgn tema “hemat” hehehe …
      Bawa koper naik bis dari changi, boleh/nyaman ga yah ?
      Lumayan tuh bisa ngirit 13 SGD kalo pilih hotel sekitar bencoolen/selegie

    7. Vian

      pak, saya mau tanya jg, gimana caranya book hotel tai hoe? saya search di agoda and booking.com ga ada, saya rencana mau pergi 31 august-3 sept ini, mohon infonya via email saya

    8. Heru

      Klo boleh tw,booking tai hoe hotel itu via web apa ya? sy rencana tgl 22 JUli ini mw kesana.Thanks ya rekan2…

    9. Felix

      Hai Bung Rommya,
      Bisa tolong saya… kami berencana ke sing 23-27 juli 2011, kami 1 keluarga 2 dws, 2 anak kecil.
      Apa bisa menggunakan 1 kamar double S$85/malam di Hotel Tai Hoe atau hotel lain yg mgkn menurut bung cukup nyaman ? tapi terutama dekat dg MRT.
      Bagaimana cara bookingnya, apa bisa beli di travel agen di Jakarta ?
      dan kalau utk ke USS, bagaimana beli tiket yg lebih hemat ?
      Terima kasih infonya ya…
      Tolong jawaban di kirim ke email saya

      Salam,

      Felix

    10. Erin

      Bung Rommya … saya berencana ke Sg pada akhir Juni 2011, kami sekeluarga suami istri dgn 3 orang anak, paling besar usia 10 thn, paling kecil 5 tahun.
      Apakah bisa menggunakan 1 kamar di Hotel Tai Hoe atau Value, Balestier / Thomson atau fragrance…? kalau di indonesia kan 1 kamar bisa untuk brapa orang saja asal muat, hehe
      bagaimana dgn aturan hotel di Singapore?
      Bagaimana menyiasati Hal ini?
      Dan tolong masukannya mengatur jadwal perjalanan, karena kami hanya 5 hari / 4 mlm disana. agar semua tempat wisata bisa didatangi semua.
      trimakasih

    11. risa

      saya mau bawa ank 1th recomended gak??
      rencana moo kesana bulan agustus puasa tahun 2011 ini…
      harga kamar naik/ gak yah??
      itu bisa pesen lewat jjh ini gak??
      skalian tiket uss nya??

      bales di email ya.. makasii

    12. tari

      Apakah bisa di arrange untuk voucher hotel KL dan Singapore (plus tiket universal studios dan sekalian sama transfer hotel-universal studio-hotel). 2 malam di KL dan Singapore 2 malam.

      Ditunggu balasannya, terima kasih

    13. veronica

      hi…tanya donk, kira2 tai hoe hotel ini recommended gak utk baby 1thn? rencana okt ni mau ke sing, thanks ya

    14. Margaret

      @Ririn..kalo itu aq jg tau,ngk perlu kmu bilangin..
      @Rommya..klo gitu krg sesuai dong ya dgn tema jalanjajanhematnya..

    15. Ririn

      @Margaret: kalo mau nginep dgn harga 30$, sepertinya teman2 kamu nginepnya ala backpackers deh…karena hotel di Singapore memang tidak ada yg murah

    16. rommya Post author

      @Margaret: ini kisah perjalanan salah seorang pembaca JJH yang mungkin bisa dijadikan masukkan untuk teman2 yg lain… Tapi di Spore memang harga hotel cukup mahal dan hotel Tai Hoe ini dapat dikatakan cukup ekonomis.
      Salam JJH

    17. SarMeL

      Waaa, seru sekali, jalan-jalan ke SG pas CNY. Kepengen banget pas bulan kemaren ke sana, tapi maklum alokasi dana’nya sudah digunakan untuk trip yang lain. Thanks buat info’nya ^^

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.