Jalan Jajan Hemat

Phuket Hari 1 – Patong Beach

Dalam kesempatan liburan sekolah ini, JalanJajanHemat (JJH) mengadakan perjalanan wisata ke Phuket, Thailand. Kami coba memberikan kisah perjalanan kami untuk masukkan bagi rekan2 yang lain.

Hari pertama :
Check in di bandara Soekarno Hatta, kami menggunakan check in melalui kiosk AirAsia (mesin seperti ATM). Cukup memasukkan kode booking, memilih nama penumpang, dan mesin akan mencetak boarding pass. Pengecekkan paspor dan tiket serta pembayaran airport tax dilakukan melalui petugas yang berada di dekat mesin tersebut. Jika Anda membawa bagasi, maka Anda perlu mengantri di salah satu counter yang khusus untuk drop bagasi. Dengan adanya kiosk ini, maka Anda dapat check in lebih awal, walaupun counternya belum dibuka. Setelah itu antre ke loket bebas fiskal, detailnya dapat dibaca disini. Untuk tips berpergian ke luar negeri bisa dilihat disini


Penerbangan ke Phuket selama kurang lebih 3 jam. Jika Anda menggunakan maskapai AirAsia pertimbangkan untuk memesan makanan saat proses booking untuk mendapatkan harga diskon 20% dan kepastian ketersediaan menu yg diinginkan. Tiba di bandara Phuket International, bandara ini tidak terlalu besar tapi rapih dan teratur. Setelah imigrasi, terdapat counter yang memberikan SIM card handphone gratis.. tis.. dari AOT, sudah ada pulsanya lho (kalau tidak salah ada 10 baht). Dan ada paket untuk Blackberry nya juga lho, tapi kalau Anda hanya sebentar di Phuket sepertinya akan sayang, karena minimum isi ulangnya 300 baht (Rp 90.000). Jadi sempatkan mengambil SIM card tersebut, lumayan buat telpon lokal disana.

Setelah itu jangan lupa mengambil aneka brosur dan peta, salah satu peta favorit saya adalah peta dari pabrik perhiasan (gems factory), dengan informasi yang lengkap dan gambar peta yang jelas dan mudah dipelajari.

Keluar dari bandara ini, Anda akan melihat deretan sopir taksi gelap (non argo), sewa mobil, minivan yang menawarkan jasanya. Ada beberapa pilihan untuk menuju hotel Anda, yaitu : minivan dengan harga baht 100-200 / orang tergantung lokasi hotel Anda, sewa taksi gelap dengan harga rata2 baht 500, bus ke Phuket town seharga baht 10-20, airport bus antara baht 15-85, atau naik taksi argo (istilahnya taxi meter) yang harganya tergantung argo ditambah baht 100 untuk airport charge. Saran kami, kalau Anda lebih dari 2 orang sebaiknya pertimbangkan taksi argo saja, karena akan lebih murah. Untuk mencapai stand taksi argo ini, dari keluar pintu airport ambil ke kanan, lurus saja sampai melihat stand warna kuning, Waktu itu kami ke Patong harganya baht 400 sudah termasuk airport charge. Sopir taksi di Phuket rata2 bisa berbahasa Inggris, dibandingkan di Bangkok yang kebanyakan tidak dapat berbahasa Inggris. Kami langsung menuju hotel di Patong yang bernama Patong Beach Lodge.

Hotel Patong Beach Lodge ini ternyata tidak berada di pinggir jalan raya, sehingga harus masuk ke jalan kecil (bisa dikatakan gang) tapi taksi masih bisa masuk. Sekilas lihat dari luar kurang menarik, tapi harganya sangat menarik yaitu USD 21.6 / malam, murah ya. Sudah termasuk sarapan pagi lagi.. Tapi saat check in, karena melihat kami membawa 2 orang anak dikenakan charge tambahan sebesar baht 250/ malam, dengan alasan anak-anak akan mendapat sarapan pagi juga. It’s OK lah. Walaupun kecil dan sederhana, tapi hotel ini cukup bersih dan nyaman, ada liftnya juga walaupun kecil. Kolam renang juga ada dengan ukuran tidak terlalu besar. Tapi yang perlu diacungi jempol adalah lokasi nya yang sangat strategis, berada dekat di pusat Patong. Mau ke pantai tinggal jalan kaki sekitar 10 menit, mau ke mal Jungceylon juga dekat, mau ke Bangla road juga sangat dekat.

Setelah check in dan istirahat sebentar, kami pergi ke Jungceylon dengan berjalan kaki sambil melihat-lihat suasana. Patong mirip dengan Pattaya, banyak club, cafe dan panti pijat sepanjang jalan. Di mal ini terdapat Carrefour untuk Anda yang perlu membeli barang keperluan ataupun stok makanan/minuman, atau durian… 🙂 Di tengah mal terdapat sebuah kapal besar yang menjadi lambang mal ini, dan di malam hari kita dapat melihat pertunjukkan air mancur dan lampu disini.


Di Mal Jungceylon, lantai basement sebenarnya turis bisa mendapatkan tourist gift (katanya sih dompet kecil), tapi sudah 2 kali kami kesini selalu dibilang ‘Maaf, barangnya sudah habis, silahkan kembali esok hari’. Dan di basement kita juga bisa membeli berbagai souvenir untuk oleh-oleh. Kalau perut lapar, jangan khawatir disini ada KFC, McD, dan juga foodcourt. Harga makanan di foodcourt antara baht 50-100 per porsi, ada yang halal dan non-halal.

Sebenarnya malam hari saya (tanpa anak-anak) bermaksud ke Bangla Road yang menjadi pusat dugem alias dunia malam di Patong, tapi sayangya hujan turun, sehingga perjalanan ke Bangla Road ditunda, dan dilanjutkan dengan istirahat… ZZZzzzz…

Perjalanan hari Pertama – Patong beach, Jungceylon
Perjalanan hari Kedua – Wat Chalong, Pabrik kacang mete, Khao Rang, Big Buddha
Perjalanan hari Ketiga – James Bond island, Monkey cave, Koh Panyee, Pha Nga bay, sea canno-ing,
Perjalanan hari Keempat – Old Phuket Town
Perjalanan hari Kelima – Central Festival

24 thoughts on “Phuket Hari 1 – Patong Beach

  1. Gita

    Pak, tgl 29 sy ke phuket breng suami sampe jam 8 malem sbaiknya naik apa ya dari bandara ke phuket town?

  2. yunita santoso

    dear pak Rommy, saya mau tanya bsk tgl 18 saya berangkat ke thailand, phatong, katanya kalo malam minggu ada tempat belanja yang harga nya dibawah pasaran apa bener pak? klo bener dimananya ya?..trims

  3. efi

    rencananya mau k bangkok dg keluarga..mau tnya lebih baik beli paket tour dr travel agent d sini ato beli sesampai dsana?

  4. JJH

    Sorry baru balas ya..
    Kalau berempat sebaiknya dari airport naik taxi saja
    Patong beach lodge, agak ke dalam dan memang ada bbrp klub malam, mirip2 di Kuta gitu deh.
    Beli city tour disana saja karena banyak pilihan, cari & tawar yg paling murah…

  5. YULIA

    mau tanya paket honeymoon mendingan pake tour atau beli disana semua ya Pak? Untuk Tour and Hotelnya

    Thanks

  6. Vina Tjajadi

    Salam kenal ja pak,
    saya minta informasinya mengenai patong beach lodge apakah rekomen untuk anak2 ja. sampai phuket lebih baik jalan sendiri atau ikut tour lokal dan apakah ada jg bisa bahasa indonesia pak.
    Terima kasih sebelumnya atas informasi bapak.

  7. wikan

    Dear pak rommy,
    saya wikan, bln maret pertengahan saya mau ke phuket. Kl mau ke phuket dari singapura lebih murah naik apa yach ? jika naik bis rutenya ke arah mana ?
    Terima kasih

  8. Lala

    Butuh saran neh, saya perlu menginap di Phuket untuk 1 malam untuk melanjutkan penerbangan besok paginya. Kira-kira hotel yang dekat bandara apa yah?

  9. Caroline

    met kenal pak rommy, bln mei 2011 saya mau ke phuket via bangkok, 3hr 2 malam, rombongan 8 adult, 3 child, 1 infant (12 org), mau tanya:

    1. dgn rombongan segitu kl dr airport ke hotel di patong (patong beach lodge) enaknya naik apa ya? o ya kita sampenya malam jam 9 gt

    2. buat anak2 di lodge hotel bagus ya? suasananya tenang ga?

    thx buat infonya 🙂

  10. estea

    Pak Rommy saya mau tanya klo di phuket tempat yang untuk belanja2 murah dimana ya terus tempat yang kita bisa naik ke gajah ke air terjun apa ya namanya??mohon pencerahan nya ya pak

  11. Dewi

    Pak Rommy, saya dewi yg nanya2 soal transport dari bandara phuket ke patong.. Saya baru dpt jadwal penerbangan baru nih dari airasia, jd yg tdnya sampe di phuket bisa siang, skg jadi malem, kira2 9 malem 🙁 Transport yg masih bisa digunakan jam segitu ada ga ya Pak Rommy? thank you in advance..

  12. maria

    numpang nanya dunk..bsk des saya jg ke pathong,rncana 5hari 4mlm,trs lanjut ke bangkok..selain air asia ada maskapai apa lg ya yg ekonomis utk phuket-bangkok?
    tenkyu..

  13. Jual Apartemen

    Sekedar info, mulai tahun 2011, udah bebas fiskal kalo ke luar negeri bagi yang punya NPWP maupun tidak.

  14. andy

    @dewi, maksud tour ke thai? mank sampe di thai di kota apa, bangkok ato phuket?
    tp rata2 travel agency di bangkok & thai udh cukup profesional. hrg yg ditawarkan rata2 hampir sama (cukup masuk akal). kecuali yg ikut tour bnyk org isa minta discount. klo mo ambil tour lokal disarankan tny di hotel anda menginap. supaya lbh terjamin.. supaya memudahkan tour agency antar jemput.
    saya solo backpacker april kmrn ke bangkok & phuket memakai jasa tour agency lokal & melalui hotel tempat saya menginap.
    jgn khawatir, rata2 tour agency (melalui hotel) bisa dipercaya kok..

  15. dewi

    hai pak rommya, ada ga tour ke thailand yg di rekom ma bapak, jadi nyampe sana ga pusing mau gmn, maklum ni pertama kalinya. n sama sekali g tau thailand, tp pengen pergi k sana utk p’jalanan kluar negri pertama kali,tx

  16. andy

    klo aku sh dr airport ke hotel naik minivan coz behub cuma pigi seorg diri & sampe di phuket udh mlm jam10an. diantar sampe di hotel.
    nginap di minotel
    http://www.minotelpatong.com
    dpt hrg 600B/mlm cukup booking via internet tanpa perlu byr terlebih dahulu. byr pd saat check in. enak kannn.. hotelnya cukup bagus & dekat ama patong beach & bangla road (5menit jln kaki santai)
    begitu sampe di hotel lgs tny resepsionis ttg 1day tour ke phi2 island utk bsok harinya. coz aku cuma 3hr 2mlm di phuket. dan ternyata “masih” ada hrg 1100-1200B include lunch & buah2an.

  17. tjun meng

    mau nanya,klu dari kl naek bus ke hapchai,naik bys apa n berapa harganya? trus dari hapchai sewa mbl untuk jln2 ke phuket n bangkok kira2 berapa.thx

  18. rommya Post author

    @Dewi : Tdk perlu konfirmasi jg tdk apa2 koq. Tinggal bawa voucher dari Agodanya saja.
    @Wenny : Waktu itu kebetulan jalanan sedang lancar, harganya memang sesuai argo seharga itu koq. Tapi waktu kembali dari hotel ke bandara, memang tdk ada taxi meter, jadi harus sewa mobil atau pakai jasa dari hotel. Kalau dari bandara, lebih baik pakai taxi meter saja, selisihnya lumayan tuh, bisa buat beli oleh-oleh. 😀
    Salam JJH

  19. Wenny

    Halo salam kenal, mo tanya untuk taxi meter di bandara.
    Hotel saya dekat dengan ibis hotel, apa benar 400baht menggunakan taxi meter?
    Sebab saya ditawari 1000baht untuk pick up service dari hotel.
    Sayang juga kalau bedanya terlalu jauh seperti itu 🙂
    Terima kasih infonya.

  20. Dewi

    halo again pak rommy, tanya lagi ya 🙂
    saya kan booking hotel via agoda, mereka sih udah email voucher-nya. Saya perlu konfirmasi lg ke hotel atau bisa dateng langsung ya?
    Thanks a lot..

  21. rommya Post author

    @Dewi :salam kenal juga. Kalau bus ke phuket town itu adalah bus umum dan tujuannya ke Phuket Town, jadi dari sana harus sambung bus ke Patong lagi. Demikian juga airport bus, hanya sampai di Phuket Town. Jadi sebaiknya naik van saja, coba tawar2 saja / dibandingkan beberapa operator. Karena utk yg van mereka akan antar sampai ke hotel.
    Salam JJH

  22. Dewi

    Halo,salam kenal.. 🙂
    wah pas banget, akhir tahun ini saya mau ke patong bsama suami saya.. kita jg udah book hotel yg sama, patong beach lodge.. mau nanya nih, kalo kita cuma berdua, dari airport itu mendingan naik apa ya? bedanya bus ke phuket town dan airport bus itu apa ya? apakah kalo naik bus itu bisa turun di hotel? thanks buat jawabannya… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.