Jalan Jajan Hemat

Jakarta Fair 2009 – Jakarte punye acara

Setiap bulan Juni, menjelang ulang tahun Jakarta, pemprov DKI selalu mengadakan acara Jakarta Fair atau juga disebut Pekan Raya Jakarta (PRJ). Tahun ini acara tersebut diadakan dari tanggal 11 Juni sampai 12 Juli 2009, dengan mengambil tema “Jakarta Fair terus maju“. Setiap hari diadakan pertunjukan musik dengan artis ternama. Lokasi Jakarta Fair ini terletak di Kemayoran Jakarta.

Jika Anda datang hariΒ  Sabtu atau Minggu dapat dipastikan jalanan menuju tempat ini macet, dan juga pintu masuk ke areal parkir akan padat merayap. Kami sarankan untuk masuk melalui pintu Barat, jadi skip pintu masuk utama, lalu belok ke kiri dan disana ada pintu masuk lagi. Areal masuk parkir relatif lebih sepi walaupun mencari tempat parkirnya tetap saja tidak mudah.

Cukup kagum dengan penjaga tiket parkir yang sigap dan terpelajar sepertinya anak kuliahan. Dan para petugas parkir dengan sigap membantu mencarikan parkir mobil (walaupun tetap susah juga mencari tempat parkir yang kosong). Di beberapa tempat terpampang pengumuman “Kami berterima kasih untuk tidak memberikan tips pada petugas kami”. Dan terlihat para petugas parkir sama sekali tidak meminta tips (bandingkan dengan para preman parkir di JCC yang dengan terang2an meminta jatah parkir tambahan di luar parkir resmi). Areal parkir cukup luas, namun harus bersabar karena jalannya cukup sempit dan ditambah mobil2 yang berhenti seenaknya untuk menaik-turunkan penumpang. Tarif sekali parkir dikenakan Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk motor.

Loket masuk terdapat di beberapa tempat, antrian pun tidak panjang karena para penjaga loket melayani dengan sigap. Tiket masuk seharga Rp 15.000 untuk hari Senin-Kamis dan Rp 20.000 untuk hari Jumat-Minggu. Terasa cukup mahal untuk warga kota Jakarta yg ingin menikmati acara kotanya sendiri. (Bahkan sudah menjadi umum kalau warga Jakarta ternyata belum pernah ke PRJ). Tiket diberikan dalam bentuk kartu seperti yang digunakan di TransJakarta (busway), dan juga diberikan kupon yang berisikan diskon di beberapa outlet. Toilet / kamar kecil tersedia di beberapa lokasi dengan kondisi yang bersih tanpa dipungut bayaran lagi.

Di dalam areal PRJ ini terdapat banyak stand-stand yang menawarkan produknya, mulai dari makanan, minuman, snack, rokok, furniture, ban, mobil, motor, sepeda, handphone, komputer, pakaian, kerajinan, rumah, wah pokoknya banyak banget deh. Ada juga beberapa stand yang menawarkan harga yang di diskon cukup besar. Beberapa stand yang cukup atraktif adalah :

  • Stand sandal Skyway : dalam rangka promosi, stand ini tidak menjual produknya melainkan menawarkan sandal gratis.. tis.. Lho koq aneh ya, ternyata memang benar gratis. Tim JJH sudah mencobanya sendiri. Bahkan pengunjung diminta untuk membuat sandalnya sendiri, yaitu memasukkan jepit sandal ke alasnya. Cukup menarik lho, dan sepertinya mereka ingin memecahkan rekor muri, karena tercatat jumlah sandal yang sudah mereka bagikan sebanyak 18.760 pasang (per Sabtu 20 Juni siang). Dan bahkan mereka tidak perduli apakah ada pengunjung yang berulang2 mengantri untuk mendapatkan sandal gratis lagi, karena kami melihat ada yang membawa sekantong besar sandal dan masih tetap mengantre lagi. Namun kita tidak dapat memilih ukuran maupun modelnya, jadi pasrah kepada SPG yang menyediakan (gratis koq mau milih)
  • Stand helm (MDS, KYT, dll) : mereka membagi2kan helm gratis melalui permainan. Dan bahkan menyuguhkan dancer yang cukup heboh.
  • Stand Factory Outlet : terdapat beberapa stand FO yang diserbu ibu-ibu karena menjual pakaian branded dengan harga murah. Lebih murah dari FO yang ada di Bandung.
  • Penjual kerak telor : seolah menjadi simbol dari PRJ adalah kerak telor. Namun rata-rata menjual dengan harga Rp 10.000 yang menggunakan telur ayam dan Rp 12.000 untuk yang telur bebek. Cukup mahal utk jajanan rakyat. Tapi bagi yang kangen dengan jajanan kampung yang muncul 1 tahun sekali, harga tidak masalah
  • Menurut kami, Jakarta Fair cukup menarik sebagai alternatif wisata kota, apalagi ini acaranya kota Jakarta, kalau bukan kita yang meramaikan siapa lagi ? Perusahaan yang ikut juga cukup banyak & semarak dengan diskon, paket maupun hadiah-hadiahnya. Namun memang dirasakan tiket cukup mahal untuk orang kebanyakan (tapi anehnya mahal pun pengunjungnya sudah ramai, apalagi kalau gratis). Untuk menyaring agar jangan sampai para pengemis / gelandangan ikut masuk, boleh saja dipatok harga tiket seperti sekarang, namun sebaiknya tiket tersebut dapat ditukar dengan sesuatu yang cukup baik agar tidak terasa mahal bagi pengunjung.

    Tips untuk berkunjung ke PRJ :

    • Gunakan pakaian yang nyaman
    • Walaupun relatif lebih aman dibanding dulu di Monas, tapi tetap waspada terhadap copet. Jaga dompet & handphone Anda
    • Ingat & catat tempat parkir dan juga pintu masuk Anda
    • Jika membawa anak, jangan lupa sering2 istirahat & mencari makanan & minuman. Food court menyediakan makanan yang bervariasi tapi sayang tempat duduk/mejanya kurang & hawanya panas.
    • Hindari berpencar dengan keluarga, kecuali battery handphone Anda masih penuh
    • Karena luasnya area, usahakan datang dari siang hari dan kunjungi tempat2 yang ber AC dulu, baru setelah hari menjelang sore/malam berkunjung ke stand yang terbuka
    • Jangan ragu untuk mengikuti acara2 / perlombaan yang diadakan, karena banyak hadiah yang diberikan (syaratnya harus tahan malu)
    • Teguhkan hati dan tahan godaan, begitu banyak SPG yang menggoda iman berkeliaran disini… πŸ˜€

    Untuk mencapai Jakarta Fair 2009 dengan kendaraan umum :

    1. Mengunakan Bus Transjakarta (gratis) dengan rute : halte Monas – halte Gambir – Istiqlal Juanda, Jalan Garuda, Jalan Benyamin Sueb – halte Gambir Expo.
    2. Mengunakan bus reguler dengan rute yang melewati PRJ, antara lain :
    • St Senen – Bungur/Gunung Sahari – Jl Angkasa – PRJ 2009 (PP).
    • Stasiun Kota – Mangga Dua – Gn Sahari – Jl Angkasa – PRJ 2009 (PP).
    • Stasiun Gambir – Psr Baru/Lap Banteng – Gunung Sahari – Angkasa – PRJ 2009 (PP).

    Untuk Anda warga Jabodetabek yang tidak keluar kota selama liburan, tertarik berkunjung ke Jakarta Fair 2009 sebagai pengisi liburan ? Kalau Anda org Jakarte jangan sampai belum berkunjung ke PRJ yeee..

    Salam Jalan Jajan Hemat…

    Jakarta Fair 2009 / Pekan Raya Jakarta 2009

    Gedung Pusat Niaga lantai 1, Arena PRJ Kemayoran Jakarta 10620
    Telp : (021) 26645000/131

    Tiket masuk
    Senin-Kamis : Rp 15.000
    Jumat – Minggu : Rp 20.000

    Jam operasional
    Senin – Kamis : 15.30-22.00
    Jumat : 15.30-23.00 WIB
    Sabtu – Minggu : 10.00-23.00

    5 thoughts on “Jakarta Fair 2009 – Jakarte punye acara

    1. Dadang Sunendar

      M nanya kite mau ksono tpi belum hapal jalan dari bandung,jalur tol kemana yah?

    2. jean

      Mo nanya, kalau mau ke prj dari bandung lewat tol cipularang, keluarnya di tol mana yah? Tq

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.