AirAsia telah membuka rute penerbangan langsung Jakarta-Singapura, rute ini sangat banyak peminatnya sehingga seringkali kita tidak berhasil mendapatkan harga tiket yang hemat. Jika Anda bermaksud untuk berwisata ke Singapura, ada rute alternatif yang dapat Anda ambil yaitu Jakarta-Johor Bahru. Kota Johor Bahru yang masuk dalam wilayah persekutuan Malaysia ini benar-benar bersebelahan dengan Singapura, hanya dipisahkan oleh selat Tebrau. Kota ini merupakan kota kedua terbesar di Malaysia setelah Kuala Lumpur.

Senai Airport

Senai Airport

Bandara di Johor bernama Senai International Airport. Bandara ini tidak terlalu mewah, tapi saat kami kesana terlihat sedang dilakukan renovasi mungkin dalam beberapa waktu kedepan akan menjadi lebih baik. Pengecekkan swine flu disini terlihat cukup ketat, dengan petugas yang menggunakan seragam lengkap seperti dokter di RS yang siap melakukan pembedahan. Dari bandara, penumpang dapat memilih alternatif transportasi apakah bus atau taxi. Jika Anda memilih taxi, Anda dapat membeli voucher pada counter dengan menyebutkan tujuan Anda, dan langsung membayar biaya perjalanan tsb di counter. [Sekedar informasi kami dari airport ke New York Hotel biaya taxi RM 40]

Tempat beli tiket

Tempat beli tiket taxi / bus

Harga makanan di Johor Bahru ini menurut kami lebih mahal dari di Kuala Lumpur, mungkin karena berdekatan dengan Singapura maka harganya pun ‘disesuaikan’.

Beberapa tempat  yang menarik di Johor Bahru adalah :

Museum Istana Sultan Abu Bakar, disini dipajang berbagai perlengkapan istana seperti barang antik, furnitur, perlengkapan makan, koleksi mata uang, dan masih banyak lagi. Terletak di Lembaga Muzium Negeri Pahang, Jalan Sultan Ahmad, 26600 Pekan, Pahang.  Istana yang selesai dibangun pada tahun 1866 atas prakarsa Sultan Abu Bakar ini masih digunakan untuk acara2 khusus, namun selebihnya dibuka untuk umum sebagai museum. Buka dari hari Selasa – Minggu, dari jam 9.30 pagi sampai jam 5 sore, Jumat dari jam 9.30-12.15 dan 2.45 sore – 5 sore . Telp : 09-422 1371. Harga tiket masuk : RM 5 untuk warga Malaysia dan USD 7 untuk turis.

Masjid Sultan Abu Bakar

Masjid Sultan Abu Bakar

Masjid Sultan Abu Bakar merupakan satu dari masjid terindah di Malaysia dengan desain arsitektur gabungan antara gaya muslim India, Persia dan gaya Eropa. Terletak di Jalan Masjid Sultan Abu Bakar, 80990, Johor Darul Takzim. Karena berlokasi menghadap ke selat Tebrau, dari tempat ini kita dapat melihat negara Singapura. Masjid ini mampu menampung 2000 umat, mulai dibangun sejak tahun 1892 dan selesai pada tahun 1900. Masjid ini dibuka untuk wisata dari hari Sabtu – Kamis, jam 9 pagi sampai jam 4 sore tanpa dipungut biaya, namun hari Jumat ditutup untuk digunakan beribadah.

Danga Bay

Danga Bay, tempat wisata yang berada di tepi selat Tebrau ini sedang dibangun kawasan wisata terpadu yang nantinya akan menjadi tempat yang megah. Di sana terdapat kolam renang & arena permainan anak-anak, dan juga beberapa wahana rekreasi seperti paintball, layang2, bersepeda, skateboarding, taman, spa dan bahkan mal. Disini kita juga dapat menjumpai tempat makanan yang menyajikan makanan yang enak tapi harganya tidak terlalu mahal.

AEON Tebrau City Shopping Centre, terletak di Jalan Desa Tebrau No. 1.  merupakan mal yang cukup besar dan menjual barang2 bermerek terkenal. Di dalamnya terdapat supermarket JUSCO. Buka dari jam 9.30 pagi sampai jam 11 malam.

AEON Mall

AEON Mall

City Square adalah sebuah pusat perbelanjaan yang terletak bersebelahan dengan imigrasi Johor Bahru, jadi sebelum melangkahkan kaki ke Singapura, ada baiknya belanja barang atau makanan disini karena harganya lebih murah dibandingkan Singapura.

City Square

Bagaimana ? Lumayan juga kan untuk menjadi tempat persinggahan sebelum melanjutkan ke Singapura…

Salam Jalan Jajan Hemat

About rommya

I am just an ordinary person who like to share my experience.

7 Thoughts on “Johor Bahru, kota tetangga Singapura

  1. Julia on June 22, 2014 at 8:37 pm said:

    Kalau sewa Mobil dr klia2 ke Johor leggoland bisa ga ya hrgnya brp.? Mohon info
    Tgl 25juli 2014 trimakasih

  2. mohamad hasan salam on May 22, 2013 at 2:53 pm said:

    Info yang bagus, insya Alloh saya akan kunjungi Kota kedua terbesar di Malaysia ini. Mohon doanya. Salam petualangan negeri-negeri jiran

  3. amelisa on April 8, 2013 at 10:53 pm said:

    info donk..kalau kita sudah di terminaljohor baru/larkin ,untuk menuju ke senai airport menggunakan apa dan memakan waktu berapa lama?

  4. nonna on June 6, 2010 at 3:01 pm said:

    Hai…menarik infonya…saya mo nanya dari S’pore ke Johor klw naik MRT & bus no. brp..? brp lama waktu yg dibutuhkan….klw qt bolak balik dlm 1 hari bisa ga…? tq

  5. salam kenal,
    mohon infonya, dimana kami bisa sewa mobil/bus untuk dipakai jalan2 ke singapura? kalau bisa dengan guidenya. trims.

  6. kalo dari kota johor baru ini.. ke singapura kira kira berapa lama jarak tempuh nya? bisa menggunakan jalur transportasi apa saja …?
    dan penginapan di johor baru yang paling murah ada ngk? daerah mana ….trim’s atas info nya yahhhh

  7. salam kenal,
    boleh minta infonya sedikit. kalo dari airport Johor mau ke Melaka naik apa ya? apakah ada yang langsung atau harus ke terminal bus antar kotanya? jam berapa aja bus yang ke melaka> apakah ada yang tengah malam?

    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.


seven × = 35

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation