Beberapa saat yang lalu, beberapa bank ikut serta dalam mendukung gerakan menabung yang dicanangkan pemerintah dengan meluncurkan “Tabunganku”, yaitu tabungan yang tanpa ada biaya administrasi sama sekali. Dengan saldo awal hanya Rp 20.000 di bank umum dan Rp 10.000 di Bank Pembiayaan Rakyat (BPR), serta minimum penyetoran selanjutnya Rp 10.000, dan saldo minimum Rp 20.000 maka tabungan ini diharapkan dapat menjangkau semua lapisan masyarakat dan menciptakan generasi yang gemar menabung.

Awalnya, saya mendengar kabar banyak kekurangan dari produk ini, seperti tidak bisa online, hanya dapat diambil di cabang membuka rekening, tidak ada ATM, tidak ada internet banking dan kecilnya bunga yang diberikan, membuat saya tidak tertarik membuka rekening jenis ini. Tapi saat kebetulan berada di bank (OCBC NISP) dan menanyakan lebih detail tentang produk ini ternyata cukup menarik. Memang ini berbeda di setiap bank, tergantung kebijakan bank tersebut. Di OCBC NISP, tabunganku ternyata memiliki fasilitas ATM dan juga internet banking, tapi untuk penarikan tunai hanya dapat dilakukan di cabang pembuka. Tidak masalah, toh ada ATM. Untuk masalah bunga yang kecil, menurut pendapat saya kalau mau mencari bunga/investasi jangan di tabungan, sebaiknya deposito / reksa dana / saham.

Jadi untuk menabung tanpa biaya administrasi, selain Danamon lebih, kini ada alternatifnya yaitu Tabunganku. Jadi mari kita menabung…

Setelah tabungan nya cukup… mari kita rekreasi… :)
Salam Jalan Jajan Hemat

About rommya

I am just an ordinary person who like to share my experience.

18 Thoughts on “Tabunganku, tabungan tanpa biaya administrasi

  1. mahee on July 18, 2010 at 3:07 pm said:

    tabunganku itu adanya di bank apa aja siih ???

  2. mahee on July 18, 2010 at 3:08 pm said:

    mending di tabunganku apa danamon lebih ??

  3. yoshi on August 1, 2010 at 8:44 pm said:

    tabunganKu yg ada di BNI, MANDIRI, kyaknya bbrpa bank lg pny,
    tp mmg sprtinya tdk ada ATM
    tp kl mandiri ada

  4. ada juga yg bagus ..
    BANK SINARMAS, ada ATM (bisa tarik tunai di semua ATM berlogo ATM bersama,belanja tanpa biaya tambahan sepeserpun di merchant DEBIT BCA dan prima debit), ada phone banking ( gratis biaya telpon untuk jabodetabek), mobile banking (hanya untuk SMART),intenet banking yg aman kok bisa kita aktifin dari tabungnku.., pembukaan cuma 20ribu,
    cuman sayangnya jumlah kantor cabang masih jarang bisa kita temui, kali di jakarta dan sekitarnya sih banyak ..tapi kalo didaerah masih jarang .. gak semua kabupaten ada bank sinar mas .. misalnya kampung we (purwokerto) cuman ada satu doank ..
    bank sinarmas syariah nya baru ada 1 di jakarta ..

  5. orang yang tertipu on December 25, 2010 at 2:12 pm said:

    saya amat sangat kecewa dan kaget pas nyoba danamon lebih
    awalnya sayya pikir, dengan sedikitnya “jumlah” atm khusus danamon, bsa dengan mudah ngambil uang di atm lain, dengan harga yg tidak terlalu mahal,.

    eh taunya, setlh 3-4 kli ambil uang di atm lain, sayya pas cetak buku, dirugikan 200 ribu

  6. Prast Putra on January 6, 2011 at 10:10 am said:

    Thank’s atas all inform & comment-nya. jadi banyak belajar

  7. to orang tertipu :
    bener dipotong 200 rb untuk 3-4 kali penarikan di atm lain (atm bersama?)? Sebagai contoh, beberapa hari yang lalu saya tarik tunnai menggunakan atm mandiri dengan rincian biaya sebagai berikut (cek di danamononline.com):
    1. 1x cek saldo dikenakan biaya Rp 3000
    2. 1x tarik tunai sebesar Rp 500.000 dikenakan biaya Rp 5.500
    So.. Sebagai kesimpulannya, coba anda cek kembali rincian biaya tersebut siapa tahu untuk biaya lainnya :)

  8. Cukup efisien !

  9. kira 2 bagus nya buka tabungan danamon atau tabunngan qyu y?
    kalo buka tabungan qyu ada nya di bank apa saja?trus daerah mana?
    tolong kabarin saya ya

  10. saya nabung di Tabunganku yang ada dikeluarkan BCA,kelemahan yang saya rasa dan sangat menyulitkan:
    1. Uang yang ada direkening Tabnganku tidak bisa di Transfer ke mana-mana,uang hanya diam di rek itu saja.
    2.waktu Atm saya hilang tidak bisa diurus di cabang terdekat ,sampai sekarang saya belum punya atm lagi ,karena saya buka rekening di LAMPUNG,sedangkan saya sekarang tinggal d BEKASI.
    untuk mengurus/membuat ATM lagi saya harus ke LAMPUNG.bayangkan ribetnya!!!!

  11. Ricky on May 24, 2012 at 1:55 am said:

    saya nabung di Danamon lebih sudah 3tahun…. Bener bener gratis bulanan kok tmen temen… So Danamon lebih, menurutsaya is the best dech…

  12. Jadi kepingin buka danamon lebih, tergiur cashbacknya kalo belanja,, beneran gǟǟ sih????

  13. DANAMON memangg YO iiiii

  14. untuk orang2 yang merasa dirugikan dengan tabngan danamon lebih, itu ada beberapa syarat untuk mendpatkan gratis alias bebas admin.
    diantaranya adalah minimal saldo rata-rata adalah Rp 250.000 (ingat, bukan saldo bulanan).

    kemudian, untuk masalah cash di atm bersama, tabungan DANAMON LEBIH itu GRATIS apabila SALDO DIATAS rP 2500.000.
    Jadi kalo saldo ente2 dibawah Rp 2.500.000 jangan coba2 narik tunai atau cek saldo di atm bersama. cek dan tarik tunai aja di ADAM (ATM DANAMON)

    Untuk tabunganku, sekarang udah ada di semua bank. yang terbaik adalah TABUNGANKU BNI Syariah

  15. Pake mandiri / bca aj lebih enak transaksi nya,,teman2

  16. Sherly Tristemi on July 3, 2013 at 4:33 pm said:

    Saya barusan mengurus buku tabungaku di BCA.
    menurut saya membantu untuk kita yg gemar belanja apalagi saya ibu” yg doyan belanja.karna di Tabunganku BCA.bisa kok transfer tetapi hanya sesama BCA.tidak ada biaya ADM perbulan.hanya saya Tabungan ini hanya bisa melakukan transaksi 4x dalam 1 bulan apabila melebihi 4 akan dikenakan biaya 2500rp.dan tabungan ini tidak bisa digunakan untuk Debit atau untuk belanja” gesek dan memang tabungan ini apabila ada kehilangan atau ada masalah hanya bisa diurus di kantor cabang atau utama BCA dimana kita membuat tabungan.makanya tabungan ini khusus untuk menabung,beda dengan Tahapan BCA.
    membatu bagi yg susah buat nabung untuk saya.uang tetap bisa diambil ko.

  17. putri habsah on August 5, 2013 at 1:44 pm said:

    sekarang Tabunganku sudah ada ATM nya. cuman memang iya tidak bisa mobile banking

  18. saya buka tabunganku mandiri. nggak ada adm. bulanan, penggunaan ATM bisa dilakukan tiap hari kok. syaratnya cuma bisa 1x transaksi dalam 1 hari. setoran awal juga ringan. 50rb juga nggak papa. sedangkan waktu aku mau buka tabunganku BRI, setoran awal 100rb, nggak dapet ATM. enakan mandiri kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


9 − six =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation