PlanetariumUntuk Anda yang mau menikmati rekreasi di seputar Jakarta, planetarium dapat menjadi salah satu alternatif tempat tujuan Anda. Tempat yang terletak di kompleks Taman Ismail Marzuki, Jl Cikini Raya 73 Jakarta Pusat ini merupakan tempat wisata sekaligus belajar perihal bintang dan angkasa luar untuk anak – anak Anda. Lokasi yang dekat dari Jakarta dan banyak dilalui kendaraan umum membuat tempat ini mudah dijangkau. Harga tiket tanda masuk cukup hemat yaitu dewasa Rp 7.000 sedangkan untuk anak-anak (s/d usia 12 tahun) : Rp 3.500. Tiket dapat dibeli di loket 1 jam sebelum pertunjukan dimulai. Sebaiknya Anda memastikan dulu jadwal serta ketersediaan tempat dengan menghubungi telpon 021- 2305146 – 47. Karena saya pernah punya pengalaman, sudah sampai di planetarium, ternyata pertunjukkan pada jam tersebut khusus untuk rombongan anak sekolah (walaupun sebenarnya planetarium memiliki jam pertunjukkan khusus untuk rombongan), akhirnya kita terpaksa menunggu jam pertunjukkan berikutnya.

Adapun jadwal pertunjukannya adalah :
Senin : LIBUR
Selasa s/d Jumat : 16.30
Sabtu, Minggu & Hari Libur nasional : 10.00, 11.30, 13.00 dan 14.30
Hari libur Nasional yang jatuh hari Jumat : 10.00, 13.30, 15.00 dan 16.30

Planetarium ini didirikan sejak 1 Maret 1969 dengan menggunakan proyektor Universarium model M VIII buatan pabrik Carl Zeiss Jerman. Sambil menunggu jadwal pertunjukan, kita dapat melihat-lihat museum kecil yang memberikan penjelasan mengenai antariksa. Bahkan ada patung astronot yang lengkap dengan atribut yang digunakan untuk ke ruang angkasa. Sebenarnya planetarium ini sangat berpotensi menjadi tempat wisata pilihan, namun terlihat agak kurang terawat. Ruangan yang tersedia cukup luas dan sepertinya baru direnovasi. AC terlihat terpasang cukup banyak dan masih baru, tapi saat itu tidak ada yang dinyalakan sehingga suhu di ruangan cukup panas. Semoga sekarang ini sudah menjadi lebih baik lagi. Di dalam ruangan, keadaan terlihat lebih baik. Kursi masih terawat baik, sound system dan film yang diputar cukup jelas, pembawa narasi juga cukup informatif. Sehingga dapat bermanfaat menambah ilmu untuk anak-anak maupun untuk para orang tuanya walau agak terlambat. :D

Jadi jika Anda tidak sempat berlibur ke luar kota silahkan mampir ke planetarium, jalan-jalan sekaligus menambah ilmu pengetahuan.

Salam jalan jajan hemat.

About rommya

I am just an ordinary person who like to share my experience.

16 Thoughts on “Planetarium (Jakarta)

  1. zaenal abidin on March 11, 2012 at 6:45 am said:

    salam hormat,
    mhn info untuk harga tiket tanda masuk terbaru, dewasa dan anak-anak, terima kasih

    zaenal

  2. Thx infonya yaaa.
    udah pernah ngajak kakak Davinna, sekarang mau ngajak adik Daneshnya.

  3. Kalo hari Sabtu tanggal 31 Desember 2011 besok masih buka gak ya…?

  4. pengen ke sana lagi ajak saudara2 kecilku, liburan sambil belajar… ^^

  5. thank ya atas info jadwal nya nantki tanggal 6 insya allahin ingin ke sana . semogha tanggal 6 nanti buka ya trims

  6. Sama2… Senang bisa saling berbagi…

  7. thankyou^^ yaa atas semua nya. :) gara gara anda tugas saya selesai dan mendapat nilai yang sangat memuaskan :D

  8. terima kasih atas kabarnya! :)

  9. Biaya masuk untuk rombongan siswa sekolah dasar berapa ya ? untuk waktu pertunjukkannya bagaimana ?

  10. Mau tanya, kalo di daerah deket planetarium situ ada rekomendasi tempat makan yang patut dicoba gak?

    Saya mau ngajak pacar saya jalan-jalan ke planetarium lalu setelah itu mau makan malem bareng gitu, tapi gak tau di sana ada tempat makan atau restoran atau bistro apa yang enak…

    Terima kasih… :)

  11. @semuanya : Selamat berkunjung ke planetarium, semoga dapat memberikan pengenalan dan membuat anak tertarik terhadap ilmu alam semesta. Dan semoga pengelola planetarium lebih baik lagi merawat & meningkatkan daya tarik, jgn sampai kalah dengan mal-mal yang menjadikan kita konsumtif.

  12. Rifdah on March 16, 2009 at 7:08 am said:

    Trims infonya,anak ku semangat banget pengen ke planetarium, maklum kita wong ndeso…..

  13. Tropodod on December 31, 2008 at 9:26 am said:

    Thank you infonya…, meskipun udah 5 tahun di Jakarta belum pernah nonton pertunjukannya…

    Betul tuh apa yang dibilang Bro Rommya, jangan lupa jam pertunjukannya.
    Pas kesana lagi cuti…, udah jauh-jauh.., eh..katanya nggak ada pertunjukan pagi hari…. heheheh
    (padahal dah siap-siap ngenalin ruang angkasa sama anak-anak)

    Bedanya area yang dikelola Pemerintah dan swasta ya disitu, rada-rada kumuh dikit… (kayak ruang gallerynya monas misalnya..)

  14. duwww,
    ja pengen beud kesana!!

  15. hooo terakhir kali ke planetarium pas sd makanya mau ksna lg (^0^)/

  16. mara pegena le……!!!!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


− four = 2

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation