Jalan Jajan Hemat

Gedung Joang 45

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya”, demikian kata pepatah.
Namun sangat jarang didapati masyarakat di Indonesia datang ke museum. Padahal kalau di luar negeri, museum ini merupakan tempat favorit yang dikunjungi warganya. Tapi di Indonesia, sepertinya hanya anak sekolahan saja yang datang ke museum, itupun karena kewajiban dari sekolah. Sebenarnya harga tiket masuk ke dalam museum di Indonesia sangat murah dan terjangkau untuk keluarga Indonesia.

Saya sekeluarga termasuk kategori keluarga Indonesia yang langka, karena kami senang mengunjungi museum. Dari museum kita dapat mempelajari sejarah yang telah lewat, memperkenalkannya kepada anak – anak kita, bahkan sebelum mereka mengunjungi bersama sekolah. Dalam kesempatan kali ini kami sekeluarga berkunjung ke museum yang bernama Gedung Joang 45. Bangunan yang dulunya hotel milik warga Belanda tersebut terletak di Jalan Menteng Raya 31, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat. Anda dapat membaca penjelasan sejarah gedung ini secara lengkap di sini

Gedung Joang 45Di dalamnya terdapat diorama – diorama, benda-benda peninggalan masa perjuangan seperti konsep naskah proklamasi, radio sumbangan merk Philip th 1950, patung dan baju – baju dan yang digunakan oleh Ir Soekarno dan yang menjadi andalan dari museum ini adalah mobil dinas resmi Presiden dan Wapres pertama yang dikenal dengan REP 1 dan REP 2.

Untuk biaya masuk, sangat terjangkau hanya 2.000 untuk orang dewasa dan untuk anak2 lebih murah lagi. Museum ini buka dari hari Selasa s/d Minggu jam 9 s/d jam 15.00. Anda dapat menghubungi melalui telp di (021) 390 9148 .

Dengan berkunjung ke museum, kita dapat berwisata dengan keluarga dengan harga terjangkau sekaligus memperkenalkan sejarah kepada anak kita sejak dini, dan juga mempertahankan nasib museum kita yang saat ini sudah dalam kondisi memprihatinkan karena terkesan tidak terurus dan tidak ada yang perduli. Kalau bukan kita, siapa lagi… Salam jalan jajan hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.