Jalan Jajan Hemat

Perjalanan Wisata ke Singapore – Macau – Hongkong – Shenzhen

Sebagai panduan untuk para pembaca JJH dalam melakukan perjalanan hemat ke Singapore, Macau, Hongkong dan Shenzhen salah satu pembaca kami (beliau minta diinformasikan menggunakan inisial saja, HC) membagikan pengalaman perjalanannya. Isi naskah dan foto berasal dari beliau… Thanks a lot Pak, bravo.. pasti bermanfaat untuk teman2 yang lain (Rommy – JJH)

Tulisan ini didedikasikan kepada www.JalanJajanHemat.com atas jerih payahnya sehingga banyak orang tertolong untuk mendapatkan informasi perjalanan yang hemat tapi asik!. (HC)

Rangkuman:
Rute: Jakarta – Singapore – Macau – Hongkong – Shenzhen – Singapore – Jakarta
Lama: 11 hari
Keberangkatan: pertengahan tahun 2010
Peserta: Se-RT
Transportasi Laut: Cotai Strip; Xunlong
Senjata: Sony DSC W380
Dana: MENYEDIHKAN!

Persiapan
“Sesuai petunjuk Bapak Presiden”, eeiits… petunjuk JJH maksudnya, bahwa jauh lebih bijaksana jika mempersiapkan keberangkatan jauh-jauh hari. Alasannya sederhana, semakin panjang jarak waktu keberangkatan dengan pembelian tiket maka harga semakin murah (cmiiw please). Termasuk akomodasi, karena hotel-hotel tertentu memberikan potongan harga yang menarik untuk advance purchase. Untuk diingat, agar tidak terpancing dengan iklan-iklan harga murah atau dapat memberikan harga diskon di beberapa situs yang menawarkan voucher hotel. Karena mungkin saja, hotel-hotel memberikan paket promo yang lebih baik.

Pesawat Cengkareng – Changi
Harga tiket AA pada bulan April 2010 per orang sebesar Rp. 615.000 plus Airport Tax Rp. 150.000 = Rp. 765.000 (baru sadar kayaknya harga tiket masih kemahalan deh…..btw lupakanlah, ‘kan udah masuk musim liburan sekolah!).
Pesawat Changi – Macau
Harga tiket Tiger pada bulan April 2010 per orang sebesar SGD 147.25.

Pesawat Hongkong – Jakarta (Transit Singapore)
Harga tiket Jetstar pada bulan April 2010 per orang sebesar HKD 1,047.83.

Akomodasi Singapore
Hotel 81 Chinatown Rp. 825.800/malam/kamar (S$122.35; damn!gara2 pake H*** kursnya jelek banget). Alasan dipilihnya hotel ini cuma gara-gara deket amat sama MRT ChinaTown, dan mudah cari makan murah meriah. (red : Bisa pesan dari JJH juga koq untuk hotel ini)

Akomodasi Macau
Hard Rock Macau Rp. 1.457.141/malam/kamar (MOP 1,247). Alasan dipilihnya hotel ini karena ada free shuttle bus dari airport ke City of Dreams, ke down town, dan ke pelabuhan. Trus juga, karena kamarnya gede, jadi bisa dimuatin orang seRT.

Akomodasi Hongkong
Hotel Cityview Rp. 1.215.500 (HKD935). Alasan dipilihnya hotel ini karena kamarnya sedikit lebih gede dibanding hotel-hotel sekelas, deket MRT Yaumatei, deket ama tempat makanan., ke Temple Street cuma tinggal nyebrang doang.

Akomodasi Singapore
Berhubung kita memakai pesawat yang murah meriah, trus cari harga yang murah pula. Jadinya terima nasib aja dapet jadwal yang amburadul pula. Tapi, karena ini dalam rangka jalan-jalan, jadi musti dibawa santai. Akhirnya dipilihlah Changi Village, karena ini hotel yang paling deket (menurut Agoda loh) dengan airport, jaraknya Cuma 15 menit dengan free shuttle bus. Takut ketinggalan Jetstar yang take offnya jam 7.10 pagi. Bayangkan, musti siap sedia di Changi jam 4.10 pagi!. Hotel Changi Village Rp. 1,085.700/malam/kamar via Agoda.

Hari Pertama
Karena barang yang dibawa seabrek2, maka diputuskan dari Changi ke daerah Chinatown mengunakan taxi. Silahkan ikuti link berikut untuk mengetahui perkiraan kasar tarif taxi (http://www.worldtaximeter.com/singapore). Jika anda berangkat dengan ala backpack, lebih murah dengan MRT.

Proses berurusan dengan Hotel 81 Chinatown cukup simple, tunjukkan saja booking sheet ke receptionist. Mereka minta pembayaran dimuka, nah disinilah dengan sangat terpaksa kartu H*** berperan. (duh…pasti deh kursnya jelek banget!).

Tips:
Jangan lupa print out situs hotel-hotel tempat anda menginap, karena sangat mungkin supir taxi tidak paham dengan hotel yang anda maksud. Cetak yang mengunakan bahasa Inggris dan bahasa setempat!

Tolong diingat bahwa jaringan Hotel 81 adalah jaringan hotel-hotel murah. jadi anda jangan mengharapkan yang macam-macam! Cukup bayangkan tempat kost2-an!

YL terpaksa duduk pake baby stroller diluar kamar, gara2 kamarnya sempit banget!

Transportasi di Singapore bagus banget. Selama di Singapore, kami membeli SingaporeTouristPass (STP). Apakah lebih murah dari EZLink?. Jika ada yang pernah membandingkan kedua jenis kartu ini, tolong dishare juga.

Singapore Tourist Pass


Sambil berharap, mudah2an orang yang mengaku “Serahkan pada ahlinya” dapat memberikan transportasi di Jakarta yang kayak gini. Anak gue bisa tiduran bro!

Jadwal hari ini adalah ke Universal Studio Singapore (USS). Tiket USS selalu habis, jadinya musti beli beberapa hari sebelumnya. Gampang, beli aja di Jakarta, (silahkan cari aja di Koran , sori bro..kagak ada untungnya kasih iklan gratis buat mereka! Peace man!). Tapi lebih afdol kalo beli di JJH (harga bersaing keras tuh). Untuk harga dan ulasan mengenai atraksi di US, silahkan ikuti link berikut.

Untuk ke USS via MRT, gunakan arah ke MRT Harbour Front, lalu jalan bentar ke Vivo City Mall, dilanjutkan dengan MRT Sentosa Express (Tarif S$3/orang/pp)

Makanan di USS mahal-mahal, trus pengunjung juga tidak boleh membawa makanan minuman dari luar, karena di pintu masuk akan diperiksa oleh petugas. Tapi kemaren lolos juga tuh, gara-gara minuman dibungkus ama pampers, dan botol-botol minuman ditaruh di baby stroller ditutupin ama handuk dan didudukin anak yang kecil (mudah2an tips ini kaga dibaca ama petugas USS).

Jangan lupa untuk menukarkan tiket dengan voucher potongan harga di sebelah kiri setelah pintu masuk. Lumayan setiap tiket ada voucher S$5 untuk makanan dan S$5 untuk belanja.

Hari pertama diakhiri dengan acara dinner di People’s Park Complex Food Court. Makanan disini murah meriah (untuk ukuran Singapore loh!) but sorry…kami tidak sempat menemukan makanan halal (again.. sorry brother). Kata pegawai hotel, kalo mau cari makanan yang murah disanalah tempatnya, jangan di area ChinaTown, agak mahal. Bener juga sih…engak sampe S$50 untuk empat orang, bisa makan ampe muntah.

Untuk mengetahui keadaaan Singapore secara komprehensif, silahkan lihat ulasan “Tips berwisata di Singapore”.

Hari Kedua
Breakfast cukup di People’s Park Complex lagi. Waktunya untuk explore Singapore! Dengan bermodalkan STP bisa keliling pulau naek MRT/Public Bus dari ujung ke ujung! Kebeneran hari ini ada Singapore Expo, jadi kita hunting disana. Cukup naek MRT ke arah Changi dan turun di Singapore Expo. Bosen disono, segera pindah ke MRT Sengkang.


Dinner, sih tetep setia makan di People’s Park Complex!, tapi dengan menu yang berbeda.

Hari Ketiga

Acara hari ini tetap dibuka dengan acara makan-makan di People’s Park Complex, dengan menu yang berbeda. Rute hari ini adalah explore city of Singapore. Tidak ada rute khusus, hanya naik-turun MRT, puter-puter tanpa tujuan dan arah, tapi enjoylah! Kan’ namanya juga jalan-jalan!

Fountain of Wealth - Suntec City


Merlion Singapore


Sore-sore tidak lupa menyempatkan diri untuk puter-puter di Orchard Road. Santai sambil makan es krim pake roti. Kalo engak salah, harganya S$1 or S$2an. Dinner, masih di tempat yang sama kaya hari2 sebelumnya.

Bersambung ke Part 2

23 thoughts on “Perjalanan Wisata ke Singapore – Macau – Hongkong – Shenzhen

  1. any

    Saya sekeluarga (4 orang ) dan temen sekeluarga ( 5 orang )ada rencana jalan-jalan ke Sin, 4D3N, Nginep di Supreme, tolong info ya,sebaiknya dari changi naik taxi ato MRT? dan jalan-jalan biar ngga muter2, mohon tipnya ya…..tks

  2. evanty

    Guys, numpang tanya dunk…KALO DARI HOTEL FRAGRANCE SELEGIE KE UNIVERSAL STUDIO NAIK APA YA YANG NYAMAN DAN MURAH? soalnya saya perginya bawa bocah n mama yg udah lansia niy…
    Btw, sharing info aja, saya juga udah pernah tuh nginep di 81 dickson, lumayan strategis tempatnya kayak yg dbilang mba novi, ditambah lagi, deket dengan terminal bis antar negara dari malaysia. So, buat yg mau masuk singapore lewat jalur darat dari malaysia, cucok deh tempatnya.
    @ Mba bea: saya pernah ke Hk nginepnya di USA Hostel (Maridor Mansion), waktu itu booking buat 2 malam n dapet kamar yang cukup spacious(buat ukuran hostel)n kamar mandinya juga luas. Harganya lumayan murah HK$ 750-an buat 2 malam. Tapi pas mau nambah 1 malam lg, kami dipindahin ke kamar yg lain soalnya kamar yg saya tempatin dah dibook orang, nah yg ini kamarnya sempit apalagi kamar mandinya…sesek napas deh pokoknya. Tapi apa boleh buat, itung2 cuma naro badan ini dan cuma semalam pula. Have a nice trip yaa

  3. JJH

    @bea : saya waktu itu nginapnya juga di cosmicguesthouse… Ada suka duka nya… Tapi websitenya bisa dipercaya koq.. Selamat berlibur ya.

  4. Eddy

    coba v hotel lavender, +/-$sgd 100, kesannya mewah + bagus, kamar ga kecil ga besar. sebrang mrt lavender toplah. klo dibandingin hotel 81 jauhlah. hotel 81 geylang ada banyak , kecil tapi bersih, murah lagi .klo sendiri ato ama temen hootel 81 di geylanglah pastinya, JAUH DARI MRT ALLIJUNED juga ga apa apa, kan banyak pemandangan indah nan menawan xixixixixi

  5. Novi

    mo ikut sharing, awal Nov 2010, kami ke Sing 4D/3N,menginap hotel dickson81 (little India area),hotelnya tidak besar,kamarnya jg kecil tp bersih,kamar mandi jg bersih dgn shower & air panas,ada TV,hairdryer,kettle u manasin air (bs untuk bikin kopi, teh, susu, dll), tp tanpa breakfast, yahh…cukup lah untuk km berdua yg doyan ngukur jalan seharian alias jalan2…, tp kmrnya tdk semua berjendela,hanya ada beberapa.Kl mau kmr yg berjendela nambah biaya kl ga salah SGD 10. Wkt itu booking hotel via agoda untuk 1 mlm dulu krn kami blm tau kondisi htlnya spt apa,kl tidak cocok km bs pindah hotel,rate agoda wkt itu sekitar Rp. 780rb-an. Untuk 2 malam selanjutnya km tetap menginap di situ krn bg km yg penting kamarnya bersih wlpun km mndptkan kmr yg tanpa jendela.Kami langsung bayar di t4 krn dpt harga lbh murah. Weekday SGD 89 Weekend (Jumat & Sabtu) SGD 109 (keliatannya mlh lebih mrh byr di tempat ya?). Menurut kami lokasi htl ini strategis,letaknya di sebrang sim lim (pusat electronik),dkt dgn Bugis MRT (kira2 400m, jalan kaki,sambil bisa mampir ke bugis juction) & Litte India MRT (kira2 400/500m,jalan kaki, sambil bisa mampir ke tekka market),dekat jg ke ke Mustafa Center,bisa berjalan kaki di sepanjang serangoon road sambil window shoping liat2 barang2 khas india or souvenir yg bertuliskan singapore (gantungan kunci, magnet kulkas, piringan, gelas kecil,dll dgn harga SGD 10 untuk 3 item),mencicipi makanan khas india,banyak jg yg menjual buah2an segar,kalo ga mau lewat keramaian bisa lewat jalan belakang (byk rmh2 penduduk yg majority india).Di sekitar hotel ada tempat makan dengan menu makanan rumahan (tapi ini tidak halal, harga sekitar SGD 5).Kalo mau naik bis tinggal jalan kaki ga sampe 100m ke halte di depan simlim,dari situ cuma 1x naik bis ke suntec city,singapore flyer,marina bay (merlion,esplanade,marina bay sand (skypark,casino & mall).

  6. diah

    aku pernah nginap di hostel backpaker cozy corner di bugis street,murah sih cuma sgd $65/smlm(sekamar ber3),dapat breakfast roti panggang,free internet,cma ya seadanya.Untungnya kita bisa kenalan dengan sesama turis ‘kere’ dr berbagai negara,itu pengalaman yg paling berharga dalam hidup,komunikasi kita jadi lancar.Padahal bhs inggris sy pas pasan tp ketika di sana mau g mau saya mesti ngomong,kalau ga mau kelaparan,he.he…he.Dibawah banyak restoran kecil,ga ssh kok cari makanan halal cari aja resto malaysia or india muslim,harga berkisar $3-5(ada indonesian foodnya,sep.ayam penyek hrgnya $4.5.

    Tempatnya dibelkang bugis junction,tdk jauh dr sana ada pasar buat beli oleh2 cindra mata yg bertuliskan singapore,harganya lbh murah jika dibandingin dengan lucky plaza yang ada di Orchad road,kita bisa gan.kunci yg harganya $10 dapat 3 renceng.
    kira2 kayak mangga 2,tp g bisa ditawar,si penjualnya bs bhs inggris,melayu,china,penjualnya sih kebanyakan yg bermata sipit.

    Kalau pengen hotel yang murah ya daerah geylang road atau aljunaed,tapi daerah itu mah daerah pelacuran.Tapi bismillah aja,hati2 aja bagi yang laki2,wtsnya berani abis.

  7. marini

    sharing ya, februari kemarin saya ke sin nginep di apartment people park complex $50/ mlm tp karena bawa 2 Anak jd $70 ( cr” di internet) , tempat sich seadanya tp enaknya dibawah surga makanan murah dan pas banget di MRT Chinatown jd kalo mau jl tinggal turun aja

  8. Hana

    Pak,
    Numpang tanya neh..
    Kalu dari depan hotel bencoolen singapore bisa lsg nyebrang ke Kopitiam tidak ?
    Tq yeee..

  9. toni

    saya,istri dan 2 anak remaja bln juni ini ada rencana mw ke sin 3 malam,tlg infonya apartemen atau hotel yang satu kamar bs buat kami sekeluarga yang rate nya kisaran S $ 100 matur nuwun

  10. JJH

    sepertinya tdk memungkinkan deh Pak, selain kecil kamarnya, ranjangnya jg kecil. Dan receptionist hotel tdk akan mengijinkan 4 orang dewasa dlm 1 kamar.

  11. dudung

    sy baru pulang dari Singapore,pikir2 kalau tinggal digroup 81 juga tidak murah,kalau di Bencoolen hoel 81 harga S$110,mau murah di Geylang sekitar S$60.-an tapi jauh ke MRT.Lagipun rungan hotel tsb. semua sempit,Sy hitung2 ya tinggal di Hotel Bintang 4 sepeti Penisaula sekitar S $160.- tapi bisa dimuatkan 4 orang hitung2 tidak seberapa bedanya. masalahnya sekarang ada Casino.dari Johor saja setiap hari dg.bus masuk 5.000 orang untuk berjudi,makanya hotel2 di-mana2 penuh.Dengar2 di-iming2 dgn.fasilitas free hotel.

  12. Ktut Sukarno

    Sharing sikit. Tgl. 16 Jan-19 Jan 2011 yg lalu saya berempat ke Singapore nginep di Fragrance Hotel, Selegie Rd. biaya total (3 malam)S$ 644,88 utk 2 kamar, termasuk breakfast. Sarapannya ada 3 pilihan, ada yg halal. Hotel nya cukup bersih, walaupun kamarnya kecil, apalagi kamar mandi nya kecil banget, tapi saya enjoy aja, maklum budget hotel. Waktu itu banyak tamu2 keluarga yg nginep, malah ada rombongan anak sekolah dr Indonesia. Lokasinya dekat MRT Little India, didepan hotel ada bus stop, kalau mau jalan kaki deket juga ke Bugis, & Orchard. Jkt – Changi saya pakai AA, dapat harga Rp. 2.482.000,- berempat, PP. Harga tiket pesawat dan hotel dapat murah karena saya booking jauh hari sebelum berangkat.

  13. iwan

    saya pernah tinggal di ibis bencoolen dan hotel 81 di jalan yang sama.
    waktu itu saya dapat harga Rp 800-an ribu/malam. kejadiannya kira-2 desember tahun 2009. tapi ketika februari saya mau ke sana lagi untuk singapore airshow, ternyata tarifnya sudah jadi rp 1,3 juta. penuh lagi.
    akhirnya terpaksa menginap di hotel 81.
    mohon maaf, hotel ini memang tidak pantas direkomendasikan.
    sempit. kamar kurang terawat. di hotel ini juga terdapat semacam klub malam yang menampilkan perempuan dengan dandanan menor.. rasanya kurang pantas untuk menginap, bila kita membawa keluarga.
    kalo tidak terpaksa banget, jangan ke hotel 81…

  14. dudung

    itu harga dulu,sekarang h Bencolen sdh sekitar 1 jutaan,saya lebih suka tinggal di Ibis bencolen kira2 harganya 1.1 juta.Gara2 ada cas ino harga h.disingapore sdh.mahal semua. kalau mau murah tinggal disekitar gelyang sekitar 500 ribu/mlama.

  15. zha

    Hi….

    Saya mau tanya ke Sugi Phang, temennya bisa dpt ibis bencolen dgn harga 750 rb beli dari mana? tertarik jg soalnya, trus itu untuk 2 org bukan?
    Thx

  16. suzan

    Dear friends,

    Mau ikutan bagi-bagi pengalaman, Juni 2010 maren kami sekeluarga berangkat ke sing – KL – sing pakai AA, lumayan promo Rp 0, kami membeli voucher hotel di travel Pasopati di Jakarta, untuk hotel supreme (dibelakang hotel concorde, Orchard) deket juga ke MRT Somerset, untuk makan.. gampang banget, anak2 bisa makan yong to fu + old chang kee, ahhh pasti abis deh makannya (terbukti , anak kami yang sulit makan,OK dengan menu ini) percaya ga ?.. aku bisa menemukan bihun goreng dengan harga $0,8.. murah kann ?, dari airport kami naik MRT menuju hotel, $12, murah juga dibanding kalau naik taxi $19-20, apalagi sekarang banyak chargesnya..Di Sing kami mengunjungi zoo, sampai di MRT stationnya, ada remaja2 dari travel yang menawarkan tiket zoo harganya sama jika kita beli di loket zoo nya, plus dapat free pengantaran ke zoo, ahh senangnya, kami tidak perlu repot menunggu bus untuk ke zoo, untuk ke KL, naik AA promo juga cuman $Sin 5, terus naik bus dari airport ke KL Sentral , $Sin 3, promo juga.., Dari KL Sentral jalan keluar, menuju ke Stasiun monorail menuju Bukit Bintang, tinggal di apartemen Riyani (thank u to Riyani). Untuk ke Genting, tinggal naik monorail ke Titiwangsa, lanjut naik bus ke Genting di terminal Pekeliling, karena kami juga sudah beli voucher hotel First World, sampai di sana masuk lobby, antri nomor untuk dapat kunci kamar, cepat juga ( karena ambil kamar deluxe, US$ 79, antrinya lebih cepat daripada kamar standar – yg antri ramai sekali) Dari KL kembali ke Sing naik kereta senandung malam yang tiketnya sudah dipesan online dari Jakarta, lumayan ngirit biaya hotel.Anak-anak juga senang.
    Benar-benar pengalaman menyenagkan karena semuanya sudah dipersiapkan dari Jakarta, jadi tidak repot walaupun pergi dengan anak-anak ( ini berguna loo buat first traveller). Thanks to JJH, saya mendapat banyak advice dan ide dari JJH, ga sabar mau coba travelling ke HK-Macau-Senzhen…semoga lancarr jugaaa.

  17. HC

    Dear Bro Sugi Phang,

    Jujur…pilihan menginap di 81Chinatown sudah masuk dalam daftar hitam penyesalan seumur hidup. “Biarlah daku yang menerima kepahitan ini, dan janganlah kiranya pembaca setia JJH turut mengalaminya”, puitis banget ye, ha..ha..ha…

    Motivasi saya mempersembahkan field report ini kepada JJH adalah supaya para responden dapat saling berbagi pengalaman. Sehingga pengalaman-pengalaman buruk atau tidak menyenangkan dapat diantisipasi sebelumnya.

    Minimal kita dapat berhati-hati terhadap tour-travel yang memberikan harga mahal tapi pelayanan buruk, tertipu oleh tour leader yang mata duitan maksa minta tip, membayar hotel dengan fasilitas kost2an, dikerjain oleh local guide, membeli barang kemahalan karena ada kerjasama antara tour travel dengan toko, membeli makanan sampah dengan harga mahal, dll-dsb-etc.

    Thanks bro, untuk sarannya….
    Salam
    HC

  18. tkpik

    Hotel 81 Chinatown memang sempit dan tidak dapat Bfast pula(kalaupun ada hanya berupa seperti “pop mie” gitu.., tapi untuk ke MRT dekat sekali, tinggal menyebrang saja yah.. dan Mcd dekat sekali dari situ (meskipun gak ada nasinya he he..) dan kalau sudah makanan non halal (a.k.a Ba**) tinggal menyebrang lagi, saya waktu itu bisa beli oleh2 juga ada counter 10$ for 3 :D.. lengkap, serasa di mangga 2 he he he..mnrt info ada penginapan kaya aptment juga di daerah people park, mgkn jatuhnya lebih murah daripada hotel 81…

    kalau mnrt sy, EZlink cocok buat yang jalan2 nya gak whole day naik MRT, kalau STP buat yg Whole Day sering banget bolak2 pakai MRT, Bus.. jadi lebih hemat ^^…

    ke USS selain naik MRT, bisa naik Bus juga.. 2SGD/orang untuk PP, naik di Vivo City di halte depan, ada tulisannya RW8..

  19. sugi phang

    Apa ga kemahalan untuk hotel 81 dengan harga 825ribu??? mending cari apartemen, denger2 Lucky Plaza banyak yang murah2!! (gw jg blom pernah siiih)

    but buat sharing aja, akhir taon kemaren saya nginep di Peninsula Excelsior di Coleman Street deket Cityhall station cuman S$140 (980ribu) dengan kamar yang gedenya luar biasa!! ehhehehe…

    Malah temen ada yang nginep di Ibis Bencolen cuman 750an.

    cheers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.