Bus TransnasionalJika Anda berencana untuk mengunjungi negara Singapura dan Malaysia dalam suatu perjalanan, saya akan membagikan tips untuk melakukan perjalanan dengan cara hemat. Cara tersebut adalah dengan melalui jalan darat, yaitu bus.

Betul, banyak operator bus yang melayani rute KL – Singapura, bahkan banyak juga kelas yang tersedia, mau ekonomi sampai executive tersedia. Namun kalau boleh saya sarankan pilihlah TransNasional. Selain tepat waktu, pelayanannya pun saya rasakan cukup baik. Dan karena tema kita adalah jalan hemat, maka kita memilih bus ekonomi :) Jangan khawatir, karena bus kelas ekonomi disini tidak sama dengan bus ekonomi di Indonesia. Bus ekonomi ini sudah menggunakan pendingin udara (air conditioner), reclining seat dan ada televisinya pula. Jadi mungkin setara dengan bus executive di Indonesia.

Untuk membeli tiket bus ini dapat dilakukan di terminal bus Puduraya, (update 2012: mohon maaf saat ini terminal Puduraya sedang direnovasi, sehingga pindah ke Terminal Bersepadu Selatan) TransNasional memiliki counter yang lebih bagus dibandingkan operator bus lainnya. Letaknya di Lantai 2, counter no 1-4, telp: +603 – 20703300. Harga tiketnya: RM 30 untuk dewasa, RM 15 untuk anak-anak. Jadwal keberangkatannya adalah : 8:45am, 10:30am, 1:30pm, 5:30pm, 10.30pm,11:59pm.

Tempat perhentian

Sebelum berangkat sopir akan menawarkan kertas form imigrasi kepada penumpang. Ingat, segera minta, dan isi form tersebut selama dalam perjalanan. Bus ini akan berhenti di perjalanan, untuk memberikan kesempatan untuk ke kamar kecil atau untuk membeli makanan / minuman. Rata-rata tempat istirahat ini berukuran cukup besar. Mereka menyediakan toilet (istilah disana tandas) ada yang secara gratis ada juga yang menetapkan tarif 20 sen. Sebaiknya Anda turun dan melemaskan otot2 agar tidak kaku dan pegal.

Bus akan berhenti di imigrasi Malaysia, barang berharga dibawa turun, sisanya tidak apa tinggal di bus. Siapkan potongan kertas imigrasi yang diisi waktu masuk pertama kali ke Malaysia. Urus ke imigrasi, tapi usahakan jangan berlambat-lambat karena bus menunggu kita. Tidak perlu foto-foto, karena dalam kawasan imigrasi kita dilarang untuk mengambil foto atau video. Lalu bis akan menyeberangi sebuah jembatan perbatasan Malaysia-Singapura. Setelah sampai ke wilayah Singapura, maka kita akan berhenti sekali lagi di imigrasi Singapura. Kali ini bawa semua barang-barang kita, siapkan kertas imigrasi yang sudah diisi. Sekali lagi harus cepat, karena disini ada kemungkinan sopir bus meninggalkan kita. Jika ditinggal, simpan karcis Anda, dan Anda dapat naik bus TransNasional yang berikutnya tanpa perlu membayar lagi. Tapi belum tentu tempat duduknya tersedia. Jadi saran saya, cepat saja dan ikut bus yang sama.

Bus akan berhenti di terminal Lavender di Singapura. Jika Anda membawa barang dan jumlah orang cukup banyak, silahkan panggil taksi, tapi jika hanya sendiri dan tidak membawa koper, Anda bisa memilih bus / MRT sesuai dengan tujuan selanjutnya.

Semoga memberi pencerahan, nanti saya sambung dengan jalan-jalan di Singapura.

Salam jalan jajan hemat.

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

179 Comments on Jalan Hemat Kuala Lumpur – Singapura

  1. m.erwan says:

    Halo mas romy,Salam Kenal yah.. saya tgl 30 des ini berangkat ke singapore dan nginap di jln,elok. puncak nya tahun baru di singapore di mana ya mas yang rame ?? di orchad road atau apa benar lebih rame di merlion katanya pesta kembang api ?? kalau emang benar puncak tahun baru rame di merlion, kira2 jam berapa ya mas saya harus kesana,takut nya macet di jalan ??? kalau naek MRT harus stop dimana yang dekat ke marlion mas ?? kalo bole minta no.tlp nya mas romy dong, kirim ke email saya aja (m.erwanr@yahoo.com dan merwan.rizki@yahoo.co.id) di tunggu ya mas romy,terimakasi sebelum nya.

  2. Natalia says:

    Hallo Mas Rommy,salam kenal.saya beserta ortu ada tuj ke KL via airasia juli 2010,4 hr/3mlm,ada renc utk skln ke sing,bisa ng yach,KL-Sing-KL hanya dalam 1Hr,tdk menginap di sing,mengingat jadwal yg sdkt dan tiket yg km pesan JKT-KL pp.sebaiknya naik bus atau kereta. thanks

  3. mala says:

    halo
    saya mo tanya nih
    klo maw jalan2 k petaling naek LRT turun mana y?
    sri petaling?
    klo mo k times square?
    truz d malay ad resort yang pemandangan pantainy bgs n bersih gx?
    tq

  4. lina says:

    PAK ROMMI,

    gimana hotel radius saya dah confirm blum, trus apa buktinya kl dah confirm, satu lagi tolong yah di Bukit bintang hotel 1 malam hotel apa yah? tp jangan mahal. Dari First World ke KL, ada bis jam berapa saja yah?

  5. ferry adrian says:

    SALAM KENAL MAS ROMMYA SAYA DAN KELUARGA 4 ORANG DEWASA BERANGKAT DR JKT KE SING DGN AIR ASIA TGL 10 JUNI 2010 S/D 14 JUNI SAMPAINYA JAM 9 MALAM DAN SEHARUS NGINAP DI JOHOR BAHRU SY MASIH BINGUNG MAU TIDUR2AN DI LAP CHANGI ATAU LANGSUNG MENUJU KE J.BAHRU SEDANGKAN SY SDH BOOKING HOTEL TUNE DR TGL 10 DAN 11 ( 2MALAM )PERTANYAAN SY APA SARAN MAS ROMMYA KALO KEADAAN NYA BEGITU ? MALAM2 MASIH ADA TRANSPORT KE IMMIGRASI NGAK DAN 4 ORANG PAKAI TAXI ATAU MRT /BUS TERIMA KASIH SEBELUMNYA MAS.

  6. Fenny says:

    Hai bro Rommya, gw mao nanya…tiket bus Transnasional bisa beli secara online ga ? Thx

  7. mundzir says:

    kalau sekarang harga bus KL-S’Pore (Pulang Pergi)yg kelas ekonomi brapa?
    tlg bls lewat email ya??

  8. vivi says:

    allo mas rommy…
    gini bulan juli ntar aku+suami 1 bayi 1,5th mw ke sing.. da dpt hotel sekitaran geylang (cari yg murmer )…untuk 3D2N, datang hari pertama da jam18.00 terus pulangnya hari ke 3 siangan jm 13.00..

    nah yang mw ta tanyai..kira2 rute mulai hari pertama sampai ketiga enaknya kemana aja dlu, setauku jalan2 disana ada yang ke mustafa,chinatown,orchard,merlion,esplanade,little india dll…pokoknya diluar universal studio ga kesana,tolong aku dikasih saran ya…

    thx uuuu…

  9. Bambang says:

    Mas Rommy sharing aja,
    kami sekeluarga mengalami pengalaman buruk naik bus dari KL (terminal bukit jalil) ke singapore. Bus yg kami tumpangi (Pacific Express dg harga RM 39/orang) tidak sampai ke singapore, pengemudinya menurunkan kami dan 6 orang lainnya di johor dg alasan tidak punya pasport dan izinya hanya sampai Johor. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam memilih bus dr KL ke S’pore (nggak beda sama yg di Kp Rambutan)

  10. lini says:

    Pa rommy sy suami serta 2 anak m ke penang tgl 08 sept s/D 11 sept nginap diflaminggo hotel…bs bagi info ke email sy tempat2 yg enak dipenang buat dikunjungi.sy blom pernah ke penang sama sekali…pengen liburan.pa rommi klu untuk berobat ke penang di rs mana y..trims y

  11. yekti interista says:

    salam kenal pa rommy,
    saya yekti
    thanx atas info di websitenya, berguna banget lho,
    mau tanya2 banyak nih
    saya dan adik akan ke kl tgl 4 sampai 8 jan 2011,
    rencana mau ke genting dan sing juga di tgl 5-6 or 6-7
    saya sudah pernah ke kl sebelumnya, tapi waktu itu stay di hotel, ada yg antar jemput, pokoknya full service deh,

    nah kali ini dengan budget maksa, saya butuh advice dari pak rommy,
    1. hostel or guest house yg ada kamar dengan private bathroom, or hotel yg terjangkau deh.
    2. letak hotelnya dekat or at least mudah dijangkau dengan kendaraan umum ke kl sentral dan puduraya, mengingat akan ke genting dan sing
    3. dari genting bis paling malam jam berapa? karena ingin langsung ke pudu naik transnasional paling akhir supaya sampai di sing pagi sekali
    4. untuk menghemat room, selama ke genting dan sing, kami ingin titip luggage di kl sentral, size paling besar, chargenya berapa per hari?

    maaf pak jika terlalu detail, ditunggu respondnya, thanx ya

  12. Mustika says:

    Buat rkn2 yg m ke S’pore-KL,kebt saya br plg dr sana, 7hr pp star dari bdr sultantaha jam 12 kebtm 40mnt. Nyebrang dg feri kes’pore nginap dihostel ABC dibugis ngabiskan wkt diorchadroad. Hr ke2 naik MRT kerafles,marlion,little india, mustafa,esplanet,vivo city, hbs kan wkt disentosa. Jam 10 naik bus menuju KL nginap di htl china town2 bkt bintang daerah betaling. Hr ke3.jln ke lake garden,tg negara,mesjid jamek,lanskap kota KL, hbskan wkt di petronas. naik LRT. Hr ke4 hanting ke mid valey,walk KL, cetral market,jl abdurahman, cocoa boutiq, hr ke5, kebatu kave,genting, malaka, johorbahru, hr ke6 nyebrang kebtm, shoping disengkuang, mol btm,hr7 jam 11.45 kembali kejambi menghabiskan dana sekitar 4.5jt diluar paspor n shoping, bg yg minat yuk gabung kt jl2 brg, rcn bln juni kt mau ke thailan bangkok.

  13. rio says:

    ni skrg q dah di kl…..
    tp puduraya skrg sudah tidak ada….
    gmn nichhhhhhh……..

  14. adhia says:

    halo mas salam kenal..saya mau tny2 dong, februari ini kami mau ke KL dgn Air Asia. Kami rombongan 7 dewasa 4 anak2. Sampai LCCT skitar jam 16.00an. Rencana kami stay di daerah pantai hill park, dari LCCT kami harus naik apa ya sampai ditujuan selain taksi?
    trus stlh dari KL kami mau lanjut ke spore, rencana mau naik bus. Bus Transnasional itu tidak ada toiletnya ya mas?apakah nyaman utk anak2? kalo tidak beli OL kami harus beli tiket di terminal apa?karena ada info puduraya sudah tidak ada. Kami menginap di orchard road, jadi kami harus turun dmn mas?stop di harbour front tidak?
    sebenarnya ini sudah yg ke2 kali kami jalan2 ke KL dan spore tapi tetep saja tidak PD..hehehe..thanks alot mas..ditunggu infonya

  15. Anna says:

    mas ….. aku mau tanya. Berapa lama perjalana by bus dari KL ke singapore. tks be for

  16. gabriel fang says:

    tuk natalia…
    kl-sing..return langsung dalam sehari bisa kok…naik pesawat aja..krn harga tiket bus dgn tiket sama aja…

  17. eva saptarini says:

    salam kenal pak Rommy…
    Saya mau tanya , kalau beli ticket bus utk pp KL-SIN-KL, harganya sama saja, atau lebih mahal yg SIN-KL? oya kalau skrg terminal bus nya dimana pak? jauh tidak dari bukit bintang (sy akan menginap di sana), anak 4th kalau tdk duduk sdr gratis ya pak? Mohon jawaban nya ya pak Rommy, terimakasih banyak…..

  18. Sheila says:

    Mas saya mau tanya NIH…..harga tiket dari KL ke SING berapaan?dewasa n anak anak?

  19. yucoly says:

    salam kenal Pak,

    saya mau tanya, saya ingin ke Malaka-Malaysia-Singapura. Rute yang sebaiknya saya tempuh dari mana ya? saya berangkat dari Jakarta-Malaysia, dan mau checked up di rumah sakit Mahkota di Malaka.

    tolong info dong rute yang lebih bagus, karena kita cuma berangkat selama 6 hari dan biaya yang murah

    terimakasih

  20. yelly says:

    hai mas romy. salam kenal ya. so aku mau tnya rencana saya tgl 22 sep ke KL dgn pswt air asia tiba pk.11.30 wktu KL. dan saya mau melanjutkan ke singapore. yg saya tnyakan . enaknya saya memakai bis apa ya. dan klu saya kembali ke KL pd tgl 23 sep. bisakah saya mendapatkan schedule bus yg malam hari. makasih ya

  21. ilham dodi says:

    salam kenal ya mas,….saya bulan 12 2011 saya mau ke ke kuala lumpur dan singapura..kalok KL saya tdk khawatir dengan penginapan disana tetapi saya bingun soal penginapan di Singapura..hotel mana ya yg agak murah di singapura, ya sekitar 30 – 50 dolar singapura…tolong informasinya ya

  22. tya says:

    salam kenal… sy rencana mau ke KL naik kereta yg paling malam smtr saya tiba di SING jam 14.00 jadi msh punya waktu byk untuk explore SING….kira2 dmn yah saya bisa nitip koper, dll sblm brgkt ke KL ? thks….

  23. lifa says:

    mau nanya? untuk pulang pergi KL singapur, bs gak PP dalam waktu sehari klw pulang malam dr singapur masih ada gak bis menuju KL?

  24. Fifi says:

    Halo, saya rencana pergi berombongan akhir tahun 2012 ini (6 adults + 1 child). Tujuannya KUL – SIN – KUL.
    Tolong infonya :
    a) Tiket bis TransNasional apa tersedia dari KL Sentral ? (karena saya sudah terlanjur beli tiket bis pp LCCT – KL SENTRAL) — Rencana saya begitu mendarat di KL, langsung melakukana perjalanan ke SIN

    b) Di Singapura saya rencana menginap di Htl V. lavender. Infonya dibahwa adalah stasiun Lavender. Apakah itu yang dimaksud dengan pemberhentian TransNasional di Singapura ?

    Trims

  25. venny says:

    mas rommy……sy rencana ke singapore naik bus dr KL…..klo KL – sing bus nya dr puduraya nah klo dr singapore ke KL bus stationnya di mana?trus beli tiketnya apa bisa pp?sekalian beli tiketnya di KL….

  26. amalia says:

    ini postingan th brp ya? thx :)

  27. JJH says:

    Ini postingan di tahun 2007 Bu :)

  28. ratu serenity says:

    dari KL ke SIN bus ekonomi yang berangkatnya malam paling terakhir jam ?
    murahan naik Kereta api atau bus klo mau ke SIN dari KL
    trus klo mau PP ke Sin ( Universal Studio ) dari KL murahan naik apa?
    tq

  29. rere says:

    Hallo Mas Rommy,salam kenal.saya beserta ortu ada tuj ke KL via airasia ,4 hr/3mlm,ada renc utk skln ke sing,bisa g yach,KL-Sing-KL hanya dalam 1Hr,tdk menginap di sing,mengingat jadwal yg sdkt dan tiket yg km pesan JKT-KL pp.sebaiknya naik bus atau kereta. thanks

Leave a Reply