Jalan Jajan Hemat

Proses refund penutupan rute AirAsia


Pagi hari tanggal 6 Agustus 2010 mendapat kabar melalui sms dan email dari AirAsia perihal penutupan rute penerbangan Jakarta – Surabaya yang sudah kami pesan dan bayar beberapa bulan yang lalu. Wah sedih sekali… Padahal saya beli tiket tersebut dengan susah payah agar mendapatkan harga promo.

Dalam email tertulis seperti di bawah ini

Dear Our Valued Guest,

First and foremost, we would like to take this opportunity to thank you for choosing Indonesia AirAsia.

We would like to inform you that your flight QZ 7219 from SURABAYA [SUB] to JAKARTA [CGK], effective from 01-October-2010 onwards has been canceled.
We are very sorry for the cancelation above.

However we highly appreciate if you could understand with the issue and accept our sincere apologies.

For refund process and further information please contact AirAsia:

Link : http://www.airasia.com/id/id/faqdetailsform.html
Indonesia Call Center : 6221 5050 5088
Thailand Call Center : 662 515 9999
Malaysia Call Center : 603 2171 9222
Singapore Call Center : 65 6733 9933
China Call Center : 86 592 516 7777

Once again we hope you will accept our sincere apologies for any inconveniences caused, and we will try our best to improve our services continually to meet with your satisfaction.

We are looking forward to welcoming you onboard and provide you a renewed and positive AirAsia experiences.

Thank you for choosing Indonesia AirAsia

Warm Regards,
Indonesia Pre-Flight
PT. Indonesia AirAsia

Memang disebutkan bahwa pembayaran tiket dapat dikembalikan (di refund), tapi kan sayang tidak sebanding harganya… Akhirnya saya coba menghubungi call center AirAsia dari nomor yang disebutkan di email dan sms. Ternyata sulit sekali… selalu masuk ke antrian. Setelah lama menunggu, akhirnya customer service menjelaskan penutupan tersebut, lalu saya menanyakan apakah bisa untuk merubah tanggal penerbangan ke tanggal sebelum penutupan rute Jkt-Sby (sebelum tanggal penutupan rute, 1 Okt 2010), ternyata bisa asalkan tidak di dalam kategori peak season (saat Lebaran), wah lumayan deh… daripada dikembalikan uang lebih baik ganti tanggal saja. Untuk perubahan rute juga bisa tapi akan dikenakan biaya, dan selisih harga, jadi bukan pilihan yang menarik.

Jadi untuk para pembaca yang terkena cancel, coba pertimbangkan untuk memajukan tanggal penerbangan ke tanggal sebelum penutupan, tapi mohon bersabar saat menghubungi call center nya.

Apakah AirAsia mengalami kebangkrutan ? Tidak, jangan khawatir… AirAsia hanya mengurangi rute domestik dan fokus ke penerbangan internasional. Silahkan dibaca beritanya disini

Salam Jalan Jajan Hemat…

2 thoughts on “Proses refund penutupan rute AirAsia

  1. sugi phang

    Saya yg tinggal di Surabaya justru sangat senang dg berita ini, karena terus terang harga tiket Surabaya-Jakarta tdk terlalu murah jika dibanding airlines lainnya.

    kedua, penutupan rute ini ternyata imbas dari dibukanya rute baru Surabaya-Singapore dan Surabaya-Bangkok di bulan November nanti. Tentunya ini rute yg ditunggu2 oleh teman2 dari Surabaya!!!

    bravo

  2. tkpik

    hhmm.. kadang2 perusahaan besar memang seperti itu yah, kita sbg customer hanya bisa menerima kebijakan mereka padahal susah payah kita booking..untungnya air asia kasih kebijakan bisa ganti tgl, karena saya pernah mengalami kecewa dengan salah satu penerbangan di indo dan tidak dapat kompensasi apapun..
    oya, saya juga baru tahu kalau sekarang Mandala tidak ada yg Direct ke Bali melainkan harus transit ke Surabaya dulu.. buat yg mau ke sby mungkin bisa pakai Mandala ^^..
    thanks for sharing mas rommy..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.