Jalan Jajan Hemat

ePaper Kompas sekarang menggunakan Microsoft Silverlight

Beberapa hari ini saya agak bingung dengan tampilan epaper.kompas.com, ternyata tampilan koran elektronik gratis tersebut merubah teknologi yang digunakan. Teknologi ini adalah Microsoft Silverlight 2.0, untuk detail teknologi ini tidak saya bahas disini. Tapi ‘sepertinya’ teknologi baru ini cukup canggih, dengan tampilan yg memukau. Tapi…. entah problem dimana, tapi saya tidak dapat membuka epaper baru ini sama sekali. Walaupun sudah mendownload plugins yang dibutuhkan, tapi tampilan yang saya dapat hanya loading…

Untuk dapat mengakses dengan versi lama, masih disediakan di http://epaper1.kompas.com. Mungkin karena saya menggunakan MacBook dengan MacOS X  dengan browser Mozilla Firefox maka tidak compatible ? Tapi mungkin saja hanya saya yang mengalami problem ini. Saya tidak berani komplain apa2, apalagi menjelek2an produk, ingat pelajaran dari kasus Prita 🙂

Intinya enjoy ePaper Kompas yang baru, bagi yang tidak bisa, silahkan akses ke http://epaper1.kompas.com, mari baca koran secara online, kurangi konsumsi kertas, buatlah bumi kita menjadi lebih hijau, sekaligus irit lagi… 🙂

Salam Jalan Jajan Hemat

14 thoughts on “ePaper Kompas sekarang menggunakan Microsoft Silverlight

  1. werta susetya

    koran tertua dan terbesar dari ibukota yang senantiasa di nanti para pemirsanya.hanya saja belum bisa di nikmati dengan mudah seoerti yang lain. ada epaper yang lain begitu open terhadap pembacanya. konon menu rut advertorialnya site koran ini bisa di buka di pinggir kali.alangka kah termanjakan para pemirsa bila koran inibisa di akses dengan mudah dan nyaman. memang sebagai ujung tombak distribusi dan promosi maka e paper adalah ancuan pembaca perlu tidaknya memilih media yang pas deng an kebutuhan.koran sebagai sumber inspirasi sejenis ini merupakan lent era bagi masyarakat luas untuk wawasan amupun wacana pada saat ini. ha nya kalangan tertentu yang bisa mengaksesnya. memang koran yang mampu membuka lapangan kerja. kantor perwakilannya ( jogja ) saja sedemikia an nyaman juga suplemennya yang rada samma sama beda juga beda -beda tapi sama cuma sayangnya banyak yang kesulitan mengakses e paper nya

  2. Heri

    Bisa masuk ke epaper tapi khusus yg hari ini doang.

    Kalo liat yg edisi sebelum2nya (archive) walau dah diklik tanggal yng sekian malah keluar n minta pilih Silverlight apa Softpress, eh taunya malah masuk lagi ke edisi hari ini. Yg diminta malah gk muncul. Cape deh.

    Pake yang versi Softpress, edisi sebelum2nya kebuka tapi tulisan kecil2 gk kebaca, pas mau dizoom eeeeh malah gk nongol2. Loading terus aja, muteeeeeeeeeer semaleman didiemin juga teteeeeep.

    Mengecewakan, kalah ama epaper Pikiran Rakyat!

  3. Andy

    @ Anto:
    Benar saya udah coba banyak PC pakai Firefox 3.0.x + Silverlight 3.0
    Kompas epaper ngak mau dibuka dan ngak bisa jalan.

    Anehnya pakai IE8 + Silverlight 3.0 bisa dibuka… setelah login 3 kali sampai 5 kali baru mau jalan.

  4. rommya Post author

    @anto: Coba di non aktifkan dulu IDM nya. Memang epaper kompas yg baru ini sering bermasalah ya, dan cara penggunaannya pun menurut saya lebih ribet, jauh lebih praktis yg dulu… Semoga pihak Kompas mau memperbaiki epapernya.

  5. anto

    mas roomya,
    sama sama om Life…saya sudah install silverlight 3 dan masalahnya tetap sama
    saya pake firefox 3.5 dan Internet Download Manager..
    ketika epaper dibuka, IDM langsung download resources.zip abis itu ga ada apa2..tetap blank
    please help

  6. rommya Post author

    @life & dpram : Sudah coba install Silverlight yg terbaru (lihat dari link Pak Dwiyanto), lalu restart browsernya. Memang lebih lambat daripada yg dulu.

  7. dpram

    saya menggunakan win xp dan sudah instal silver light, tapi browser chrome tetep gak bisa nampilkan epaper.kompas.com. yang muncul hanya warna hitam (kosong)plus menu2 situs epaper. saya coba ganti browser Firefox, tetep aja gak ngaruh. ada yg bisa bantu??

  8. life

    Mas aku udah install silver light diwindows tapi nga muncul apa2 yang hanya download resource terus nga ada apa2 lagi

  9. rommya Post author

    @Dwiyanto: Trims atas informasinya Pak Dwi. Akhirnya saya bisa buka epaper kompas lagi… baik menggunakan Firefox maupun camino. Thanks ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.